Tips Merakit Pc Gaming Spek Kekinian

Infokekinian.com – Apakah kamu sedang bermimpi untuk membuat atau merakit PC gaming impian ala kamu? Jika iya, simak artikel ini untuk mendapatkan tips merakit pc gaming spek kekinian.

Membuat atau merakit komputer yang keren biasanya dikaitkan dengan impian bagi mereka yang senang bermain game komputer.

Tidak hanya para gamer, namun juga para content creator dan pekerja kantoran, biasanya membutuhkan kehadiran komputer untuk menjalankan pekerjaannya.

Pemilihan komponen yang tepat sasaran sesuai dengan peruntukannya tentu dapat meningkatkan produktivitas secara signifikan.

Tips Merakit PC Gaming Impian

Karena tidak mungkin para gamers berpuas diri saat menggunakan spesifikasi pekerja kantoran, begitu juga sebaliknya.

Mereka yang harus berkonsentrasi di lautan data tentu saja tidak akan bisa berkonsentrasi pada warna komponen all-RGB yang menonjolkan sisi gamer mereka.

Alih-alih berkonsentrasi pada pekerjaan mereka, mereka bersenang-senang karena alokasinya tidak akurat.

Akibatnya, sangat penting untuk memilih komponen yang benar-benar memenuhi kebutuhan kamu.

Tips Merakit PC Gaming Impian

Berikut adalah beberapa petunjuk untuk membuat kamu membangun PC gaming ideal kamu:

1. Pilih Prosesor Kelas Atas

Faktor pertama yang perlu dipertimbangkan adalah otak komputer, yang akan meningkatkan statusnya menjadi PC gaming impian.

Untuk membangun komputer yang dapat melibas apa pun yang diperlukan, kamu harus terlebih dahulu memilih prosesor kelas atas atau kelas atas.

Prosesor kelas atas ini biasanya memiliki jumlah inti dan utas yang relatif besar, jadi kamu tidak perlu ragu untuk memilihnya.

 Prosesor ini biasanya dibanderol mulai dari 5 juta rupiah, yang merupakan jumlah yang cukup besar.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir dengan kemampuannya untuk menjalankan semua pesanan kamu tanpa insiden.

Kami merekomendasikan Intel Core i7-12700F, yang merupakan prosesor Generasi ke-12 dengan nama kode Alder Lake.

Prosesor baru yang memiliki 12 core dan 20 thread ini juga dapat menjalankan semua video game tanpa masalah. Prosesor Intel ini memiliki 8 core performa dan 4 core efisiensi.

Jika kamu tidak menyukai sisi biru, kami merekomendasikan Ryzen 7 5800X dari kamp merah AMD.

Prosesor AMD seri 5000 ini memiliki 8 core dan 16 thread dan mampu menjalankan semua game dan membuat konten tanpa masalah.

Meskipun prosesor yang lebih mahal tersedia, kami hanya merekomendasikan keduanya jika tujuan utama kamu adalah bermain video game. Jangan khawatir, keduanya bisa memberikan performa multitasking yang solid untuk hari ini.

2. Motherboard Tidak Harus Premium

Motherboard adalah faktor kedua yang perlu dipertimbangkan. Jika saya jujur, dan berbicara dari pengalaman pribadi, motherboard tidak harus mahal asalkan memenuhi semua kebutuhan kamu.

Modul pengatur tegangan (VRM), heatsink, slot ekspansi, dan bahkan chipset tampaknya berdampak pada pemilihan motherboard terbaik.

Motherboard Tidak Harus Premium

Perlu dicatat bahwa motherboard tidak harus sangat mahal; jika memenuhi semua persyaratan kamu, mengapa tidak brott?

Karena banyaknya varian motherboard yang tersedia di pasaran, kami hanya memberikan referensi umum saja.

Semua motherboard cukup untuk kubu biru Intel karena Intel tidak terlalu rumit dalam hal ini. Dari chipset terbaru, H510, B560, dan Z590, hingga H610, B660, dan Z690, semuanya menawarkan keunggulan berdasarkan soket.

Intinya, motherboard seharga 800.000 hingga 8 juta rupiah pasti akan memenuhi kebutuhan kamu.

Dalam hal benteng merah AMD, hanya ada beberapa motherboard yang memberikan kebebasan dan batas kecepatan yang wajar.

Motherboard dengan chipset A520, misalnya, umumnya tidak memungkinkan pengguna untuk melakukan overclock.

Ini tidak terjadi dengan B550 dan X570, yang memungkinkan kustomisasi lengkap pemakainya. Seperti halnya Intel, motherboard AMD mulai dari 600.000 hingga 6 juta Rupiah tidak diragukan lagi akan cukup.

3. Pilih RAM yang Ideal

Selain dua komponen yang disebutkan di atas, memilih RAM terbaik sangat penting untuk memaksimalkan potensi PC gaming impian kamu.

Sebagai standar modern, kapasitas 8GB tampaknya menjadi minimum untuk menikmati berbagai permainan saat ini.

Saat ini sudah banyak merek yang menawarkan memori dengan kapasitas besar dengan kecepatan yang cukup.

DDR4 dengan kecepatan 2666MHz menawarkan kinerja standar, sedangkan DDR4 5000 ke atas menggoda untuk kinerja yang tangguh.

Dari segi ukuran minimal, kami menyarankan agar RAM yang ideal untuk PC gaming impian kamu adalah 2x8GB.

Untuk memaksimalkan potensi PC gaming kamu, jumlah ini harus dibarengi dengan kecepatan 2666MHz-3200MHz.

Dari segi ukuran minimal, kami menyarankan agar RAM yang ideal untuk PC gaming impian kamu adalah 2x8GB.

Untuk memaksimalkan potensi PC gaming kamu, jumlah ini harus dibarengi dengan kecepatan 2666MHz-3200MHz.

Perlu dicatat bahwa kecepatan RAM tidak berpengaruh pada prosesor kelas bawah dan menengah, terutama yang berasal dari kubu biru Intel.

Sepengetahuan kami , prosesor ini umumnya terbatas pada 2666MHz. Namun, ini akan berdampak signifikan pada kubu merah AMD, yang sangat haus akan kecepatan.

Selain kecepatan, latensi merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Secara umum, semakin rendah latensi suatu RAM, semakin banyak kinerja yang dapat diberikannya, meskipun harus mahal.

Selain itu, latensi rendah biasanya memiliki dampak yang lebih besar pada kinerja unit pemrosesan akselerasi AMD.

Kami merekomendasikan DDR4 merk T-Create 2x8GB 3200MHz untuk kubu biru Intel yang harganya sekitar 1 juta Rupiah.

Kami juga merekomendasikan DDR4 Corsair Vengeance Pro RGB 2x8GB 3600MHz di kisaran harga 1 jutaan Rupiah untuk kubu merah AMD.

4. Sesuaikan Media Penyimpanan

Untuk menyimpan koleksi video game, tentunya kita membutuhkan media penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Tentunya baik itu harddisk maupun solid-state disk dalam bentuk apapun harus disesuaikan dengan slot yang ada di motherboard.

Saat merakit PC gaming, besaran 240-256GB umumnya minimal, apalagi di tahun 2022. Tidak ada salahnya mengambil kapasitas yang lebih kecil, seperti 120GB, namun harus disesuaikan lagi sesuai peruntukannya.

Beberapa saran dari kamu, SSD 120GB lebih dari cukup untuk sebagian besar aplikasi standar. Pada saat yang sama, hard drive dengan kapasitas 500GB atau lebih dapat digunakan sebagai media penyimpanan alternatif.

Namun, jika kamu membutuhkan kecepatan loading yang cepat, kamu harus rela mengulang alokasi dana.

SSD 120GB biasanya tersedia seharga 100 ribu Rupiah. Hard drive dengan kapasitas 500GB dapat dibeli hanya dengan 300.000 Rupiah.

Jika kamu memerlukan penyimpanan berkualitas tinggi, saya merekomendasikan WD Black SN750, yang telah kami ulas sebelumnya.

5. Ambil GPU yang Andal

Faktor lain yang mengaitkan PC dengan tingkat permainan, tentu saja, adalah GPU. Meskipun harganya masih sangat mahal karena cryptocurrency, kamu harus rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan GPU yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ambil GPU yang Andal

Tidak harus mahal, selama memenuhi persyaratan game kamu, mengapa tidak? Memilih GPU seharga 1 juta, seperti GT1030, tampaknya tidak menjadi masalah, apalagi jika kamu hanya bermain game yang tidak terlalu menuntut.

Lain cerita jika orang tersebut memainkan Apex Legends dalam resolusi 4K. Bukankah tidak nyaman memainkan game-game itu dengan GPU kentang?

Jika kamu seorang gamer, GPU class GTX1650, yang dibanderol mulai dari 3 juta Rupiah, sepertinya bisa menjadi pilihan.

