Teknik Dasar Permainan Golf Paling Lengkap!

InfoKekinian.com – Siapa yang disini ingin mencoba bermain golf, tetapi tidak paham dan tidak tahu apa saja teknik dasar permainan golf? Tenang, karena kami akan mengulas semua teknik dasar permainan golf dibawah ini.

Golf adalah permainan di seluruh dunia yang dinikmati oleh pemain dan penonton.

Pengertian Golf

Karena kenyataan bahwa baik pesaing profesional dan amatir berjuang sepanjang tahun untuk gelar dan penghargaan, golf telah datang untuk menandakan olahraga yang membutuhkan konsentrasi dan akurasi.

Secara historis, permainan ini berasal dari pantai timur Skotlandia, di sekitar ibu kota kerajaan Edinburgh.

Banyak yang menganggap golf sebagai permainan sederhana untuk dimainkan, tetapi tidak semua orang benar-benar mahir bermain golf.

Teknik memukul bola adalah permainan dasar dalam golf. Di lapangan golf, pegolf berusaha memasukkan bola ke dalam lubang dengan cara memukulnya.

Tujuan permainan ini adalah memasukkan bola ke dalam lubang dengan pukulan sesedikit mungkin.

Pengertian Golf

Golf adalah olahraga di mana tongkat golf berfungsi sebagai pemukul untuk menempatkan bola kecil di area lubang yang telah ditentukan.

Dalam golf, istilah handicap mengacu pada instrumen pengukuran numerik yang digunakan untuk menentukan tingkat keterampilan pegolf amatir dan untuk menghitung skor bersih berdasarkan jumlah pukulan yang dilakukan.

Metode perhitungan ini tidak dapat digunakan dalam turnamen golf profesional karena handicap hanya diperuntukkan bagi pegolf amatir.

Tujuan Permainan Golf

Tujuan golf adalah memasukkan bola kecil ke dalam lubang menggunakan pukulan sesedikit mungkin dengan permainan tumpul.

Berbeda dengan olahraga lain, musuh sejati pegolf selalu diri mereka sendiri dan yang lebih penting, lingkungan mereka.

Bahkan di level tertinggi, pegolf bersatu dalam perjuangan, yang menjadi salah satu alasan mengapa permainan ini mampu menjaga sportivitas para pesertanya.

Manfaat dari Permainan Golf

Berdasarkan tujuan tersebut, permainan golf memiliki keuntungan bagi pesertanya, antara lain:

Menguatkan Fisik

Untuk mulai bermain golf, perlu untuk mengembangkan tubuh kamu secara fisik, karena hal itu dapat membuat kamu lebih sehat dan lebih kuat.

Mengurangi Stres

Dengan melakukan aktivitas ini di lapangan yang luas dan berumput di mana pemain dapat menghirup udara segar, ketegangan stres dapat dikurangi.

Melatih Dalam Berkonsentrasi

Melatih Dalam Berkonsentrasi
Dalam olahraga ini, memasukkan bola ke dalam lubang dan mengenai sasaran membutuhkan perhatian yang intensif agar bola dapat dipukul dengan akurat.

Membakar Lemak

Golf terkadang dipandang sebagai olahraga kecil. Namun, olahraga ini dapat membantu dalam penurunan berat badan, pembakaran lemak, dan pengurangan kolesterol.

Teknik Dasar Permainan Golf

Berikut adalah beberapa teknik dalam permainan golf:

1. Teknik Memegang

Ada tiga teknik memegang golf, antara lain sebagai berikut:

Baseball Grip

Sesuai dengan namanya, pada teknik ini kamu akan memegang grip seperti sedang memegang stick baseball dengan tangan kiri di bawah tangan kanan.

Overlapping Golf Grip

Metode ini hampir identik dengan metode baseball grip. Satu-satunya perbedaan adalah jari kelingking tangan kanan diposisikan di antara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri.

Interlocking Golf Grip

Strategi ini ditunjukan kepada pemain profesional secara eksklusif. Teknik ini membutuhkan menempelkan jari kelingking tangan kanan ke jari telunjuk tangan kiri saat memegang tongkat.

2. Teknik Mengayun

Agara pukulan yang kamu lakukan dapar seimbang dan juga kencang, ada berbagai cara yang tepat dan benar yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  1. Backswing, merupakan teknik yang melibatkan mengayunkan tongkat golf ke belakang tubuh hingga melewati kepala dan mengarah kedepan
  2. Downswing, merupakan teknik menganyun dengan melepaskan pukulan yang tepat agar mengenai bola.

3. Teknik Memukul

Teknik Memukul
Berikut adalah beberapa teknik dalam memukul:

  1. Tee Shot, merupakan pukulan pembuka dari satu ronde golf, yang diambil dari teeing ground (penempatan awal bola) menuju hole
  2. Fairway shot, merupakan teknik dilakukan setelah melakukan teknik tee shot pada bola
  3. Bunker Shot adalah teknik yang digunakan ketika bola dipukul di luar wilayah lapangan
  4. Putting merupakan teknik yang dilakukan agar bola dapat muda masuk, ketika bola golf sudah dekat dengan lubang
  5. Punch merupakan teknik dapat digunakan saat ada angin kencang di lapangan.

