Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika

244 views

Bhinneka Tunggal Ika – Pasti sobat sering mendengar semboyan tersebut, tentunya dong sebagai warga Indonesia masa sih belum pernah denger semboyan itu sama sekali. Tapi, udah tau belum arti atau pengertian dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika?

Menurut Pasal 36 A, yaitu Lambang Negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan Pasal 36 B, yaitu Lagu Kebangsaaan ialah Indonesia Raya. Nah, jadi sobat harus tahu dong pengertian dan makna bhinneka tunggal ika, masa kita sebagai warga negara Indonesia nggak tahu semboyan negara sendiri. Buat yang belum tau, yuk kita bahas sama-sama.

Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal IkaMenurut wikipedia, Bhinneka Tunggal Ika merupakan sebuah frasa dari jawa kuno yang diartikan menjadi “Berbeda-Beda tapi tetap satu“. Nah jika kita melihat arti dari per-katanya maka akan menghasilkan pengertian yang maksudnya sama dengan diatas, yaitu Bhinneka yang berarti “Beraneka Ragam” atau berbeda-beda, Tunggal berarti “satu” dan Ika berarti “itu“.

Jadi makna dari Bhinneka Tunggal Ika ini menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Eh sobat udah tahu belum, kalau bhinneka tunggal ika ini merupakan salah satu bait dari sebuah sajak. Berikut ini sajak lengkap dari bhinneka tunggal ika.

Rwāneka dhātu winuwus Buddha Wiswa,
Bhinnêki rakwa ring apan kena parwanosen,
Mangka ng Jinatwa kalawan Śiwatatwa tunggal,
Bhinnêka tunggal ika tan hana dharma mangrwa.

Terjemahan:

Konon Buddha dan Siwa merupakan dua zat yang berbeda.
Mereka memang berbeda, tetapi bagaimanakah bisa dikenali?
Sebab kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal
Terpecah belahlah itu, tetapi satu jugalah itu. Tidak ada kerancuan dalam kebenaran.

Oke sob, jadi sebagai warga Negara Indonesia yang baik kita tidak hanya wajib tahu pengertian dan makna dari Bhinneka Tunggal Ika, tapi kita juga harus mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Yuk, hidup rukun, saling tolong menolong dan saling menghormati. Salam sobat kekinian :V


Suka baca-baca dan streaming youtube, nonton anime, chatting, dll.

5 thoughts on “Pengertian dan Makna Bhinneka Tunggal Ika

Leave a Reply

Your email address will not be published.