Cara Berpidato dan Macam-Macam Pidato yang Perlu Kita Ketahui

95 views

Pidato bahasa Indonesia singkat. Pidato Anda saat berada di depan umum, entah itu dalam persentasi bisnis, sambutan, pidato keagamaan ataupun public speaking, sangat berpengaruh terhadap penilaian publik mengenai kualitas intelektual yang Anda miliki. Bila pidato yang disampaikan berkualitas, sampai ke intinya dan efektif, maka orang lain pun akan menilai bahwa Anda memiliki pribadi berkualitas. Tak semudah yang dilihat meang, dimana pidato merupakan seni memiliki kata-kata atau diksi yang berkualitas dan mudah untuk dipahami. Selain itu juga mengenai kontrol terhadap intonasi dan ekspresi saat penyampaian pidato tersebut.

Tak sedikit orang yang baru berpengalaman menyampaikan pidato, tentu mengalami gangguan mental yang sangat berat. Mereka merasa nervous, tak percaya diri, dan sebagainya. Untuk itulah, latihan pidato semenjak duduk dibangku sekolah amat diperlukan. Sebab pidato sejatinya merupakan sebuah kebiasaan. Apabila Anda sudah terbiasa berpidato, tentu Anda pun lebih mampu menguasai diri saat berada di depan umum.

Teknik Berpidato Dengan Baik

Ada tata cara berpidato yang bisa Anda lakukan sebelum berpidato, yang pertama yaitu tahap persiapan. Untuk tahap persiapan ini, Anda harus membuat konsep untuk pidato yang akan dilakukan. Lakukan konsep pidato dengan baik dan runtut, Anda bisa membuat inti pidato yang hendak disampaikan. Setelah itu berlatih sendiri di depan kaca, bila sudah menguasai semua isi dalam pidato maka Anda dapat berlatih pidato di depan kaca. Selain itu bisa mencari referensi mengenai cara melakukan pidato dengan baik di internet. Hal yang paling penting dalam berpidato adalah tetap rileks.

Sementara di awal berpidato, sebaiknya berikan senyuman Anda pada khalayak umum. Kemudian tarik nafas dengan cukup lalu keluarkan kata-kata pertama melalui nada meyakinkan. Dengan senyum ini, tentu tak hanya membuat Anda rileks saja tetapi juga bisa membuat audien pun merasa lega sebab melihat pembawa pidato yang tidak gugup. Tak ada salahnya saat berpidato, Anda menyapa audiens. Sesudah pembukaan, Anda bisa menyapa audien dimulai dengan menyapa para tamu undangan yang penting kemudian disusul kata sapa pada seluruh audien. Ingat, jangan pernah menampakkan kegugupan Anda. Selain itu, tata cara berdiri saat membawakan pidato juga amat penting.

Berdirilah dengan cara berwibawa, karena penampilan kita saat dipanggung akan begitu berpengaruh terhadap penilaian audiens. Sebaiknya kontrol intonasi juga artikulasi dalam berpidato. Intonasi dan kejelasan saat melafalkan tiap kata demi kata ketika berpidato begitu penting membuat audien terjaga konsentasinya untuk mendengarkan pidato yang disampaikan. Dalam berpidato juga harus tetap memperhatikan waktu. Sebab pidato menarik justru bisa berbalik bila Anda tak memperhatikan waktu karena menjadi membosankan.

Macam-Macam Jenis Pidato

Macam-macam pidato bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian, diantaranya pidato informasi, pidato aksi dan pidato persuasi. Untuk penjelasannya, bisa dilihat di bawah ini :

  • Pidato Informasi
    Pidato informasi merupakan pidato yang disampaikan bertujuan memberitahukan, menginformasikan dan menjelaskan sesuatu. Dalam pidato ini benar-benar membutuhkan suasana tertib dan serius, perhatian pun akan dipusatkan dalam pesan yang ingin disampaikan. Untuk itu, seseorang yang menyampaikan pidato ini harus bisa berbicara sistematis, jelas dan benar-benar tepat. Contoh teks pidato informasi ini diantaranya pidato Mensekneg selepas sidang kabinet dan pidato dari ketua umum Pemilihan Umum mengenai hasil suara.
  • Pidato Aksi
    Merupakan pidato yang tujuannya untuk menggerakkan. Pidato ini disampaikan untuk dapat mencapai tujuan bersama. Dalam pidato ini, orang yang menyampaikan pidato harus berwibawa, merupakan panutan masyarakat atau tokoh idole dengan keterampilan berbicara serta pandai untuk membangkitkan semangat. Contohnya, pidato dari presiden soekarno ketika menggerakkan hati rakyat Indonesa agar selalu semangat berjuang melawan para penjajah.
  • Pidato Persuasi
    Pidato persuasi merupakan pidato yang memiliki tujuan untuk meyakinkan para pendengar akan sesuatu. Dalam pidato ini, seseorang yang menyampaikan pidato harus dituntut mempunyai keterampilan berbicara dengan baik, sebab memiliki tugas untuk dapat mengubah sikap dari para pendengarnya dari yang awalnya tak setuju hingga menjadi setuju. Contoh pidato ini yaitu pidato dari calon kepala desa yang masanya masih belum simpati padanya.

Itulah beberapa macam pidato yang wajib Anda ketahui, selain itu jika Anda ingin menyampaikan teks pidato bahasa Indonesia sebaiknya gunakan EYD yang baik dan benar.


Leave a Reply

Your email address will not be published.