Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli yang Harus Anda Ketahui

Apa itu ideologi? Kata tersebut pastinya sudah tak asing di telinga Anda bukan? Ideologi kerap dibicarakan, disinggung, dan dibahas, baik di dunia pendidikan maupun di kehidupan sehari-hari. Namun apa sebenarnya pengertian dari ideologi?

Ada banyak pendapat mengenai pengertian ideologi. Pengertian yang pertama yakni menurut istilah, ya, menurut istilah, ideologi bermula dari kata “idea” yang bermakna konsep, gagasan, cita-cita, dan pengertian dasar. Juga dari kata “logos”, artinya pengetahuan atau ilmu. Tujuan dari ideologi sendiri adalah untuk menawarkan sebuah perubahan suatu hal menjadi lebih maju melalui proses pemikiran yang normatif.

Pengertian Ideologi

Nah, pengertian ideologi secara harfiah ialah pengetahuan atau ilmu tentang gagasan-gagasan, ide-ide, serta pengetahuan tentang pengertian dasar. Dalam aiitan lain, ideologi adalah cita-cita yang harus dicapai yang sifatnya tetap. Adapun pengertiannya secara etimologi, yakni berarti ilmu atau kajian mengenai asal usul serta hakikat gagasan atau ide.

Penjelasan mengenai pengertian ideologi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

1. Ideologi adalah paham atau teori satu program sosial politik.

2. Ideologi merupakan cara berpikir suatu kelompok atau seseorang.

3. Ideologi adalah sekumpulan konsep yang menjadi asas pendapat yang kemudian memberi penentu arah kelangsungan hidup.

Selain beberapa pengertian ideologi di atas, ada pula pengertian yang disampaikan oleh para ahli. Siapa saja yang mengemukakan pengertian dari ideologi dan apa isinya? Yuk simak informasi berikut!

1. CC. Rodee
Menurut CC. Rodee, ideologi adalah hal-hal logis yang berkaitan dengan nilai-nilai yang memberikan keabsahan bagi pelakunya.

2. Alfian
Definisi ideologi menurut Alfian adalah suatu system atau pandangan nilai tentang bagaimana cara yang baik, benar, dan adil, juga tentang hal-hal yang mengatur tingkah laku dalam beberapa segi kehidupan.

3. Ali Syariati
Ali Syariati mengungkapkan bahwa ideologi merupakan gagasan-gagasan atau keyakinan-keyakinan yang ditaati oleh suatu kelas sosial, bangsa, ras, atau kelompok.

4. Murdiono
Ideologi menurut Murdiono ialah kompleks nilai dan pengetahuan yang menjadi landasan bagi suatu masyarakat untuk menentukan sikap dasar saat mengelolanya.

5. Louis Althuser
Menurut Louis Althuser, ideologi adalah gagasan yang spekulatif untuk menggambarkan bagaimana manusia semestinya menjalani hidup.

6. Karl Maanheim
Menurut Karl Maanheim, ideologi ialah sebuah sistem pemikiran yang bertujuan untuk mempertahankan orde sosial tertentu.

7. Karl Marx
Karl Marx pun mengungkapkan pendapat tentang ideologi, yakni merupakan alat untuk mencapai kesejahteraan dan kesetaraan dalam bermasyarakat.

8. Frans Magnis Suseno
Ideologi merupakan sistem berpikir dan sikap dasar suatu kelompok sosial atau individu.

9. A.S. Hornby
Pengertian ideologi menurut A.S Hornby adalah seperangkat gagasan atau pemikiran yang membentuk landasan teori politik serta ekonomi yang dipegang oleh sekelompok orang atau individu tertentu.

10. Gunawan Setiardji
Gunawan Setiardji pun berpendapat tentang ideologi, yaitu sekumpulan ide atau gagasan yang kemudian melahirkan aturan-aturan dalam menjalani hidup, baik dalam hal bermasyarakat, berbangsa, atau bernegara.

11. M. Sastra Prateja
Menurut M. Sastra Prateja, ideologi adalah gagasan yang berorientasi pada tindakan yang terorganisir dan menjadi system teratur.

12. Silvio Vietta
Pengertian ideologi menurut Silvio Vietta adalah suatu bentuk perlindungan dari sekumpulan ide atau gagasan terhadap tingkah politik non rasional dalam hal wujud idealism.

13. Padmo Wahyono
Definisi ideologi menurut Padmo Wahyono adalah kesatuan yang utuh dan bulat dari ide dasar.

Nah, itu dia pengertian dari ideologi menurut beberapa ahli. Dari berbagai pengertian di atas, maka dapat disimpulkan pengertian ideologi secara umum yaitu kumpulan ide, gagasan, pandangan, atau cita-cita yang sifatnya sistematis yang kemudian dijadikan tujuan, asas, atau petunjuk arah kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tinggalkan komentar