Penyebab Pemanasan Global dan Akibat Bagi Bumi

Semakin berkembangnya teknologi dan industri serta meningkatnya jumlah penduduk di Dunia dari waktu ke waktu, satu hal yang pasti adalah akan munculnya pemanasan Global atau yang biasa sering kita sebut Global Warming. Secara umum, pemanasan global merupakan kondisi dimana sinar matahari memancarkan cahaya ke lapisan atmosfer yang kemudian menyebabkan radiasi, dari proses ini maka akan terjadi penyerapan gelombang oleh gas rumah kaca, hal inilah yang menyebabkan gelombang masuk ke atmosfer bumi sehingga menyebabkan pemanasan global.

Dan untuk mengetahui lebih dalam mengenai pemanasan global, apa sih penyebabnya? simak ulasan pembahasannya berikut ini:

Penyebab Pemanasan Global

Sebelum kita membahas mengenai dampak dan juga cara mengatasinya, alangkah baiknya kita paham dan mengerti dulu apa penyebab sebenarnya pemanasan global secara umum, hal ini penting supaya kita bisa menghindari dan mencegahnya.

Kendaraan Bermotor yang mengeluarkan Gas Karbon Monoksida.

Jumlah kendaraan bermotor baik itu roda dua dan roda empat saat ini terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu dan bukan main, jumlah peningkatannya sungguh drastis, hal ini jelas sangat berpengaruh karena pemanasan global akan semakin besar kemungkinannya terjadi. karena kendaraan bermotor memang mengeluarkan karbon monoksida yang tentu dapat menyebabkan efek rumah kaca.

Efek Rumah Kaca

Efek Rumah kaca terjadi akibat adanya pantulan panas dari permukaanb umi ke lapisan atmosfer yang menyebabkan panas pada bumi. namun yang perlu anda ketahui, efek rumah kaca tidak selamanya menjadi sesuatu yang negatif, karena bagaimanapun, efek rumah kaca juga memiliki manfaat positif khususnya bagi makhluk hidup dan bumi, namun hal itu baik jika pemanasan global tidak berlebihan.

Gas Buang Industri

Semakin berkembangnya teknologi, tentu akan banyak sekali pabrik pabrik yang didirikan di berbagai daerah di Indonesia dan Dunia, dengan banyaknya pabrik pabrik atau industri, tentu akan membuat pemanasan global semakin meningkat karena setiap pabrik pasti memiliki gas buang yang sangat berlebihan, gas buang pabrik ini sering disebut asap pabrik, asap ini mengeluarkan gas karbondioksida, monoksida dan gas metana yang dapat menimbulkan pemanasan global.

Semakin Sempitnya Lahan Hutan

Hutan Merupakan sesuatu yang sangat penting untuk keberlangsungan alam di dunia ini karena fungsi hutan memang untuk penyeimbang bumi. jika luas hutan menurun, sudah pasti akan terjadi banyak hal yang tidak baik untuk kelangsungan hidup di bumi salah satunya adalah semakin meningkatnya pemanasan global dimana hutan ini juga bisa dibilang paru paru dunia sebagai sumber oksigen, jika hal ini terganggu, maka akan muncul pencemaran udara.

Pemakaian Listrik yang Boros

Listrik juga berpengaruh dalam pemanasan global, pengunaan listrik yang boros akan membuat gas karbondioksida meningkat dimana jika hal ini terjadi jelas akan muncul pemanasan global, meskipun pengaruhnya tidak besar, namun jika terjadi terus menerus yakni pemakaian listrik yang terlalu boros, maka bisa dipastikan pemanasan global akan semakin merajalela. maka dari itu penting sekali untuk membudayakan hemat listrik di daam kehidupan.

Pembakaran Sampah

Sampah khususnya di kota kota besar itu jumlahnya sangatlah banyak, jika terjadi pembakaran sampah dalam jumlah yang besar dan terus menerus, maka resiko pemanasan global terjadi akan semakin meningkat karena pembakaran sampah akan menimbulkan gas metana yang dapat menghasilkan panas dan karbondioksida pun akan menurun dalam menghasilkan oksigen.

Itulah beberapa penyebab pemanasan global, yuk mulai sekarang, jaga bumi kita dari pemanasan global dengan hidup sehat dan melestarikan alam disekitar kita!.

Tinggalkan komentar