Mengenal Permainan Bola Kecil, Ini Jenis-Jenisnya

InfoKekinian.com – Setelah mengenal permainan bola besar, kini saatnya kamu untuk mengenal permainan bola kecil yang memiliki beberapa cabang olahraga di dalamnya.

Seperti namanya, permainan ini dimainkan dengan bola kecil. Dimana bola dalam permainan ini biasanya berukuran cukup kecil yang bahkan muat di telapak tangan orang dewasa.

Pengertian Bola Kecil
Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan keberadaan permainan bola kecil ini karena guru olahraga sering mengajarkannya saat kamu masih sekolah.

Pada kenyataannya, kamu masih bisa memainkannya sebagai hobi atau bahkan bersaing untuk permainan.

Ada banyak cabang olahraga yang termasuk dalam kategori bola kecil, antara lain bulu tangkis, tenis meja, golf, softball, dan baseball.

Lalu, apa sebenarnya permainan bola kecil ini? Apa saja cabang olaharaga yang masuk ke dalamnya? Yuk, kita simak artikel ini untuk mengenal permainan bola kecil lebih jauh.

Pengertian Bola Kecil

Permainan bola kecil adalah salah satu permainan olahraga yang menggunakan bola kecil sebagai bahan permainannya, karena pada umumnya menggunakan bahan atau alat bantu berupa pukulan dan dapat dimainkan secara beregu.

Namun, beberapa olahraga nasional atau internasional yang melibatkan bola kecil dapat menggunakan peralatan seperti raket, stick, maupun tongkat dan lainnya.

Olahraga ini memang tidak sepopuler atlet dari cabang olahraga lain, seperti sepak bola. Tetapi, permainan bola kecil ini juga sudah cukup populer dan sebagian besar orang yang beramain pun bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

Manfaat Permainan Bola Kecil

Berikut ini adalah manfaat dari bermain bola kecil:

1. Menghilangkan Stres

Permainan bola kecil dapat mengurangi stres, hal ini dikarenakan permainan ini berisi bentuk latihan ringan yang mempromosikan relaksasi.

Tanpa disadari, olahraga teratur dapat membantu otak untuk berkonsentrasi dan mengatasi pikiran cemas dan gelisah.

2. Membangun Percaya Diri

Di sisi lain, permainan dengan bola kecil dapat meningkatkan kepercayaan diri karena melibatkan persaingan.

Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain.

3. Melatih Ketangkasan

Melatih Ketangkasan
Permainan bola kecil sebenarnya membutuhkan strategi yang matang dan tingkat fokus yang tinggi. Akibatnya, permainan ini membutuhkan kelincahan dan ketangkasan.

4. Mengurangi Ketegangan Otot

Biasanya, ketegangan otot bermula saat tubuh tidak terbiasa bergerak. Dengan melakukan gerakan lembut yang mengendurkan otot, aktivitas bola kecil dapat mengurangi ketegangan otot.

5. Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Diyakini bahwa kebugaran fisik bisa meningkatkan kebahagiaan. Manfaat dari olahraga bola kecil adalah membuat tubuh tetap bugar tanpa menimbulkan rasa lelah yang berlebihan.

Macam-macam Permainan Bola Kecil

Berikut ini adalah jenis-jenis permainan bola kecil:

1. Permainan Golf

Golf merupakan olahraga yang cukup dikenal di masyarakat, khususnya pada level elit di Indonesia.

Namun, karena olahraga ini menuntut banyak peralatan mahal, hanya sedikit orang yang menikmatinya.

Ada juga berbagai permainan golf di mana tujuannya adalah menggunakan tongkat golf untuk memukul bola dari jarak yang sangat jauh ke dalam lubang tertentu dan tentunya kamu perlu mengetahui teknik dasar permainan golf terlebih dahulu.

2. Baseball Pass

Baseball Pass atau yang biasa disebut dengan operan bisbol, ini merupakan strategi sederhana untuk mencegah agar bola tidak menyambar lawan sehingga bisa diblok dalam jarak dekat dari posisi pembawa bola.

Adapun pemahaman kedua, itu adalah operan yang dibuat dengan satu tangan dari jarak yang sangat jauh ke target yang dituju atau mengarah ke teman dalam permainan.

Dalam memainkannya, tentu kamu perlu mengetahui teknik dasar permainan baseball agar dapat bermain dengan benar.

3. Billiard

Billiard adalah permainan yang dimainkan di lingkungan tertutup dan karena itu kondusif untuk melatih otak dan fokus.

Individu atau tim dapat bermain biliar, dan permainan ini sangat menghibur sehingga menjadi olahraga pilihan untuk pemrosesan kognitif.

4. Tenis Lapangan

Tenis lapangan dimainkan dengan raket atau bola bisbol sedemikian rupa sehingga bola dapat melewati net dan mendarat di titik lapangan lawan.

Lapangan tenis ini juga biasanya mencakup pemain antara dua pemain atau dua pasang per pemain, yang digunakan untuk memukul bola ke karet.

