Sungai Terpanjang Di Benua Asia Terletak di Negara

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai sungai terpanjang di benua asia terletak di negara, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Sungai adalah badan air yang sering berasal dari air hujan dan mengalir dalam aliran yang luas dan terus menerus dari hulu ke muara atau hilir.

Di sungai ke sungai bawah tanah, yang disebut seperti itu. Misalnya, sungai bawah tanah Gua Pindul (Indonesia).

Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai dibagi menjadi beberapa bagian yang dimulai dari mata air dan mengalir ke anak-anak sungai.

Banyak anak sungai ini pada akhirnya akan bergabung membentuk sungai utama. Biasanya, tebing mengelilingi sisi kanan dan kiri sungai.

Laut, yang sering disebut sebagai muara sungai, adalah tempat di mana ujung-ujung sungai pada akhirnya akan bertemu.

Salah satu bagian dari siklus hidrologi adalah sungai. Biasanya, sungai mendapatkan airnya dari curah hujan, seperti hujan, embun, mata air, debit bawah tanah, atau bahkan es atau salju di beberapa sungai. Air sungai juga menyiram kontaminan dan sedimen.

Air sungai berfungsi sebagai komponen utama untuk air minum, mandi, irigasi pertanian, sistem penampung air hujan, dan saluran pembuangan sampah.

Hal ini juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata sungai. Saat ini ada lebih dari 5.950 daerah aliran sungai di Indonesia saja (DAS).

Ada banyak sungai di dunia kita, yang terletak di Afrika, Asia, Eropa, Amerika, dan Australia. Apakah kamu juga tahu sungai mana yang terpanjang di dunia?

Berdasarkan aliran sungai terpanjang dan terbaru, kami akan mengulas sungai terpanjang di dunia dalam artikel ini.

Sulit untuk menentukan sungai mana yang terpanjang di dunia. karena ada perbedaan pendapat yang signifikan tentang sungai mana yang terpanjang. Sungai Nil dan Sungai Amazon adalah dua sungai yang terkenal terpanjang di dunia.

Ketika berbicara tentang sungai mana yang terpanjang di dunia, bahkan beberapa ahli tidak setuju. Sungai Nil, bagaimanapun, dilaporkan telah berkembang menjadi sungai terpanjang di Afrika, menurut konsensus umum.

Sungai Amazon juga merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil, dan juga merupakan salah satu sungai terbesar di dunia dalam hal lebar dan volume air, menurut beberapa perkiraan.

Lalu bagaimana dengan sungai terpanjang di Asia? Sungai terpanjang di Asia adalah Yangtze, yang berasal dari Cina.

Sungai Mekong yang membelah tiga negara Laos, Thailand, dan Myanmar yang menduduki peringkat ke-12 dunia merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara. Myanmar juga merupakan negara dengan populasi sungai terbesar.

Sungai Kapuas yang memiliki panjang 1143 km dan merupakan sungai terpanjang ke-144 di dunia, juga merupakan sungai terpanjang di Indonesia.

Sungai Terpanjang Di Dunia

Nah berikut ini adalah sungai terpanjang di dunia berdasarkan dengan panjang aliran sungainya:

1. Sungai Nil

Sungai Nil merupakan sungai terpanjang nomor satu di dunia yang terletak di benua afrika. meskipun ada beberapa pendapat lain yang mengatakan bahwa sungai Amazon adalah sungai terpanjang di dunia.

Sungai Nil ini diklaim mempunyai panjang 6853 kilometer atau 4160 Mil dan juga telah menjadi sungai terpanjang di afrika.

Adapun beberapa negara yang di lalui oleh sungai nil yaitu mesir dan sudan sebagai sumber aliran yang paling utama.

Namun bukan hanya mesir dan sudan saja yang di lalui oleh sungai Nil, Juga ada beberapa negara lainnya yang di lalui sungai Nil yaitu sudan selatan, ethopia, uganda, kongo, kenya, tanzania, rwanda, burundi, dan eritrea. Dan aliran sungai Nil ini berakhir di laut mediterania.

2. Sungai Amazon

Sungai amazon merupakan sungai terpanjang kedua. Panjangnya sungai ini berkisar 6400 kilometer atau 4049 Mil, ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa sungai Amazon adalah sungai terpanjang di dunia.

Walaupun secara umum para ahli lebih sepakat bahwa sungai Nil sedikit lebih panjang dan menjadi sungai terpanjang di dunia.

Sungai ini juga merupakan sungai yang terpanjang di benua amerika, yaitu tepatnya amerika selatan.

Sungai Amazon juga merupakan sungai terbesar di dunia yang dapat dilihat dari volume airnya dan menjadi salah satu sungai terluas di dunia berdasarkan lebarnya.

Adapun beberapa negara yang di lalui oleh sungai Amazon yaitu brazil, kolombia dan peru. dan aliran sungai Amazon ini berakhir di samudra atlantik.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang ke tiga. sungai Yangtze Juga merupakan sungai terpanjang di asia.

Sungai Yangtze

Sungai Yangtze ini memiliki panjang 6357 kilometer atau 3964 Mil. letak keseluruhan sungai Yangtze ini berada di cina.

Dan sungai ini di jadikan sungai terpanjang yang ada di 1 negara saja. dan aliran sungai Yangtze ini berakhir di perairan laut cina timur.

4. Sungai Mississippi

Sungai mussissippi merupakan sungai terpanjang di dunia yang selanjutnya. Sungai ini juga menjadi sungai terpanjang yang ada di amerika utara, khususnya yaitu di negara amerika serikat. sungai mussissippi ini memiliki panjang mencapai 6257 kilometer atau 3709 Mil.

Keseluruhan sungai ini berada di negara amerika serikat dan mengalir melalui beberapa negara bagian yaitu kentucky, tennessee, massissippi, louisiana, missouri, arkanas, wisconsin, lowa, minnesota dan juga llinois. dan aliran sungai mississippi berakhir di teluk meksiko.

5. Sungai Yenisei

Sungai yenisei merupakan sungai terpanjang di dunia selanjutnya. sungai yenisei memiliki panjang mencapai 5539 kilometer dan merupakan sungai terpanjang nomor dua di benua asia.

Adapun negara yang di lalui sungai yensei yaitu negara rusia dan mongolia. Aliran sungai yenisei terbagi menjadi 2 bagian yaitu sungai angara dan sungai selenge. dan aliran sungai yenisie berakhir di laut kara.

6. Sungai kuning (Yellow River)

Sungai kuning (Yellow River) merupakan sungai terpanjang nomor 6 di dunia. dan sungai ini menjadi salah satu sungai terpanjang di benua asia. sungai kuning ini memiliki panjang 5464 kilometer.

Sungai ini berada di negara cina. Awalnya sungai ini bernama Huang He, akan tetapi kemudian lebih di kenal dengan sebutan Yellow River karena airnya berwarna kuning.

Selain itu sungai ini menjadi salah satu sungai bersejarah di negara cina. dan aliran sungai kuning ini berakhir di laut bohai.

7. Sungai Ob

Sungai Ob merupakan sungai terpanjang nomor 7 dan memiliki panjang aliran 5410 kilometer. sungai ini letaknya berada di negara rusia dan kawasan siberia.

Sungai Ob

Sungai ob ini menjadi satu sistem dengan aliran sungai irtysh dan menjadi satu dari 3 sungai terbesar yang ada di kawasan siberia. dan aliran sungai ob ini berakhir di teluk ob samudra arktik.

8. Sungai Parana

Sungai parana merupakan sungai terpanjang di dunia selanjutnya. sungai parana menjadi sungai terpanjang di amerika selatan dan terpanjang kedua setelah sungai Amazon. sungai ini memiliki panjang 4880 kilometer.

Adapun 3 negara yang di lalui oleh sungai parana ini yaitu argentina, brazil, dan paraguay. dan sungai parana ini mengalir sampai perairan Rio de la plata di samudra atlantik.

9. Sungai Kongo

Sungai kongo merupakan sungai terpanjang di dunia selanjutnya. sungai kongo ini memiliki panjang aliran mencapai 4700 kilometer dan merupakan sungai terpanjang nomor dua setelah sungai Nil yang ada di benua Afrika.

Sungai kongo juga menjadi sungai terbesar kedua setelah sungai amazon jika dilihat dari volume airnya.

Adapun catatan lain dari sungai kongo ini adalah merupakan sungai terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 220 meter.

Adapun negara yang di lalui oleh sungai kongo yang ada di benua afrika yaitu republik demokratik kongo, angola, zambia, tanzania, republik kongo, kamerun, burundi, rwanda, republik afrika tengah. dan aliran sungai kongo ini berakhir di samudera atlantik.

10. Sungai Amur

Sungai amur merupakan sungai terpanjang di dunia selanjutnya. sungai amur ini menjadi sungai paling panjang di dunia yang letaknya di benua asia dan memiliki panjang 4444 kilometer.

Sungai ini mengalir melalui beberapa negara di benua asia yaitu rusia, cina dan mongolia. Sungai ini biasa disebut sebagai sungai Heilo Jiang dan menjadi satu aliran dengan sungai argun. Aliran sungai Amur ini berakhir di laut Okhotsk.

11. Sungai Lena

Sungai lena merupakan sungai terpanjang di dunia selanjutnya. sungai ini merupakan sungai terbesar ke 10 di dunia.

Sungai lena ini letaknya berada di siberia dengan memiliki panjang aliran mencapai 4400 kilometer atau 2734 Mil. dan sungai lena ini bermuara dari laut arktik sampai gunung baikal.

12. Sungai Mekong

Sungai mekong merupakan sungai terpanjang di dunia selanjutnya. sungai ini merupakan sungai yang memisahkan 3 negara di asia yaitu thailand, laos dan myanmar. sungai mekong ini memiliki panjang aliran 4350 kilometer atau 2703 Mil.

13. Sungai Marckenzie

Sungai marckenzie merupakan sungai terpanjang di dunia berikutnya yang berada di negara kanada. panjang aliran sungai marckenzie mencapai 1738 kilometer atau 1080 Mil.

14. Sungai Niger

Sungai niger merupakan sungai terpanjang di dunia selanjutnya yang berada di negara afrika barat tepatnya di negara nigeria. sungai niger ini memiliki panjang aliran mencapai lebih dari 2500 Mil atau sekitar 4000 kilometer.

15. Sungai Murray

Sungai murray merupakan sungai terpanjang di dunia selanjutnya yang berada di australia dengan memiliki panjang aliran mencapai 2508 kilometer atau 1558 Mil.

Sungai murray ini berasal dari pegunungan alpen di australia yang melewati sisi barat pegunungan tertinggi yang ada di australia.

Selain itu aliran sungai murray ini berkelok-kelok di dataran pedalaman australia dan membentuk antar negara yaitu negara bagian New South Wales dan Victoria.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa sungai terpanjang yang ada di dunia dengan ukuran, panjang aliran, serta letak negaranya secara lengkap.

Namun masih banyak lagi sungai-sungai panjang lainnya yang belum kami sebutkan, beberapa sungai terpanjang tersebut meliputi sungai terpanjang yang ada di benua afrika, asia, amerika, eropa.

Demikianlah artikel mengenai Sungai Terpanjang Di Benua Asia Terletak di Negara dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */