Ingin Feed Instagram Jadi Kece? ini Aplikasi Edit Foto Aesthetic

Infokekinian.com – Sobat kekinian ingin feed Instagram jadi kece? ini aplikasi edit foto Aesthetic. Jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Instagram adalah platform media sosial yang populer dengan basis pengguna yang besar. Potensinya jelas sangat besar, baik untuk promosi brand, commerce, atau sekadar sebagai platform untuk berkomunikasi dengan teman.

Tampilan Instagram, yang juga dikenal sebagai feed, memainkan peran penting dalam strategi pemasaran Instagram, terutama dalam menarik perhatian pengguna lain.

Orang lain akan ingin mengikuti akun Instagram kamu jika konten kamu menarik dan umpan kamu terorganisir dengan baik.

Semakin banyak pengikut yang kamu miliki, semakin banyak peluang yang kamu miliki untuk menjangkau audiens yang lebih besar; ada juga kemungkinan merek ingin berkolaborasi dengan kamu. Lumayan, dapatkan uang ekstra.

Ingin Feed Instagram Jadi Kece_ ini Aplikasi Edit Foto Aesthetic

Selama beberapa tahun terakhir, saya telah menjadi pengguna reguler Instagram. Konten saya sebagian besar terdiri dari foto yang diambil saat saya bepergian ke lokasi yang berbeda.

Saya sering menggunakan banyak alat pengeditan foto estetis untuk umpan Instagram agar foto terlihat lebih menarik.

Aplikasi Edit Foto Aesthetic

Berikut 7 aplikasi edit foto aesthetic untuk feed instagram yang bisa kamu download secara gratis di HP Android maupun IOS:

1. VSCO, edit foto dengan filter dan tone yang moody

Salah satu aplikasi edit foto instagram yang sering saya pakai. Kenapa? Karena penggunaannya sangat gampang.

Di aplikasi VSCO sudah ada filter atau preset yang bisa mengubah tone atau warna foto hanya dengan sekali klik.

Hanya saja, preset yang disediakan secara gratis oleh VSCO lumayan terbatas. Jadi kalau mau menggunakan preset lain yang lebih bagus harus membayar lebih untuk menjadi member.

Cara edit foto menggunakan aplikasi VSCO, import foto yang ingin kamu edit. Selanjutnya masuk ke bagian edit dan pilih saja preset yang diinginkan.

Kamu bisa mengatur kekuatan preset dengan cara menggeser bar untuk menyesuaikan warna. Aplikasi VSCO juga memiliki fitur edit standar seperti exposure, contrast, crop, sharpen, clarity, saturation, white balance, vignette, dan fade.

Saya pribadi suka dengan warna preset yang moody dan juga fitur clarity dari VSCO yang membuat foto tambah tajam.

Karena penggunaanya cukup mudah, aplikasi ini lebih cocok untuk pemula yang ingin edit foto biar kelihatan aesthetic.

2. Snapseed, hilangkan objek yang tidak diinginkan

Aplikasi Snapseed cocok digunakan untuk editan dasar seperti mencerahkan foto yang gelap, menambah saturasi foto, dan lainnya. Menurut saya sih perubahan warnanya lebih natural ya.

Walaupun Snapseed memiliki filter yang bisa kamu gunakan dengan sekali klik saja, tapi filter di Snapseed kurang bagus. Jadinya saya jarang menggunakan filter di aplikasi Snapseed.

Untuk meng-edit foto di aplikasi ini, buka foto yang ingin kamu edit. Pilih “tools” dan “tune image“.

Geser ke atas kebawah untuk memilih fitur editan; brightness, contrast, saturation, ambiance, highlights, shadow, warm.

Kemudian geser ke kanan kiri untuk menambah atau mengurangi sesuai yang fitur yang kamu pilih. Di bagian “details” bisa edit structure dan sharpening juga untuk ketajaman foto.

Fitur yang paling oke nih dari aplikasi Snapseed yang bikin saya sering bolak-balik aplikasi ini adalah “healing“. Dengan fitur ini kamu bisa menghapus atau menghilangkan objek yang tidak diinginkan.

Contohnya seperti gambar di bawah. Foto lautanya udah oke, tapi saya mau hapus orang yang ada di foto. Tinggal klik bagian yang mau dihapus saja, jadi bersih deh fotonya.

Saya juga suka dengan fitur “selective” yang digunakan untuk edit area tertentu foto.

3. Lightroom Mobile, aplikasi edit foto gampang tinggal pakai preset

Next, ada aplikasi edit foto feed Instagram biar foto kamu makin terlihat aesthetic yaitu Lightroom Mobile yang sangat digemari oleh para konten kreator.

Fitur edit di Lightroom Mobile lebih lengkap, sehingga kalau kamu baru mulai belajar edit foto pasti awal-awal bakal bingung. Dibilang susah sih tidak juga. Apalagi sekarang banyak tutorial lightroom di Youtube.

Alasan aplikasi Lightroom sangat digemari adalah kamu bisa menyimpan preset yang telah kamu buat dan diaplikasikan ke foto-foto lain.

Kamu juga bisa membeli preset Lightroom sehingga tidak perlu repot-repot edit, karena dengan sekali klik saja foto kamu bisa langsung berubah.

Fitur yang paling menarik dari aplikasi Lightroom yang tidak dimiliki aplikasi edit foto lainnya adalah “color mix“. Dengan fitur ini kamu bisa edit sesuai dengan warna; merah, kuning, biru, hijau, dan lainnya.

