Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Lengkap

Kita sering mendengar kata administrasi tapi apa kamu sudah tahu apa itu arti administrasi?. Administrasi dapat di definisikan menyelenggarakan pembinaan dalam lembaga atau organisasi tertentu serta menetapkan tujuan di berbagai bidang termasuk perkantoran pemerintahan dan kepegawaian.

Ilmu administrasi memiliki fungsi dan tujuan yang penting dalam kegiatan atau sebuah usaha tertentu. Administrasi memiliki fungsi antara lain digunakan sebagai fungsi penempatan, fungsi penyusunan anggaran, fungsi kordinasi, fungsi pengarahan, fungsi penyusunan, fungsi perencanaan, fungsi laporan dan lain sebagainnya.

Adminstrasi memiliki beberapa unsur yang meliputi kepegawaian, tata usaha, perbekalan, relasi publik, komunikasi dan manajemen. Unsur tersebut berperan penting didalam ilmu administrasi yang terdapat pada berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi, pemerintahan dan lain lain.
Selain itu administrasi juga memiliki ciri ciri anatar lain terdapat kelompok orang dua atau lebih yang terdaqpat proses, bimbingan, usaha dan kepegawian, serta tujuan yang hendak diperoleh.

Administrasi mempunyai peran penting untuk membuat perencanaan serta meningkatkan produktivitas di lingkungan kerja.

Pengertian Administrasi

Sekarang kita akan membahas pengertian administrasi, menurut KBBI, penadapat para ahli serta definisi adminstrasi secara umum.

Arti Administrasi Menurut KBBI

Pengertian Administrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara cara penyelenggaraan pembinaan organisasi. Administrasi pula dapat di definisikan sebagai usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelengaran kebijakan untuk mencapai tujuan dan juga kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaran pemerintahan dan tata usaha.

Definisi Administrasi Secara Umum

Secara umum adiminstrasi memiliki definisi sebagai usaha atau kegiatan yang berkaitan denagn penyelenggaran kebijakan untuk mecapat hasil yang telah di tetapkan. Kegiatan administari meliputi kegiatan menyurat, pembukuan ringan, mencatat, membuat agenda, megetik dan sebagainnya di berbagai bidang yang bersifat teknis ketatausahaan.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Kali ini kami akan menyajikan pengertian adminstarsi dari para ahli baik dari dalam negeri ataupun mancanegara.

Pendapat dari Sondang P. Siagia

Pengertian administrasi secara umum adalah segala bentuk dari proses kerjasama antara dua individu atau lebih atas dasar rasionalitas terpilih untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.

Pendapat dari Wiliaw H. Newman (1963)

Arti administrasi menurut Newman adalah kepemimpinan dan pengawasan kelompok usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.

Pendapat Arthur Grager

Definisi administrasi menurut Arthur Grager adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.

Pendapat Munawardi Reksohadiprowiro

Administrasi dalam arti sempit jabarkan sebagai pemerintahan, termasuk tiap pengaturan secara sistematis serta penentuan fakta dan ditulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang komprehensif dan keterkaitan antara fakta dengan fakta lain.

Pendapat Ulbert

Arti administrasi ialah penyusunan dan pencatatan data atau informasi secara sistematis, baik internal maupun eksternal sebagai upaya untuk menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkannya kembali, baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Jika diringkas, administrasi disebut juga dengan istilah tata usaha.

Pendapat Ordway Tead (1953)

Administrasi dapat didefinisikan sebagai usaha yang luas yang mencakup semua bidang untuk memimpin. mengusahakan, mengatur kegiatan kerjasama manusia yang dtujukan pada tujuan dan maksud tertentu.

Pendapat Simon (1958)

Definisi administrasi menurut Simon (1958) diartikan sebagai sebuah kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tugas bersama-sama.

Pendapat W.H. Evans

Arti administrasi merupakan fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan arah semua tahap operasi perusahaan dalam bahan pengolahan informasi, komunikasi, dan memori organisasi.

Menurut FX Soedjadi (1989)

Pengertian administrasi secara singkat diartikan sebagai sebuah kegiatan prosedur dalam usaha perkantoran, di antaranya yaitu mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya.

Pendapat dari Leonard D. White (1958)

Definisi administrasi menurut Leonard D. White merupakan proses yang umum di semua upaya kelompok, baik di perusahaan publik atau pun swasta.

Menurut Wijana

Pendapat Wijana, pengertian administrasi di bidang pemerintahan merupakan kumpulan seluruh organ-organ negara baik yang rendah atau tinggi, yang bertugas menyelenggarakan pelaksanaan pemerintahan serta kepolisian.

The Liang Gie

Definisi administrasi secara luas diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kemitraan untuk mencapai tujuan tertentu.

George R. Terry

Pengertian administrasi menurut George R. Terry merupakan sebuah kegiatan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson

Pengertian administrasi adalah suatu bagian dari ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan dan di mana pekerjaan tersebut harus dilakukan.

Soewarno Handayaningrat

Administrasi diartikan sebagai sebuah kegiatan perkantoran yang meliputi catatan, korespondensi, pembukuan ringan, ketik-mengetik, sehingga agenda teknis dan administratif.

Menurut John M. Pfiffer dan Robert V

Pengertian administrasi di bidang kenegaraan adalah proses yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan-kebijakan pemerintah, keterampilan bimbingan dan teknik-teknik yang tidak terbatas jumlahnya, memberikan arah dan tujuan untuk mencoba sejumlah orang.

Itulah beberapa definisi atau pengertian administrasi dari para ahli. Semoga bisa menjadikan referensi tugas atau tulisan karya ilmiah anda. Terima Kasih

Tinggalkan komentar