Aplikasi Chat Buatan Anak Bangsa

2. Catfiz

Aplikasi bernama Catfiz karya anak bangsa yang satu ini berhasil merebut hati pengguna smartphone Android di seluruh dunia.

Catfiz adalah aplikasi layanan instan yang dibuat oleh Duniacatfish Kreatif Media yang berbasis di Surabaya. Pengguna telah mengunduh aplikasi ini lebih dari dua juta kali hingga saat ini, dan secara aktif digunakan di banyak negara, termasuk Arab Saudi, Kuwait, India, Amerika Serikat, Brasil, dan, tentu saja, Indonesia. Catfiz, di sisi lain, telah mampu mengirimkan 750 juta pesan per hari.

“Catfiz pada dasarnya adalah aplikasi instant messenger, sama seperti aplikasi perpesanan lainnya, tetapi Catfiz memiliki lebih banyak fitur media sosial. Ada juga fitur seperti timeline dan halaman bergaya Instagram di aplikasi ini. Jadi ini adalah mash-up dari semua platform media sosial yang ada,” kata Co-Founder Catfiz Mochammad Arfan belum lama ini.

Salah satu keunggulan Catfiz adalah pengguna dapat membuat Pesan Grup untuk berbagi konten seperti foto, video, audio, dan file. Serta beberapa fitur bawaan aplikasi Catfiz adalah personal messages, updates, broadcast message, stickers, serta masih banyak lagi.

“Di Catfiz, ada fitur yang memungkinkan Kamu melakukan streaming konten tanpa harus mengunduhnya. Seolah-olah pengguna mengunggah video, dan penerima kemudian dapat memutarnya tanpa harus mengunduhnya. Fitur streaming ini menguntungkan, dan Catfiz merupakan salah satu andalannya” urai Arfan.

Catfiz juga merupakan salah satu dari tiga aplikasi Over The Top (OTT) lokal yang mendapat dukungan penuh dari Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI).

Melalui dukungan dan pembinaan yang diperoleh, misalnya melalui promosi layanan melalui jaringan operator, antara lain pengiriman SMS Broadcaster, pencantuman logo, link, dan spanduk.

3. Stealth Messenger

Aplikasi Stealth Messenger ini memfokuskan layanannya pada pesan yang tidak mudah dilihat oleh pihak ketiga dan tidak diinginkan oleh penggunanya.

Inilah yang mengharuskan Stealth Messenger menggunakan sejumlah teknologi enkripsi data berkualitas tinggi, menurut Rockliffe, klaim tim pengembang bahwa aplikasi mereka menggunakan teknologi AES/EAX dan fungsi turunan kata sandi PBKDF.

Dalam hal ini, kemampuan untuk menyimpan pesan di perangkat menjadi perhatian utama bagi penyedia aplikasi layanan perpesanan ini. Keamanan data menjadi prioritas utama, terbukti dengan hadirnya aplikasi seperti Telegram, RightHere Messenger, dan Stealth Messenger yang menonjolkan keamanan informasi sebagai salah satu fitur utamanya.

Berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya, pengguna juga diminta memasukkan kata sandi setelah memverifikasi nomor ponselnya. Kata sandi digunakan untuk membuka kunci layar serta untuk tujuan keamanan lainnya.

Tentu saja, kata sandi dapat diubah di opsi pengaturan. Dari segi tampilan, aplikasi Stealth Messenger tampil segar dan rapi, dengan skema warna yang didominasi putih dan ungu yang enak dipandang; ini adalah aspek positif yang akan mendorong pengguna untuk mengobrol dalam waktu yang lama.

/* */