Hari Kebangkitan Nasional: Tema dan Sejarah

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai Hari Kebangkitan Nasional: Tema, makna dan sejarah lengkapnya. Jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Setiap tahun, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional sebagai peringatan nasional. Sebagai hari yang penting bagi bangsa Indonesia, peringatan ini seharusnya mengingatkan kita untuk tetap menjaga semangat keindonesiaan.

Hari Kebangkitan Nasional_ Tema, Makna, dan Sejarah Lengkapnya

Informasi Mengenai Hari Kebangkitan Nasional

Sebelum kamu merayakannya, berikut adalah semua informasi yang perlu kamu ketahui tentang Hari Kebangkitan Nasional:

1. 20 Mei Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei. Pada tahun 2021 ini, Hari Kebangkitan Nasional jatuh pada Jumat, 20 Mei 2022.

2. Alasan Tanggal 20 Mei Diperingati Sebagai Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional ditetapkan pada tanggal 20 Mei karena tanggal tersebut adalah tanggal didirikannya organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908.

Organisasi tersebut dianggap sebagai penggerak momentum kebangkitan nasional yang berujung kemerdekaan.

3. Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei diambil dari tanggal lahirnya organisasi Budi Utomo.

Budi Utomo didirikan oleh Dr Sutomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen atau STOVIA pada 20 Mei 1908.

Sejak saat itu, Indonesia memasuki masa pergerakan nasional. Dr Sutomo beserta kawan-kawannya ingin mendirikan sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan budaya.

Keinginan itu berdasarkan dari gagasan Dr Wahidin Sudirohusodo yang ingin meningkatkan martabat rakyat dan bangsa Indonesia.

Gagasan itu muncul melihat kondisi bangsa Indonesia pada saat itu memprihatinkan akibat sistem kolonialisme Belanda.

Pendidikan rakyat Indonesia, terutama kaum pribumi, rendah dan tidak mendapat informasi atau tertutup dari dunia luar.

Dr Sutomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan bangsa dari bangsa-bangsa lain.

Lahirnya Budi Utomo ini menandai terjadinya perubahan bentuk perjuangan dalam mengusir penjajah, menjadi perjuangan dengan kekuatan pemikiran dan bersifat nasional.

Perjuangan yang selama ini bersifat kedaerahan, berubah menjadi nasional dengan tujuan mencapai kemerdekaan.

Perjuangan yang selama ini dilakukan dengan secara fisik, juga dilakukan dengan cara memanfaatkan kekuatan pemikiran.

Tokoh Kebangkitan Nasional yang terkenal disebut Tiga Serangkai, yaitu Douwes Dekker, dr Cipto Mangunkusumo, dan Ki Hajar Dewantoro (Suwardi Suryoningrat).

Dari Budi Utomo inilah memelopori munculnya organisasi-organisasi pergerakan di masa selanjutnya, seperti Sarekat Dagang Islam (SDI), Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan Muhammmadiyah.

4. Lantas, Apa Makna Hari Kebangkitan Nasional?

Hari Kebangkitan Nasional bertujuan untuk mengingatkan kita tentang semangat awal bangsa Indonesia. Dengan melalui peranan pemuda-pemudi, akhirnya kita bisa merdeka.

Namun, perjuangan kita tidak hanya sampai di kemerdekaan saja. Kita pun masih berjuang sekarang untuk mempertahankan dan memajukan bangsa kita.

Karena itu, Kebangkitan Nasional bertujuan untuk menjaga semangat dan daya juang kita. Terutama pemuda-pemudi Indonesia yang kelak akan membangun dan memajukan bangsa ini.

5. Tema Hari Kebangkitan Nasional Tahun Ini

Tema Hari Kebangkitan Nasional 2021 adalah “AYo Bangkit Bersama!”.

Mengingat konteks pandemi yang sedang berlangsung, bangsa kita sedang mengalami berbagai cobaan.

Baik itu secara bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan bahkan semua bidang terdampak COVID-19.

Karena itu, kita perlu ingat bagaimana leluhur kita telah berhasil bangkit melawan penjajahan. Sama seperti mereka, bahkan setelah melalui pandemi ini pun kita bisa kembali bangkit lagi. Karena bangsa kita adalah bangsa yang tangguh.

Presiden RI Jokowi pun turut mengunggah sebuah tweet tentang Hari Kebangkitan Nasional:

“Lebih setahun dunia dicengkeram pandemi global Covid-19, lebih setahun pula Indonesia berjuang membendung segala dampaknya.

Hari ini, dengan semangat Budi Utomo, kita bergotong-royong untuk bangkit dan menang melawan pandemi, dan bersama-sama melangkah menuju Indonesia maju.”

6. Cara Memperingati Kebangkitan Nasional

Kamu bisa memperingati dan mengenang perjuangan leluhur kita di masa lalu dengan membangkitkan semangat kita di masa kini agar kita bisa mempunyai masa depan yang cerah untuk Indonesia.

Berikut adalah beberapa ucapan Hari Kebangkitan Nasional yang bisa kamu unggah melalui sosial media atau ke teman-teman terdekat:

1. Selamat Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2021! Yuk, bangkitkan rasa semangat dan kesatuan kita bagi NKRI tercinta. Tetap semangat berkarya sampai kita bisa mengharumkan nama Indonesia

2. Kita mungkin sudah merdeka, tapi masih banyak tantangan yang kita perlu lalui bersama sebagai sebuah bangsa. Karena itu, mari kita bangkitkan semangat kita untuk terus mendukung Indonesia. Selamat Hari Kebangkitan Nasional, teman-teman.

3. Leluhur kita yang belum merdeka aja semangat, kalau kamu yang sudah merdeka gimana? Yuk, jaga api semangat bangsa dan terus berkarya. Selamat Harkitnas 2021. Bangkit! Kita bangsa yang tangguh!

4. “Hidup ini penuh perjuangan. Dalam perjalanan berjuang, impian adalah bensin yang membakar semangat kita menuju impian dan cita-cita.” Walau sudah merdeka, yuk bangkit dan berjuang bagi masa depan Indonesia. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai sejarah singkat mengenai Hari Kebangkitan Nasional, yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 20 Mei. Sedangkan tanggal 02 Mei diperingati Hari Pendidikan Nasional.

Demikianlah artikel mengenai Hari Kebangkitan Nasional: Tema, Makna, dan Sejarah Lengkapnya dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.