20 Contoh Slogan Pemilihan Ketua OSIS yang Keren dan Menarik

InfoKekinian.com – Dalam pencalonan diri menjadi ketua osis, biasanya kamu akan diminta untuk membuat slogan pemilihan ketua OSIS yang nantinya akan kamu bacakan saat kampanye.

Hal inilah yang membuat kamu menjadi tidak asing lagi dengan istilah slogan, karena slogan ini hampir kamu temui dalam kegiatan kamu baik diluar maupun dalam ruangan.

Pengertian Slogan

Slogan sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang, seperti lingkungan umum, sekolah, pekerjaan, dan lainnya. Namun, apakah kamu tahu tujuan dari penggunaan slogan tersebut?

Tentu saja, setiap slogan dibuat dengan tujuan yang spesifik.

Untuk lebih memahami hal ini, perhatikan penjabaran dan penjelasan yang akan diberikan dengan detail dan jelas, yang pasti akan membantu kamu menjawab pertanyaan yang mungkin muncul dalam pikiran kamu.

Pengertian Slogan

Slogan adalah pernyataan singkat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat. Slogan sering digunakan untuk menyampaikan informasi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), slogan diartikan sebagai pernyataan unik atau mudah dikenali yang digunakan untuk memberikan informasi atau mengiklankan sesuatu.

Sebagaimana teks iklan, slogan diciptakan untuk mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu, karena tujuan utamanya adalah untuk memberikan pengaruh.

Slogan sering digunakan untuk menyampaikan tujuan tertentu, seperti membangun kesadaran masyarakat tentang sesuatu, memberikan informasi tertentu, sebagai pengingat, motivasi, hingga memengaruhi orang lain.

Karena itu, tidak mengherankan bahwa slogan sering digunakan dalam berbagai hal, terutama yang berkaitan dengan informasi publik.

Kita sering melihat gambar atau pernyataan yang unik dan mudah diingat di sekolah atau di tempat-tempat umum, itulah slogan.

Untuk memahami lebih lanjut tentang slogan, kamu dapat mencari tahu tentang ciri-ciri, jenis-jenis, dan contohnya.

Ciri-Ciri Slogan

Berikut adalah beberapa ciri dari slogan:

1. Kalimat Pendek

Slogan biasanya memiliki kalimat pendek yang bertujuan untuk memudahkan pembaca.

2. Pilihan Kata Menarik atau Mencolok

Pemilihan kata dalam kalimat slogan ini biasanya akan menarik serta mencolok yang bertujuan untuk menarik ketertarikan masyarakat untuk membaca.

Biasanya slogan ini akan memanfaatkan persamaan bunyi disetiap kata yang digunakan agar terlihat lebih mencolok.

3. Mudah Diingat

Slogan tentu harus mudah diingat, hal ini bertujuan agar masyarakat bisa selalu mengingat anjuran yang telah disampaikan pada kalimat slogan tersebut.

Tujuan Slogan

Tujuan Slogan
Slogan merupakan pernyataan singkat yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau tujuan dari suatu perusahaan, produk, atau organisasi. Tujuan dari slogan adalah untuk:

  1. Menarik perhatian: Slogan harus menarik perhatian orang dan mengingatkan mereka tentang produk atau perusahaan yang bersangkutan
  2. Menyampaikan pesan: Slogan harus jelas dan mudah diingat, serta menyampaikan pesan yang jelas tentang produk atau perusahaan
  3. Membuat kesan: Slogan harus dapat membuat kesan yang baik pada orang yang mendengarnya, sehingga mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk atau perusahaan
  4. Membedakan dari pesaing: Slogan harus dapat membedakan produk atau perusahaan dari pesaingnya
  5. Membuat brand: Slogan yang baik dapat membantu membuat brand yang kuat dan diingat oleh konsumen.

Macam-Macam Slogan

Berikut adalah beberapa macam dari slogan:

1. Slogan Pendidikan

Slogan pendidikan bertujuan untuk memberikan dorongan dan motivasi bagi siswa untuk aktif dalam belajar.

Kalimat persuasif ini dapat ditemukan di dinding sekolah, toko buku, ruang kelas, dan tempat lain.

Contohnya adalah “Tuntut ilmu hingga ke negeri China” yang artinya belajarlah sejauh mungkin, bahkan sampai ke China.

2. Slogan Kesehatan

Slogan Kesehatan
Slogan kesehatan sering digunakan untuk mengingatkan pembaca untuk menjaga kesehatan mereka.

Frasa singkat yang bermakna ini dapat ditemukan di sekitar rumah sakit, puskesmas, klinik, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), dan tempat lain yang berkaitan dengan kesehatan.

Contohnya adalah “Sehat itu mahal” yang sering ditemukan di tempat kesehatan.

Memang benar, menjaga kesehatan itu mahal, oleh karena itu kamu harus menjaga pola makan dan gaya hidup sehat karena biaya pengobatan lebih mahal daripada biaya pencegahan.

Tidak asing juga dengan kalimat “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Ini selaras dengan pendapat sebelumnya bahwa mencegah penyakit lebih mudah daripada menyembuhkan seseorang yang sudah sakit.

3. Slogan Lingkungan

Slogan lingkungan sering digunakan untuk mengajak, mengingatkan, dan memberikan informasi tentang isu lingkungan.

Kalimat persuasif ini dapat ditemukan di dinding sekolah, kelas, Taman Kanak-Kanak (TK), di pinggir jalan, dan tempat-tempat lain yang dapat dilihat oleh pembaca agar tujuan dapat disampaikan dengan baik.

Contohnya seperti “Kurangi sampah, Pelihara Bumi, Sayangi Keluarga” yang bertujuan untuk mengurangi sampah, khususnya sampah plastik karena sifatnya yang sulit terurai menyebabkan lingkungan menjadi buruk dan juga berdampak negatif pada kesehatan yang dapat menyerang orang yang kamu cintai.

4. Slogan Produk

Slogan produk diciptakan untuk mempromosikan produk dan mengajak konsumen untuk membeli atau mencoba produk tersebut. Ini dapat ditemukan di toko, kantin sekolah, mall, bahkan di televisi.

Contohnya seperti “Apapun makanannya, Teh Botol Sosro minumannya” yang sering kita temukan di iklan, di toko, dan di tempat makan.

Ini merupakan teknik perusahaan dalam memasarkan produk mereka di pasar.

Kalimat persuasif ini sangat efektif untuk menarik minat konsumen dan bersaing dengan produk lain.

Produk yang dijual meliputi makanan, minuman, fashion, elektronik, peralatan kantor, dan lainnya.

5. Slogan Kebersihan

Slogan ini mirip dengan slogan kesehatan yaitu menjaga kebersihan untuk menciptakan kenyamanan dan menghindari penyakit di suatu lokasi.

Kalimat persuasif seperti ini sering ditemukan di tempat-tempat seperti tempat wisata, sekolah, masjid atau musholla, dan sebagainya.

Contohnya adalah “Buanglah sampah pada tempatnya” yang artinya sampah menjadi faktor utama dalam menentukan kebersihan suatu tempat.

Kalimat ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dan sikap baik untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

6. Slogan Agama

Slogan ini memberikan energi positif bagi siapa saja yang membacanya. Kita sering menemukan kalimat seperti ini di masjid, musholla, dinding kelas, dan tempat lain yang relevan.

Contohnya adalah “Beramal, maka rezekimu akan dilipatkan”. Jelas bahwa dengan beramal, Allah akan memberikan rezeki yang berlipat ganda dari apa yang kamu lakukan.

7. Slogan Motivasi

Slogan motivasi berisi kalimat-kalimat yang memberikan dorongan atau semangat kepada semua orang.

Slogan ini berupa motivasi dalam menjalani hidup, menghadapi ujian, atau masalah lainnya. Kalimat semangat seperti ini sering ditemukan di buku, toko buku, pameran, dan tempat lainnya.

Contohnya adalah “Bacalah, maka kau akan melihat isi dunia” yang artinya dengan membaca, kita dapat mengetahui hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui di dunia ini.

Tips Membuat Slogan

Tips Membuat Slogan
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat slogan agar lebih menarik, antara lain:

1. Tentukan Tema dan Objek Slogan

Ini adalah langkah awal yang harus diperhatikan dalam memikirkan dan membahas topik kesehatan, produk, lingkungan, atau pendidikan.

Sebagai contoh, jika sudah memutuskan topik lingkungan, pikirkan objek yang akan dibahas. Objek yang berkaitan dengan lingkungan seperti hutan.

2. Tentukan Kelebihan atau Keunggulan Utama

Kelebihan yang dimaksud adalah kualitas barang, pelayanan, lokasi, harga, dan keuntungan dari mengikuti slogan tersebut. Hal ini dapat diterapkan saat membuat slogan produk.

Jika ingin membuat jenis slogan lain selain produk, kamu dapat mencari keunikan dari objek yang dipilih.

Sebagai contoh, mengikuti topik dan objek pertama yang ditentukan, dapat dikembangkan dengan mengambil keunikan dari objeknya yaitu “saved earth”

3. Buat Ungkapan yang Unik dan Menarik

Langkah selanjutnya adalah menciptakan ungkapan dalam bentuk kalimat yang singkat, efektif, dan sederhana.

Cobalah untuk menciptakan kalimat yang unik dan memiliki irama yang mudah diingat oleh pembaca. Gunakan kata kerja untuk memperkuat maksud yang ingin disampaikan.

Semakin singkat kalimat yang digunakan, semakin besar potensi pembaca untuk mengingatnya. Contohnya seperti “I’m Lovin’ It” milik Mc Donalds.

4. Harus Mendeskripsikan Kepribadian Produk secara Jujur

Tidak jarang, kamu akan menemukan ucapan yang terdengar berlebihan.

Meskipun produk yang dipromosikan memang seperti itu, namun lebih baik untuk membuatnya realistis namun tetap menekankan keunggulan yang ada pada produk tersebut.

Contohnya seperti “Traveloka dulu, liburan kemudian” yang artinya memesan tiket melalui aplikasi Traveloka, baru kemudian berangkat ke tempat tujuan.

5. Buat Desain yang Kreatif

Desain yang kreatif dapat mempengaruhi pandangan pembaca ketika melihatnya. Desain yang baik adalah desain yang diciptakan sesuai kebutuhan, tidak berlebihan sehingga tulisan tertutupi.

Keuntungan dari adanya desain adalah sebagai nilai tambah dari slogan tersebut dan mudah diingat oleh pembaca.

6. Tempel Slogan yang Dibuat Sesuai dengan Jenisnya

Setelah menciptakan desain, tahap terakhir adalah menentukan lokasi pemasangan. Hal ini terbilang penting agar slogan yang diciptakan sesuai dengan target dan dapat dilihat oleh banyak orang.

Kumpulan Contoh Slogan Pemilihan Ketua Osis

Kumpulan Contoh Slogan Pemilihan Ketua Osis
Berikut adalah beberapa contoh dalam slogan pemilihan ketua osis:

  1. Jujur, terbuka, dan mendengar aspirasi
  2. OSIS sukses, sekolah unggul!
  3. Jujur, kreatif, dan inofatis
  4. Kolaborasi, kerja sama dan maju bersama
  5. Tidak Hanya Janji, Tapi Tindakan Nyata Nomor Satu
  6. OSIS sebagai wadah pembelajaran dan pengembangan diri
  7. OSIS, bersatu untuk membangun sekolah yang lebih baik
  8. OSIS, bersama membangun sekolah yang unggul
  9. Generasi muda yang kreatif dan inovatif
  10. Sinergi untuk kemajuan sekolah
  11. Kerjasama untuk kemajuan OSIS
  12. Inovasi dalam OSIS, kemajuan di sekolah
  13. Bersama OSIS, sekolah kita lebih baik
  14. OSIS, jembatan antara siswa dan sekolah
  15. OSIS, wujudkan aspirasi siswa
  16. OSIS, kekuatan kreatif siswa
  17. OSIS, pembelajaran diluar kelas
  18. OSIS, kerja keras, hasil maksimal
  19. OSIS, kebersamaan untuk kemajuan
  20. OSIS, visi sekolah, aksi siswa.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai slogan lengkap dengan ciri, tujuan hingga kumpulan contoh dari slogan pemilihan ketua osis yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi ketika menyalonkan diri sebagai ketua maupun wakil ketua osis.

Dan bisa kita simpulkan bahwa slogan merupakan kalimat singkat yang menarik dengan tujuan untuk mengajak kepada masyarakat luas, jadi pastikan jika slogan yang kamu buat ini mengandung makna positif, ya!

/* */