Mengenal Permainan Sepak Bola, Ini Teknik Lengkapnya

InfoKekinian.com – Pada artikel kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengenal permainan sepak bola, lengkap dengan sejarah, manfaat, hingga teknik dasarnya.

Sepak bola adalah olahraga paling populer dan sangat populer dibandingkan dengan olahraga lain, terutama di kalangan pria.

Pengertian Sepak BolaMengapa dikatakan bahwa sepak bola adalah olahraga paling populer? Karena sepak bola dikenal dan dimainkan oleh hampir semua lapisan masyarakat, termasuk anak-anak, remaja, bahkan orang tua.

Banyak orang dapat bermain sepak bola dan terbiasa dengan peraturannya. Namun, ketika ditanya apa arti sepak bola, apakah mereka mengerti?

Bagaimana sejarah sepak bola? Apa saja teknik dasar sepak bola? Yuk, simak artikel ini hingga selesai, karena kami akan mengajak kamu untuk mengenal permainan sepak bola lebih jauh.

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 11 (sebelas) pemain inti ditambah sejumlah pemain cadangan.

Sepak bola ini diambil dari kata “sepa” yang berarti menendang, dan “bola” merupakan alat permainan yang biasanya terbuat dari kulit atau sejenisnya dan dengan bentuknya yang bulat.

Tujuan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan, sehingga tim yang menang adalah tim yang mencetak gol terbanyak pada akhir pertandingan.

Sejarah Singkat Olahraga Sepak Bola

Sejarah sepak bola ini dimulai ada masa dinasti Han, olahraga ini telah dipraktikkan di Tiongkok sejak abad kedua dan ketiga sebelum masehi.

Orang Cina menggunakan bola kulit dan menendangnya ke jaring kecil pada saat itu. Selain China, negara-negara seperti Jepang, Yunani, dan Roma juga menaruh nilai tinggi pada olahraga sepak bola.

Saat itu, orang Jepang, Romawi, dan Yunani senang memainkan olahrga ini untuk tujuan senang-senang.

Sepak bola modern dimulai di Inggris dengan menetapkan peraturan dasar sehingga permainan semakin populer.

Meskipun olahraga ini dilarang karena dianggap kekerasan, popularitas sepak bola tumbuh di seluruh dunia.

Hingga akhirnya FIFA (Federation Internationale de Football Association), yang merupakan badan untuk pengendali sepak bola internasional ini didirikan pada 21 Mei 1904, di Paris, Perancis.

Kemudian, sepak bola berkembang menjadi olahraga di mana negara-negara akan bersaing untuk memperebutkan piala dunia.

Dimana negara Uruguay ini memenangkan pertandingan piala dunia pertama, yang diselengggarakan di Uruguay pada tahun 1930.

Peraturan Permainan Sepak Bola

Peraturan Permainan Sepak Bola
Pertandingan sepak bola resmi tidak boleh dimainkan sembarangan. Hal ini menuntut kita untuk menguasai aturan permainan sepak bola ini, berikut ini adalah beberapa peraturan dalam olahraga sepak bola:

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Panjang lapangan sepak bola yang digunakan untuk pertandingan dewasa internasional antara 100-120 meter, dan lebarnya antara 65-75 meter.

Di tengah kedua ujung lapangan terdapat area gawang berbentuk persegi panjang dengan ukuran lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter. Dan area penalti di depan gawang berjarak 16,5 meter dari gawang.

Daerah ini adalah batas di mana penjaga gawang dapat menggunakan tangan mereka untuk menangkap bola dan mengevaluasi apakah suatu pelanggaran memerlukan tendangan penalti atau tidak..

Jumlah Pemain Sepak Bola

Dalam satu regu permainan sepak bola ini terdiri dari 11 pemain yang mempunyai posisi serta tugasnya masing-masing, seperti berikut:

  1. Satu kiper yang merupakan satu-satunya pemain yang diizinkan menggunakan tangannya untuk mencegah bola tim lawan masuk ke gawang
  2. Tanggung jawab utama dari 2-4 pemain bertahan (back) adalah untuk menghalangi dan membatasi pergerakan tim lawan
  3. 2-5 gelandang tengah dengan tanggung jawab utama gelandang adalah untuk membangun tempo permainan dan membantu pemain bertahan dan penyerang
  4. Tanggung jawab utama1-3 penyerang (striker) adalah mencetak gol ke gawang lawan
    Selain itu, ada pemain sayap yang bermain di sisi kanan atau kiri lapangan
  5. Kapten tim adalah individu yang dipilih dari antara para pemain yang bertanggung jawab untuk memimpin dan mengoordinasikan kinerja tim di lapangan.

Ukuran Bola

Bentuk bola harus bulat, dan harus dibuat dari bahan berkualitas tinggi yang tersinkronisasi. Keliling bola harus antara 70 dan 68 cm, dan beratnya harus antara 410-450gr.

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan Permainan Sepak Bola

Untuk memenangkan permainan sepak bola, pemain harus mencetak gol sebanyak mungkin melawan lawan mereka sambil mempertahankan permainan mereka sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari pemain sepak bola:

  1. Mencetak gol ke gawang lawan
  2. Menghalau atau mencegah bola masuk ke gawang sendiri
  3. Menjaga sportivitas dan membangun level playing field
  4. Kembangkan kerja tim untuk memperkuat permainan
  5. Meningkatkan kesehatan dan kebugaran pemain
  6. Meraih kesuksesan.

Manfaat Permainan Sepak Bola

Berikut ini adalah manfaat dari bermain sepak bola dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menambah Kesehatan Fisik

Dalam sepak bola, kamu harus berjalan dan berlari untuk mengejar dan menggiring bola permainan untuk bertahan dan mencetak gol ke gawang lawan, sehingga aktivitas ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

2. Membuat Otak Menjadi Lebih Cerdas

Dalam sepak bola, kamu tidak hanya harus bergerak secara fisik, tetapi juga berpikir secara strategis untuk menang berdasarkan permainan kamu.

Selain itu, sepak bola membutuhkan keputusan cepat mengenai kapan harus mengoper dan kapan harus menendang.

3. Meningkatkan Kerjasama dan Solidaritas Antar Tim

Sepak bola membutuhkan permainan komunikasi yang baik antar pemain, karena komunikasi akan dapat menumbuhkan kerjasama antar tim.

4. Memperkuat Mental

Memperkuat Mental
Ada kalanya kamu memenangkan kompetisi dan ada kalanya kamu kalah. Jangan berkecil hati karena kekalahan, sebab itu adalah kesempatan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Menjadi Orang yang Disiplin

Jika kamu ingin menjadi pemain sepak bola, kamu harus berlatih secara konsisten. Dan dalam permainan sepak bola ini akan meningkatkan disiplin latihan kamu.

6. Meningkatkan Rasa Bersyukur Kepada Tuhan

Memenangkan pertandingan sepak bola tentunya akan meningkatkan rasa syukur kamu atas kemenangan tersebut.

Teknik Dasar Sepak Bola

Sebelum bermain sepak bola, kamu harus memahami taktik dan penjelasan mendasar. kamu tidak perlu menguasai keterampilan gaya bebas bola seperti juggling, balancing, dll., karena itu tidak penting.

Yang harus kamu ketahui dan praktikkan adalah gerakan dasar sepak bola, berikut adalah teknik dasar dalam permainan sepak bola:

1. Menggiring Bola

Menggiring bola atau biasa dikenal dengan dribbling adalah teknik mengontrol bola dengan cara mendorongnya secara perlahan sambil berlari atau berjalan.

Jika kamu bisa menggiring bola dengan baik, akan lebih mudah untuk menembus pertahanan lawan. Teknik ini merupakan permainan penting dalam sepak bola.

Teknik menggiring bola yang efektif dapat dilakukan dengan bagian luar, dalam, dan belakang kaki. Terdapat dua jenis menggiring bola, antara lain:

Speed Dribbling

Teknik menggiring bola ini digunakan saat lawan berada jauh atau saat pemain berada di depan lawan.

Strategi ini melibatkan menendang bola sekitar 3 sampai 5 meter dan kemudian berlari secepat mungkin setelahnya, sehingga sulit bagi lawan untuk menangkap kamu.

Closed Dribbling

Metode dribbling ini biasanya digunakan saat posisi kamu sedang tidak aman atau saat kamu berada dalam situasi 1 lawan 1.

Hal ini dicapai dengan menendang bola dengan pelan dari jarak kurang dari satu meter untuk mempertahankan kontrol yang baik terhadapnya dan mencegah lawan mencurinya.

2. Menendang bola

Meskipun hampir setiap orang pasti tahu bagaimana cara untuk menendang bola, tapi nyatanya masih ada yang belum mengetahui caranya, lho. Berikut ini adalah teknik dasar dalam menendang bola:

  1. Teknik ini biasanya melibatkan menendang bola dengan bagian luar kaki selama tendangan bebas atau bola mati
  2. Metode ini melibatkan menendang bola dengan bagian dalam kaki saat kamu dekat dengan gawang dan bola bergulir
  3. Metode ini, yang melibatkan menendang bola dengan bagian belakang kaki, biasanya digunakan saat bola memantul, mati, hidup, atau menggelinding.

3. Mengoper Bola

Mengoper Bola

Passing atau mengoper bola merupakan teknik fundamental dalam sepak bola yang menurut kami harus dikuasai dan paling signifikan.

Mengapa? Karena kurangnya keterampilan menggiring bola dapat tertutupi dengan passing yang sangat baik.

Dan jika tendangan kamu untuk mencetak gol kurang konsisten, kamu bisa mengimbanginya dengan memberikan assist yang bagus untuk rekan satu tim. Ada tiga cara mengoper bola, antara lain:

  1. Teknik passing ini melibatkan penggunaan bagian luar kaki untuk mengoper bola dengan jarak pendek
  2. Teknik ini melibatkan mengoper bola dengan bagian dalam kaki dengan jarak pendek juga
  3. Menggunakan punggung kaki untuk mengoper bola, metode ini digunakan untuk pengiriman jarak jauh.

