Apa itu Aplikasi PTM Survey, Simak Di sini!

Infokekinian.com РInfokekinian akan memberikan beberapa informasi mengenai  apa itu Aplikasi survey PTM untuk kalian berprofesi sebagai guru yuk simak!

Saat ini sepertinya banyak warganet yang mencari informasi tentang aplikasi Survei PTM Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penasaran ingin mengunduh dan mengisi survei? Langsung saja simak berikut ini sampai habis.

Pandemi corona yang menghampiri Indonesia akhirnya mengubah banyak sektor kehidupan. Salah satu yang terkena dampaknya adalah dunia pendidikan di Indonesia.

Akibat pandemi yang sedang berlangsung, banyak sekolah terpaksa ditutup sementara, dan kelas diajarkan melalui pembelajaran jarak jauh atau WFH, yang mengharuskan siswa untuk menyelesaikan pekerjaan rumah mereka di rumah.

Namun, pada pertengahan tahun ini, pemerintah akhirnya membuka opsi untuk membuka kembali sekolah dan pembelajaran tatap muka. Sebuah rumor mengatakan bahwa pembelajaran tatap muka akan dimulai pada bulan Juli.

Aplikasi Survei PTM atau pelatihan online tersedia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menilai kesiapan sekolah dan guru. Lalu seperti apa aplikasinya?

Apa itu Aplikasi PTM Survey, Simak Di sini! (2)

Apa itu Aplikasi Survey PTM Kemendikbud?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan aplikasi survei ini sebagai platform untuk polling sekolah dan guru.

Dalam aplikasi ini kita dapat mengisi sebuah survey dimana terdapat beberapa kriteria yang dapat diisi sesuai dengan apa yang kita pikirkan tentang dunia pendidikan yang sedang berlangsung saat ini.

Beberapa pertanyaan dan kriteria ini memiliki hubungan langsung dengan bidang pendidikan dan kesiapan sekolah dan fakultas pendidikan untuk melanjutkan pembelajaran tatap muka.

Karena pendidikan adalah industri yang sangat penting, sangat penting bagi kita untuk mengawasi hasil survei ini. Lebih jauh lagi, luasnya Indonesia tentu mengandung berbagai kondisi dan tingkat kesiapsiagaan.

Sekolah dan staf pengajar dapat langsung mengunduh aplikasi untuk mengisi survei. Jangan lupa untuk meneruskan tautan survei ke orang tua dan wali lainnya setelah kamu menyelesaikannya.

Aplikasi survei pembelajaran jarak jauh ini dapat langsung diunduh melalui App Store atau Google Play Store secara gratis. kamu bisa mencari berdasarkan nama aplikasi Survey PTM atau klik saja link berikut ini.

Cara Mengisi di Aplikasi Survey

Sangat mudah untuk memulai survei ini. Pertama-tama tentunya pastikan kamu sudah menginstall aplikasi tersebut di hp kamu dan jika tidak bisa klik link diatas. Setelah itu, ikuti saja panduan berikut ini.

  1. Buka dan jalankan aplikasi survei PTM yang diunduh
  2. Selain itu, sekolah dan guru dapat membuat akun atau login secara langsung.
  3. Akun dapat dibuat dengan menggunakan data pribadi dan nomor dapodik yang terdaftar.
  4. Setelah masuk ke dashboard, untuk mengisi survey bisa langsung klik tombol isi survey yang ada di tengah.
  5. Untuk melanjutkan, cukup tekan tombol mulai.
  6. Setelah itu, kamu akan disajikan formulir survei untuk pembelajaran jarak jauh. Ada banyak pertanyaan untuk dijawab, yang semuanya harus diselesaikan mengingat iklim setempat.
  7. Ikuti semua formulir pertanyaan survei sampai diisi dengan benar. Akan ada lebih sedikit pertanyaan jika PTM telah diterapkan di sekolah kamu.
  8. Jika semua pertanyaan sudah terisi maka akan muncul file excel hasil jawaban kamu, namun sepertinya tidak berfungsi dengan baik sehingga masih belum bisa di download.
  9. Setelah kamu memastikan bahwa survei berhasil, klik Selesai untuk menutupnya.

Sekali lagi, pastikan kamu mengisi survei sesuai dengan kondisi saat ini dan apa yang sebenarnya terjadi di daerah kamu. Hal ini juga untuk mendukung maksimalisasi wacana pembelajaran tatap muka di masa mendatang.

Tentang Aplikasi PTM

Selain digunakan untuk melakukan survey, aplikasi ini juga memiliki beberapa menu lainnya. Tombol Berkamu, Riwayat Survei, Pemberitahuan, dan lainnya semuanya dapat ditemukan di dasbor.

Survei terbaru yang kamu selesaikan tercantum di bawah menu Riwayat Survei. Notifikasi dari aplikasi pasti akan muncul di menu notifikasi.

Sementara itu, semakin banyak menu akan memunculkan lebih banyak menu. Profil akun kamu juga dapat dilihat dengan memilih opsi profil pengguna dari menu tarik-turun lainnya.

kamu dapat mengedit profil ini sesuai dengan data pribadi kamu seperti nomor telepon, email, media sosial dan lain-lain. Jadi, bagaimana? Mengisi survei tidak begitu sulit, bukan?

Kesimpulan

Itulah pemikiran awal saya tentang aplikasi Survey PTM. Aplikasi yang dapat digunakan untuk guru, aplikasi yang dapat mengungkapkan pemikiran tentang pendidikan sebelum diberikan kepada siswa.