Kumpulan Permainan Zaman Dulu yang Bikin Rindu

Infokekinian.com – Setiap daerah tentu mempunyai permainan tradisional, minimal satu yang biasa dimainkan anak-anak. Ada beberapa macam kumpulan permainan zaman dulu yang bikin rindu, seperti petak umpet hingga gobak sodor.

Kata permainan berasal dari akar kata bermain. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan bermain sebagai “melakukan kegiatan permainan untuk bersenang-senang atau melakukan tindakan untuk bersenang-senang, baik menggunakan alat media maupun tidak menggunakan alat media”.

Permainan Tradisional Indonesia

Kata “utama” merupakan kata kerja, sedangkan “permainan” adalah kata benda yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan pelaku.

Kata tradisional berasal dari kata tradisi. Tradisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah adat istiadat yang diturunkan dari generasi ke generasi dan masih dipraktikkan di masyarakat.

Ini juga dapat diartikan sebagai penilaian atau asumsi bahwa metode saat ini adalah cara terbaik ke depan.

Jadi permainan tradisional dapat bermakna sebagai sesuatu yang dilakukan dengan berpegang pada norma atau adat istiadat yang telah ada secara turun temurun guna memberikan rasa kepuasan atau kesenangan kepada para pemain permainan tersebut.

Orang-orang bermain untuk tujuan bersenang-senang. Orang pada umumnya ingin bahagia. Kesenangan dapat ditemukan di mana saja dan kapan saja jika kamu bersedia memanfaatkan segala sesuatu yang menghadang.

Kebahagiaan bisa dirasakan oleh siapa saja, tidak peduli siapa mereka. Game adalah salah satu cara untuk membuat orang bahagia.

Game ini diciptakan oleh manusia untuk manusia menggunakan waktu dan lingkungannya. Tidak semua permainan tradisional mengharuskan penggunaan bahan atau peralatan.

Game yang tidak membutuhkan bahan atau peralatan sebanyak game yang dilakukan. Permainan yang membutuhkan bahan atau peralatan adalah hasil dari anugerah alam dan lingkungan.

Masyarakat Indonesia, baik dulu maupun sekarang, dapat menerima dan memanfaatkan anugerah alam dan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya.

Kehidupan jasmani, kehidupan rohani, dan permainan yang menyenangkan adalah semua kebutuhan hidup.

Permainan Tradisional Indonesia

Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa permainan tradisional yang populer pada saat itu atau masih dimainkan sampai sekarang. Permainan tersebut adalah sebagai berikut:

ABC Lima Dasar

Permainan ini sangat sederhana. Karena tidak ada alat lain yang diperlukan untuk memainkan game abcd lima dasar.

Setiap pemain di dasar lima abc menggunakan lima jarinya untuk bermain. Setiap pemain dalam game ini harus berpikir cepat.

Sebelum permainan dapat dimulai, semua peserta harus menyepakati suatu tema. Setelah itu, setiap peserta secara bersamaan mengeluarkan jarinya.

Kemudian, dengan menggunakan huruf, hitung jumlah jari yang dikeluarkan oleh semua peserta. Sesuai tema, setiap peserta harus mengatakan sesuatu yang diawali dengan huruf yang dipilih.

Pemain yang terlambat merespon atau tidak merespon sama sekali akan dikenakan sanksi sesuai kesepakatan bersama yang dibuat pada awal permainan. Lebih dari dua orang berpartisipasi dalam permainan ini.

Permainan Tradisional Bakiak

Permainan ini adalah salah satu dari jenis. Karena peserta dalam permainan ini harus memakai bakiak.

Permainan ini biasanya dimainkan secara berkelompok. Alhasil, setiap tim harus memakai clogs bersama-sama.

Tergantung pada jenis bakiak, setiap bakiak biasanya digunakan oleh dua atau tiga orang. Jika kekuatan yang berbeda ada dalam satu tim, tim akan mudah berantakan.

Setiap tim harus memiliki pemimpin yang mengarahkan jalan agar bakiak yang digunakan tetap stabil. Tim yang mencapai batas permainan lebih dulu adalah pemenangnya.

Lomba Balap Karung

Karung digunakan sebagai media dalam permainan ini, seperti yang ditunjukkan oleh nama permainannya, balap karung.

Semua peserta lomba karung harus siap di garis start yang ditentukan dengan menggunakan karung.

Strategi setiap pemain menentukan bagaimana mereka mencapai garis finish. Biasanya ada yang dengan melompat, berjalan, atau melompat dengan pola zigzag.

Jika seorang pemain jatuh sebelum melewati garis finis, mereka harus segera berdiri dan melanjutkan permainan.

Tarik Tambang

Tarik tambang adalah permainan tim. Sedangkan dalam tarik tambang ini, para pemain dibagi menjadi dua tim. Garis tengah ditarik di tanah, dan wasit berdiri di garis itu.

Tali digantung di garis tengah. Kedua kelompok membentuk garis yang saling berhadapan. Tim satu bertanggung jawab atas tali kanan, sedangkan tim dua bertanggung jawab atas tali kiri.

Ketika wasit memberi isyarat, permainan dimulai dengan masing-masing tim berusaha menarik tali sehingga tim lawan ditarik ke depan.

Setiap tim yang berhasil menarik timnya akan dinyatakan sebagai pemenang. Tarik tambang biasanya diadakan bersamaan dengan acara 17 Agustus.

Main Bola Bekel

Main Bola Bekel

Permainan ini biasanya dimainkan oleh wanita. Bola dan bekel digunakan dalam permainan ini. Bola dipantulkan ke lantai, disusul biji bekel.

Permainan bola bekel ini memiliki lima tingkatan. Level 1: Setelah bola dipantulkan, pemain mengambil bekel satu per satu, lalu dua per dua, tiga per tiga, dan seterusnya sampai semua diambil bersamaan.

Level 2 melihat Bekel bergeser ke kiri. Level 3 mengubah bekel ke posisi miring ke kanan. Level 4 melihat bekel dalam posisi tengkurap.

Pada level 5, bekel dipindahkan ke posisi tengah. Pick-up sama untuk semua level seperti yang pertama.

Benteng-bentengan

Anak laki-laki lebih cenderung menikmati permainan fortifikasi. Padahal dalam permainan ini terdapat dua tim.

Satu tim bertugas menjadi benteng, sementara yang lain bertugas menjadi musuh. Tim lawan berusaha untuk menghancurkan benteng lawan.

Permainan Tradisional Gatrik

Benthic adalah nama lain dari permainan gatrik. Tim dibagi menjadi dua grup dalam permainan ini.

Kelompok pertama mendapat giliran melintasi grid yang pendek dengan grid yang lebih panjang di atas batu.

Sedangkan tim lainnya bertugas melindungi dan menangkap Gatri. Jika tim penjaga tidak dapat menangkap gatri, tim pertama menerima satu poin dan diizinkan bermain lagi.

Main Boi -boian

Permainan boi-boian adalah permainan olahraga yang dimainkan secara berkelompok. Ada dua kelompok dalam permainan ini.

Dengan setiap tim yang terdiri dari 4 hingga 5 anggota Pecahan genting dan bola bisbol diperlukan dalam game ini.

Tim A bertugas mengatur pecahan kritis, sementara Tim B bertugas menjatuhkan pecahan dengan bola baseball. Jika salah satu anggota tim A terkena bola, permainan dinyatakan batal.

Jika tim B tidak merusak pengaturan genting saat memukul bola, pengaturan tersebut dinyatakan batal. Jika salah satu anggota tim sudah gugur, permainan dinyatakan selesai.

Permainan Tradisional Congklak

Congklak, juga dikenal sebagai sebuk dakon, adalah permainan tradisional yang dimainkan di lapangan panjang dengan tujuh alur di setiap sisi dan dua alur yang lebih besar di tengah setiap ujung kanan dan kiri, yang biasa disebut sebagai lumbung.

Biji-bijian (sirsak, sawo, atau lainnya) biasa digunakan dalam permainan dakon ini, tetapi kerikil juga bisa digunakan.

Ada juga congklak yang terbuat dari plastik kerang laut yang berbentuk bulat, agak lonjong, atau serupa bentuknya. Gudang di paling kanan dimiliki oleh pemain A, dan gudang di sebelah kiri dimiliki oleh pemain B.

Untuk bermain, pemain A memilih lubang di daerahnya dan membagi benih satu per satu tanpa mengisi gudang yang bukan miliknya.

Jika biji terakhir yang diambil jatuh di gudang kosong, pemain A berhenti dan pemain B mengambil alih.

Kemenangan permainan congklak ditentukan oleh jumlah biji yang terdapat di gudang masing-masing pemain.

Benih yang diambil di setiap baskom adalah kunci dari permainan ini. Semakin dia berjalan, semakin sering dia memenuhi lumbungnya.

Permainan Tradisional Engrang

Engrang adalah permainan yang dimainkan dengan dua batang bambu sepanjang satu meter. Sebuah pijakan disediakan di bagian bawah, sedikit ke atas, untuk berjalan atau berlari.

Permainan egrang ini bisa dimainkan sendiri atau bersama orang lain. Kemampuan menjaga keseimbangan tubuh sangat penting saat bermain egrang. Karena jika tidak seimbang, pemain egrang akan jatuh.

Permainan Tradisional Engklek

Anak perempuan dan laki-laki sama-sama bisa mengikuti engklek. Namun, biasanya perempuan. Untuk memainkan permainan, kamu harus terlebih dahulu menggambar 8 kotak di tanah atau di jalan, diikuti dengan setengah lingkaran di akhir.

Kamu dapat menggunakan hompimpa atau lelucon di dalam kotak untuk menentukan siapa yang memulai permainan terlebih dahulu.

Saat giliran bermain, pemain harus berjalan dengan melompat pada kotak-kotak yang ada dengan satu kaki, baik kaki kanan atau kiri.

Bermain Gasing

Bermain Gasing

Gasing adalah mainan yang dapat berputar pada satu poros dan seimbang pada satu titik. Bentuk bagian atas bervariasi; beberapa berbentuk tabung, sementara yang lain berbentuk kerucut.

Batang kecil yang dihubungkan dengan tali terletak di tengah atas. Ketika senar bagian atas ditarik, bagian atas berputar. Kecepatan putaran atas dipengaruhi oleh tarikan tali atas.

Pemenangnya adalah pemain yang bagian atasnya berputar paling lama atau bisa merobohkan bagian atas lawan terlebih dahulu.

Setidaknya dua orang memainkan game teratas ini. Permainan ini biasanya dimainkan di luar atau di halaman.

Permainan Gobak Sodor

Gobak Sodor adalah permainan tim untuk 3 hingga 5 pemain. Tugas satu tim adalah menghadang tim lawan agar tidak melakukan crossing.

Karena untuk memenangkan permainan ini semua anggota harus bolak-balik menyeberang tanpa disentuh oleh tim lawan yang berjaga.

Permainan Kasti

Baseball adalah olahraga permainan yang dimainkan dengan bola. Yang terpenting dalam permainan bisbol adalah kekompakan dan kelincahan tim.

Baseball memiliki tiga teknik yaitu teknik melempar, teknik memukul bola, dan teknik menangkap bola. Dalam permainan bisbol, kedua tim dibagi menjadi tim pemukul dan penjaga.

Kerjasama sangat penting dalam hal ini karena kerjasama yang baik antar anggota tim akan memperkuat kemampuan kelompok untuk memenangkan permainan.

Bola bisbol dan pemukul yang terbuat dari kayu yang kuat adalah alat yang digunakan dalam permainan bisbol.

Jika tidak ada bola bisbol, bisa diganti dengan bola yang terbuat dari karet dan dilapisi benang menyerupai bola bisbol.

Sebuah tim permainan terdiri dari dua belas orang. Setiap pemain dalam tim pemukul diberi kesempatan untuk memukul bola satu kali.

Pemukul terakhir, bagaimanapun, diperbolehkan untuk memukul tiga kali. Perlu juga diperhatikan bahwa saat bertelur, pemukul harus berada dalam satu garis lurus.

Pukulan dianggap berhasil jika pukulan bola melebihi garis yang ditentukan pada bola. Setelah memukul bola dengan tongkat pemukul, mereka harus berlari ke pos 1, 2, dan 3 secara teratur.

Jika kamu berhasil, kamu akan diberi nilai. Jika penjaga berhasil menangkap bola, dia mendapat poin. Kelompok dengan skor tertinggi dinyatakan sebagai pemenang.

Bermain Kelereng

Bermain Kelereng

Salah satu permainan yang disukai anak laki-laki adalah permainan kelereng. Namun, anak perempuan terkadang bermain kelereng.

Permainan ini dimainkan dengan cara melempar kelereng menuju garis start secara bergiliran. Pemain yang kelerengnya paling dekat dengan garis start adalah yang terakhir memulai.

Pemain memantulkan kelereng dari garis start ke lubang kelereng secara bergantian. Lubang marmer ini dibuat di tengah area permainan dan sedalam kelereng.

Kelereng digulung dengan meletakkan ujung ibu jari tangan kanan di atas garis dan keempat ujung jari lainnya di depan garis.

Kelereng tersebut kemudian diletakkan di antara bagian atas jari tengah tangan kiri dan ujung jari tengah tangan kanan.

Jari tengah tangan kanan kemudian ditekuk untuk menekan kelereng. Kelereng tersebut kemudian dilepaskan atau ditembakkan ke arah lubang kelereng.

Tentukan giliran permainan berdasarkan jarak terdekat kelereng ke lubang setelah semua pemain memantulkan kelereng ke arah lubang kelereng.

Siapa yang paling dekat adalah pemain pertama, dan seterusnya. Pemain (utama) pertama adalah yang pertama memulai permainan.

Untuk memulai permainan atau mendapatkan nomor, pemain harus menempatkan kelereng di dalam lubang.

Setelah berhasil memasukkan kelereng ke dalam lubang, pemain melanjutkan permainan dengan berburu kelereng pemain lain.

Berburu kelereng lawan dengan memantulkannya ke sekeliling dan menembaknya sampai kena. Kelereng yang dipukul dapat ditembakkan terus menerus jika jarak pantulan tembakan digeser oleh satu rentang tangan.

Pemain bebas untuk menembak kelereng apapun yang mereka inginkan. Pemain terus bermain sampai kelereng mati dan pemain berikutnya menggantikannya.

Jika kelereng tidak mengenai lawan dan jarak antara kelereng penembak dan yang ditembak kurang dari satu rentangan tangan, kelereng tersebut mati.

Pemain terakhir yang keluar dari permainan dinyatakan kalah dan menerima penalti berdasarkan kesepakatan yang dibuat di awal permainan.

Permainan Tradisional Ketapel

Tembak ketapel merupakan salah satu permainan yang disukai anak-anak saat itu. Berbentuk huruf Y, terbuat dari ranting pohon atau kayu bercabang dua.

Sebuah penthil karet dilekatkan pada ujung dahan kayu dan ditambahkan kain sebagai wadah untuk menopang peluru.

Peluru biasanya terbuat dari kerikil atau benda kecil lainnya. Ketapel dapat digunakan untuk berburu burung selain untuk bermain.

Untuk memainkannya, cukup arahkan ketapel ke sasaran, tarik kain dengan peluru di dalamnya, lalu lepaskan.

Cara kamu menarik kain, misalnya, berdampak besar pada kecepatan dan akurasi peluru. Namun, anak-anak tidak boleh memainkan permainan ini karena berbahaya jika salah sasaran.

Permainan Tradisional Lari Tempurung

Permainan Lari Tempurung adalah permainan kompetisi lari yang dimainkan dengan batok kelapa yang dibelah. Cangkang ini berfungsi sebagai alas kaki.

Saat berlari, tali diikat ke tengah cangkang untuk menariknya. Untuk membuat cangkang berjalan, pemain harus menginjaknya dan mengangkat tali. Pemain yang sampai di garis finish lebih dulu menang.

Bermain Layang-layang

Bermain Layang-layang

Menerbangkan layang-layang merupakan salah satu permainan yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Layang-layang sangat populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa. Layang-layang pada dasarnya berbentuk seperti belah ketupat.

Layang-layang sendiri bisa dibuat dengan tangan menggunakan rangka bambu berbentuk belah ketupat dan dua buah bambu di tengahnya membentuk tanda plus (+).

Kerangka tersebut kemudian dilapisi kertas layang-layang secara acak. Di akhir potongan, disediakan benang untuk mengontrol layang-layang.

Menerbangkan layang-layang masih dinikmati oleh sebagian orang, meski tidak sebanyak dulu. Dan bentuk layang-layang saat ini lebih khas.

Untuk menerbangkan layang-layang, kita membutuhkan orang lain untuk memegang ujung layang-layang sementara kita mengontrol benang.

Saat mengendalikan layang-layang, perhatikan arah angin. Karena layang-layang akan jatuh jika angin datang dari belakangnya.

Saat layang-layang naik, lepaskan benang secara perlahan, tetapi perhatikan arah ke atas; kemungkinan layang-layang yang dimainkan putus atau tersangkut.

Tarik benang secara perlahan dan gulung benang sebagai kondisi awal untuk menurunkan layang-layang.

Bermain Lenggang Rotan atau Hulahop

Holahop adalah alat bantu berbentuk lingkaran lembut yang dapat digunakan untuk membuat berbagai kegiatan gerak atau permainan yang dapat dilakukan secara individu, berpasangan, maupun berkelompok dan dapat dilakukan dimana saja.

Untuk memainkan hula hop, cukup letakkan hula hop di lantai dalam posisi datar, lalu masuk ke dalam hula hop dengan postur tegak atau sempurna.

Angkat satu kaki secara perlahan dengan menekuk lutut terlebih dahulu. Pertahankan keseimbangan tubuh yang baik dengan merentangkan tangan ke samping.

Pegang tubuh tegak dengan satu kaki selama beberapa menit di holahop, gunakan kaki untuk menopang.

Saat bermain dengan teman, cobalah untuk menantang untuk waktu yang lama; siapa pun yang berdiri paling lama menang.

Permainan Tradisional Lompat Karet

Lompat karet adalah permainan tradisional yang populer di kalangan wanita. kamu akan membutuhkan banyak karet untuk membuat lompat tali ini.

Karet disusun satu persatu membentuk tali. Game ini bisa dimainkan sendiri atau bersama orang lain.

Saat dimainkan secara berkelompok, tali dipegang oleh dua orang. Satu anak memegang tali di sebelah kanan, sementara yang lain memegang tali di sebelah kiri.

Tali direntangkan ke panjang terpendek dan kemudian ke panjang terpanjang. Pemain yang tidak dapat melompati taki dieliminasi dari permainan dan harus menggantikan teman yang memegang tali.

Permainan Masak-masakan

Permainan Masak-masakan

Permainan memasak, juga dikenal sebagai pasar, biasanya dimainkan oleh perempuan. Dalam permainan ini, seseorang biasanya berperan sebagai ibu, anak, tamu, atau peran tambahan lain yang diinginkan.

Karena benar-benar meniru kegiatan sehari-hari, permainan ini dilakukan persis dengan kegiatan sehari-hari. Bahan yang digunakan dalam permainan ini biasanya berupa tumbuhan.

Alat-alat tersebut biasanya bekas botol, kaleng, atau wadah yang sudah dipensiunkan. Untuk membuat tungku, batu atau bata biasanya disusun membentuk pawonan.

Permainan ini dapat dimainkan oleh sekelompok kecil anak-anak atau oleh sekelompok besar anak-anak.

Pasar biasanya dilakukan di halaman rumah. Bermain di pasar atau memasak dapat membantu anak mengenal tumbuhan (flora).

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai kumpulan permainan tradisional zaman dulu dan bisa kamu coba mainkan saat ini.

Selain karena permainannya yang seru juga berguna untuk melestarikan kembali, sehingga anak zaman sekarang bisa mencobanya dan tidak terfokus pada gadget.

Demikianlah artikel mengenai Kumpulan Permainan Zaman Dulu yang Bikin Rindu dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */