Akibat Rotasi Bumi dan Penjelasannya yang Perlu Anda Tahu

Mari lupakan sejenak mengenai perdebatan mana yang benar di antara Bumi Itu Bulat ataupun Datar, karena pada artikel ini, saya akan mengajak anda untuk sama sama belajar dan memahami soal Rotasi Bumi, tepatnya adalah Akibat Rotasi Bumi. Segala sesuatu di dunia ini tentu saja mengalami rotasi alias pergantian, ini juga berlaku pada planet seperti Bumi dimana setiap harinya mengalami sebuah Rotasi atau pergantian (Pergerakan) letak bumi yang berputar pada porosnya, sebenarnya sangat sederhana sekali untuk mengetahui beberapa kibat rotasi bumi, karena hal ini kita alami sehari hari, yakni pergantian siang dan malam, perubahan musim dan lain lain.

Perlu anda tahu, Perputaran Bumi itu membutuhkan waktu 24 Jam, tepatnya 23 Jam, 56 Menit dan 4.091 detik untuk setiap satu putaran, dan pada setiap setelah waktu itu, akan terjadi beberapa Akibat Rotasi Bumi, simak ulasan dan pembahasannya berikut ini:

Gerak Semu Matahari

Matahari merupakan elemen penting dalam kehidupan kita sebagai manusia yang tinggal di bumi, tanpa matahari, tentu kehidupan yang normal tidak akan terjadi, peran matahari sangatlah penting bagi planet bumi. tahukah anda? bahwa matahari juga merasakan dampak rotasi bumi, yaitu terjadinya Gerak Semu Harian Matahari, gerak matahari ini terjadi saat matahari berada di lintasan peredarannya, hal inilah yang menyebabkan bintang bergerak pada malam hari dari barat ke timur, namun bukan berarti bintangnya yang bergerak, ini merupakan perputaran bumi yang membuat benda di langit mengalami pergerakan tak terkecuali pada matahari.

Pergantian Siang dan Malam

Akibat Rotasi Bumi berikutnya selain terjadinya gerak semu matahari adalah pergantian siang dan malam, peristiwa ini jelas sangat masuk akal karena jika bumi ber rotasi, tentu ada kalanya bagian bumi yang tidak terkena sinar matahari. berbicara mengenai pergantian siang dan malam, tahukah anda bahwa ternyata ada beda waktu lama siang dan malam pada daerah tertentu lho, contohnya pada daerah kutub, di daerah tersebut hanya mengalami peristiwa siang malam hanya 12 jam, berbeda dengan daerah khatulistiwa yang berlangsung selama 24 jam, mengapa demikian? hal ini dikarenakan jarak kedua wilayah tersebut dengan matahari, semakin dekat maka pergantian siang dan malam akan semakin lama.

Perbedaan Waktu

Di Indonesia sendiri, ada 3 pembagian waktu, yakni WIB, WIT dan WITA. ini terjadi karena adanya rotasi bumi atau revolusi bumi. Indonesia merupakan negara yang terletak memanjang 95 deajat BT dan 141 derajat BT.

Perubahan Musim

Sebagai contoh negara indonesia, Indonesia mengalami 2 perubahan musim yakni musim penghujan dan kemarau, perubahan musim ini merupakan salah satu akibat revolusi atau rotasi bumi. lokasi atau wilayah yang dekat dengan matahari pada iklim tropis, maka otomatis akan mengalami musim penghujan dan panas saja. Di Indonesia, musim penghujan biasanya terjadi pada bulan oktober sampai januari, dan selebihnya musim kemarau, namun akhir akhir ini hal tersebut tidaklah berlaku, karena ada daerah tertentu yang justru mengalami musim penghujan lebih cepat dan sebaliknya. Inilah salah satu fenomenal alam. Namun yang pasti jelas, hal ini mutlak diakibatkan dari pengaruh rotasi bumi.

Akibat lain Rotasi Bumi

  • Pembagian Waktu di Berbagai Negara
  • Kalender Masehi
  • Perbelokan Arah Mata Angin
  • Pasang Surut Air Laut
  • Siklus Diurnal

Itulah pembasahan mengenai Akibat Rotasi Bumi, semoga dengan info diatas, kini anda bisa lebih paham lagi mengenai hal hal yang berkaitan dengan planet kita tercinta ini. Semoga bermanfaat ya!.

Tinggalkan komentar