15 Manfaat Dari Daun Afrika Dan Cara Minumnya

Infokekinian.com – Mungkin kamu masih merasa asing dengan daun afrika, salah satu tanaman herbal ini dipercaya memiliki manfaat dari daun afrika untuk kesehatan tubuh.

Meskipun secara umum, masih banyak spesies tanaman herbal yang belum teruji secara klinis dapat menyembuhkan atau mencegah penyakit.

Apa itu Daun Afrika

Namun, banyak orang berpikir bahwa menggunakan tanaman herbal untuk mengobati penyakit akan lebih berhasil.

Apa itu Daun Afrika?

Sesuai dengan namanya, daun afrika ini merupakan tanaman herbal yang banyak tumbuh di benua afrika khususnya di afrika barat atau tepatnya di nigeria.

Daun ini secara turun temurun berfungsi sebagai obat tradisional bagi masyarakat. Tanaman yang memiliki nama latin Vernonia Amygdalina ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tentunya hal ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi pada daun afrika seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan juga berbagai mineral seperti magnesium, kalium, natrium, kalsium, seng, dan zat besi. Tanaman ini juga mengandung serat, lemak dan protein yang melengkapi kandungan nutrisinya.

Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Karena kandungan nutrisi dalam daun Afrika, tanaman ini sangat cocok untuk kesehatan. Jadi apa manfaatnya? Mari kita tinjau lebih detail di bawah ini:

Melancarkan Pencernaan

Bagi kamu yang sering mengalami sembelit, daun afrika bisa menjadi alternatif solusi. Sebab, manfaat daun afrika adalah memperlancar pencernaan bila dikonsumsi secara rutin.

Selain itu, daun afrika juga dapat mencegah dan mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Meskipun orang sering menggunakan daun Afrika untuk mengobati gangguan pencernaan, bukti medis untuk mendukung klaim ini tidak cukup kuat.

Mengatasi Malaria

Orang-orang di benua hitam sering menggunakan daun Afrika sebagai obat malaria. Seperti yang kamu ketahui, Afrika adalah endemik malaria. Sehingga obat tradisional seperti ini sangat dibutuhkan di daerah tersebut.

Nah, manfaat daun afrika untuk mengatasi malaria disebutkan karena kandungan senyawa plasmodik di dalamnya.

Menyembuhkan Flu

Menyembuhkan Flu

Padahal flu bukanlah penyakit yang cukup berbahaya. Namun, tubuh yang terkena flu tentu saja dapat menghambat dirinya sendiri dalam melakukan berbagai aktivitas.

Salah satu solusi untuk menyembuhkan flu adalah dengan mengkonsumsi daun afrika. Di dalam daun afrika ini terdapat senyawa flavonoid yang diduga sangat ampuh dalam membasmi virus penyebab flu.

Mengobati Luka

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Advanced Pharmaceutical Bulletin Vol 4, tanaman ini diklaim dapat mempercepat proses pengeringan luka pada kulit.

Tak hanya itu, daun afrika juga dipercaya memiliki efek yang menyenangkan saat kamu mengkonsumsinya. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih rileks saat terluka.

Mengobati Tifus

Tifus disebabkan oleh bakteri patogen yang disebut Salmonella Typosa. Gejala penyakit ini dapat dicegah dan proses penyembuhannya dipercepat dengan mengkonsumsi ekstrak daun afrika.

Alasannya tak lain karena kandungan zat antibakteri dan antibiotik yang efektif melawan bakteri berbahaya.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengontrol Kadar Gula Darah

Salah satu jenis penyakit yang ditakuti masyarakat Indonesia adalah diabetes. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar gula darah dalam tubuh yang melebihi batas normal.

Selain untuk pengobatan medis, penderita diabetes juga bisa menggunakan daun afrika untuk mengontrol kadar gula darah. Bagaimana, ternyata sangat praktis bukan?

Mengobati Peradangan

Manfaat selanjutnya adalah untuk mengobati peradangan. Ekstrak daun afrika yang diperkaya dengan zat anti inflamasi dipercaya dapat mengatasi peradangan.

Seperti yang kamu ketahui, peradangan disebabkan oleh pertumbuhan senyawa pemicu peradangan yang disebut prostaglandin.

Namun, pada kasus radang sendi, penyebabnya adalah kurangnya asupan mineral magnesium.

Nah, inilah yang menyebabkan daun afrika menjadi solusi jitu mengatasi peradangan karena kandungan utamanya adalah magnesium.

Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Serangan jantung dipicu oleh penyempitan pembuluh darah jantung. Sehingga berdampak pada kurangnya suplai darah dan oksigen ke inti. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun afrika secara rutin.

Manfaat ini tak lain karena daun afrika diperkaya dengan zat antiseptik dan antioksidan, yaitu asam lemak omega 3 dan omega 6.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Of Current Pharmaceutical Design, zat ini sangat efektif untuk merawat fungsi pembuluh darah arteri.

Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang umum terjadi di masyarakat Indonesia. Dengan mengkonsumsi daun afrika, tekanan darah bisa lebih teratur.

Ini karena adanya kalium di dalamnya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat daun afrika untuk menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik masing-masing adalah 2,5 mmHg dan 4,4 mmHg.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Salah satu momok yang menakutkan, penyebab berbagai penyakit serius adalah kolesterol tinggi. Namun, kamu tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan daun afrika dalam menurunkan kolesterol.

Dalam sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of Vascular Health And Risk Management, daun Afrika telah terbukti secara klinis mengurangi lemak LDL atau kadar kolesterol berbahaya hingga 50%.

Meski begitu dalam penelitian ini objek yang diteliti berupa tikus, sehingga khasiat daun afrika untuk kesehatan yang satu ini belum bisa dikatakan kuat sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut dengan objek manusia.

Untuk Mengobati Asam Urat

Asam urat memang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit ini, anggota badan menjadi sulit untuk digerakkan.

Salah satu obat herbal untuk mengatasi masalah ini adalah daun afrika. Hal ini karena daun afrika dapat merangsang pembuangan asam urat berlebih melalui urin.

Mencegah kanker

Mencegah kanker

Salah satu manfaat tak terduga dari daun Afrika adalah dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Ini karena kandungan zat anti kanker dalam daun Afrika.

Jadi, daun ini bisa dikonsumsi bagi kamu yang ingin terhindar dari risiko kanker di kemudian hari. Sebuah Journal of Experimental Biology And Medicine mengungkapkan manfaat manfaat daun Afrika.

Jurnal ini menyatakan bahwa daun Afrika efektif untuk mencegah kanker payudara karena peran antioksidan di dalamnya.

Zat ini dapat menangkal kerusakan DNA sel akibat aktivitas oksidasi yang dipicu oleh adanya radikal bebas.

Mencegah Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya agar dapat berfungsi dengan baik.

Jika kamu memiliki masalah dengan ginjal kamu, maka daun Afrika bisa menjadi solusi yang bagus.

Daun afrika menghasilkan manfaat ini karena kandungan asam lemak, vitamin, dan asam fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan.

Meningkatkan Kesuburan

Meski belum memiliki dukungan bukti medis yang kuat, namun khasiat daun afrika ini mampu meningkatkan kesuburan telah dipercaya selama bertahun-tahun.

Jika dikonsumsi oleh wanita, daun afrika dapat mencegah terbentuknya kista dan tumor rahim. Sedangkan jika tertelan oleh pria, kualitas sperma bisa ditingkatkan.

Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Ternyata, daun afrika tidak hanya bermanfaat dalam merawat kesehatan tubuh dan organ dalam. Namun daun afrika juga dapat merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Kalau begitu, maka garda depan yang ingin mendapatkan daun Afrika harus dari kalangan perempuan.

Daripada melakukan berbagai perawatan mahal, kamu bisa menggunakan daun Afrika untuk menghaluskan kulit.

Hal ini disebabkan Androfolia dan Andographene, keduanya efektif dalam mencegah penuaan dini dan infeksi yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit.

Nah, peran daun afrika disini adalah untuk bisa mengatasi berbagai masalah kulit seperti komedo, jerawat, kurap, dan juga kudis.

Cara Mengonsumsi Daun Afrika

Cara mengolahnya juga relatif mudah, sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat sepenuhnya dari rumah. Berikut cara mengolah Daun Afrika:

1. Mengunyah langsung untuk memanfaatkan khasiat daun Afrika, cara termudah adalah dengan mengunyahnya.

Namun sebelum dikunyah, kamu harus membersihkan daun ini terlebih dahulu, kemudian kunyah daun afrika ini, lalu telan airnya, dan buang ampasnya.

Pada tahap ini, kamu tidak perlu repot mengolah daun-daunan tersebut.

2. Mengekstrak daun Afrika Untuk mendapatkan ekstrak daun Afrika, kamu bisa mulai dengan mengeringkan daunnya, lalu tumbuk.

Cara mengkonsumsinya cukup dengan menyeduh satu sendok teh daun afrika kering dengan air panas.

3. Dikeringkan dan diseduh seperti reh proses ketiga ini mirip dengan ekstraksi, tetapi tahap ini lebih mudah dilakukan. Caranya, kumpulkan lima lembar daun Afrika dalam teko, lalu seduh dengan air panas.

Efek Samping Konsumsi Daun Afrika

Efek Samping Konsumsi Daun Afrika

Walaupun memiliki banyak manfaat, tetapi segala sesuatu yang berlebih tentu akan menimbulkan efek samping. Berikut adalah efek samping dari konsumsi daun Afrika secara berlebih:

1. Mual

Daun afrika memiliki rasa yang khas, yaitu rasa yang pahit. Kebanyakan orang tidak terlalu menyukai konsumsi yang rasanya pahit.

Oleh karena itu, pengguna daun afrika bisa mengalami mual akibat rasa yang terkandung dalam daun afrika.

Sebaiknya kamu harus menghindari mengkonsumsi daun Afrika jika kamu tidak menyukai rasa pahit. Ini karena rasa pahit pada daun Afrika sangat parah dan bisa mengganggu bagi sebagian pengguna.

2. Terjadinya Pembengkakan

Efek samping alami dari daun afrika adalah tubuh bisa mengalami pembengkakan. Pembengkakan yang timbul tidak terlalu terlihat.

Namun, gejala ini sering mengganggu pengguna daun Afrika. Biasanya pembengkakan dialami di area tubuh seperti kaki atau tangan.

Kondisi ini bisa membuat aktivitas kamu menjadi terganggu. Sebaiknya jika tidak ingin mengalami efek samping tersebut, hindari mengkonsumsi daun afrika.

3. Alergi

Beberapa orang, tubuh tidak bisa bereaksi positif terhadap daun afrika. Biasanya, jika tubuh menolak untuk menyebabkan gatal atau alergi, sama seperti yang dirasakan ketika alergi terjadi karena makanan laut dan bahan lainnya.

Efek ini tidak terlalu berbahaya tetapi aktivitas yang mengkhawatirkan. Sebaiknya lakukan pencegahan dan periksakan ke dokter untuk menyembuhkan penyakit alergi daun afrika.

4. Gangguan Janin

Gangguan Janin

Bagi ibu yang sedang hamil, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun afrika. Hal ini diyakini dapat mengganggu kesehatan janin.

Selain dilarang untuk ibu hamil, daun afrika juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang haid. Untuk efek samping ini, sebenarnya tidak ada penelitian yang membenarkannya.

Namun sebaiknya hindari saja penggunaan ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat.

5. Gangguan pencernaan

Apapun obat herbal atau obat kimia, jika tubuh tidak dapat bereaksi positif terhadap obat setelah mengalami mual dan muntah, maka dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi daun afrika yang berlebihan dan tidak sesuai dengan anjuran dokter.

Berhati-hatilah menjadi konsumen agar tubuh tetap terjaga dan terpelihara. Apapun itu harus dikonsultasikan agar benar-benar mendapatkan manfaatnya.

FAQ

Di sini kami telah merangkum beberapa pertanyaan umum tentang manfaat daun Afrika:

Berapa Lembar Daun Afrika Untuk Kolesterol?

Ramuan yang biasa digunakan adalah 7 lembar daun afrika direbus dengan 1 gelas air.

Apakah Daun Afrika Bisa Memutihkan Wajah?

Daun afrika ini bisa menjadi solusi untuk keluhan seperti wajah kusam, kering dan kasar yang anda miliki.

Daun afrika juga dikenal mampu meremajakan kulit dengan menghaluskan, melembabkan, dan memutihkan kulit.

Apakah Daun Afrika Dapat Menyembuhkan Penyakit Kanker Ganas?

Sebuah penelitian laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak daun Afrika dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mulai dari kanker paru-paru, kanker payudara, kanker darah hingga kanker prostat. Daun Afrika juga dikatakan mampu meningkatkan efektivitas kemoterapi dalam mengobati kanker.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai khasiat dari daun afrika yang bisa anda coba dan rasakan manfaatnya.

Namun, satu hal krusial yang perlu diingat adalah tetap mengonsumsinya dalam batas normal. Mohon jangan berlebihan, karena akan menimbulkan efek samping.

Demikianlah artikel mengenai manfaat dari daun Afrika dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */