Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi

InfoKekinian.com – Mengatasi aplikasi tidak menanggapi sering dilakukan jika RAM di ponsel kita sangat padat. Kasus seperti ini sering terjadi jika ponsel pintar yang kita gunakan hanya memiliki kapasitas RAM yang tidak terlalu banyak alias sedikit. Namun, faktor pengguna juga menjadi salah satu faktor yang paling menentukan.

Meskipun RAM pada ponsel Android tidak terlalu besar, jika pengguna hanya mengunduh beberapa program saja maka kasus aplikasi tidak merespons dan situasi sistem tidak merespons tidak akan muncul. Kebalikannya juga bisa terjadi.

Menginstal dan menjalankan banyak program berat, seperti game atau aplikasi stkamur, pada ponsel Android dengan RAM 6 GB adalah ilustrasi yang sangat baik untuk hal ini.

Karena aplikasi tidak dapat mengimbangi ponsel yang kuat, kamu akan mendapatkan peringatan yang menunjukkan bahwa aplikasi tidak merespons.

Tetapi jika ponsel kamu tidak kuat, maka peringatan yang akan ditampilkan adalah karena sistem tidak merespons, bukan aplikasi.

Ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Karena banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak merespons dan apa jawabannya jika proses sistem tidak merespons di ponsel Android.

Berikut adalah beberapa saran untuk membantu kamu menghindari hal ini terjadi lagi. Teknik-teknik ini sebenarnya dapat membantu kamu agar aplikasi yang tidak merespons notifikasi atau proses sistem yang tidak merespons tidak terjadi lagi saat kamu menggunakan ponsel.

Spesifikasi ponsel juga sangat mempengaruhi kinerjanya. Misalnya, ponsel Android Nokia bisa lebih unggul karena menjalankan Android Murni yang membuatnya lebih ringan.

Tidak seperti ponsel Xiaomi, meskipun kami dapat mengubah font dan tema karena MIUI, itu membuat kinerja ponsel sedikit lebih berat.

Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi

Berikut adalah cara – cara untuk mengatasi bagaimana jika aplikasi tidak menanggapi.

1. Tutup Aplikasi Yang Tidak Kamu Gunakan

Agar kinerja sistem tidak terlalu berat, saya sangat menyarankan kamu menutup program yang tidak kamu gunakan agar RAM tidak terlalu penuh.

Bahkan jika ponsel cerdas kamu memiliki RAM dalam jumlah besar, menutup aplikasi yang tidak digunakan akan membantu kamu menghemat masa pakai baterai dan bandwidth internet.

Jika kamu yakin bahwa menutup aplikasi di bawah Aplikasi Terbaru tidak berdampak apa pun, kamu dapat langsung menghentikan aplikasi secara paksa melalui Pengaturan.

Caranya dengan mengakses menu Setting > Applications > Downloaded Applications > Select Applications > Force Stop Applications.

2. Jangan Install dan Gunakan Aplikasi Yang Tidak Diperuntukan Untuk Ponsel Kamu

Contoh sederhana jika spesifikasi ponsel Android kamu tidak terlalu bagus maka kamu tidak perlu mencoba untuk menginstal dan memainkan game berat dengan kualitas HD. Karena ternyata aplikasi tersebut tidak bisa dimainkan di ponsel Android kamu.

Jika tetap dipaksakan maka aplikasi tetap tidak bisa diakses sehingga akan muncul pemberitahuan bahwa aplikasi tidak merespon.

Masalah ini paling sering muncul karena orang ingin mencoba permainan yang bagus, tetapi tidak mengerti bahwa karakteristik seluler mereka tidak memenuhi syarat.

3. Selalu Hapus Cache Perangkat – Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi

Pemilik smartphone Android seringkali mengabaikan cara sederhana. Setiap aplikasi berjalan, cache yang dikumpulkan oleh setiap aplikasi pasti akan terus bertambah. Selain menyebabkan ruang penyimpanan penuh dan sistem menjadi tidak responsif, hal ini jarang berdampak sama sekali.

Sampah dan cache yang ada dapat dihapus dengan berbagai metode. Apalagi saat ini di handset Android, masing-masing perusahaan sudah menyertakan aplikasi pembersih sampah kamulannya.

Gunakan program Clean Master atau CCleaner sebagai aplikasi jika kamu lebih suka melakukannya di aplikasi itu.

4. Nyalakan Ulang Perangkat Kami Secara Rutin

Pendekatan keempat yang tidak kalah penting adalah dengan melakukan reboot atau restart smartphone Android kamu minimal sebulan sekali.

Sebagian besar perangkat Android yang lamban dalam multitasking adalah yang belum dimatikan dan dihidupkan ulang sama sekali selama berbulan-bulan.

Memulai ulang perangkat, seperti laptop dan desktop, secara teratur dapat meningkatkan kinerja dan memulihkan operasi normal ke berbagai operasi sistem. Oleh karena itu, mulai sekarang kamu harus benar-benar memperhatikan semua gadget teknologi yang kamu gunakan setiap hari.

Aplikasi dan sistem yang gagal merespons tidak akan lagi menjadi masalah setelah mengikuti saran dalam artikel di atas dan mempraktikkannya secara efektif. Sistem operasi Android, sejauh yang saya tahu, sangat kokoh dan sangat baik untuk menjalankan aplikasi.

Jika aplikasi tidak beroperasi dengan lancar, maka aplikasi itu saja akan merepotkan dan tidak akan mempengaruhi kinerja perangkat untuk aplikasi lain.

Namun, tidak jarang antarmuka pengguna (UI) atau antarmuka sistem (SI) menjadi tidak responsif sebagai akibat dari program yang terlalu sibuk dan menghabiskan banyak sumber daya.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa aplikasi untuk mengatasi jika sobat kekinian mengalami masalah aplikasi yang tidak bisa menanggapi. Semoga bermanfaat!

/* */