Menurut catatan sejarah, tenis berasal dari peradaban Mesir, Yunani, dan Romawi kuno. Menurut mayoritas sejarawan, tenis berevolusi dari permainan lama yang dipraktikkan di Prancis utara pada abad ke-12.

Evolusi permainan ini menjadi tenis kontemporer sering dikaitkan dengan Inggris. Pada tahun 1877, Kejuaraan Wimbledon menjadi kompetisi tertua yang diadakan di London.

International Tennis Federation, disingkat ITF, didirikan sebagai federasi tenis lapangan yang terdiri dari 205 asosiasi tenis nasional. Mengikuti dasar organisasi, peraturan dan peralatan tenis yang diperlukan dikembangkan.

5. Permainan Softball

Permainan Bola Kecil Softball
Softball adalah olahraga yang hampir identik dengan baseball karena ini adalah permainan yang sangat menarik, tetapi tentunya terdapat peraturan dalam permainan softball yang membedakannya.

Permainan softball diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh seorang ahli olahraga, George Hancock, pada tahun 1891, dan hingga hari ini.

Softball adalah permainan yang disukai banyak orang tetapi jumlah pesertanya relatif sedikit.

6. Tenis Meja

Tenis meja adalah olahraga yang populer karena menggunakan teknik dan strategi yang berbeda dari olahraga lainnya.

Tenis meja atau yang biasa disebut dengan ping pong adalah permainan yang dapat dimainkan secara solo atau berpasangan sehingga memungkinkan terjadinya kerjasama dalam permainan tersebut.

7. Bulu Tangkis

Badminton atau bulu tangkis adalah olahraga yang populer di Indonesia, juga di seluruh dunia, karena banyak manfaat dari permainan ini.

Bulutangkis terdiri dari dua pemain yang disebut “Ganda” atau satu pemain disebut “Tunggal”, masing-masing tunggal putra dan tunggal putri, ganda putra dan ganda putri, serta ganda campuran.

Menurut sejarah bulu tangkis, permainan ini menjadi permainan tradisional karena begitu digemari oleh masyarakat dalam skala global, terbukti dengan seringnya kejuaraan piala dunia untuk permainan ini.

Untuk memainkannya, kamu perlu mengetahui teknik dasar dalam badminton yang benar terlebih dahulu.

8. Kasti

Kasti adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola kecil. Oleh karena itu, olahraga ini dimainkan secara beregu untuk menjaga kekompakan tim.

Biasanya, permainan kasti ini dimainkan di lapangan terbuka sehingga lebih mudah bagi setiap pemain untuk menjaga kedisiplinan dan mengutamakan kekompakan dan solidaritas antar rekan satu tim.

Olahraga atau permainan ini mengutamakan ketangkasan dan kekuatan fisik untuk mencapai hasil dan poin permainan yang memuaskan sambil mempertahankan kerja tim dan kohesi.

Eits, jangan lupa untuk menggunakan teknik dalam permainan kasti, ya!

9. Cricket Atau Kriket

Kriket adalah olahraga tim yang dapat dimainkan antara dua kelompok yang terdiri dari sebelas orang. Kriket adalah permainan yang dimainkan dengan tongkat pemukul kayu dan bola-bola kecil.

Tujuan dari permainan kriket ini adalah untuk mencetak lebih banyak poin atau berlari dalam waktu terbatas menggunakan overs atau gerakan.

Permainan ini sangat populer di Inggris. Menurut catatan sejarah, kriket ini pertama kali ditemukan di Inggris pada abad ke-16.

Permainan ini menjadi permainan nasional di Inggris menjelang akhir abad ke-18, dan perkembangan kekaisaran membantu penyebarannya yang cepat ke daerah lain.

Organisasi induk Crikers adalah ICC, atau International Cricker Council, yang dibentuk pada tahun 1909 dan bermarkas di Dubai.

Pada awal pembentukannya, organisasi ini dikenal sebagai Imperial Cricket Conference. Pada 2017, ICC) memiliki 105 negara anggota yang berpartisipasi.

10. Hoki

Hoki
Hoki mungkin identik dengan ice hockey atau hoki es, keduanya sangat populer di Kanada. Namun, ada juga olahraga hoki yang bisa dimainkan dengan bola dan tongkat di lapangan hijau.

Pemain menggunakan tongkat berbentuk “J” untuk menggiring bola, meraih, dan memukul bola ke arah gawang 2,14 kali 3,56 meter.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan dalam mengenal permainan bola kecil:

Kapan Bola Kecil Ditemukan?

Menurut catatan sejarah, permainan atau olahraga bola kecil ini pertama kali ditemukan oleh George Hancock pada tahun 1887 di Chicago, Amerika Serikat.

Apa Tujuan dari Permainan Bola Kecil?

Tujuan dari permainan ini tentunya adalah untuk membuat badan menjadi lebih bugar kembali dan tidak mudah merasa lelah yang berlebihan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi dalam mengenal permainan bola kecil, yang didalam terdapat beberapa cabang olahraga lainnya.

Dan salah satu cabang olaharaga bola kecil yang sangat populer atau dunia adalah badminton.

/* */