Ukuran Lapangan Golf

Umumnya, lapangan golf terdiri dari sembilan hingga delapan belas lubang yang ditargetkan. Setiap kali kita bermain golf, kita diharuskan menyelesaikan 18 hole.

Golf adalah olahraga yang tujuannya memasukkan bola ke dalam lubang sebanyak 18 kali. Dimana permainan dimulai di tee box dan diakhiri dengan menempatkan bola di area puting hijau.

Lubang ini tentunya mempunyai satu lubang yang ditandai dengan adanya bendera yang berwarna, dimana teebox menjadi tempat dalam pukulan pertama.

Bagi para pegolf profesional biasanya akan memulai dari teebox terjauh dari green, yang ditandai dengan pasak batu hitam.

Untuk pegolf wanita, pukulan dimulai pada teebox depan, yang ditandai dengan batu merah. Area teebox untuk pemula terletak di belakang area wanita dan ditandai dengan pasak batu putih.

Teebox biasanya lebih tinggi sekitar 100 cm. Biasanya, ada dua jenis hazard atau rintangan di setiap lubang, seperti bunker yang merupakan cekungan yang berisikan pasir.

Sementara putting green adalah lubang terakhir dalam permainan golf ini, yang merupakan tempat dengan rumput yang sangat pendek.

Diameter lubang ini adalah sekitar 108 milimeter (4,25 inci) dan kedalamannya 100 milimeter (3,94 inci).

Cara Bermain Permainan Golf

Cara Bermain Permainan Golf
Berikut ini adalah cara bermain golf:

  1. Pinggul dan lutut harus sedikit ditekuk
  2. Angkat tongkat golf sampai tegak lurus dengan tanah
  3. Kemudian, angkat tongkat golf hingga membentuk sudut 90 derajat
  4. Putar bahu diperlukan untuk mengarahkan tongkat golf ke atas
  5. Geser tubuh kamu ke sisi yang berlawanan saat kamu menurunkan tongkat
  6. Saat stik memukul bola golf, tubuh kamu harus sejajar dengan target
  7. Rentangkan kedua lengan sepenuhnya untuk memukul bola.

Istilah Dalam Permainan Golf

Olahraga ini membutuhkan lebih dari sekedar keterampilan dan investasi yang besar. Seorang pegolf juga harus terbiasa dengan frasa yang biasa digunakan dalam golf.

Sulit untuk mengingat bahwa semua kata golf dalam bahasa Inggris, jadi mari kita pelajari beberapa istilah dalam permainan golf dibawah ini:

1. Birdie

Kata ini mengacu pada skor hole yang satu poin di bawah par. Tujuan dari birdie adalah untuk mendapatkan skor yang satu pukulan kurang dari par.

Misalnya, jika seorang pegolf memainkan hole par 5 dan menyelesaikannya dalam empat pukulan, ia menerima birdie.

2. Bogey

Berbeda dengan birdie, bogey mengacu pada skor atau total poin yang melebihi par untuk hole. Bogey akan terjadi jika pegolf berhasil memasukkan bola ke dalam hole dengan skor par plus 1.

Jika skornya adalah double bogey, dia memasukkan bola pada par plus 2. Dan menerima triple bogey, dia kemudian memainkan bola pada par plus 3.

Misalnya, jika seorang pegolf bermain di hole par-3 dan berhasil memasukkan bola ke dalam hole dalam empat pukulan, ia menerima bogey.

Jika dia memukul bola dalam lima pukulan, dia menerima double bogey;, jika dalam enam pukulan, ia menerima triple bogey.

3. Bunker

Bunker adalah rintangan berupa lubang yang diisi pasir atau rumput yang berfungsi sebagai rintangan dalam permainan golf.

Biasanya, bunker terletak di depan lubang, dan sebagian besar lubang mempunyai bunker.

4. Dogleg

Dogleg adalah lubang golf melengkung yang menyerupai lengkungan atau lekukan kaki belakang anjing ke kiri atau kanan lubang.

5. Gros

Gross atau Nett adalah gabungan dari jumlah hit (pukulan) pemain pada hole secara keseluruhan dan tidak ada kaitannya dengan nilai handicap.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Berapa Lama Waktu Bermain Golf?

Lama permainan golf dalam satu kali sesi adalah sekitar 4-5 jam.

Pemukul Golf Namanya Apa?

Nama alat pemukul dari permainan golf adalah klab atau stick golf.

Apakah Golf Permainan Orang Kaya?

Terkadang, permainan gol ini biasa disebut dengan olahraga orang kaya. Hal ini dikarenakan dalam sekali bermain membutuhkan biaya yang mahal karena meliputi biaya kursur, peralata, hingga perawatan lapangan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai teknik dasar permainan gol yang perlu kamu ketahui, lengkap dengan car abermain serta istilah yang umum digunakan pada saat bermain golf.

Bagaimana, Sobat Kekinian, kamu berniat untuk mencobanya?.

/* */