Aplikasi Kasir Gratis Android untuk UKM dan UMKM

InfoKekinian.com – Fungsi dari seorang kasir ialah mencatat semua transaksi dari barang yang dijual atau dibeli oleh konsumen. Tapi kini aplikasi kasir gratis bisa memudahkan kamu untuk menghitung transaksi jual beli yang masuk.

Jika barang yang dijual sedikit dan mudah diingat, kasir akan dengan mudah menyelesaikannya, tetapi jika barangnya sangat beragam dan berbeda, itu pasti akan menjadi pekerjaan rumah sendiri.

Di era digital saat ini, segala kebutuhan dan operasional sehari-hari dapat dipermudah dengan tersedianya teknologi informasi, termasuk transaksi penjualan yang dilakukan oleh kasir.

Memproses transaksi penjualan secara manual tidak efisien dan tidak tepat dalam perhitungannya, dan itu tidak sepadan dengan usaha.

Ketika sebuah toko memiliki banyak pelanggan, kasir pasti akan bingung saat mendokumentasikan dan menjumlahkan semua transaksi. Dengan demikian aplikasi kasir android mungkin bisa menjadi solusi bagi kamu yang sekarang UKM atau UMKM.

rekomendasi aplikasi kasir gratis android

Aplikasi Kasir Gratis di Android untuk UKM dan UMKM

Berikut akan kami jelaskan aplikasi kasir yang bisa kamu akses untuk pengguna android

1. Gratis Kasir Pintar – Point of Sales & PPOB

Aplikasi kasir pertama yang bisa saya sarankan adalah Kasir Smart dari PT Kasir Pintar Internasional. Administrasi dan transaksi bisnis atau layanan kamu akan sangat disederhanakan berkat aplikasi ini. Untuk menghemat waktu, kamu dapat memasukkan semua catatan kamu sekaligus ke dalam aplikasi, lalu menyentuh dan menggunakannya kapan pun kamu membutuhkannya.

Bagian yang paling menarik adalah, laporan transaksi bersifat grafis, sehingga memudahkan konsumen untuk melihat untung dan rugi. Selain itu, kamu juga dapat menghubungkan akun kamu ke cashierpintar.co.id, agar nantinya tidak ada data yang hilang atau terhapus.

Ada dua versi yang diberikan oleh PT Kasir Pintar Internasional yaitu gratis dan pro. Fitur dan manajemen bisnis hadir dengan pilihan yang lebih luas bagi para ahli. Jika kamu tertarik, kamu bisa mendapatkannya sekarang juga dari Google Play Store.

2. Aplikasi Kasir Gratis Qasir

Qasir (Point of Sales) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PT Solusi Teknologi Niaga untuk usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mencatat dan melaporkan keadaan bisnis demi bisnis bisnis masa depan.

Dirancang menggunakan paradigma UI dasar dan ramah pengguna untuk membuat fungsi lebih mudah diakses oleh pengguna.

Aplikasi ini online dan offline, dan jika smartphone dalam mode offline, data yang disimpan dapat disinkronkan secara otomatis ketika smartphone online kembali.

Dengan bantuan server cloud yang kuat, data yang disimpan secara online sangat aman, sehingga pemrosesan dan sinkronisasi akan tampak lebih cepat.

Sebagai pengguna, kamu dapat menangani semua kebutuhan bisnis, termasuk informasi tentang outlet, barang, personel, dan permintaan pesanan. Jika kamu ingin mencetak catatan transaksi, kamu dapat menautkan aplikasi ke printer.

3. Sellfazz POS

Aplikasi selanjutnya yang direkomendasikan adalah Sellpazz POS dari PT Payfazz Teknologi Nusantara, dengan dukungan komprehensif dan ekstensif untuk berbagai kebutuhan manajemen toko dan kasir. Alih-alih mesin kasir, cukup gunakan smartphone Android untuk berbagi bisnis yang kamu kelola.

Kamu dapat dengan mudah mengunggah semua item dan informasinya ke dalam aplikasi SellPazz POS sehingga setelahnya kamu tidak perlu khawatir lagi untuk memasukkan status produk secara manual lagi. Jika ada masalah, kamu dapat memperbarui lagi, dan memantau setiap persediaan produk di toko.

Jika konsumen ingin mendapatkan struk pembelian, dapat dikirim ke email atau dicetak melalui koneksi Bluetooth.

Menariknya, kamera smartphone dapat digunakan untuk memindai kode batang produk, memungkinkan pengalaman transaksi yang lebih lancar dan menghilangkan kebutuhan untuk mencari setiap kode batang.

4. Aplikasi Kasir Gratis Pawoon

Opsi ketiga adalah aplikasi Pawoon, yang dikembangkan oleh pencipta Pawoon. Ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini dapat membantu kamu sebagai pemilik usaha kecil menengah (UMKM) dalam membangun dan mengoptimalkan bisnis yang kamu jalankan.

Aplikasi ini cocok untuk segala kebutuhan, baik itu retail, franchise, kafe, hingga restoran. Dalam melakukan pengelolaan stok (inventory management), aplikasi ini sangat handal, akurat, dan real-time dimanapun dan kapanpun.

Laporan harian tampaknya lebih mudah digunakan daripada sebelumnya, dengan segala sesuatu yang terjadi secara instan dan dengan sedikit penundaan. Untuk menjalankan bisnis kamu secara efektif, kamu bahkan tidak memerlukan personel lagi.

Menggunakan server cloud atau memori internal smartphone, aplikasi ini dapat digunakan baik secara online maupun offline. Jika kamu ingin mencetak tanda terima pembelian, cukup tautkan aplikasi ke printer tanda terima termal atau dot matrix melalui Bluetooth atau LAN.

5. Cazh POS

Cazh POS oleh pengembang CAZH adalah aplikasi berikutnya yang kami sarankan karena antarmuka yang sederhana dan kemudahan penggunaan untuk pemilik usaha kecil. Aplikasi ini hadir secara gratis dan pro dengan menambahkan fitur-fiturnya yang luar biasa.

Cocok untuk semua jenis usaha UMKM, baik itu toko kelontong, laundry, barbeshop, salon, klinik kecantikan, franchise, café, restoran, pedagang kaki lima, kantin, warteg, toko baju, tempat cuci mobil, atau lainnya.

Selain itu, kamu dapat menjual pulsa dan menerima pembayaran untuk berbagai kebutuhan transaksi lainnya seperti listrik, PDAM, PLN, Telkom, dan cicilan multifinance.

Kedepannya, kamu bisa membayar melalui OVO atau GO-PAY dengan nominal yang cukup murah bagi para pelaku bisnis UMKM jika ingin melakukan upgrade ke layanan yang lebih pro atau komprehensif. Tertarik mencoba, unduh segera dari Google Play Store sekarang juga.

6. Aplikasi Kasir & Catatan Penjualan

Kasir & Catatan Penjualan Developer devmeow dapat menjadi pilihan ideal untuk mengelola bisnis atau bisnis UMKM kamu.

Aplikasi ini gratis dan sederhana untuk kamu gunakan, cukup masukkan dan kelola nama barang, kategori barang, penjualan, data penjualan, hingga mengeksekusi pemindai kode batang.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengimpor semua data item secara massal dari file excel (csv), sehingga kamu tidak perlu khawatir memasukkan setiap item satu per satu. Kamu dapat menggunakan printer untuk mengirim catatan untuk dicetak.

7. Kasir Pro

Dengan munculnya revolusi industri keempat, tidak perlu lagi bergantung pada cek kertas; Sebaliknya, menginstal aplikasi kasir terbaik akan menempatkan kamu di era digital.

Kasir Pro dari Kasuar Networks Developer mungkin bisa menjadi alternatif yang luar biasa untuk kebutuhan kasir dari bisnis yang kamu jalankan. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk semua jenis usaha UMKM khususnya untuk bisnis makanan akan lebih maksimal.

Pengoperasian offline dan bebas iklan juga dimungkinkan dengan perangkat lunak ini. Jika smartphone dalam mode online, semua data akan langsung diunggah ke server cloud sehingga data akan tetap terlindungi meskipun kamu berganti perangkat.

Membuka atau menggunakan aplikasi ini dapat menyebabkan ketegangan mata karena UI aplikasi yang menarik. Selain itu, informasi produk yang diberikan cukup luas dan beragam, pengguna dapat mengirimkan seluruh data produk, termasuk gambar, nama, harga, hingga detail produk.

8. Aplikasi Kasir POS – Ireap Lite

Kasir POS dari PT Sterling Tulis Cemerlang mungkin bisa menjadi pilihan untuk mendongkrak bisnis UMKM kamu. Aplikasi ini offline (tanpa koneksi internet), kecuali untuk backup dan pengiriman laporan melalui Email. Input produk dan transaksi penjualan, misalnya, bersifat offline dan bebas iklan.

Idealnya aplikasi dapat mendukung kebutuhan bisnis seperti toko retail, kios, kafe, food truck, pameran, bengkel, apotek, bisnis internet, franchising, warung, dan sebagainya.

Kesimpulan

Itu adalah beberapa aplikasi yang Infokekinian sarankan untuk sobat kekinian yang menjadi mitra UKM dan UMKM. Semoga bermanfaat!

/* */