15 Khasiat Dari Buah Naga, Kandungan dan Tips Cara Memilihnya

InfoKekinian.com – Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengenal khasiat dari buah naga yang sudah tidak asing lagi bagi kita.

Manfaat buah naga berlaku untuk anak-anak dan orang dewasa karena selain mudah diolah menjadi berbagai makanan, buah naga mengandung nutrisi yang melimpah.

Apa itu Buah Naga
Buah naga merupakan salah satu buah yang penampilannya menggelitik minat masyarakat Indonesia karena bentuknya yang khas dan harganya yang relatif mahal.

Apa itu Buah Naga?

Buah naga, atau yang biasa disebut pitaya di Inggris, adalah buah asli Eropa, yaitu Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Buah ini merupakan jenis tanaman kaktus yang termasuk dalam genus Hylocereus dan Selenicereus.

Buah ini sekarang banyak dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Asal usul nama buah ini berasal dari tahun 1870, ketika Prancis mengangkut tanaman ini dari Guyana ke Vietnam untuk tujuan dekoratif.

Sementara itu, orang Vietnam dan Cina memandang buah ini sebagai anugerah karena membawa berkah.

Inilah sebabnya mengapa buah dari tanaman mirip kaktus ini diletakkan di atas meja altar di antara ekor patung naga hijau.

Warna merah buahnya terlihat begitu mencolok di antara naga hijau. Kebiasaan ini merupakan asal mula istilah Vietnam thang loy (buah naga) untuk buah yang secara signifikan terinspirasi oleh budaya Cina.

Belakangan, frasa Thang loy diterjemahkan sebagai buah naga di Eropa dan wilayah berbahasa Inggris lainnya.

Kandungan Buah Naga Merah

Buah naga merupakan buah yang mengandung sedikit kalori. Satu porsi pitaya sekitar 100 gram mengandung kurang lebih 60 kalori.

Buah ini tidak mengandung lemak sama sekali. Namun, pitaya mengandung banyak nutrisi. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terdapat pada buah naga:

1. Vitamin C

Kandungan vitamin C pada pitaya merupakan antioksidan efektif yang melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Kadar vitamin C buah naga juga bermanfaat untuk meningkatkan pembentukan kolagen, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan memfasilitasi penyerapan zat besi untuk mencegah anemia.

2. Vitamin B2 dan vitamin B3

Vitamin B2 dan vitamin B3
Selain vitamin C, pitaya mengandung vitamin B2 dan B3. Kedua vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan metabolisme tubuh dan keutuhan jaringannya.

Konsumsi vitamin B yang cukup juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk migrain, katarak, preeklamsia, dan penyakit kardiovaskular. Vitamin B juga dipercaya memiliki fungsi penting dalam mendukung kesehatan saraf.

3. Magnesium

Pitaya adalah buah yang mengandung magnesium dalam jumlah yang signifikan.

Buah ini dapat mencegah dan meredakan kram otot, meningkatkan stamina dan performa saat berolahraga, menjaga kesehatan dan fungsi jantung, serta menurunkan tekanan darah akibat kandungan tersebut.

Selain mengurangi kejadian depresi, diabetes tipe 2, dan hipertensi, magnesium juga dapat meringankan gejala migrain dan sindrom pramenstruasi.

4. Zat Besi

Zat besi merupakan mineral penting bagi tubuh manusia karena berfungsi sebagai bahan baku untuk produksi sel darah merah.

Jika tubuh kekurangan zat besi, maka sintesis sel darah merah akan turun. Akibatnya, kamu berisiko mengalami anemia atau kekurangan darah.

Buah naga memiliki kandungan zat besi yang relatif tinggi, sehingga dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan zat besi tubuh kamu dan menghindari berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Konsentrasi zat besi pitaya ini menjadikannya salah satu buah penambah darah yang bisa kamu pertimbangkan.

5. Kalsium

Kalsium dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan tulang. Selain itu, jantung, otot, dan saraf membutuhkan kalsium agar berfungsi optimal. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Namun, tidak perlu khawatir karena pitaya juga mengandung kalsium. Selain susu, buah naga dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan kalsium harian kamu.

6. Antioksidan

Buah naga merupakan jenis buah yang tinggi antioksidan dan antosianin yang merupakan zat pewarna alami. Bahan kimia ini bertanggung jawab atas rona merah terang dari pitaya.

Buah naga dikenal dapat melindungi sel dan jaringan dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan bahkan mengurangi timbulnya kanker.

Setelah mengonsumsi pitaya merah, air kencing dan feses kamu mungkin berwarna merah. Namun, tidak perlu khawatir karena hal ini biasa terjadi dan tidak berbahaya.

Warna kemerahan pada pipis dan feses disebabkan oleh kandungan antosianin pada pitaya merah. Selain nutrisi yang disebutkan di atas, buah naga kaya akan serat, yang membantu pencernaan.

Kamu bisa mencegah sembelit dengan rutin mengonsumsi sayur dan buah berserat tinggi, terutama pitaya.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan
Berikut manfaat dan khasiat dari buah naga untuk kesehatan, termasuk pitaya merah, berdasarkan kandungan nutrisinya:

1. Menjaga Kulit Kencang dan Elastis

Buah naga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik karena kandungan vitamin C dan bioaktifnya yang tinggi.

Sementara itu, antioksidan sangat penting untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit, sehingga mengurangi indikasi penuaan kulit.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Baik likopen dan hidroksisinamat, dua bahan kimia antioksidan yang ditemukan dalam buah ini, memiliki efek antikanker.

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi makanan kaya likopen dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Konsumsi pitaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Ini dimungkinkan karena tingkat likopen, betalain, dan serat buah.

Selain itu, biji dalam daging buah ini kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-9 yang menyehatkan jantung, sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

4. Mengelola Konsentrasi Gula Darah

Mengelola Konsentrasi Gula Darah
Kandungan serat buah ini juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Setelah mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi, serat dapat mencegah kenaikan kadar gula darah.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 di jurnal Plos One menunjukkan bahwa pitaya dapat melawan atau memerangi resistensi insulin pada tikus,yang menjadi salah satu penyebab diabetes.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi buah ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini dapat diperoleh karena buah naga merah dan putih mengandung vitamin C dan komponen antioksidan lainnya.

Antioksidan membantu tubuh dalam mencegah kerusakan sel, akar penyebab berbagai penyakit.

6. Meredakan Batuk dan Flu

Selain manfaat di atas, kandungan vitamin C pitaya juga dapat membantu menyembuhkan batuk dan pilek. Meski bukan pengganti obat, khasiat dari buah naga bisa membantu meringankan gejala.

Alasannya adalah, bahwa mengonsumsi makanan dan buah yang kaya vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

7. Menurunkan Berat Badan

Buah ini bisa menjadi pilihan camilan sehat kamu setiap hari jika kamu mencoba menurunkan berat badan.

Karena kandungan serat yang tinggi dari buah naga merah dan jumlah kalori yang rendah, buah naga merah aman untuk mereka yang sedang diet.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah kalori, kamu akan merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi asupan kalori yang juga bisa dicegah adalah obesitas.

8. Manfaat Buah Naga untuk Pencernaan

Manfaat Buah Naga untuk Pencernaan
Kandungan serat pada buah ini berpotensi memberikan manfaat kesehatan pencernaan. Makan makanan tinggi serat dapat membantu mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit.

Selain itu, buah naga bermanfaat untuk pencernaan karena mengandung oligosakarida, suatu bentuk prebiotik yang bermanfaat untuk sistem pencernaan.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain itu, buah naga juga mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral tersebut, antara lain kalsium, magnesium, dan fosfor.

Satu cangkir irisan buah naga, menurut Food Revolution Network, memiliki 80 mg magnesium, yang merupakan 22% dari konsumsi magnesium harian yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan (360 mg).

10. Melawan Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis menghasilkan peradangan sendi yang ekstrem, sehingga penderitanya sulit bergerak.

Untuk membantu kamu dalam melawan peradangan sendi, maka kamu bisa memilih untuk mengonsumsi buah naga sebagai pilihannya.

Bahan kimia antioksidan dalam buah naga merah juga memiliki kemampuan anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan.

11. Mengurangi Jerawat

Selain untuk menghindari gejala penuaan, khasiat dari buah naga untuk kulit lainnya termasuk mengurangi jerawat.

Dua kali sehari, oleskan pasta buah naga pada kemerahan pada wajah. Tingkat vitamin C buah ini memberi banyak manfaat kesehatan.

12. Mengurangi Rasa Sakit Kulit Terbakar Sinar Matahari

Mengurangi Rasa Sakit Kulit Terbakar Sinar Matahari
Selain untuk mengobati jerawat, pasta buah ini juga bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada kulit yang terbakar.

Biasanya, jus mentimun dan madu harus kamu kombinasikan dengan pasta buah ini untuk memberikan kualitas yang diinginkan.

Manfaat tersebut dapat diperoleh karena kandungan vitamin B3 yang dapat menghidrasi kulit dan menghilangkan panas dari daerah yang terkena.

13. Mencegah Kerusakan Pada Rambut

Bagi orang yang menggunakan pewarna rambut, jus buah ini juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut.

Cukup oleskan jus buah atau kondisioner yang mengandung ekstrak buah naga ke kulit kepala kamu.

Ini akan menjaga folikel rambut tetap terbuka, sehingga memungkinkan rambut untuk bernapas dan tetap sehat dan halus.

14. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Buah ini mengandung zat besi, vitamin C, vitamin B, dan kalsium yang merupakan nutrisi penting bagi ibu hamil.

Misalnya, zat besi dalam buah ini membantu membantu sel darah merah dalam mengangkut oksigen ke janin, vitamin C dan kalsium dapat memperkuat gigi dan tulang, dan vitamin B dapat mencegah cacat lahir.

Selain itu, serat dalam buah ini dapat membantu ibu hamil mengatasi sembelit.

15. Mengurangi Resiko Anemia

Untuk menjaga kesehatan darah, setiap orang membutuhkan zat besi, tidak hanya ibu hamil.

Kandungan pada buah naga ini dapat membantu sel darah merah dalam mengangkut oksigen ke seluruh organ tubuh. Kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan anemia defisiensi besi.

Tips Membeli Buah Naga

Berikut adalah tips untuk memilih dan membeli buah naga:

  1. Pastikan kamu hanya memilih buah segar
  2. Pilih buah dengan kulit merah merata
  3. Selain itu, pastikan buah dalam kondisi baik dan tidak busuk
  4. Periksa kulit dengan sedikit menekan dengan jari kamu.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang paling umum dipertanyakan:

Kenapa Pipis Warna Merah Setelah Makan Buah Naga?

Air seni yang menjadi merah setelah makan buah naga merupakan kondisi yang lumrah atau biasa terjadi.

Hal ini dikarenakan naga mempunyai kandungan pigmen anthocyanin yang menjadikan urin tampak kemerahan dan tentunya tidak berbahaya untuk tubuh.

Bolehkah Makan Buah Naga Saat Perut Kosong?

Meskipun pitaya ini memiliki segudang manfaat, tetapi kamu tetap perlu memperhatikan porsi serta pastikan jika perut kamu tidak kosong saat ingin mengonsumsi buah naga.

Hal ini dikarenakan untuk mencegah terjadinya nyeri pada perut akibat asam yang ditimbulkan.

Apakah Buah Naga Bisa Menyebabkan Asam Lambung?

Buah naga mempunyai kandungan asam yang cukup tinggi. Sehingga jika kamu mempunyai riwayat penyakit maagh, maka kamu perlu membatasi jumlah pitaya yang kamu konsumsi untuk menghindari kadar asam lambung kamu naik.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai khasiat dari buah naga, serta tips memilih buah naga yang enak dan manis. Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan yang sangat berguna untuk tubuh.

Jika kamu bosan karena mengonsumsi buah naga seperti umumnya, maka kamu bisa mencoba hal baru seperti smoothie, jus, campuran oatmeal untuk sarapan dengan tambahan buah-buah yang lainnya, atau bahkan salad.

Tetapi, untuk memaksimalkan manfaat serta khasiat dari buah naga, maka sebaiknya kamu mengonsumsinya langsung dari potongan buah ini.

Terlebih jika pitaya yang kamu makan ini mempunyai rasa yang manis, segar, serta lembut saat di konsumsi.

/* */