Alat Musik Tradisional Serta Daerah Asalnya

Infokekinian.com – Berikut adalah informasi mengenai alat musik tradisional serta daerah asalnya, jadi simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya lebih lengkap dan jelas.

Indonesia adalah negara kepulauan dengan banyak suku, bahasa, tradisi, adat istiadat, dan agama yang berbeda-beda.

Karena keragaman ini, mudah untuk menemukan beragam rumah tradisional, tarian, bahasa, dan alat musik.

Berbicara tentang alat musik, Indonesia memiliki berbagai macam alat musik tradisional.

Alat Musik Tradisional Indonesia

Beberapa alat musik di berbagai tempat biasanya sudah kita kenalkan sejak Sekolah Dasar (SD). Setiap wilayah geografis memiliki alat musik yang unik.

Alat Musik Tradisional Indonesia

Keragaman ini yang akan membuat negara kita lebih kaya dalam masalah kebudayaan ketimbang negara lain. Berikut beberapa alat musik tradisional di Indonesia yang perlu kamu tahu.

1. Serune Kale

Merupakan jenis alat musik yang mengeluarkan bunyi berjenis aerofon. Alat musik ini berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam.

Jika kamu tahu cara menggunakan seruling, kemungkinan besar kamu juga bisa menggunakan Serune Kale.

2. Aramba

Merupakan jenis alat musik yang memiliki bunyi Ideofon (bunyi yang dihasilkan dari bunyi dasarnya).

Aramba berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Cara menggunakan alat musik ini dengan cara dipukul dengan pemukul, semisal stik.

3. Saluang

Alat musik yang memiliki bunyi seperti Aerofon (bunyi yang dihasilkan seperti bunyi pada hembusan angin).

Saluang merupakan alat musik yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Cara penggunaan alat musik tradisional ini dengan ditiup dan menggunakan jari.

3. Gambus

Alat musik tradisional ini memiliki jenis bunyi kordofun (bunyinya dihasilkan oleh senar atau dawai). Berasal dari Kepulauan Riau, Gambus ini alat musik yang memiliki 3 sampai 12 senar.

4. Serangko

Serangko merupakan alat musik yang terbuat dari tanduk kerbau. Bunyi alat musik ini dihasilkan dengan cara ditiup.

Alat musik ini berasal dari Jambi, biasanya juga digunakan untuk pemberitahuan musibah.

5. Accordion

Merupakan alat musik yang berasal dari hembusan napas, yang biasanya disebut dengan jenis bunyi Aerofon.

Bunyi alat musik ini dihasilkan dengan cara ditiup dan menggunakan kedua tangan untuk mengatur nadanya. Berasal dari daerah Sumatera Selatan.

6. Doll

Merupakan jenis alat musik yang asal bunyinya dihasilkan dengan cara memukul alat musik tersebut (Membranofon).

Cara penggunaan alat musik ini sendiri yaitu dengan memukulnya, bisa menggunakan pemukul atau sejenisnya.

7. Bende

Alat musik yang asal bunyinya berasal dari bahan dasarnya atau disebut Ideofon. Agar menghasilkan bunyi alat musik ini yaitu dengan memukul menggunakan pemukul. Alat musik tradisional yang berasal dari Lampung.

8. Gendang Melayu

Alat musik ini merupakan alat musik jenis membranofon (bunyi yang dihasilkan berasal dari asalnya) yang berasal dari Bangka Belitung. Cara memainkannya sendiri dengan dipukul menggunakan telapak tangan.

9. Gendang Panjang

Gendang panjang merupakan alat musik jenis suara membranofon yang penggunaannya dengan cara menepukkan tangan pada bagian lunak dari alat musik ini. Alat musik tradisional Gendang Panjang berasal dari Riau.

10. Tehyan

Merupakan alat musik yang memiliki jenis bunyi kordofon. Cara memainkan alat musik tradisional ini yaitu dengan digesek seperti biola. Alat musik ini berasal dari Jakarta.

11. Angklung

Alat musik ini merupakan alat musik tradisional yang memiliki jenis suara ideofon. Angklung berasal dari ibukota Jakarta.

12. Gamelan

Merupakan alat musik yang memiliki jenis bunyi ideofon. Cara penggunaan alat musik ini dengan dipukul menggunakan alat pemukul khusus. Gamelan adalah alat musik yang berasal dari Jawa Tengah.

16.Gendang

Alat musik dengan jenis suara ideofon yang cara memainkannya dengan ditepuk pada bagian lunak Gendang. Asal alat musik tradisional dari Yogyakarta.

17. Bonang

Alat musik dengan jenis suara ideofon yang cara memainkannya dengan dipukul menggunakan alat tertentu, berasal dari Jawa Timur.

18. Gendang

Gendang merupakan alat musik tradisional yang memiliki jenis suara membranofon. Alat musik ini berasal dari Banten.

