Modem Komputer: Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Infokekinian.com – Infokekinian kini memberikan penjelasan mengenai modem pada komputer untuk mengakses internet bagi komputer yang memerlukan jaringan internet. Simak pengertian, fungsi dan jenis-jenisnya di bawah ini dengan teliti.

Fungsi Modem Pada Komputer

Pengertian Modem Pada Komputer

Mengakses internet atau signaling untuk terhubung ke internet memerlukan modem, yaitu perangkat komunikasi dua arah yang dibangun ke dalam komputer atau perangkat seluler yang meningkatkan penerimaan jaringan internet.

Secara umum, istilah “modem” mengacu pada perangkat yang mendemodulasi sinyal digital menjadi sinyal analog.

Modulator berfungsi sebagai pengubah sinyal informasi untuk dimanfaatkan sebagai sinyal pembawa data yang siap dikirimkan, sedangkan demodulator adalah elemen yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa agar dapat diterima dengan benar.

Fungsi Modem Pada Komputer

Modem dapat melakukan fungsi-fungsi berikut:

  1. Salah satu alat perantara yang menghubungkan perangkat komputer ke jaringan internet.
  2. Sebagai konverter digital-ke-analog untuk komunikasi dua arah.
  3. Untuk menautkan perangkat dalam jaringan.
  4. Untuk mengompresi data yang disampaikan oleh sinyal.
  5. Melaksanakan prosedur modulasi dan demodulasi.

Jenis-Jenis Modem Pada Komputer

Ada berbagai macam jenis modem, antara lain:

1. Modem Eksternal

Modem eksternal adalah jenis modem yang digunakan komputer untuk mengakses internet. Data digital dari komputer diubah menjadi data analog melalui konversi sinyal.

Jika modem menerima data dalam bentuk sinyal analog, maka akan diubah menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut melalui komputer.

2. Modem Internal

Modem Internal adalah bentuk modem yang ditempatkan di dalam dimana sinyal analog yang masuk akan diubah menjadi sinyal digital dan disuplai langsung ke komputer.

3. Modem ISDN

Modem Integrated Service Digital Network (ISDN) Dalam jaringan digital, ucapan, data, dan gambar semuanya dikirim satu sama lain melalui jaringan telekomunikasi dan kemudian digabungkan.

Jaringan ini menawarkan koneksi Digital ujung ke ujung untuk memungkinkan lebih banyak variasi layanan.

4. Modem GSM

Modem GSM adalah jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai saluran untuk transportasi data. Biasanya modem jenis ini disediakan dengan menggunakan kartu koneksi dari provider yang memiliki fitur GSM.

5. Modem Analog – Modem Pada Komputer

Modem Analog adalah sejenis modem yang berperan sebagai alat yang mengubah impuls analog menjadi sinyal digital.

6. Modem ADSL

Asymmetric Digital Subscribe Line, atau ADSL, adalah bentuk modem yang memungkinkan kamu menjelajahi internet dan melakukan panggilan modem analog secara bersamaan.

Pembagi atau perangkat penghubung lainnya sangat membantu saat menggunakannya.

Tujuan dari Splitter adalah untuk meminimalkan interferensi sehingga dapat berjalan secara bersamaan, katakanlah menggunakan internet dan dapat menggunakan telepon stkamur. Namun, mereka tidak akan berhubungan.

7. Modem Kabel

Cable Modem adalah sejenis modem yang digunakan untuk menerima data langsung dari penyedia layanan seperti TV kabel.

8. Wireless Modem

Istilah “modem nirkabel” mengacu pada modem yang mentransmisikan data menggunakan gelombang radio atau sinar cahaya inframerah, seperti yang terdapat pada remote control TV.

9. Modem CDMA – Modem Pada Komputer

Modem CDMA adalah jenis modem yang memanfaatkan frekuensi CDMA 1x atau CDMA 800 MHz. Untuk jenis modem CDMA terbaru, frekuensi EVDO Rev-A sebanding dengan 3G.

Cara Kerja Modem Pada Komputer

  1. Mula-mula frekuensi sinyal digital yang dikirim dari komputer diubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem kemudian ditransmisikan melalui kabel telepon untuk dikirimkan ke komputer lain dan sebaliknya pada saat menghubungkan komputer ke kabel telepon untuk digunakan sebagai internet, komputer akan mengirimkan data.
  2. Modem kemudian akan mengubah data digital menjadi data analog sebelum mengirimkannya melalui kabel telepon (atau lainnya).
  3. Ketika data dialamatkan, modem kembali mengubahnya dalam bentuk data analog menjadi data digital.
  4. Hal ini juga terjadi saat mendownload data dalam bentuk analog, sehingga dapat ditampilkan, modem mengubahnya menjadi digital.

Ini adalah bagaimana internet di seluruh dunia dapat berkomunikasi satu sama lain.

Komponen Modem Pada Komputer

Beberapa komponen utama modem antara lain:

1. Network Interface Card

NIC bertindak sebagai mediator antar komputer. Setelah kartu terpasang, kemudian sambungkan kabel jaringan pada NIC agar dapat dihubungkan dari satu komputer ke komputer lainnya.

2. Repeater

Bagian ini adalah penguat sinyal digital. Sebagai sinyal, kekuatan sinyal yang diterima meningkat. Repeater juga digunakan sebagai koneksi antara media yang berbeda selama mekanisme aksesnya sama.

3. HUB

Sebagai komponen fisik yang terhubung dengan komputer atau sebagai jaringan pusat yang bermanfaat untuk menggabungkan kabel sehingga dapat menjangkau jarak yang sangat jauh.

Sinyal diperkuat dan data dikendalikan oleh komponen ini. HUB memiliki lubang di bagian belakang atau yang biasa disebut dengan port.

4. Switch

Fungsi joiner jaringan area lokal (LAN) disediakan oleh komponen ini. Sementara repeater dan HUB berguna untuk menjembatani jaringan, sakelar lebih mampu menangani masalah yang muncul akibat penggunaannya.

5. Access Point

Perannya kira-kira sama dengan HUB yang dimanfaatkan sebagai media penghubung via wifi.

6. Bridge

Komponen modem mudah beradaptasi dan juga pintar dibandingkan dengan repeater. CSMA atau CD, tergantung pada antarmuka jaringan, digunakan untuk mentransfer data.

7. Router

Komponen modem seperti router juga disertakan, dan tentunya lebih cerdas daripada komponen modem lainnya.

Fungsi router adalah untuk mengirimkan data yang memiliki alamat jaringan yang berbeda.

Keuntungan

Berikut ini adalah beberapa manfaat modem internal, antara lain:

  1. Cara lain untuk menghemat ruang.
  2. Lebih terjangkau dari segi biaya.
  3. Karena sudah terpasang ke dalam CPU, tidak perlu adaptor eksternal.
  4. Sistem ini terasa lebih ringkas tanpa banyak kabel yang berseliweran yang mungkin terlihat berantakan.

Kelemahan

Berikut ini adalah beberapa kelemahan modem internal:

  1. Tidak ada indikasi seperti yang terlihat pada modem eksternal. Akibatnya, relatif sulit untuk memeriksa keadaan modem (meskipun dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak).
  2. Karena tidak memiliki sumber tegangan sendiri, itu harus ditenagai oleh catu daya CPU.
  3. Suhu enklosur CPU mungkin meningkat. Hasil dari sirkuit modem internal menjadi terlalu panas.

Kesimpulan

Modem adalah perangkat komunikasi dua arah yang dibangun ke dalam komputer atau perangkat seluler.

Secara umum, istilah “modem” mengacu pada perangkat yang mendemodulasi sinyal digital menjadi sinyal analog. Demikian artikel ini kami rangkum untuk kamu semoga bermanfaat ya.