4. Canva, mau desain apapun bisa di aplikasi ini!

Aplikasi Canva sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya karena aplikasi ini bukan digunakan untuk mengubah warna atau cahaya di foto.

Aplikasi Canva lebih digunakan untuk nge-desain IG Post, Stories, banner, dan lainnya.

Saya sering banget menggunakan Canva untuk desain feature image di blog. Kamu bisa lihat di postingan atau artikel saya sebelumnya, cover-nya saya desain lewat Canva.

Aplikasi ini sangat membantu apalagi bagi yang tidak terlalu jago desain karena mereka sudah memberikan template jadi yang terlihat aesthetic dan bisa kamu edit sesuai dengan keinginan, lengkap dengan font, elemen, dan foto lain yang bisa kamu gunakan.

Saya sendiri lebih suka menggunakan aplikasi Canva di situs langsungnya menggunakan laptop tapi kamu bisa juga download aplikasi Canva di HP Android atau IOS.

5. Afterlight, aplikasi dengan filter edit foto jadi aesthetic!

Mirip seperti VSCO, aplikasi edit foto aesthetic Afterlight juga menyediakan filter atau preset yang bisa digunakan hanya saja terbatas.

Kamu harus upgrade membership supaya bisa menggunakan fitur di aplikasi ini secara leluasa.

Fitur edit gratis di aplikasi ini diantaranya adalah: brightness, contrast, vibrance, hue, fade, vignette, exposure, saturation, temperature, tint, sharpening, highlights, shadows, highlight tine, mid tone, dan shadow tone.

6. BeautyPlus, aplikasi buat nambah make up!

Nah, bagi cewek-cewek yang suka selfie nih yang pengen mukanya tidak terlalu kelihatan polos. Cobain deh aplikasi BeautyPlus.

Di aplikasi ini kamu bisa menambahkan make-up seperti lipstick, eyebrow, eyeshadow, dan blush.

Sebelum nge-judge, ah pakai aplikasi ini berarti nipu orang lain. Kita open-minded aja ya, apa bedanya sih kalau pakai make-up kan sama juga, hehe.

Asalkan jangan terlalu edit berlebihan saja. Warna filternya juga lebih feminim.

7. Unfold

Biasanya saya menggunakan aplikasi edit foto aesthetic Unfold untuk postingan IG Stories.

Di aplikasi ini kamu bisa menambah text atau kalimat secara gampang, menggabungkan beberapa kolage foto. Desainnya juga lebih simple dan minimalis.

Aplikasi Edit Foto untuk Mengambil Foto di Saat Gelap

Pasti kalau ambil foto saat gelap atau malam hari selalu bete deh. Soalnya fotonya jadi gelap, kalau pake flash juga kurang bagus.

Ada 2 aplikasi yang biasa saya gunakan untuk mengambil foto di saat gelap yaitu:

1. Dazz Cam, cocok digunakan di saat gelap

Dengan aplikasi Dazz Cam, kamu tidak perlu khawatir lagi mengambil foto di malam hari. Cara menggunakan aplikasi ini sama seperti mengambil foto di kamera hp seperti biasanya.

Nyalakan flash lewat aplikasi untuk hasil foto yang lebih baik. Kamu bisa memilih 4 jenis kamera dengan menggunakan versi gratisan. Yang sering saya pakai adalah D Classic dan Inst C.

Hasil foto D Classic seperti hasil kamera film. Sedangkan Inst C lebih mirip seperti foto polaroid. Selain itu, kamu juga bisa mengambil video dengan aplikasi ini.

2. HUJI, edit foto pakai aplikasi ini jadi mirip foto film!

Aplikasi HUJI juga digunakan untuk mengambil foto di kondisi gelap. Mirip seperti Dazz Cam, hanya saja di aplikasi HUJI hasilnya cuma ada seperti kamera film saja.

Kadang-kadang menarik melihat hasil jepretan dari aplikasi ini karena biasanya flare atau cahaya merah yang dihasilkan berbeda-beda.

Aplikasi Mengatur Feed Instagram Agar Lebih Aesthetic

Seperti yang saya katakan sebelumnya, feed instagram sangat penting karena itulah yang pertama kali dilihat oleh pengguna instagram lainnya.

Agar tampilan feed lebih menarik, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengatur peletakkan foto sebelum meng-upload ke instagram:

1. Planoly

Planoly adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk merencanakan postingan atau konten di instagram. Dengan versi gratis, kamu bisa upload maksimal 30 foto atau post selama sebulan.

Di aplikasi ini kamu bisa mengatur letak foto agar feed terlihat lebih menarik. Ada juga fitur scheduling untuk melakukan post di instagram secara otomatis.

Saya sarankan kalau kamu mau jadi social media marketing specialist, jualan online, atau content creator, sebaiknya menggunakan aplikasi Planoly untuk merencanakan postingan di instagram.

2. Preview

Aplikasi Preview juga merupakan aplikasi instagram planner yang bertujuan untuk merencanakan postingan di instagram. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan ketentuan 1 user 1 device.

Kelebihannya dari aplikasi Preview, kamu bisa upload foto sebanyak kamu mau alias unlimited. Di aplikasi ini kamu bisa edit foto juga, menambahkan hashtag yang sesuai, menjadwalkan postingan instagram, dan lainnya.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa rekomendasi aplikasi edit foto aesthetic, yang bisa kamu unduh secara gratis. Dan sanagat berguna untuk mempercantik feed Instagrammu.

Demikianlah artikel mengenai Ingin Feed Instagram Jadi Kece? ini Aplikasi Edit Foto Aesthetic dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.