19. Gengceng

Gengceng adalah alat musik yang memiliki jenis bunyi ideofon yang berasal dari Bali.

20. Serunai

Alat musik ini merupakan alat musik tradisional dengan jenis suara aerofon yang dimainkan dengan cara ditiup. Serunai adalah alat musik yang berasal dari Nusa Tenggara Barat.

21. Sesando

Sesando merupakan alat musik tradisional dengan jenis bunyi chordofan yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari Nusa Tenggara Barat.

22. Japen

Japen merupakan alat musik tradisional dengan jenis bunyi chordofan, alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari Kalimantan Tengah.

23. Sampe

Japen merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik, memiliki jenis bunyi Chordofan. Alat musik ini berasal dari Kalimantan Timur.

24. Tuma

Tuma merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara menepuknya dengan tangan, memiliki jenis bunyi membranofon. Alat musik ini berasal dari Kalimantan Timur.

25. Panting

Panting merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari Kalimantan Selatan.

26. Kolintang

Kolintang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik, memiliki jenis bunyi Chordofan. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Utara.

27. Ganda

Ganda merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara menepuk menggunakan telapak tangan, memiliki jenis bunyi membranofon. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Tengah.

28. Keso

Keso merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara digesek, memiliki jenis bunyi Chordofan. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Selatan.

29. Ladolado

Ladolado

Ladolado merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat tertentu. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Tenggara.

30. Ganda

Ladolado merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditepuk memakai telapak tangan. Alat musik ini berasal dari Gorontalo.

31. Kecapi

Kecapi merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini berasal dari Sulawesi Barat.

32. Nafiri

Nafiri merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditepuk. Alat musik ini berasal dari Maluku.

33. FU

FU merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini berasal dari Maluku utara.

34. Alat musik tradisional: Kendang

Kendang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat atau dengan telapak tangan. Alat musik yang berasal dari Jawa Barat.

35. Tifa

Tifa merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan. Alat musik yang berasal dari Papua

36. Guoto

Guoto merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara memetik senarnya. Alat music yang berasal dari Papua Barat.

37. Kulanter

Kulanter merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini berasal dari Jawa Barat.

38. Gong

Gong merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul dengan suatu alat. Alat musik ini berasal dari Jawa Barat.

39. Jengglong

Jengglong merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dengan suatu alat. Alat musik ini berasal dari Jawa Barat.

40. Rebab

Rebab merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan digesek seperti biola. Alat musik ini berasal dari Jawa Barat.

41. Talepong

Talepong merupakan alat musik tradisional yang berbentuk seperti Bonang (Jawa Tengah), dimainkan dengan dipukul. Alat musik berasal dari Sumatera Barat.

42. Pupuik Batang Padi

Pupuik Batang Padi merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini berasal dari Sumatera Barat.

43. Serunai

Serunai

Serunai merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup, biasanya terbuat dari bambu, kayu, atau padi. Alat musik ini berasal dari Sumatera Barat.

44. Tambua & Tansa

Tambua dan Tansa merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul secara bersamaan, terbuat dari kayu yang bagian tengahnya di lubangi. Alat musik ini berasal dari Sumatera Barat.

45. Burdan atau Gendang Oku

Burdan atau Gendang Oku merupakan alat musik tradisional sejenis rebana yang dimainkan dengan cara dipukul, terbuat dari kayu dan kulit binatang. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

46. Tenun

Tenun merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari kayu dan berbentuk segitiga. Dulu dimanfaatkan sebagai alat musik yang digunakan untuk menghibur para pekerja yang sedang menenun. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

47. Kenong Basemah

Kenong Basemah merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul, terbuat dari tembaga. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

48. Tebangan

Tebangan merupakan alat musik tradisional yang berbentuk seperti rebana, dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

49. Genggong

Genggong merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup seperti harmonika. Alat musik ini berasal dari Sumatera Selatan.

50. Caklemong

Caklemong merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara memukulnya dengan menggunakan alat pemukul khusus. Alat musik ini berasal dari Bangka Belitung.

51. Gambangan

Gambangan merupakan alat musik tradisional yang terdiri dari tujuh potongan kayu, dimainkan dengan cara dipukul menggunakan kayu. Alat musik ini berasal Bangka Belitung.

52. Kompang

Kompang merupakan alat musik seperti rebana yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan, terbuat dari kayu dan kulit kambing. Alat musik ini berasal dari Lampung.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai alat musik tradisional serta daerah asalnya yang perlu kamu ketahui, agar alat-alat musik ini tetap lestari dan tidak diklaim oleh negara lain.

Demikianlah artikel mengenai Alat Musik Tradisional Serta Daerah Asalnya dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */