Struktur Anatomi Otak Manusia dan Fungsinya

Infokekinian.com – Otak merupakan salah satu organ terbesar yang setiap struktur anatomi otak ini memiliki fungsi yang sangat kompleks sebagai sistem saraf pada manusia.

Sehingga otak ini adalah organ tubuh yang memiliki tanggung jawab dalam melakukan pengaturan pada pemikiran serta seluruh tubuh, dengan cara mengkoordinir perilaku, gerak dan fungsi tubuh seperti detak jantung.

Apa Itu Otak

Apa Itu Otak?

Otak adalah organ terbesar yang paling rumit yang ada pada tubuh manusia, yang bekerja layaknya sebuah komputer besar.

Karena mampu menyerap seluruh informasi yang telah didapatkan melalui indra perasa dan juga tubuh, yang kemudian akan mengirimkan sinyal itu kembali pada tubuh.

Pada umumnya, otak ini memiliki berat yang berkisaran 1.5kg dan seperti dua gempalan tangan. Yang juga memiliki lebih dari 100 miliar syarat yang bisa berkomunikasi dengan triliunan koneksi, yang biasa disebut dengan sinaps.

Otak ini berada pada bagian dalam kepala manusia, sehingga jika terjadi kecelakaan ataupun cedera yang berkaitan dengan kepala ini dapat berisiko fatal.

Mulai dari yang ringan seperti pingsan atau trauma otak, atau yang terparahnya bisa berakibatkan koma bahkan meninggal.

Bagian-Bagian Otak

Otak memiliki banyak bagian yang tentunya mempunyai fungsi yang berbeda tetapi saling berhubungan satu sama lain, berikut adalah bagian struktur anatomi otak pada manusia:

1. Otak Besar (Cerebrum)

Otak Besar Cerebrum
Cerebrum atau yang biasa dikenal sebagai otak besar yang merupakan bagian dari otak yang paling besar.

Pada bagian ini terdapat dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri yang disebut juga sebagai hemisfer kanan dan hemisfer kiri, yang dapat mengontrol bagian tubuh secara bersilang.

Tubuh bagian kiri ini akan di kontrol oleh otak kanan, sedangkan otot kiri akan mengontrol tubuh bagian kanan.

Sehingga jika terdapat kerusakan pada otak kanan maka tubuh bagian kiri akan bermasalah, begitupun sebaliknya.

Selain untuk mengontrol tubuh, otak besar ini memiliki banyak fungsi lainnya apalagi mengingat jika otak besar ini merupakan bagian terbesar yang tentunya memiliki tugas yang lebih berat.

Pada bagian otak besar ini, tentunya juga dibagi lagi menjadi beberapa bagian yang ada, antara lain:

1. Lobus Frontal

Lobus Frontal terletak pada bagian depan atau sejajar dengan pelipis dan menjadi lobus paling besar diantara lobus lainnya.

Lobas frontal merupakan bagian cerebrum yang dapat mengendalikan perilaku, emosi, perkataan, gerakan, kepribadian dan memori.

Bagian ini juga berfungsi sebagai kemampuan intelektual seperti kemampuan untuk berfikirm motorik, mengambil keputusan hingga menyelesaikan masalah, dapat menilai suatu hal yang baik dan buruk, serta rasa perhatian.

2. Lobus Parietal

Lobus parietal ini terdapat pada bagian lobus frontal yang dapat memberikan informasi berupa sensorik seperti nyeri, suhu, sentuhan dan lainnya.

Selain itu juga, lobus parietal ini memegang peranan yang penting untu memproses sebuah informasi yang telah dikirim oleh bagian otak lain. Selain itu, lobus parietal ini juga dapat menentukan arah, ukuran serta bentuk.

3. Lobus Temporal

Pada lobus ini biasanya terletak pada bagian samping kanan dan kiri orak yang bersejajar dengan telinga.

Yang berfungsi untuk mengendalikan kemampuan visual untuk mengingat wajah orang, pendengaran dan mengingat suatu bahasa baru.

Selain itu, lobus temporal ini juga dapat mengatur emosi serta menganalisis suatu reaksi maupun emosi dari orang lain.

4. Lobus Oksipital

Lobus oksipital ini terletak pada bagian paling belakang, yang berfungsi untuk mengendalikan penglihatan serta mengenalik kata dan membaca, maupun hal yang berhubungan dengan penglihatan lainnya.

2. Otak Kecil (Cerebellum)

Otak Kecil Cerebellum
Cerebellum atau yang biasa dikenal sebagai otak kecil ini terletak di bagian belakang lobus oksipital, yang memiliki fungsi yang penting untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh serta untuk menjaga keseimbangan.

Selain itu juga berperan dalam penyeimbang dari fungsi otak kanan dan otak kiri, serta peranan untuk gerak motorik halus.

3. Batang Otak

Brain stem atau batang otak ini terletak pada bagian belakang otak kecil atau cerebllum. Batang orang ini merupakan sebuah jaringan ikat yang mempunyai fungsi penting untuk menghubungkan otak besar dengan saraf tulang belakang.

Batang ini juga terbagi menjadi beberapa bagian yang tentunya memiliki fungsi lainnya, antara lain adalah:

1. Otak Tengah

Pada bagian ini memiliki peran untuk mengatur penglihatan dan juga pendengaran, sehingga audio maupun visual akan terinput dan di proses melalui otak tengah ini.

2. Pons

Pons merupakan bagian terbesar dari batang otak yang terletak dibagian bawah otak tengah, yang berperan sebagai penghubung bagian dari otak.

Pons memiliki saraf kranial yang berperan dalam mengatur pergerakan otot wajah dan juga penglihatan serta input sistem sensori yang akan dikirim ke bagian otak lainnya.

3. Medulla Oblongata

Medulla oblongata ini terletak pada bagian bawah dari otak manusia. Dan medulla oblongata ini lah yang menjadi pusat pengaturan kinerja jantung dan juga paru-paru, yang berperan dalam mengatur pernafasan, batuk, hingga bersin.

4. Thalamus

Thalamus
Bagian otak yang berfungsi penting dalam hal kesadaran, tidur, ingatan adalah thalamus. Dimana pada bagian ini berperan dalam mengirim sinyal pada otak untuk memproses sebuah input yang diberikan.

Dan kemudian akan mengirim sinyal dari otak menuju saraf tubuh sebagai bentuk dari output.

5. Epithalamus

Epithalamus merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan saraf limbik dengan bagian otak lainnya.

6. Hipotalamus

Hipotalamus ini merupakan bagian dari otak tengah yang bentuknya sangat kecil dan terletak dibawah thalamus.

Fungsi dari hipotalamus ini sendiri untuk mengatus suhu tubuh, produksi hormon, mengatur pola tidur, menjaga keseimbangan, nafsu makan serta tekanan darah dan emosi sistem reproduksi.

7. Meninges

Meninges adalah satu pelapis yang berupa membran tipis yang berguna untuk melindungi saraf tulang belakang.

Mengingat otak adalah kumpulan sel jaringan yang sangat rentan, sehingga memerlukan pelapis untuk melindunginya.

Meninges ini terbagi menjadi tiga lapisan, yaitu durameter yang merupakan lapisan terluar dan lebih tebal.

Arachnoid yang merupakan lapisan tengah yang lebih tipis, dan lapisan membran yang paling dalam adalah piameter.

8. Corpus Callosum

Corpus callosum merupakan jembatan penghubung antara otak besar dan juga otak kecil. Corpus callosum ini merupakan jaringan yang berperan untuk mengkoordinasikan antara otak kanan dan juga otak kiri, supaya dapat bekerja secara seimbang.

9. Kelenjar Pituitari

Kelenjar ini mempunyai ukuran yang sangat kecil yang berada pada bagian bawah otak, yang menghasilkan hormon untuk membuat kelenjar lainnya dalam menjalankan fungsinya.

Hormon yang di produksi oleh kelenjar ini berupa hormon pertumbuhan, FSH, LH, TSH, prolaktinm adreno kortikotropinm oksitosin dan juga antidiuretik.

10. Kelenjar Pineal

Kelenjar Pineal
Kelenjar ini terletak pada ventrikel otak yang hingga saat ini fungsinya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Dan fungsi yang sudah teridentifikasi adalah sebagai mengatur pola tidur dengan cara memproduksi hormon metonin.

11. Saraf Kranial

Saraf kranial ini secara keseluruhan memiliki jumlah 12 pasang yang terletak di leher serta kepala, 1 pasang pada bagian cerebrum.

Beberapa fungsi dari saraf ini untuk menjaga keseimbangan tubuh dan juga untuk mengatur organ tubuh serta membantu mengendalikan dan menggerakan otot.

12 Sistem Limbik

Sistem limbik ini berperan dalam mengendalikan rasa takut dan marah.

13. Ventrikel

Ventrikel ini merupakan bagian dari otak yang berperan dalam memproduksi cairan serebrospinal, yang terbagi menjadi 4, yaitu pada bagian samping belahan otak besar, bagian belakang serta tengah otak.

Dan setiap bagian dari ventrikel ini berhubungan satu sama lain dengan tabung yang merangkai untuk menghubungkan ventrikel satu dengan lainnya.

14. Cairan Serebrospinal

Cairan ini memiliki peran yang sama dengan membran meninges, yaitu melindungi otak serta cairan ini juga dapat ditemukan pada bagian saraf tulang belakang.

Selain itu juga memiliki peran penting untuk membawa nutrisi dari darah menuju otak dan membersihkan sisa metabolisme.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan struktur anatomi otak manusia:

Berapa Saraf di Otak?

Pada satu tubuh manusia mempunyai milyaran neuron atau sel saraf dan terdapat 13.5 juta di sumsum tulang belakang dan 100 miliar di otak.

Apa Fungsi Otak Kiri?

Otak kiri ini memiliki fungsi yang berhubungan dengan rasio dan logika manusia, membaca serta merupakan pusat dari matematika dan kemampuan menulis.

Apa Kekurangan Otak Kanan?

Otak kanan ini memiliki kekurangan yang rata-ratanya adalah susah mengontrol emosi dan juga perasaannya.

Sehingga, orang yang dominan dengan otak kanan ini biasanya akan lebih mudah bad mood atau moody.

Apa yang Terjadi Jika Otak Kiri Rusak?

Dampak jika otak kiri rusak seperti mengalami cedera, maka hal ini dapat mempengaruhi kemampuan berbicara serta gerakan pada tubuh bagian kanan.

Sehingga orang yang mengalami cedera otak kiri ini akan mengalami kesulitan berbicara, tetapi masih dapat memahami instruksi maupun mengeluarkan ide.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai struktur anatomi otak pada manusia serta bagian-bagian dan fungsi otak yang perlu kamu ketahui.

Demikianlah artikel mengenai struktur anatomi otak manusia dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */