Teknik-Teknik Dalam Bola Voli, Ini Fungsi Dan Perannya

InfoKekinian.com – Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak kamu untuk mengenal teknik-teknik dalam bola voli, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Bola voli tentunya bukanlah sesuatu hal yang asing lagi bagi kamu. Permainan ini, di mana setiap tim terdiri dari enam individu, memang sedikit kurang populer daripada sepak bola.

Pengertian Permainan Bola Voli
Namun demikian, olahraga ini juga sangat populer di budaya kita. Tidak percaya? Cobalah untuk melihat ke lapangan yang lebih kecil, baik di kota ataupun desa, karena pada lapangan tersebut dapat menjadi tempat bermain bola voli.

Pengertian Permainan Bola Voli

Bola voli merupakan salah satu contoh olahraga yang menggunakan bola besar. Boleh dibilang, permainan ini termasuk dalam kategori pertandingan karena melibatkan dua tim yang saling berhadapan untuk mendapatkan hasil pertandingan.

Cara bermain bola voli adalah dengan memukul bola sehingga melewati bagian atas net di tengah lapangan.

Untuk mencetak gol, pemain tim harus memindahkan bola ke zona pertahanan lawan. William G. Morgan, seorang guru pendidikan jasmani di Amerika Serikat, adalah penciptanya.

Awalnya, dia sangat terinspirasi oleh permainan bola basket, dimana motivasi tersebut didapatnya setelah bertemu dengan penemu bola basket, James Naismith.

Game ini awalnya ditujukan untuk orang tua. Namun, Morgan sangat ingin menyesuaikan olahraga dengan kemampuan fisik orang tua.

Karena tidak mungkin lansia melakukan aktivitas yang membutuhkan kekuatan fisik berkelanjutan, seperti berlaro.

Dan kurang lebih empat tahun setelah pertemuan itu, terbentuklah cabang olahraga yang memadukan basket, bulu tangkis, dan baseball.

Awalnya, nama permainan ini adalah Mintonette. Dengan berlalunya waktu, olahraga ini menjadi terkenal dan digemari oleh orang-orang dari segala usia.

Kemudian nama itu diubah menjadi volleyball atau bola voli pada tahun 1896 untuk menyesuaikan dengan permainan perdana yang dimainkan di internasional Young Men’s Christian Association (YMCA) Training School.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Jelas, kamu tidak bisa sembarang menggunakan teknik, karena terdapat teknik tertentu yang diperlukan untuk bermain bola voli.

Lantas, apa saja teknik yang dibutuhkan untuk memainkan game ini? Berikut adalah beberapa teknik-teknik dalam bola voli:

1. Servis Bola Voli

Biasanya, servis digunakan sebagai awalan dalam permainan bola voli. Teknik ini merupakan teknik penyajian bola agar permainan bisa dimulai. Namun, teknik servis ini berkembang menjadi serangan awal tim saat giliran servis.

Oleh karena itu, servis dapat mempengaruhi hasil pertandingan, sehingga kamu harus mengeksekusi pukulan bola yang tepat dan kuat dari luar lapangan.

Jika kamu melakukan servis dengan buruk, tim kamu tidak akan memiliki peluang yang layak untuk mencetak gol.

Meskipun teknik servis ini terbilang penting, tapi masih banyak yang tidak begitu memperhitungkannya, dengan istilah undervalued.

Beberapa instruktur secara khusus menginstruksikan bagaimana melakukan servis mematikan sehingga dapat digunakan untuk mendapatkan poin. Teknik servis dasar mengharuskan kaki berada di belakang garis lapangan.

Berikut ini adalah macam-macam servis:

Servis Bawah

Jenis layanan ini sangat ideal untuk individu yang baru memulai mengikuti permainan bola voli.

Untuk melakukan servis bawah, pegang bola dengan tangan kiri kamu. Posisi tangan kiri ke depan namun sejajar dengan pinggang.

Kemudian, ayunkan tangan kanan yang sebelumnya terkepal untuk memukul bola dari bawah. Pastikan genggaman kamu tepat sehingga tidak menyebabkan rasa sakit di tangan kamu.

Servis Atas

Servis ini dilakukan dengan cara mengangkat bola ke atas kepala dengan tangan kiri kemudian memukulnya dengan telapak tangan kanan.

Ada tiga cara berbeda untuk melakukan servis atas ini, yang pertama adalah servis atas, kemudian floating service dan jumping service.

Floating Service atau Servis Mengapung

Untuk melakukan servis ini, bola dilempar dengan tangan kiri di atas kepala. Dan kemudian tangan kanan digunakan untuk memukul bola hingga melewati atas net saat bola masih melayang di udara.

Dan ingatlah untuk melempar secukupnya, jangan membuat diri kamu dalam kesulitan.

Jumping Service atau Servis Melompat

Layanan ini hampir sama dengan floating service. Saat bola masih di udara, satu-satunya perbedaan adalah kamu melompat dan memukul bola dengan kekuatan besar.

2. Passing dalam Permainan Bola Voli

Passing dalam Permainan Bola Voli
Teknik passing ini memiliki banyak fungsi, lho Sobat Kekinian. Jika tim lawan mengoper bola kepada kamu, kamu dapat menggunakan teknik ini untuk menerima bola, menangkis serangan, dan melakukan serangan balik ke zona pertahanan lawan.

Teknik passing ini akan memungkinkan kamu untuk mendominasi permainan dengan membuat strategi tanpa perlu menjatuhkan bola ke wilayah tim kamu.

Berikut ini adalah macam-macam passing:

Passing Atas

Passing atas biasanya digunakan saat bola berada di udara. Secara umum, gerakan ini dimaksudkan untuk memberikan umpan yang bagus kepada rekan satu tim yang akan melakukan smash ke wilayah lawan.

Jenis passing ini membutuhkan penggunaan kedua tangan. Seolah-olah kamu menerima bola sebentar dengan kedua tangan sebelum memantulkannya kembali ke atas atau ke arah pasangan yang bersiap untuk melakukan smash.

Passing Bawah

Passing bawah ini sangat penting ketika bola berada di posisi bawah. Teknik ini dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan, yang diisesuaikan dengan kebutuhan.

Passing satu tangan digunakan ketika pemain berada dalam posisi yang sulit, bola jauh, atau pemain sedang diserang secara mendadak.

Biasanya, pemain memposisikan tubuh mereka dengan membungkuk, mencondongkan tubuh ke depan, dan mengulurkan satu tangan ke arah bola.

Selama operan ini, tidak jarang pemain bola voli melompat dan jatuh. Semua ini tentunya dilakukan demi menjaga atau mengembalikan bola.

Biasanya, saat passing bawah dua tangan dilakukan ketika bola mendarat tepat di depan pemain bola voli. Oleh karena itu, akses ini dimanfaatkan secara lebih santai dibandingkan underpass satu tangan.

Terdapat dua cara dalam melakukan passing, yaitu thumb over palm dan the dig. Untuk melakukan thumb over palm, buat kepalan dengan tangan kiri.

Kemudian letakkan dan genggam di dalam telapak tangan kanan dan jempol kanan dan kiri terletak di atas telapak tangan kanan dan kiri.

Dan jika melakukan teknik the dig, maka letakkan telapak tanan kanan diatas telapak kiri. Kemudian, ibu jari tangan kiri menggenggam jari-jari tangan kanan.

Smash

Smash adalah teknik menyerang dan sering kali, smash dianggap sebagai indikator kualitas serangan tim. Akibatnya, teknik ini membutuhkan naluri pembunuh yang tajam.

Selain itu, teknik ini membutuhkan fokus, presisi, dan kekuatan. Jika kamu ingin melakukan smash, kamu harus berlari, melompat dengan kuat, memukul bola, dan mendarat dengan baik dan tepat.

Teknik ini hampir identik dengan servis melompat dan momen yang paling ditunggu penonton adalah smash, lho. Teknik ini merupakan teknik yang sangat penting untuk olahraga bola voli.

Tim dengan kemampuan smash yang unggul memiliki kemungkinan menang yang lebih besar. Namun, banyak yang mengakui bahwa teknik ini adalah yang paling sulit untuk dikuasai.

Blocking

Jika tim kamu mendapat serangan smash oleh tim lawan, maka kamu dapat membalas atau menghalau bola dengan cara blocking.

Selain itu, teknik ini dapat digunakan untuk membalikkan serangan lawan untuk menjadi bumerang bagi mereka.

Ketika bola smash lawan bertabrakan dengan pemblokiran tim kamu, maka bola akan memantul ke pertahanan mereka sendiri.

Agar pemblokiran kamu efektif, maka posisi kamu harus dekat dengan jaring. Semakin dekat posisi kamu ke net, semakin sedikit ruang yang dimiliki lawan untuk melakukan pukulan smash.

Saat bola berada dalam jangkauan pukulan smash lawan, kamu harus segera melompat dan mengangkat kedua tangan tinggi-tinggi. Selain itu, jari-jari harus direnggangkan untuk memperluas area pemblokiran.

Peralatan Permainan Bola Voli

Peralatan Permainan
Berikut ini adalah contoh peralatan yang dibutuhkan untuk bermain bola voli:

1. Bola Voli

Bola voli adalah alat yang paling penting dalam permainan ini. Menurut pernyataan FIVB, bola voli biasanya terbuat dari dua bahan, seperti kulit dan karet.

Sebagian besar bola voli tradisional dibuat dari kulit premium. Jadi tidak mengherankan jika bola voli tradisional terkenal lembut dan tahan banting.

Saat ini, sebagian besar bola voli dibuat dari karet pada jaman modern ini. Selain bahan karet yang melimpah, bahan dasar karet memudahkan untuk mengatur ukuran bola.

Standar bola voli yang ditentukan oleh FIVB harus benar-benar bulat dengan berdiameter 18-20 cm.

Tekanan udara yang masuk harus antara 4,24 dan 4,61 hPa/psi. Setelah dipompa, berat bola antara 260-280 gram.

2. Net Bola Voli

Jaring atau net bola voli ini berfungsi sebagai pembatas. Biasanya wasit sering menggunakan jaring gawang sebagai faktor penentu dalam menentukan tim mana yang mencetak gol.

Berikut adalah spesifikasi dari net yang ditetapkan oleh FIVB:

  1. Tinggi net bola voli putra: 2,43 m
  2. Tinggi net bola voli putri: 2,24 meter
  3. Lebar net: 1m
  4. Panjang net: 9 m
  5. Lebar pita sisi: 5 cm
  6. Jarak tiang net ke garis tepi lapangan : 0,5–1 m
  7. Tinggi antena diatas net: 80 cm
  8. Ukuran jaring yang berbentuk persegi: 10 cm.

3. Lapangan Bola Voli

  1. Ukuran lapangan: 9 m x 18 m
  2. Zona servis: 3 meter di belakang garis dasar
  3. Zona serang: 3 meter dari garis tengah
  4. Lebar garis lapangan: 5 cm.

FAQ

Berikut kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang biasa dipertanyakan:

Siapa Pencipta Permainan Bola Voli?

Pada awal penemuannya, permainan bola voli ini dikenal dengan nama Mintonette. Pada tanggal 9 Februari 1895, seorang guru pendidikan jasmani, bernama William G. Morgan menemukan olahraga ini di YMCA di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Apa Perbedaan Libero dan Defender?

Libero merupakan pemain bertahan yang dapat keluar masuk lapangan, tetapi tidak boleh melakukan smash.

Sedangkan defender, merupakan pemain bertahan untuk menerima serangan dari kubu lawan.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai teknik-teknik dalam bola voli yang perlu kamu ketahui. Dan bisa kita simpulkan jika permainan bola voli ini merupakan permainan 2 tim, yang setiap timnya bersikian 2-6 orang.

Saat bermain bola voli ini, terdapat beberapa posisi yang tentunya terdapat fungsi atau kegunaan yang perlu dilakukan.

/* */