Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP Yang Boros

Infokekinian.com – Sobat kekinian tahu apa penyebab dan cara mengatasi Baterai HP yang boros? Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Smartphone kini telah menjadi kebutuhan mendasar masyarakat modern. Namun, baterai cepat habis dan menghabiskan banyak daya, sehingga menyulitkan pengoperasian.

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Boros

Masalah baterai ponsel terkuras atau terkuras sebenarnya cukup beragam. Dimulai dengan layar dan beralih ke menjalankan program dan item lainnya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Boros

Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi baterai smartphone cepat habis:

1. Layar Ponsel

Layar merupakan salah satu komponen utama smartphone yang membutuhkan baterai. Layar smartphone masa kini yang lebih besar, lebih cerah, dan lebih berwarna menuntut lebih banyak listrik.

Pengguna dapat memeriksa penggunaan baterai dengan masuk ke Pengaturan (Settings) > Baterai > tekan tombol menu tiga titik di sudut kanan atas > piliih batteray usage> tekan tombol menu tiga titik di sudut kanan atas > klik show full device usage.

Dengan memeriksa penggunaan baterai, kita akan mengetahui bahwa sebagian besar waktu layar akan menempati posisi teratas.

Perkembangan teknologi tampilan ponsel pintar jauh lebih cepat daripada teknologi baterai, yang membuat masa pakai baterai menjadi masalah yang lebih besar yang perlu ditangani dalam beberapa tahun ke depan.

Solusinya, kita bisa mengurangi kecerahan layar, menggunakan kecerahan adaptif, mengurangi kecepatan refresh layar, mengurangi waktu penguncian layar otomatis dan menggunakan wallpaper hitam.

2. Aplikasi Yang Terus Berjalan di Belakang Layar

Penyebab lain mengapa baterai ponsel cepat habis adalah karena beberapa aplikasi berjalan di belakang layar tanpa sepengetahuan kita.

Tidak semua aplikasi yang kita gunakan dan tutup akan berhenti begitu saja.  Beberapa di antaranya akan terus bekerja di latar belakang untuk tujuan tertentu.

Kami dapat mengetahui aplikasi mana yang menggunakan daya baterai paling banyak dengan masuk ke pengaturan baterai (tersedia di Android dan iOS).

Ada informasi yang menunjukkan aplikasi yang sedang berjalan dan daya baterai yang dikonsumsi.

Untuk memperpanjang masa pakai baterai, kita dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu yang bekerja di belakang layar.

Jika ponsel kita memiliki fitur optimalisasi bawaan, kita dapat menggunakannya untuk memaksimalkan daya baterai.

3. Penggunaan GPS, WiFi dan Bluetooth

Penggunaan GPS, WiFi dan Bluetooth bisa menjadi penyebab cepat habisnya baterai ponsel. Pengguna harus mengetahui frekuensi penggunaan ketiga antena ini.

GPS, WiFi dan Bluetooth dapat memakan daya baterai, jadi harap matikan ketiga layanan itu saat tidak diperlukan.

Kesimpulan

Itulah tadi penyebab baterai menjadi cepat habis dan beserta cara mengatasinya.

Demikianlah artikel mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai HP Yang Boros dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.