Pengertian Operational Excellence dan Fungsinya

InfoKekinian.com – Operational excellence terjadi ketika setiap orang dapat melihat proses lengkap yang menawarkan nilai kepada pelanggan, dan mampu meningkatkan proses ketika ada masalah.

Sehingga jika terjadi masalah dalam proses, staf dapat langsung memperbaikinya tanpa melaporkannya ke manajemen dan menunggu instruksi. Cara ini menuntut perusahaan untuk melakukan transformasi digital dari ujung ke ujung operasi bisnis.

Pengertian Operational Excellence dan Fungsinya (2)

Pengertian Operational Excellence

Operational Excellence menjadi populer pada tahun 2007 dan digunakan oleh perusahaan konsultan untuk memberikan pelatihan tentang masalah ini. Pelatihan ini sangat diminati karena dibutuhkan bagi mereka yang bekerja di lapangan.

Jika dilihat dari definisinya, sebenarnya maknanya cukup sederhana, yaitu dikatakan “excellence” ketika setiap karyawan dapat merasakan aliran nilai (flow of value) kepada pelanggan dan mampu memperbaikinya ketika aliran tersebut yang bernilai dirugikan.

Itulah yang kami maksud ketika kami berbicara tentang keunggulan operasional. Bukankah begitu? Di dunia saat ini ketika ada resesi di seluruh dunia dan organisasi perlu bertahan di tengah masa yang penuh tantangan ini, keunggulan operasi mungkin menjadi solusi.

Pengurangan limbah pada setiap tahap proses manufaktur mungkin memiliki pengaruh besar pada teknik operasional dan budaya bisnis. Karena, bagaimana kita akan mencapai keuntungan 60 persen dalam efisiensi dan biaya?

Strategi Operational Excellence (OpEx), biasanya disingkat OpEx, dapat membantu meminimalkan pemborosan dengan meningkatkan kualitas operasional, meningkatkan fleksibilitas, mempersingkat waktu tunggu, dan mengurangi inventaris.

Fungsi Operational Excellence

Berikut ini adalah beberapa fungsi dalam menerapkan sistem OpEx.

Efisiensi Proses Kerja – Operatinal Excellence

Alih-alih menunggu instruksi, staf didorong untuk mengatasi sendiri prosedur yang rusak, yang mempercepat proses dan menghilangkan kebutuhan akan laporan dan pekerjaan dari supervisor.

Tangkap Masalah Segera

Digitalisasi memungkinkan wawasan lengkap ke dalam seluruh proses yang memungkinkan kesalahan ditemukan dan diperbaiki dengan cepat.

Hemat Biaya – Operational Excellence

Penyelesaian masalah secara dini mengurangi biaya perbaikan dengan mencegah terjadinya masalah yang lebih besar

Proses Kerja yang Lebih Efisien

Penanganan segera, tentu memperpendek prosedur kerja dan birokrasi yang biasa terjadi

Pemanfaatan Pekerjaan Secara Maksimal

Digitalisasi penuh dari semua operasi perusahaan akan memaksimalkan penggunaan alat kerja oleh semua personel

Kesimpulan

Nah itulah beberapa informasi mengenai operational excellence atau sering disingkat OpEx, bagi kalian yang mempunyai bisnis ingin menerapkan sistem OpEx diperusahaan, kalian bisa langsung membaca detail informasinya. Semoga bermanfaat!