Mengenal Permainan Sepak Takraw, Sejarah, Dan Tekniknya

InfoKekinian.com – Kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengenal permainan sepak takraw yang merupakan salah satu permainan dalam bola besar.

Sepak takraw adalah olahraga bola besar yang menggabungkan teknik dari setidaknya dua olahraga terkenal, terutama bola voli dan sepak bola.

Pengertian Sepak Takraw
Olahraga tradisional ini sebanding dengan bola voli, tetapi untuk menyerang dan bertahan terutama dengan kaki mereka.

Sepak takraw telah dimainkan di turnamen internasional, meskipun mungkin tidak sepopuler olahraga lainnya.

As we all know, untuk mengenal permainan sepak takraw, kita perlu mengetahui terlebih dahulu definisi serta sejarahnya.

Jadi tanpa perlu lama-lama, simak artikel ini hingga selesai untuk mengenal permainan sepak takraw lebih lanjut, go go~~

Pengertian Sepak Takraw

Sepak takraw merupakan gabungan dari kata “sepak” yang merupakan bahasa Melayu, yang memiliki arti mendobrak atau tendangan, dan “takraw” yang merupakan bahasa Thailand, yang berati bola rotan.

Sehingga bisa kita simpulkan jika sepak takraw ini merupaka permainan olahraga yang dilakukan dengan kaki dan seluruh anggota tubuh, kecuali tangan menggunakan bola rotan.

Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari tiga pemain, di lapangan berbentuk persegi panjang dengan net atau jaring di tengah lapangan.

Di Asia Tenggara, sepak takraw, juga dikenal sebagai chinlone atau “tendangan voli,” adalah kegiatan tim di mana peserta menendang bola anyaman kecil yang terbuat dari karet sintetis atau rotan di atas jaring setinggi 1,5m menggunakan bagian mana pun dari tubuh, selain lengan atau tangan mereka.

Sepak takraw merupakan perpaduan dari sepak bola dan bola voli, yang dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan syarat bola tidak boleh menyentuh tanah.

Sejarah Sepak Takraw

Sepak takraw telah ada di Malaysia sejak Kesultanan Melayu (634-713 M), menurut sejarah olahraga yang dikumpulkan. Namun, pada saat itu, permainan sepak takraw ini masih dikenal sebagai sepak raga.

Sehingga pada abad ke-15, sepak raga pertama kali tercatat dapat dimainkan. Menurut sejarah sepak takraw, Malaysia dan Thailand yang sebelumnya merupakan bagian dari Kesultanan Melayu, menciptakan olahraga ini.

Maka dari itu, istilah sepak takraw ini berasal dari dua bahasa negara tersebut. Olahraga sepak takraw kemudian merambah ke negara tetangga.

Hingga tahun 1970-an, sepak takraw mulai masuk ke Indonesia dan masuknya sepak takraw ke Indonesia ini pun tak lepas dari kedatangan migran dari Malaysia dan Singapura.

Induk organisasi sepak takraw didirikan di Indonesia pada tahun 1971. Sebelumnya, organisasi tersebut bernama PERSERASI, yang merupakan singkatan dari Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia.

Dan tak lama, nama induk olahraga ini berubah menjadi PERSETASI. Dan Indonesia resmi menggelar kejuaran nasional takraw pertama nya pada tahun 1980.

Tujuan Sepak Takraw

Tujuan Sepak Takraw
Tujuan sepak takraw adalah mencetak poin dengan cara memukul bola melewati net ke area lapangan lawan. Pemain diizinkan untuk melakukan kontak dengan bola dengan kaki, kepala, dan dada mereka.

Manfaat Sepak Takraw

Berikut adalah manfaat dari sepak takraw:

1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Sepak takraw adalah jenis olahraga yang melibatkan seluruh tubuh dalam tindakan fisik. Sehingga, sepak takraw ini dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Sepak takraw tentunya membutuhkan banyak gerakan, dan banyak gerakan ini lah yang dapat menjadikan tubuh menjadi lebih fleksibel. Dan hal inilah yang dapat membantu kamu untuk menghindari nyeri lutut.

3. Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar

Karena sepak takraw ini membuat kamu banyak melakukan gerakan, maka hal inilah yang dapat membantu kita dalam menjaga kebugaran fisik.

Teknik dan Keterampilan Permainan Sepak Takraw

Berikut adalah teknik serta keterampiran dari permainan sepak takraw:

Inside Kick

Teknik ini merupakan tendangan yang umum dan paling dasar digunakan dalam permainan sepak takraw dalam mengontrol bola.

Pada teknik ini, kamu bisa menggunakan kaki bagian dalam untuk menyentuh bola.

Outside Kick

Pada tendangan ini tentunya akan menggunakan kaki bagian luar yang berfungsi untuk mengangkat bola.

Dalam melakukan teknik ini, kamu bisa menekuk kaki hingga 90 derajat dan mengarahkannya ke luar untuk menyentuh bola, sedangkan kaki yang satunya bisa kamu jadikan sebagai tumpuan atau penompang.

Header

Dalam sepak takraw, berbeda dengan metode sundulan yang digunakan dalam sepak bola, pemain ini akan menggunakan dahinya untuk mendorong bola ke atas.

Jika bola terlalu tinggi dan tidak mungkin dijangkau dengan tendangan, kamu bisa melakukan teknik ini.

Horse Kick Serve

Teknik ini dilakukan saat tendangan tinggi dengan menggunakan kaki, yang bertujuan untuk menendang bola melewati bahu serta kepala.

Meski terbilang cukup sulit dan menantang karena membutuhkan keterampilan yang tinggi, teknik horse kick serve ini cukup efektif dalam mendapatkan point, lho Sobat Kekinian.

Roll Spike

Teknik smash atau serangan dengan unsur akrobatik ini melibatkan sebuah gerakan melompat dengan satu kaki.

Peraturan dalam Permainan Sepak Takraw

Peraturan dalam Permainan Sepak Takraw
ISTAF atau International Sepak Takraw Federation merupakan sebuah induk yang mengatur aturan kompetisi, termasuk peralatan dan pakaian yang dikenakan oleh peserta selama pertandingan.

Berikut ini adalah aturan dasar sepak takraw yang harus kamu ketahui:

1. Posisi dan Jumlah Pemain

Permainan sepak takraw dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari tiga pemain. Setiap peserta akan memainkan salah satu dari tiga peran dalam permainan.

Posisi tekong berada di lingkaran tengah lapangan, sedangkan posisi killer dan feeder masing-masing berada di kiri dan kanan gawang.

Berikut adalah peran serta fungsi dari pemain sepak takraw:

Tekong (Server)

Pemain ini bertanggung jawab untuk melakukan servis untuk membuka permainan. Untuk mempersulit pertahanan lawan, tekong mungkin akan melakukan servis dengan menendang bola dengan kecepatan tinggi.

Killer (Striker)

Pemain ini bertanggung jawab untuk menyerang lapangan lawan. Saat bertahan, killer atau striker ini bertanggung jawab untuk memblokir tendangan dan smash lawan.

Feeder

Pemain ini harus mempunyai kontrol atau penguasaan bola yang sangat baik.

Pengumpan harus dapat memberikan umpan yang mudah kepada penyerang saat menguasai bola. Selain itu, pengumpan harus dapat melakukan tendangan dan blok.

2. Perlengkapan dan Lapangan Pertandingan

Secara umum, lapangan pada permainan sepak takraw ini sekilas mirip dengan lapangan bulu tangkis. Awalnya, bola sepak takraw terbuat dari anyaman rotan, namun kini terbuat dari serat sintetis.

Berikut adalah beberapa peraturan yang mengatur peralatan dan lapangan bermain selama pertandingan sepak takraw:

  1. Bola bulat yang terbuat dari serat sintetis dengan berat 150-180gr dan keliling 41-43cm yang terdapat 12 lubang serta 20 persimpangan anyam
  2. Ukuran pada lapangannya berkisar 13,4×6,1m, serta ketinggian net 1,42m untuk putri dan 1.52m untuk putra
  3. Aturan pakaian merupakan jersey yang setiap pemain memiliki nomor punggung dengan celana pendek, kaus kaki, serta sepatu olahraga
  4. Serta kapten yang menggunakan ban dengan warna yang berbeda dari jersey dilengan kiri.

3. Perhitungan Skor Pertandingan

Seorang pemain dapat mencetak poin dalam pertandingan sepak takraw jika ia berhasil memasukkan bola ke dalam lapangan permainan lawan dan lawan tidak dapat mengembalikannya, atau jika lawan melakukan kesalahan.

Biasanya, tim yang mencetak 21 poin lebih dulu akan memenangkan set. Jika skor imbang 20-20, wasit akan memperpanjang set sampai satu tim memiliki keunggulan dua poin atau skor mencapai maksimum 25 poin.

Pertandingan terdiri dari dua set yang dipisahkan oleh istirahat dua menit. Tim yang memenangkan pertandingan dalam dua set akan menang.

Namun demikian, jika kedua tim memenangkan satu set, maka set tie-break akan diperpanjang. Tie-break atau set ketiga ini hanya akan terdiri dari 15 poin game.

Jika seri 14-14, permainan akan diperpanjang hingga satu tim memiliki keunggulan dua poin atau hingga total 17 poin telah dicetak.

Cara Bermain Sepak Takraw

Cara Bermain
Di hadapan seorang pemain, seorang kapten atau perwakilan dari masing-masing tim akan melempar koin untuk memilih sisi lapangan mana atau tim mana yang akan melakukan servis terlebih dahulu.

Permainan sepak takraw dimulai ketika pengumpan melempar bola ke tekong, yang melayani dan menendang bola ke lapangan lawan.

Pengumpan dan penyerang harus tetap berada di sisinya sampai bola melewati garis gawang.

Tim lawan harus mengembalikan bola melewati garis gawang dengan tidak lebih dari tiga sentuhan. Secara umum, semua area tubuh dapat disentuh, kecuali lengan, dari bahu hingga ujung jari.

Selama permainan, tim dapat mencetak poin dengan menyerang lapangan lawan atau dengan memanfaatkan kesalahan lawan mereka.

Sarana dan Prasarana Sepak Takraw

Berikut adalah sarana dan prasarana dalam permainan sepak takraw:

1. Bola Sepak Takraw

Bola yang digunakan dalam permainan sepak bola ini berbentuk bulat dan terbuat dari rotan atau plastik sintetis.

Dan berat yang digunakan untuk partai putra adalah 170-180gr dengan lingkar bola 42-44cm dan putri 150-160gr dengan lingkar bola 43-45. Dan terdapat 9 hingga 11 anyaman dan 12 lubang.

2. Lapangan Sepak Takraw

Lapangan yang digunakan tentunya memiliki empat sisi yang berbentuk persegi panjang dengan panjang 13,4m dan lebar sebesar 6,1m.

Jika pertandingan dilakukan di indoor, maka tinggi atap adalah 8m dari permukaan lantai. Dan terdapat lingkar ditengah lapangan yang mempunyai fungsi sebagai tempat servis yang memiliki jari-jari 30cm.

Kemudian garis pinggir lapangan perlu ditandai dengan kapur, cat, maupun line paper selebar 4cm yang di ukur dari pinggir luar.

Garis seperempat lingkaran yang ada pada setiap penjuru berfungsi sebagai tempat untuk memberikan umpan servis ke pemaian satu tim.

3. Tiang dan Net Sepak Takraw

Tiang penampang yang digunakan dalam permainan sepak takraw ini berukuran 3,8cm dengan tinggi tiang untuk penyangga net 1,55m, yang terdapat disisi kanan dan kiri pada bagian tengah lepangan dengan jarak 31cm dari garis samping.

Net atau jaring yang digunakan pun harus terbuat dari anyaman tali nylon.

4. Pemaian Sepak Takraw

Sepak takraw ini dimainkan oleh dua tim dengan jumlah pemain 3 orang disetiap tim. Dimana pemain belakang ini akan disebut sebagai tekong dan pemain depan disebut sebagai apit.

5. Pakaian Pemain Sepak Takraw

Dalam permainan ini biasanya pemain akan menggunakan kaos serta celana pendek dan sepatu. Pemain pun dilarang untuk menggunakan bentar atau alat yang dapat memperlambat pergerakan atau laju bola.

Dan semua kaos yang digunakan pemain tentunya mempunyai nomor punggung, mulai dari 1 hingga 15 pada bagian belakang dengan ukuran atau tinggi sebesar 19cm.

Peraturan Sepak Takraw

Tujuan
Menurut peraturan STAFF tahun 2011, permainan sepak takraw diatur oleh beberapa aturan, antara lain sebagai berikut:

  1. Angka akan mulai dihitung ketika bola mati di wilayah lawan
  2. Ketika sebuah tim mencapai 8 poin di set tie-break, mereka berganti posisi
  3. Pergantian posisi istirahat dapat dilakukan selama 2 menit setiap set
  4. Servis dianggap sah jika bola melewati net dan masuk ke lapangan lawan
  5. Servis dimulai di tekong jika satu kaki masih berada di dalam lingkaran
  6. Pemain yang membuat pilihan awal selama pengundian, maka pemenang set pertama akan memulai game kedua
  7. Setelah wasit mengumumkan nomor tersebut, penjaga harus segera melempar bola. Jika pemain berada di depan bola, pantulan harus diulang
  8. Sebelum tie-break set, wasit melakukan undian, dan pemenangnya melakukan servis terlebih dahulu
  9. Setiap tim melakukan servis tiga kali berturut-turut, secara bergantian. Saat skor imbang, seperti pada 14-14, pemain yang menerima poin melakukan servis
  10. 15 poin adalah nomor pemenang untuk satu set
  11. Jika seri 14-14, tim yang memiliki keunggulan 2 poin dan maksimal 17 poin dalam sistem 3 set dinyatakan sebagai pemenang
  12. Jika kedua belah pihak memenangkan dua set, maka pemenangnya dipilih dengan tie break 15 poin
  13. Jika permainan berakhir seri, seperti 14-14, tim dengan keunggulan 2 poin dan maksimum 17 poin dinyatakan sebagai pemenang.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Berapa Set Sepak Takraw?

Dalam sepak takraw terdapat dua set dalam sekali pertandingan. Dan masing-masing set akan selesai jika salah satu tim telah mencapai poin 21.

Sepak Takraw Berasal dari Negara Apa?

Sepak takraw ini berasar dari negara Thailand atau yang dulu dikenal dengan nama siam.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi dalam mengenal permainan sepak takraw, lengkap dengan sejarah, tujuan, manfaat hingga teknik dasar dalam melakukan permainan ini.

Dan bisa kita simpulkna, jika sepak takraw merupakan gabungan kata dari bahasa Melayu dan Thailand.

Dan merupakan permainan bola besar, diman acara memainkannya meurpakan perpaduan antara sepak bola, voli dan buku tangkis.

Jadi bagaimana, Sobat Kekinian, apakah kamu tertarik untuk memainkannya?

/* */