Ukuran Lapangan Bola Basket Standar FIBA

Infokekinian.com – Bola basket ternyata memiliki dua standar lapangan, seperti ukuran lapangan bola basket standar FIBA maupun standar dari NBA.

Bola basket adalah olahraga terpopuler kedua di dunia, setelah sepak bola. Sangat menyenangkan untuk bermain atau menonton olahraga ini.

Sangat menyenangkan sehingga kamu lupa seberapa besar lapangan basket. Orang yang hanya menonton film jelas hanya tertarik dengan permainannya.

Lapangan Bola Basket

Padahal keberadaan lapangan basket juga penting. Informasi tentang ukuran lapangan basket ini sebenarnya diajarkan di sekolah.

Hanya saja mereka tidak terbiasa, sehingga pengetahuan hilang dan terkubur bersama ilmu-ilmu lain yang lebih umum digunakan.

Alhasil, kali ini kita akan membahas lapangan basket secara detail. Informasi ini sangat penting, dan kamu harus membacanya sampai habis.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Karena lapangan basket merupakan bagian penting dari olahraga ini. Menurut standar Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), ukuran lapangan bola ini dalam permainan bola basket adalah berbentuk persegi.

Terbagi menjadi dua ukuran, yang pertama berukuran panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Sementara itu, panjangnya 26 meter dan lebar 14 meter menurut standar NBA.

Tiga lingkaran juga dapat ditemukan di lapangan basket. Ketiga lingkaran tersebut masing-masing memiliki jari-jari 1,8 meter dan lebar 0,05 meter.

Panjang akhir lingkaran pada garis serang ini adalah 6 meter. Garis tembakan penalti itu sendiri berukuran panjang 3,60 meter.

Dalam permainan bola basket, setiap tim hanya membutuhkan 5 pemain. Jumlah pemain cadangan juga lima orang. Jumlah wasit yang dibutuhkan dalam permainan ini hanya dua.

Nama wasit pertama adalah Refree, dan nama wasit kedua adalah Umpire. Bola basket yang digunakan memiliki keliling mulai dari 75cm sampai 78cm. Bola ini memiliki berat sekitar 600 hingga 650 gram.

Bola ini juga memiliki persyaratan lain: saat dijatuhkan, bola harus berada 1,8 meter di atas tanah. Ketinggian bola saat pengembalian harus antara 1,2 dan 1,4 meter. Ring basket berukuran panjang 0,40 meter di dalam ring.

Jarak antara pilar dan garis akhir adalah satu meter. Berbeda dengan backboard, backboard di lapangan basket berukuran 1,2 meter di bagian luar. Panjang papan pantul di bagian dalam adalah 0,59 meter.

Papan pantul luar memiliki panjang 0,45 meter. Jarak antara lantai dan papan pantul adalah 2,75 meter.  Sedangkan jarak antara lantai dan dasar ring adalah 0,30 meter.

Standar FIBA tentang Lapangan Bola Basket

Tentunya membangun lapangan basket tidak boleh dilakukan sembarangan. Orang yang akan membuat lapangan juga harus mengetahui dimensinya.

Alhasil, ukuran lapangan yang akan digunakan akan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Jangan hanya membangun lapangan basket yang sudah jadi dan menyerupai bentuk aslinya.

Hal ini disebabkan fakta bahwa lapangan asli tidak dapat digunakan untuk kompetisi atau kompetisi.

Uraian luas lapangan bola basket di atas menunjukkan bahwa bermain bola basket memerlukan perhitungan yang tepat. Jika dulu hanya menonton pertandingan, coba sekarang perhatikan lapangan juga.

Perhatikan baik-baik apakah lapangan tersebut dibangun sesuai dengan standar yang berlaku. Dengan cara ini, kamu akan belajar lebih banyak dan tidak hanya bisa mengomentari permainan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai ukurang lapangan bola basket menurut FIBA. Bagaimana, apakah kamu tertarik membuat lapangan bola basket sendiri di rumah?

Jika iya, jangan lupa untuk gunakan ukuran lapangan bola basket seperti yang sudah kita infokan di atas ya.

Demikianlah artikel mengenai Ukuran Lapangan Bola Basket Standar FIBA dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */