Membuat Poster dengan Teknik Digital, Simak!


Infokekinian.com – Kami akan menjelaskan bagaimana membuat poster dengan teknik digital, kami juga akan menjelaskan membuat poster dengan aplikasi untuk laptop. Yuk simak penjelasannya!

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit tutorial cara membuat poster digital. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan poster digital tentu semakin marak dalam iklan dan untuk memperingati suatu peristiwa.

Selain itu, poster juga biasa digunakan untuk menyampaikan pesan, kritik atau pesan yang menonjolkan masalah politik. Bagaimanapun, izinkan saya dengan cepat memandu kamu melalui langkah-langkah yang terlibat dalam membuat poster digital.

Advertisements

Langkah Membuat Poster dengan Teknik Digital

Langkah Membuat Poster dengan Teknik Digital

Ada 5 langkah dalam membuat poster dengan teknik, yaitu sebagai berikut:

1. Sketsa – Membuat Poster dengan Teknik

Sketsa adalah salah satu proses penting dalam mendesain poster digital. Pada tahap sketsa kamu harus memikirkan ide asli dari poster yang akan kamu buat.

kamu dapat membuat sketsa menggunakan kertas dan kemudian memindainya menggunakan pemindai atau smartphone. kamu juga dapat menggambar langsung menggunakan alat desain grafis seperti Photoshop atau Adobe Illustrator.

2. Lineart

Advertisements

Lineart, sesuai dengan namanya, adalah langkah dalam proses menggambar yang menambahkan lebih banyak detail dan kedalaman pada desain kamu. Juga, perlu diingat bahwa lineart sering diharapkan lebih bersih dan lebih halus daripada gambar di bawahnya.

Membuat lineart tidak memerlukan produk jadi yang menyerupai ide atau gambar asli; Perubahan dapat dilakukan selama tidak mengubah makna yang dimaksudkan.

3. Warna Dasar – Membuat Poster dengan Teknik

Penggunaan warna dasar tidak bisa sembarangan karena setiap warna memiliki makna tersendiri, seperti pada poster sumpah pemuda yang saya rancang menggunakan warna merah yang menggambarkan kemarahan dan semangat juang masyarakat Indonesia saat itu.

Kehati-hatian yang sama harus digunakan saat memilih skema warna, karena kontras dan suasana yang ingin kamu sampaikan dalam gambar harus dipertimbangkan saat membuat pilihan. Bentrokan beberapa warna tidak diperlukan saat membuat poster. Gunakan warna-warna lembut yang tidak berlebihan atau norak.

4. Shading

Shading adalah proses menentukan kontras antara bagian gelap dan terang dari suatu gambar. Bayangan sangat penting karena dapat menentukan dan meningkatkan tampilan objek yang telah kamu kembangkan.

5. Finishing – Membuat Poster dengan Teknik

Ini adalah langkah terakhir dalam proses, di mana kamu dapat menulis pesan singkat dan menambahkan efek atau sentuhan akhir yang diperlukan.

Dalam menyusun komunikasi usahakan jangan terlalu panjang dan berbelit-belit. Cukup mudah, tetapi teks tetap terkirim, cukup gunakan 1-3 font, jangan terlalu banyak mencampur font atau gaya penulisan.

Daftar Aplikasi Pembuatan Poster Laptop

Kami telah menyusun daftar opsi perangkat lunak untuk membuat poster di laptop dan komputer desktop.

1. Canva – Membuat Poster dengan Teknik

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini bernama Canva. Karena banyak orang mengkamulkan Canva untuk mengembangkan grafik.

Semuanya dimulai dengan poster, brosur, kolase gambar, logo, thumbnail YouTube, dan bahkan postingan Instagram.

Ada puluhan ribu template siap pakai di aplikasi ini, yang semuanya dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik kamu.

Komponen template kemudian dapat diedit sesuka hati dan hasilnya disimpan ke perangkat atau langsung dibagikan di media sosial.

Canva dapat diakses di berbagai platform selain PC, termasuk Android dan iOS.

2. Adobe Spark Post

kamu juga dapat menggunakan Adobe Spark Post untuk sekadar mendesain berbagai poster di laptop kamu.

Ukuran gambar poster yang dihasilkan dalam aplikasi ini cukup besar sehingga ketika kamu menyelesaikan proses pencetakan hasilnya tidak akan rusak.

Adobe Spark Post, seperti Canva, menawarkan berbagai model template yang telah diedit sebelumnya yang dapat disesuaikan dengan cepat oleh siapa saja yang memiliki akun Adobe Spark Post.

3. Adobe Photoshop Express – Membuat Poster dengan Teknik

Adobe Photoshop Express adalah aplikasi berikut yang dapat digunakan sebagai pembuat poster di komputer dan smartphone.

Namun, aplikasi ini memiliki tampilan yang lebih fleksibel ketika kamu mengaksesnya melalui laptop. Adobe Photoshop Express menawarkan serangkaian fitur dan kemampuan yang lengkap.

Sehingga dapat mendukung proses pembuatan poster dengan hasil yang menarik dan bermanfaat. kamu pasti penasaran dengan Adobe Photoshop Express bukan?

4. Desygner

Aplikasi yang mungkin bisa digunakan untuk membuat poster di laptop selanjutnya adalah Desygner. kamu dapat membuat poster dalam hitungan menit dengan aplikasi ini.

Di sini ada banyak sekali jenis template yang bisa kamu gunakan, mulai dari template media sosial, gambar sampul, flyer, kartu ucapan, undangan, poster, dan masih banyak lagi.

Template kemudian dapat dikustomisasi dengan mengubah teks, font, warna, dan ukuran seperti yang diedit.

5. Inkscape

Selanjutnya kamu juga dapat bergantung pada Inkscape untuk menghasilkan poster yang menarik dan indah. Selain itu, Inkscape juga menawarkan fitur tambahan seperti perancangan situs.

Menariknya, Inkscape juga mendukung berbagai format file untuk operasi impor dan ekspor. Ada alat formulir tambahan, alat pensil, alat teks, dan fitur kloning.

Lalu, ada juga opsi pengeditan tambahan, seperti filter, dukungan teks, alat goresan, dan alat rendering. Opsi ekspor termasuk PDF dan PNG untuk poster akhir.

6. Posteroid

Bagi yang sedang mencari cara membuat poster yang cepat dan mudah, aplikasi Posteroid di laptop terbaru sangat cocok.

Sama seperti beberapa alat lain yang kami jelaskan sebelumnya, Posteroid juga menyertakan pilihan templat, teks, dan font yang dapat digunakan selama proses pembuatan poster.

Manakah dari aplikasi pembuat poster laptop yang telah kita bahas sebelumnya yang akan kamu gunakan? Penting untuk diingat bahwa setiap aplikasi memiliki serangkaian manfaatnya sendiri.

Kesimpulan

Poster digital semakin marak dalam iklan dan untuk mengenang suatu peristiwa. Ada 5 langkah yang terlibat dalam membuat poster digital: sketsa, lineart, bayangan, tata letak, teks, dan sentuhan akhir.

Penggunaan warna dasar tidak bisa sembarangan karena setiap rona memiliki makna tersendiri.

Nah itulah informasi mengenai bagaimana cara membuat poster dengan teknik digital, semoga informasi diatas bermanfaat ya!

/* */