Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya Lengkap!

Sama halnya seperti mata sebagai organ penglihatan yang memiliki banyak bagian bagian tersendiri di dalamnya. Begitupun juga telinga, Telinga memiliki beberapa bagian yang tentu ada dengan fungsinya masing masing. telinga sangat penting peranannya untuk keberlangsungan hidup kita sebagai manusia, untuk anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai telinga khususnya bagian bagian dan fungsinya, simak pembahasannya seperti berikut:

Telinga sendiri terdiri dari 3 bagian, yakni telinga bagian luar, tengah dan dalam. Untuk fungsi utama telinga ada 2, diantara lain:

  • Telinga Sebagai Pengatur Keseimbangan.

keseimbangan tubuh yang baik juga diatur oleh telinga. Telinga memiliki organ khusus yang terhubung dengan otak dan dapat berguna untuk menjaga keseimbangan.

  • Telinga Sebagai Indera Pendengaran.

Tentu saja ini adlah fungsi utama dari telinga, telinga berfungsi menangkap gelombang suara sebelum dikirimkan ke otak dan membuat kita mengambil tindakan tertentu. Apabila pendengaran terganggu, jelas ini akan mempengaruhi kinerja otak kita yang tidak bisa merespon pendengaran yang kita dapatkan.

Telinga Luar

Ini merupakan bagian telinga yang paling luar seperti daun telinga, saluran telinga dan gendang telinga. untuk fungsinya diantara lain:

  • Daun Telinga, daun telinga berfungsi untuk memusatkan gelombang suara dari luar bisa masuk dengan baik sepenuhnya ke telinga yang nantinya akan menuju gendang telinga. sehingga telinga akan menerima suara yang jelas.
  • Saluran Telinga Luar, Saluran ini berfungsi diantara lain seperti menjaga telinga dari kotoran seperti debu dan lain sebagainya. di dalam saluran telinga luar terdapat kelenjar sudorifera yang berfungsi menghasilkan serumen, serumen ini lah yang berperan untuk menjaga kotoran agar tidak masuk ke dalam telinga.
  • Membran Timpani, menangkap gelombang suara.

Telinga Tengah

Setelah memahami dengan jelas bagian telinga luar dan fungsinya, berikutnya adalah bagian telinga tengah yang merupakan rongga berisi udara, fungsinya adalah untuk menjaga tekanan udara di dalam telinga agar tetap seimbang. untuk fungsi utamanya sendiri adlaah untuk meneruskan suara yang dihasilkan telinga dari lapisan telinga luar ke bagian telinga dalam.

Untuk bagian telinga tengah sendiri juga terbagi menjadi beberapa bagian yakni terdiri dari 3 tulang pendengaran mulai dari maleus, incus dan stapes. ketiga bagian ini dihubungkan oleh sendi yang berfungsi untuk menghantarkan getaran suara yang dihasilkan dari membran timphani ke jendela oval pada bagian telinga dalam.

Telinga Dalam

Terakhir adalah bagian telinga dalam. di bagian ini, telinga terdiri dari tulang dan juga membran dan biasanya telinga dalam lebih dikenal dengan labirin karena bentuknya. telinga dalam terdiri dari 3 bagian diantara lain:

Koklea

Bentuknya seperti tabung bengkok ke belakang dan mengelilingi tulang. fungsi utamanya adalah sebagai reseptor.

Vestibuli

Lapisan atau bagian telinga dalam vestibuli memiliki peran untuk menjaga keseimbangan suara yang diterima telinga. vertibuli juga dibagi menjadi 2 bagian yakni sakula dan urikula.

Kanalis Semisirkularis.

Merupakan saluran setengah lingkaran yang terdiri atau tersusun dan terdiri dari beberapa jenis kanalis seperti kanalis semisirkularis horizontal, vertikal superior dan vertikal posterior.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bagian bagian telinga dan fungsinya, semoga artikel diatas bisa membantu anda untuk mengerti dan paham lebih dalam mengenai organ tubuh telinga, organ yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup seorang manusia untuk bisa berinteraksi dengan banyak orang lain diluar sana dan memberikan perintah ke otak.

Satu pemikiran pada “Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya Lengkap!”

  1. Penjelasan ini kurang lengkap dan istilah yang benar mana?

    Vestibuli qtqu vertibuli? Sakula dan urikula itu untuk apa?

    Lapisan atau bagian telinga dalam vestibuli memiliki peran untuk menjaga keseimbangan suara yang diterima telinga. vertibuli juga dibagi menjadi 2 bagian yakni sakula dan urikula.

Tinggalkan komentar