4 Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Melakukan Panggilan Keluar

Daripada SMS, Biasanya orang akan lebih suka menelepon untuk menghubungi seseorang karena tentu komunikasinya akan lebih mudah dan lancar serta cepat, namun apa jadinya jika hp tidak bisa melakukan panggilan keluar alias nelpon? Ya, hal ini memang seringkali terjadi pada pengguna Smartphone, hampir semua merk pasti bisa saja mengalami error seperti itu mulai dari Xiaomi, Nokia dan masih banyak lagi. bukan hanya merk saja, tidak bisa melakukan panggilan keluar juga biasanya terjadi pada kartu operator apapun seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis dan lainnya, biasanya kalau terjadi seperti itu akan muncul panggilan diakhiri terus saat menelepon.

 

Lalu bagaimana cara mengatasi hp android yang tidak bisa atau gagal melakukan panggilan keluar? kali ini Infokekinian.com akan share tutorial tersebut untuk mengatasi panggilan diakhiir terus telkomsel dan Indosat serta operator atau ponsel lainnya. untuk penyebab nya sendiri, ada beberapa diantaranya karena akibat panggilan dibatasi FDN atau Fixed Dialing Number, karena kartu belum ter registrasi dengan benar atau bisa saja karena salah setting jaringan, langsung saja apabila anda mengalami hp tidak bisa memanggil keluar atau menelepon, lakukan beberapa langkah berikut ini:

Mode Jaringan Jangan di Lock 4G Only

Ini memang tidak 100% benar adanya bahwa smartphone yang menyalakan mode 4G Only tidak bisa melakukan panggilankeluar, namun ada beberapa ponsel yang memang mengalami hal demikian dimana apabila jaringan di Lock ke 4G Only terus tidak bisa menelepon, maka dari itu langkah baiknya coba jangan aktifkan fitur 4G Only ini. untuk cara mensetting ini, anda hanya perlu masuk ke menu jaringan di pengaturan, lalu pilih kartu SIM yang digunakan dan nonaktifkan pilihan 4G Only.

Pastikan Kartu SIM Sudah Ter Registrasi

Cara mengatasi hp android yang tidak bisa melakukan panggilan keluar yang selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa proses registrasi SIM Card sudah benar, apalagi untuk nomor baru, cobalah untuk registrasi ulang atau cek apakah nomor sudah terdaftar atau belum karena biasanya hp tidak bisa melakukan panggilan keluar jika nomor belum terdaftar, untuk cara daftarnya sendiri setiap operator tentu berbeda, maka dari itu pastikan anda melakukan proses registrasi dengan benar.

Registrasi Ulang Nomor Prabayar

Di tahun 2018 ini, kemkominfo menghimbau agar semua pengguna kartu provider agar melakukan registrasi ulang nomor hp dengan menggunakan NIK dan nomor KK, dan apabila tidak tentu saja nomor anda bisa terblokir dan resikonya adalah hp tidak bisa melakukan panggilan keluar, bahkan sms juga tidak bisa, maka dari itu pastikan juga anda sudah melakukan registrasi nomor KK dan KTP untuk keperluan kartu SIM anda ya, ini merupakan langkah pemerintah khususnya Kemkominfo yang ingin mencegah penyalahgunaan Sim Card.

Nonaktifkan FDN

Seperti yang sempat admin katakan diatas bahwa salah satu penyebab hp tidak bisa menelepon adalah karena panggilan dibatasi FDN atau fixed dialing number, oleh karena itu untuk mengatasi hp android tidak bisa melakukan panggilan keluar, matikan segera FDN, caranya bagaimana? simak langkah dibawah ini, untuk ponsel xiaomi, untuk merk lain sepertinya settingnya tidak beda jauh.

Buka menu pengaturan lalu pilih menu Panggilan pada bagian System dan APPS.

Klik Advanced Settings dan cari Fixed Dialing Number, pilih kartu SIM yang dipakai dan klik nonaktifkan FDN di menu tersebut.

Tinggalkan komentar