4. Menghentikan Bola

Menghentikan bola atau stoping pada umumnya merupakan teknik sepak bola yang tidak terlalu sulit untuk dikuasai.

Banyak orang dapat dengan mudah menghentikan pergerakan bola, tetapi banyak yang merasa sulit untuk melakukannya.

Misalnya, bola yang ditendang dengan kuat akan sulit dihentikan. Berikut cara menghentikan gerak bola berdasarkan situasidan kondisi:

  1. Menggunakan telapak kaki untuk menghentikan bola adalah cara paling sederhana untuk menghentikan bola. Biasanya, cara ini dapat dicapai tanpa pelatihan khusus. Cara ini digunakan untuk mencegah bola menggelinding di tanah
  2. Menggunakan punggung kaki untuk menghentikan bola di udara, metode ini banyak digunakan
  3. Metode ini melibatkan menghentikan bola dengan kaki bagian dalam dan luar ketika bola berada di udara, tetapi tidak terlalu tinggi, dan ketika bola menggelinding di tanah
  4. Teknik ini melibatkan menghentikan bola dengan dada saat bola terbang tinggi di udara. Ini agak sulit untuk dikelola, tetapi latihan yang konsisten akan membuatnya lebih mudah
  5. Menghentikan bola dengan perut adalah metode yang jarang digunakan karena sering digunakan hanya ketika bola dengan cepat mendekati perut dan harus dihentikan dengan perut. Namun harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi cedera dan bola bisa mendarat dengan baik di kaki
  6. Teknik ini melibatkan dalam menghentikan bola dengan paha saat bola berada di udara.

5. Menyundul Bola

Saat menyundul bola, kebanyakan orang akan menggunakan ubun-ubunnya. Tapi kamu tahu gak sih, kalo menyundul bola dengan ubun-ubun itu ternyata tidak begitu efektif?

Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan saat kamu menyundul bola dengan ubun-ubun, kamu akan kesulitan melihat arah bola sehingga akan sulit untuk mengontrolnya.

Lantas, bagaimana teknik dalam menyundul bola yang tepat? Jawabannya adalah tentu menggunakan dahi.

Dengan memanfaatkan serta menggunakan dahi, kamu akan dengan mudah menemukan serta melihat arah bola sehingga kamu akan denga mudah mengontrolnya.

6. Sliding Tackle

Menyapu bola atau liding tackle merupakan taktik permainan sepak bola yang melibatkan tubuh yang meluncur ke rumput demi merebut bola dari tangan lawan.

Dari segi penglihatan, teknik ini tentu sangat berbahaya dan berisiko. Karena jika saat timing kamu dalam melakukan sliding tackle ini tidak tepat, tentu ini bisa menyebabkan cidera pada lawan.

Sehingga ini akan menyebabkan kamu mendapat kartu kuning, atau yang terparah adalah kartu merah.

Maka dari itu, dalam melakukan ini ada peraturan seperti melakukan sliding tackle dari belakang, mengangkat lutut, dan menggunakan teknik gunting.

7. Merebut Bola

Menangkap atau mencegat bola adalah suatu cara untuk menguasai bola dari kaki lawan, sehingga kamu harus memahami mengapa kelincahan dan kecepatan diperlukan untuk memenangkan bola.

Jika kamu kehilangan kelincahan dan kecepatan lawan, maka lawan kamu bisa melewati kamu begitu saja.

8. Menangkap Bola

Pada kenyataannya, jika kamu bukan penjaga gawang maka dalam permainan sepak bola teknik dasar ini tidak terlalu penting. Karena metode menangkap bola ini harus dipelajari secara eksklusif oleh kiper.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang umum dipertanyakan dalam mengenal permainan sepak bola:

Apa Saja 3 Gerak Dasar Dari Permainan Sepak Bola?

Dalam permainan sepak bola terdapat 3 dasar gerakan atau teknik seperti, mengoper, menghentikan bola, serta sundulan.

Berapa Lama Waktu dalam Permainan Sepak Bola?

Lama permainan sepakbola ini adalah 2×45 menit, dengan waktu istirahat paling lama 15 menit.

Apa Nama Induk Organisasi Sepak Bola Indonesia?

PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, merupakan induk organisasi sepakbola nasional yang bertanggung jawab dalam mengelola asosiasi sepak bola di Indonesia.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi untuk mengenal permainan sepak bola, lengkap dengan sejarah serta peraturannya yang perlu kamu ketahui.

Dan bisa kita simpulkan jika, permainan sepakbola ini dimainkan oleh 2 tim yang setiap timnya terdiri dari 11 pemain.

Serta terdapat beberapa teknik dasar seperti mengoper, menendang bola yang perlu dikuasai.

/* */