12 Manfaat Dari Buah Tin Untuk Ibu Hamil

Infokekinian.com – Terdapat di dalam Al Quran, selain untuk kesehatan tubuh. Ternyata inilah 12 manfaat dari buah tin untuk ibu hamil yang bisa kamu manfaatkan saat sedang hamil.

Buah tin merupakan buah yang mengandung sumber nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat lengkap yang tidak dapat kamu temukan pada makanan atau buah lain.

Namun, masih cukup banyak ibu hamil yang ragu untuk mengonsumsi buah tin ini karena menganggap buah tin ini dapat berdampak buruk bagi ibu dan janin.

apa itu buah tin

Namun kamu tidak perlu khawatir lagi, karena kamu bisa mengetahui informasi selengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Buah Tin?

Buah tin atau ara, adalah buah yang bentuknya seperti tetesan air mata. Biasanya memiliki ukuran sebesar ibu jari yang berisi biji-biji kecil.

Pada umumnya buah ini memiliki warna ungu atau hijau dan daging buah berwarna merah muda. Selain itu, buah dengan nama latin Ficus carca L ini memiliki rasa yang manis. Dan juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan dalam Buah Tin

Selain kaya akan nutrisi, buah ara juga rendah kalori sehingga cocok untuk kamu tambahkan dalam menu diet kamu. Dan buah yang satu ini beratnya sekitar 40gr, yang mengandung:

  1. 30 Kalori
  2. 0.3gr Protein
  3. 7.7gr Karbohidrat
  4. 0,1 Lemak
  5. 2% dari RDA Vitamin B6
  6. 2% dari KAG Vitamin K

Dan juga mengandung tembaga, mineral penting bagi tubuh dan berperan dalam metabolisme dan produksi energi.

Kemudian nutrisi yang dapat membantu dalam pembentukan sel darah, neurotransmiter, dan jaringan ikat.

Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil

Berikut manfaat buah tin untuk ibu hamil dan janin:

Menstabilkan tekanan darah

Jika kamu menderita tekanan darah tinggi saat hamil, maka kamu bisa memanfaatkan buah yang satu ini untuk mencegah hipertensi.

Hal ini karena buah ara mengandung kadar kalium dan natrium yang dangkal sehingga dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Dan juga dapat membuat jantung lebih sehat karena mendapat asupan polifenol yang dibutuhkan oleh tubuh.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Buah ara mengandung sumber asam lemak omega 3, asam lemak omega 6 dan senyawa fitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cepat.

Juga dapat membantu tekanan darah menjadi lebih teratur dan dapat menghilangkan kolesterol karena memiliki kandungan yang sangat tinggi.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Salah satu hal yang ditakuti ibu hamil setelah melahirkan adalah kesehatan mata; hal ini dikarenakan nilai minus yang sangat tinggi akibat salah pencet pada saat pengiriman yang diharapkan.

Namun jika kamu rajin mengonsumsi buah ara saat hamil, hal itu tidak akan terjadi. Itu karena mengandung vitamin A dan senyawa yang bisa melindungi otot dan kornea mata.

Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Risiko ini sebenarnya masih bisa terjadi karena pengaruh genetik dan gaya hidup yang berdosa, namun kamu juga bisa mencegah kanker payudara setelah melahirkan dengan mengonsumsi buah tin saat hamil.

Buah ini mengandung senyawa seperti benzaldehida, yang dapat merusak sel tumor sehingga dapat menghilangkannya.

Baik untuk Pencernaan

Seiring bertambahnya usia kehamilan, kondisi usus untuk mencerna makanan juga menjadi lebih lambat. Hal ini disebabkan karena hormon kehamilan dan juga bertambahnya ukuran janin dalam kandungan.

Maka kamu bisa memanfaatkannya dengan mengonsumsi buah ara yang mengandung serat yang sangat tinggi, yang sangat cocok untuk membantu proses pencernaan.

Sebagai Kebutuhan Kalsium

Kalsium merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dan janin karena kalsium berperan penting dalam pertumbuhan gigi dan tulang janin.

Dan jika ibu hamil memiliki kalsium yang cukup akan terhindar dari osteoporosis setelah melahirkan. Jadi memang buah ara ini penting untuk ibu hamil.

Kebutuhan Mineral Tercukupi

Selain kalsium, mineral juga merupakan senyawa yang dibutuhkan ibu hamil. Ini karena buah ara kaya akan mineral.

Senyawa mineral ini juga dapat membantu pertumbuhan janin sesuai usia kehamilan dan mencegah cacar air bawaan.

Menyembuhkan Diare

Menyembuhkan Diare

Hal yang tidak bisa dihindari pada ibu hamil adalah diare, ada beberapa penyebab diare pada ibu hamil.

Seperti kebiasaan makan makanan pedas dan asam serta makanan tidak sehat yang mempengaruhi hormon kehamilan.

Namun hal ini bisa terbantu dengan buah tin yang mengandung enzim proteolitik yang sangat penting untuk membantu mengatasi sembelit dan diare.

Berat Lebih Seimbang

Berat badan pada ibu hamil menjadi pertimbangan yang serius, jika berlebihan maka akan terkena bahaya obesitas.

Tentu hal ini sangat menakutkan, karena dapat mempengaruhi ukuran bayi menjadi menonjol dalam kandungan dan kolesterol serta komplikasi selama kehamilan.

Membantu Perkembangan Janin

Kandungan asam folat yang tinggi dapat membantu otak janin tumbuh dengan baik dan membuat bayi lebih cerdas. Penting juga untuk mencegah cacat tabung saraf agar bayi bisa menjadi lebih sehat.

Mengurangi Morning Sickness

Beberapa ibu hamil mengalami morning sickness yang sangat parah, kondisi ini bisa berbahaya karena ibu dan janin bisa kekurangan nutrisi penting.

Jika janin tidak memiliki nutrisi yang cukup, ia dapat gagal berkembang dan bahkan dapat mengakibatkan kematian atau cacat lahir.

Tetapi dengan memakan buah ara ini, kamu bisa mendapatkan vitamin B tingkat yang sangat tinggi. Sehingga vitamin ini dapat membantu mengurangi risiko morning sickness secara alami.

Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Kandungan buah tin yang kaya vitamin C berperan penting dalam mengatasi masalah penyerapan zat besi ini.

Buah tin dapat membantu tubuh ibu hamil untuk memiliki zat besi yang cukup, karena seorang ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi. Hal ini karena ibu hamil terhindar dari anemia selama kehamilan.

Cara Mengonsumsi Buah Tin

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengonsumsi buah tin. Buah rendah kalori berbentuk tetesan air mata ini sangat cocok untuk dimakan sebagai camilan sehat.

kamu juga bisa menambahkannya ke salad atau disajikan sebagai selai. Dan tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ara kering, dalam jumlah yang banyak. Ini karena kandungan gula dan kalori yang tinggi.

Selain buahnya, kamu juga bisa memanfaatkan daun tin ini dengan mengolahnya menjadi teh untuk menjaga kesehatan.

FAQ

Berikut kami rangkum beberapa pertanyaan umum tentang manfaat buah tin untuk ibu hamil:

Mengapa Allah SWT bersumpah dalam Surah At-Tin?

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Qs. At-Tiin [95]: 1-3

yang berarti:

“Demi buah ara dan zaitun. Dan dekat bukit Sinai. Dan demi kota Mekah yang aman”

Ada perbedaan pendapat para ulama mengenai kata fig dan zaitun, ada yang mengatakan bahwa fig dan zaitun adalah nama-nama pohon.

Dan menurut Mujahid dari Abu Najih dalam jilid ke 10 tafsir at-Tabari, mengatakan: Buah ara dan zaitun adalah buah yang biasa dimakan, sedangkan menurut yang lain buah ara adalah masjid Damaskus.

Sedangkan dalam tafsir al-Quranul Azim, ibn abbas menjelaskan arti tiin adalah Masjid Nuh di gunung judi, Zaitun adalah Masjid Baitul Maqdis, turisinin adalah bukit Sinai dimana Allah SWT berfirman langsung kepada Nabi Musa as.

Yang lain mengatakan bahwa arti dari ayat 2 dan 3 menunjukkan dua tempat di mana nabi Musa (as) dan nabi Muhammad SAW menerima wahyu.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai khasiat dari buah tin untuk ibu hamil dan janin yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kondisi kesehatan selama kehamilan.

Dan yang terpenting adalah kamu harus tetap mengkonsumsi buah ini dalam dosis yang cukup dan tidak berlebihan, karena dapat memicu reaksi alergi yang akan merugikan ibu dan janin.

Demikian artikel tentang manfaat dari buah tin untuk ibu hamil dan jangan lupa kunjungi terus website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lainnya yang pasti akan bermanfaat dan membantu teman-teman saat ini.

/* */