Jenis Jenis, Karakteristik dan Persebaran Tanah

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali jenis Tanah, Tanah adalah lapisan terluar atau paling atas Bumi. setiap jenis tanah memiliki ciri dan karakteristik tersendiri, mulai dari jenis tanah yang subur untuk dijadikan sebagai lahan tanaman begitupun sebaliknya. Tanah terbuat dari bebatuan yang mengalami proses pelapukan selama ratusan tahun. untuk mengetahui lebih dalam mengenai jenis jenis tanah, simak ulasannya berikut ini:

Tanah Aluvial

Tanah Aluvial

tanah jenis aluvial merupakan tanah yang terbentuk karena adanya lumpur yang mengendap dan terbawa aliran sungai. tanah jenis ini biasa ditemukan di hilir dan warnanya coklat. untuk karakteristiknya, Tanah Aluvial merupakan jenis tanah yang sangat bagus untuk sebagai lahan pertanian khususnya padi, jagung, tembakau dan lain lain karena tanah jenis ini memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah untuk ditanami tumbuhan atau tanaman.

Di Indonesia sendiri, tanah aluvial tersebar di beberapa daerah wilayah mulaid ari sumatera, kalimantan, sulawesi, papu hingga pulau jawa.

Tanah Andosol

Tanah Andosol

Berbeda dengan tanah aluvial, Andosol merupakan tanah yang jauh lebih subur karena terbentuk dari proses vulkanisme gunung berapi, berwarna coklat ke abu abuan, tanah ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai lahan pertanian karena memiliki mineral dan unsur hara serta air yang tinggi yang tentu bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Tanah Entisol

Tanah Entisol

Tanah entisol merupakan type atau jenis tanah yang jarang ditemukan di banyak wilayah di indonesia, tanah entisol hanya terdapat di wilayah yang memiliki gunung berapi saja misalnya Yogyakarta. tanah entisol terbentuk dari letusan gunung berapi yaitu percampuran antara debu, pasir, lahar, lapili dan mempunyai karakteristik yang subur sama halnya seperti tanah andosol.

Tanah Grumusol

Jenis Jenis tanah berikutnya ada Tanah Grumusol, tanah jenis ini berasal atau terbentuk akibat adanya pelapukan dari batuan kapur dan bisa dibilang tanah yang tidak subur karena kandungan organicnya yang rendah serta teksturnya yang kering dan mudah pecah. tanah jenis ini terdapat di beberapa daerah di Jawa Tengah seperti Demak, Jepara, Pati, Rembang dan Ngawi serta Madiun. meskipun tidak bagus untuk tanaman, tapi lahan ini mempunyai kelebihan tersendiri karena memang dapat digunakan untuk lahan tanaman tertentu seperti kayu jati.

Humus

Humus

Sama seperti tanah grumusol, Humus merupakan jenis tanah dari proses pelapukan, bedanya jika grumusol dari pelapukan batuan kapur, Humus ini berasal dari pelapukan tumbuhan dan tanah humus ini termasuk dalam kategori jenis tanah terbaik dan paling subur karena memiliki unsur hara dan mineral yang tinggi.

Latosol

Latosol

Jenis tanah latosol ini memiliki warna yang paling mencolok yakni kemerahan, teksturnya lempung dan terdapat kandungan solum horizon. untuk persebarannya, tanah latosol ini terdapat di wilayah dengan curah hujan dan kelembaban yang tinggi seperti sulawesi, lampung, kalimantan timur dan barat serta bali dan papua.

Litosol

Tanah litosol ini bisa dibilang tanah yang cukup unik, tanah litosol merupakan type tanah yang terbentuk akibat adanya perubahan iklim ,topograi maupun vulkanisme dan memiliki karakteristik yang berupa kandungan mineral yang tinggi dan unsur hara juga cukup tinggi. ciri khas dari tanah litosol ini merupakan jenis tanah yang lembut dan teksturnya mirip seperti bebatuan bahkan berpasir. tanah jenis litosol ini tersebar di berbagai wilayah dengan tingkat kecuraman tinggi seperti di Bukit Tinggi, NTB, Jawa tengah, Jawa barat dan sulawesi.

Itulah beberapa Jenis Jenis Tanah dan Persebaran, Karakteristik dan Ciri Cirinya, masih banyak jenis tanah lainnya yang ada di Indonesia dan semoga artikel diatas cukup untuk membuka wawasan anda mengenai struktur dan bagian bagian bumi salah satunya adalah Jenis Jenis Tanah.

Tinggalkan komentar