Pengertian Lembaga Sosial Lengkap Mengenai Fungsi, Hingga Macamnya

Kini di Indonesia banyak sekali jenis lembaga, salah satunya yakni lembaga sosial atau yang sering disebut lembaga kemasyarakatan. Banyak pendapat mengenai lembaga yang satu ini, salah satunya adalah menurut Wikipedia bahasa Indonesia.

Pengertian lembaga sosial menurut Wikipedia adalah suatu lembaga yang mengatur tata cara atau prosedur dalam melakukan sebuah interaksi antar manusia saat bermasyarakat, tujuannya adalah untuk mendapat keteraturan hidup.

 

Ada pula pendapat lain mengenai lembaga kemasyarakatan, yaitu sebuah kelompok sosial yang terbentuk oleh norma, nilai, adat istiadat, dan unsur lain yang kemudian berkembang dalam suatu lingkungan masyarakat. Nah, fungsi utama dari lembaga tersebut adalah untuk mengatur cara menjalin hubungan antar individu dengan baik dan benar.

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjabaran mengenai fungsi lembaga sosial berikut ini!

  1. Berfungsi untuk menjaga keutuhan masyarakat.
  2. Sebagai pegangan saat mengadakan sistem pengendalian sosial yang berhubungan dengan tingkah laku masyarakat.
  3. Sebagai pedoman setiap orang dalam bertingkah laku, khususnya untuk bermasyarakat yang baik.

Adapun syarat terbentuknya lembaga kemasyarakatan, yakni sebagai berikut:

  1. Norma yang menjiwai seluruh masyarakat.
  2. Norma tersebut harus memiliki sanksi setiap anggota masyarakatnya.
  3. Diterima oleh seluruh atau sebagian besar masyarakat.

Jika sudah memenuhi 3 syarat tersebut, maka terbentuklah sebuah lembaga sosial atau lembaga kemasyarakatan. Nah, selain ditandai dengan 3 syarat, lembaga kemasyarakatan pun memiliki beberapa sifat umum. Apa saja sifat umum tersebut? ini dia:

  1. Memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sifat karakteristik adalah sebuah lambang.
  3. Relatif kokoh.
  4. Sebagai sebuah tradisi baik tertulis ataupun lisan.
  5. Dalam menjalankan fungsinya, seringkali menggunakan hasil dari kebudayaan.

Setelah mempelajari fungsi dan syaratnya, selanjutnya adalah mengetahui ciri-ciri dari lembaga kemasyarakatan. Nah, Gillin mengemukakan ciri lembaga kemasyarakatan yakni sebagai berikut:

  1. Memiliki beberapa tujuan pasti.
  2. Mempunyai lambang yang menjadi simbol lembaga.
  3. Perilaku dan pola pemikiran terwujud dalam sebuah aktivitas bersama.
  4. Memiliki rumusan tujuan dan tata tertib baik tertulis maupun lisan.
  5. Adanya suatu tingkat kekekalan yang khusus mengenai nilai atau norma.
  6. Mempunyai alat untuk mencapai tujuan lembaga kemasyarakatan.

Jadi, jika sudah memenuhi syarat dan memiliki ciri-ciri di atas, bisa dikatakan lembaga sosial. Lembaga-lembaga kemasyarakatan atau sosial sendiri ada banyak macam di Indonesia, mulai dari lembaga keluarga, politik, pendidikan, ekonomi, agama, dan budaya. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai macam-macam lembaga sosial di indonesia:

Lembaga Keluarga
Lembaga yang satu ini bisa dikatakan sebagai lembaga terkecil, yakni lembaga yang terbentuk karena hubungan darah dan perkawinan. Lembaga keluarga memiliki beberapa fungsi, diantaranya fungsi ekonomi, fungsi reproduksi, fungsi proteksi, fungsi sosialisasi, fungsi pemberian status dalam keluarga, dan lainnya.

Lembaga Politik
Lembaga sosial politik ialah proses pembagian dan pembentukan kekuasaan dalam suatu masyarakat terhadap pembuatan keputusan. Fungsinya yakni untuk mengatur proses politik dan mensejahterakan masyarakat umum.

Lembaga Pendidikan
Tempat berlangsungnya proses pendidikan dinamakan lembaga pendidikan, tujuan dari lembaga ini adalah mengubah tingkah laku setiap individu menjadi lebih baik. Nah, fungsi dari lembaga pendidikan yakni untuk mengembangkan bakat, tempat edukasi keterampilan, tempat untuk melestarikan kebudayaan, dan masih banyak lagi.

Lembaga Ekonomi
Lembaga ini memiliki kegiatan yang bergerak di bidang ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. lembaga ekonomi juga sebagai pedoman suatu tindakan ekonomi di masyarakat.

Lembaga Agama
Lembaga yang mengatur manusia dalam hal beragama dinamakan lembaga agama. Fungsinya yaitu membantu dalam pencarian identitas moral, meningkatkan keramahan dalam bergaul, meningkatkan solidaritas kelompok, dan sebagainya.

Lembaga Budaya
Setiap negara memiliki lembaga budaya, dimana fungsinya adalah untuk mengembanan ilmu pengetahuan, seni, budaya, pendidikan masyarakat, dan lingkungan.

Itu dia penjelasan mengenai pengertian lembaga sosial, fungsi, ciri-ciri, hingga macam-macamnya di Indonesia. Keberadaan lembaga kemasyarakatan pun semakin mempermudah masyarakat serta negara untuk mencapai kesejahteraan.

Tinggalkan komentar