Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Apakah Anda tahu tentang valuta asing? Bagaimana pengertian valuta asing? Secara umum, valuta asing merupakan mata uang yang bisa digunakan serta bisa diterima dengan mudah oleh berbagai negara untuk perdagangan internasional.

Contohnya, ketika turis asing sedang berlibur di Indonesia, tentunya membutuhkan jasa transportasi, pemandu wisata, tempat tinggal serta lainnya, dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut tentunya membutuhkan uang untuk membayarnya, dan uang yang digunakan tentunya harus mata uang Indonesia. Namun dengan valuta asing maka Anda bisa membeli atau memenuhi kebutuhan tersebut meski tak menggunakan mata uang Indonesia.

pengertian valuta asing

Beberapa pengertian valuta asing menurut para ahli:

Pengertian Valuta Asing Menurut Hamdy Hadi
Menurut Hamdy Hadi, pengertian valuta asing ialah mata uang asing yang digunakan sebagai alat pembayaran untuk membiayai berbagai transaksi dalam bidang ekonomi keuangan internasional, serta memiliki catatan bank sentral atau kurs resmi.

Pengertian Valuta Asing Menurut Eng, Lees dan Mauer
Menurut Eang, Less dan Mauer, valuta asing ialah mata uang asing yang digunakan sebagai klaim keuangan atau bisa disebut dengan aset pada suatu perusahaan dengan bentuk mata uang asing.

Pengertian valuta asing Menurut Joese Rizal Joeseoef
Menurut Joeses Rizal Joeseoef, valuta asing ialah suatu mata uang asing yang diperuntukkan sebagai alat pembayaran jika berada di luar negeri.

Pengertian valuta asing menurut Anthony, Beams, Clement dan Lowensohn
Menurut Anthony, Beams, Clement dan Lowensohn terdapat 3 sistem valuta asing yang berlaku dalam suatu negara, yakni:

  1. Sistem Kurs Tetap (Fixed)
    Dalam sistem kurs tetap ini, pihak pemerintah dan pihak bank sentral bisa ikut campur tangan atau terlibat aktif dalam sistem transaksi pasar valuta asing, baik dengan cara menjual maupun membeli valuta asing jika nilainya menyimpang dari standar yang telah ditetapkan sebelumnya.
  2. Sistem Kurs Bebas (Floating)
    Dalam sistem kurs bebas ini, pemerintah tidak bercampur tangan, namun hanya menjaga kestabilan nilai kurs saja. Sebab nilai tukar kurs memang pada umumnya ditentukan oleh permintaan serta penawaran terhadap valuta asing.
  3. Sistem Kurs Terkontrol atau Terkendali (Controlled)
    Dalam sistem kurs terkontrol ini pihak pemerintah dan pihak bank memiliki kekuasaan eksklusif untuk menentukan nilai dalam pemakaian valuta asing. Sedangkan warga negara tidak bisa ikut campur tangan dalam transaksi valuta asing tersebut. Hal tersebut karena, capital inflows serta kegiatan ekspor barang mengakibatkan ketidak tersedianya valuta asing.

Fungsi Valuta Asing

Dari beberapa pengertian valuta asing, lalu apa sebenarnya fungsi valuta asing? Sebenarnya, fungsi valuta asing pada setiap negara memiliki peran yang sangat penting, terutama untuk hubungan luar negeri, khususnya perdagangan. Secara lebih jelas, berikut ini fungsi valuta asing:

1. Sebagai Alat Tukar Internasional
Valuta asing dapat digunakan untuk alat perantara dalam melakukan tukar-menukar barang atau jasa dengan negara lain. Contohnya, jika Indonesia akan mengimpor biji gandum dari Amerika, maka Indonesia tidak membayar menggunakan rupiah, melainkan menggunakan valuta asing seperti Dollar Amerika.

2. Sebagai Alat Pembayaran Internasional
Jika pemerintah mempunyai hutang dengan negara lain, maka untuk melakukan cicilan hutang bisa menggunakan valuta asing.

3. Sebagai Alat Pengendali Kurs
Kurs merupakan suatu perbandingan nilai mata uang dalam suatu negara terhadap nilai mata uang negara lain, sehingga mata uang negara tersebut bisa menguat atau bahkan melemah.

4. Sebagai Alat Memperlancar Perdagangan Internasional
Valuta asing juga bisa digunakan untuk mempermudah serta memperlancar suatu negara dalam melakukan perdagangan dengan negara lain. Karen jika tidak ada valuta asing maka perdagangan internasional akan terganggu, karena hanya dilakukan dengan barter atau tukar menukar barang saja.

Setelah Anda membaca pengertian dan fungsi valuta asing tadi, semoga pengetahuan Anda mengenai bidang tersebut dapat bertambah dan membantu Anda suatu saat nanti.

Tinggalkan komentar