Namun, jika kamu mencari performa, sepertinya kelas GPU minimal RX 6600 XT seharga 10 juta Rupiah bisa didapatkan.

Mengikuti pemilihan GPU, kamu harus membuat konsumsi daya yang diperlukan. Semakin mahal sebuah GPU, semakin kuat dan semakin banyak daya yang dikonsumsi.

Pastikan juga listrik di rumah, kost, dan kantor kamu stabil agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Gunakan Power Supply Berkualitas

Kami tidak percaya PC gaming impian harus memiliki catu daya (PSU) kalengan atau palsu, bukan?

Catu daya yang berkualitas, seperti jantung manusia, memastikan asupan daya yang dikirim ke setiap komponen memadai.

Catu daya tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dimulai dengan sertifikasi efisiensi daya dan berlanjut ke berbagai bentuk yang tersedia.

Untuk komputer gaming standar, 400-500W dengan sertifikasi 80+ sepertinya merupakan kebutuhan mutlak.

Jika kita membangun PC gaming yang ideal dengan GPU teratas, kita harus mempertimbangkan jumlah daya mulai dari 600W dengan sertifikasi 80+ Gold.

PSU dengan sertifikasi 80+ biasanya dibanderol mulai 400 ribu rupiah. Sedangkan PSU dengan sertifikasi 80+ Gold mulai dari 1 juta Rupiah.

7. Cari Case yang Sesuai Keinginan

Kasus tersebut, tentu saja, tidak boleh diabaikan untuk menyempurnakan estetika PC gaming impian kamu.

Sebelumnya, kita hanya disuguhkan kasus-kasus yang dominan hitam putih; sekarang, kita disajikan dengan banyak alternatif warna-warni.

Cari Case yang Sesuai Keinginan

kamu tidak hanya harus mempertimbangkan warna casing, tetapi juga ukurannya, dan apakah dapat mengakomodasi semua komponen yang kamu pilih sebelumnya.

Jika kamu melakukan kesalahan, kamu khawatir bahwa satu atau dua komponen yang dibeli sebelumnya tidak akan muat dalam casing.

Sekali lagi, pastikan semua komponen yang kamu siapkan jauh-jauh hari sudah sesuai dengan keinginan dan tentunya ukuran casingnya.

Jika ragu, kami merekomendasikan casing komputer mATX, yang banyak tersedia di pasaran. Biasanya harga casing dengan build quality yang mumpuni berada di kisaran 600 ribu Rupiah atau lebih.

Kami merekomendasikan Cube Gaming Axel yang dibandrol dengan harga 700 ribu Rupiah dan memberikan kapasitas yang lega namun tetap dengan harga yang terjangkau.

8. Pilih Gaming Peripheral yang Berkualitas

Jika kamu tidak memiliki mouse, pad, headset, dan periferal game lainnya, ini bukan PC game terbaik untuk kamu.

Tapi jangan khawatir; berkat banyaknya merek yang telah meluncurkan periferal, alokasi dana yang dibutuhkan tidak lagi terlalu besar.

Sebelumnya, kami hanya terbatas pada beberapa merek berkualitas; Saat ini sudah banyak brand yang menawarkan hal yang sama dengan harga yang murah. Periferal berkualitas, setidaknya, mulai dari 300.000 dan naik dari sana.

Bahkan, itu tidak menghalangi kenikmatan bermain game dengan periferal yang murah. Namun, komponen dengan nama tentu saja bisa memberikan kepuasan tersendiri bukan?

Menurut kami, Periferal berkualitas. Tidak hanya memberikan gengsi saat digunakan. Daya tahan, kualitas, dan bahkan kenyamanan periferal semuanya berkontribusi dalam menentukan apakah suatu komponen berharga atau tidak.

Kami merekomendasikan periferal game Logitech, yang tentu saja memadai untuk semua kebutuhan game kamu.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai tips merakit PC gaming spek kekinian, yang bisa kamu perhatikan ketika ingin merakit PC gaming impian kamu dirumah.

Dan perlu di ingat, semakin mahal sebuah GPU, maka akan semakin kuat dan semakin banyak daya yang akan digunakan.

Jadi jika kamu menggunakan PC gaming standar dengan GPU standar, maka kamu harus mempertimbangkan jumlah daya mulai dari 600W dengan sertifikasi 80+ Gold.

Demikianlah artikel mengenai Tips Merakit Pc Gaming Spek Kekinian dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */