Cara Melihat Spesifikasi Lengkap Komputer PC / Laptop

Melihat Spesifikasi Lengkap Komputer PC atau Laptop sangatlah mudah dan bisa sobat lakukan dengan berbagai cara, ada yang menggunakan fitur dari bawaan windows itu sendiri, ada juga yang menggunakan software tambahan. Nah kali ini kita akan bahas kedua cara tersebut sob, biar nanti sobat bisa memilih cara mana yang menurut sobat lebih praktis jika ingin melihat spek lengkap pc/laptop.

Sering sekali kita kepo, pengen tahu spesifikasi lengkap dari pc / laptop yang kita miliki. Entah itu hanya untuk ingin tahu saja, atau ingin mengukur apakah spek pc kita kuat untuk memainkan suatu game yang tentunya memiliki spesifikasi minimunya atau bahkan kita pengen ngecek apakah laptop kita ini spesifikasinya sesuai dengan yang seharusnya kita dapatkan saat membelinya. Langsung aja ya, berikut ini caranya.

Cara Melihat Spesifikasi Lengkap Komputer / Laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop / Komputer Tanpa Software

  1. Klik Kanan My Computer ( untuk windows 7 ) atau This PC ( untuk windows 8), lalu klik Properties. Maka akan muncul spesifikasi komputer atau laptop sobat seperti gambar dibawah ini.
    Cara melihat spesifikasi laptopNamun, cara diatas hanya menampilkan sedikit informasi spek yang ada pada laptop sobat. Kalau pengen yang lebih lengkap lagi, ikuti cara melihat spek laptop yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan dxdiag.
  2. Tekan tombol Windows + R, pada keyboard sobat. Nanti akan muncul kotak Run. Lalu ketikkan dxdiag, seperti gambar dibawah ini.
    cara melihat spesifikasi laptop 2Lalu, tekan Enter atau klik OK. Maka akan muncul kotak windows DirectX Diagnostic Tool yang berisi spesifikasi lengkap dari komputer atau laptop yang sobat miliki, seperti gambar dibawah ini.
    cara melihat spesifikasi laptop 3Sobat bisa melihat spesifikasi lengkap komputer / laptop yang sobat miliki, dari mulai OS, model laptopnya, prosesor, memori RAM, Display, Sound dan lain sebagainya.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop / Komputer dengan Software

Nah, jika sobat pengen yang lebih lengkap lagi spesifikasi yang ditampilkan. Sobat bisa menggunakan software bernama CPU-Z. Software yang satu ini sangat ringan cuma 1,5 MB dan tentunya gratisan sob. Sobat bisa mengunduhnya di CPU-Z. Setelah selesai, lalu install seperti menginstall software biasa dan buka aplikasinya. Maka akan ditampilkan spesifikasi menyeluruh dari komputer atau laptop sobat.

cara melihat spesifikasi laptop 4

Dengan menggunakan software CPU-Z bahkan sobat bisa melihat core speed, jumlah core, jenis graphic card, memori dan sobat bisa tes bencmark cpu sobat disana. Oke semoga sedikit informasi cara melihat spesifikasi lengkap komputer / laptop ini bisa berguna buat sobat, salam sobat kekinian :v

2 pemikiran pada “Cara Melihat Spesifikasi Lengkap Komputer PC / Laptop”

Komentar ditutup.