10 Cara Membuat Wajah Mulus Dari Jerawat

Infokekinian.com – Memiliki kulit bersih, bebas dari komedo dan jerawat adalah dambaan hampir semua wanita. Namun untuk mendapatkan itu semua membutuhkan usaha, seperti cara membuat wajah mulus dari jerawat.

Apa itu Jerawat

Kamu tidak perlu mahal dan ribet untuk mendapatkan kulit mulus alami bebas jerawat dan komedo yang perlu kamu lakukan adalah merawat kulit kamu setiap hari.

Apa itu Jerawat?

Jerawat adalah kondisi abnormal pada kulit yang disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan.

Dan karena itu, dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pori-pori yang meradang pada kulit.

Penyebab Jerawat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika produksi kelenjar minyak berlebih bisa menyebabkan jerawat. Bisa juga karena gen dan kurangnya kebersihan pada kulit.

Studi menyebutkan wanita rentan terhadap jerawat karena wanita tidak lepas dari make-up. Dan kandungan make-up ini belum tentu aman, dan kurangnya perhatian saat membersihkan make-up juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Jenis-Jenis Jerawat

Berikut beberapa jenis yang biasanya muncul di wajah:

1. Jerawat Pasir

Jenis jerawat yang satu ini paling sering kita jumpai. Jerawat pasir jenis ini berukuran kecil, namun biasanya jumlahnya banyak.

2. Jerawat Batu

Jerawat batu ini lebih besar dari jerawat pasir yang bentuknya bulat. Jika kamu ingin menyembuhkan jerawat batu, kamu harus sangat berhati-hati.

Karena cara mengobati jerawat yang bisa kamu lakukan sendiri tidak sembarangan. Jerawat akan bertambah parah jika kamu melakukannya dengan cara yang salah.

Selain itu, rasa sakitnya 10 kali lebih menyiksa jika dipaksa untuk meremas keras, dibandingkan dengan meremas jerawat pasir.

3. Jerawat Radang

Kantung folikel di dermis kulit diisi dengan lemak padat jika terjadi peradangan jerawat. Dermis membengkak dan robek sebagai akibatnya, memungkinkan darah putih untuk menyerang folikel sebaceous dan mengobarkan kulit.

Sel darah putih sering dipandang sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap penyerang seperti kuman. Menyentuh jerawat yang meradang akan terasa sakit.

Terutama jika kamu mengadopsi metode cepat menghilangkan jerawat yang melibatkan pemaksaan diri kamu untuk menghilangkannya. Jerawat yang biasanya berisi nanah akan terasa perih.

Jerawat akan menyebar ke area sekitarnya dan menghasilkan peradangan yang lebih akut, terutama saat tangan kotor.

4. Komedo

kamu mungkin tidak menyadari bahwa komedo pada dasarnya adalah jenis jerawat. Komedo tidak meradang pada kulit, tetapi hanya menyumbat pori-pori kulit. Dan kode ini dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Komedo biasanya ditemukan di atas permukaan hidung.
  2. Di bagian bawah hidung yang merupakan lekukan antara pipi dan hidung, terdapat komedo putih yang berwarna putih.

Cara Mencegah Jerawat

Cara Mencegah Jerawat

Berikut cara mencegah jerawat yang bisa kamu lakukan setiap hari:

Menjaga Kebersihan Wajah

Cara paling sederhana untuk mencegah jerawat adalah dengan cukup memperhatikan kebersihan wajah.

Kamu tidak boleh malas untuk mencuci muka, dan kamu harus selalu mencucinya hingga bersih untuk mencegah timbulnya jerawat.

Kamu dapat mencuci muka dengan air atau sabun wajah, tetapi meskipun menggunakan sabun untuk mencuci muka, kamu harus tetap berhati-hati untuk mencocokkan bahan sabun dengan karakteristik wajah kamu.

Menjaga Pola Makan

Cara kedua adalah dengan memperhatikan makanan kita dan apa yang kita makan. Akan lebih baik jika kita mengkonsumsi lebih sedikit minyak ekstra. Perhatikan juga berbagai bahan dalam makeup yang akan kita gunakan.

Mengurangi stres

Cara ketiga adalah dengan mengurangi stres. Menjaga jadwal tidur yang teratur akan membantu kamu terhindar dari stres karena tubuh yang dibebani pikiran akan memiliki daya tahan yang lebih lemah dan dapat memicu timbulnya jerawat.

Menjaga Kebersihan Sarung Bantal

Cara terakhir yang biasanya banyak diabaikan orang adalah dengan selalu menjaga kebersihan sarung bantal yang kita gunakan.

Karena pertumbuhan beberapa mikroorganisme yang mungkin menempel pada kulit kita dan menyebabkan jerawat, jerawat dapat dipicu oleh penutup yang kotor.

Tips Membuat Wajah Mulus

Tips Membuat Wajah Mulus

Selain ada cara untuk mencegah jerawat, sekarang kamu juga bisa mengetahui cara membuat wajah mulus:

1. Kenali Jenis Kulit

Langkah pertama adalah mengenali jenis kulit wajah kamu untuk mendapatkan wajah mulus bebas komedo dan jerawat.

Mengetahui jenis kulit kamu akan membuat merawatnya menyenangkan dan mudah. Kulit dapat diklasifikasikan menjadi kulit biasa, kering, berminyak, atau campuran.

Sangat mudah untuk mengetahuinya, cukup cuci muka dengan air, biarkan kering, lalu diamkan selama satu jam. Oleskan tisu segar ke area T wajah kamu.

kamu memiliki tipe kulit standar jika tidak ada tanda-tanda minyak atau kulit mengelupas pada tisu. Tekstur kulit yang sehat kenyal dan halus. Bisa dibilang jenis kulit ini paling mudah dirawat.

Jenis kulit kamu adalah kulit kering jika ada serpihan sel kulit mati yang menempel di jaringan. Pori-pori ini kecil, dan kulitnya kaku dan menyempit.

Menerapkan pelembab secara teratur akan mencegahnya dari rasa kering. Kamu memiliki kulit berminyak jika ada bekas minyak pada tisu. Wajah seperti ini akan terlihat glossy dan memiliki pori-pori yang besar.

Kamu memiliki kulit campuran jika ketiga ciri di atas berlaku pada kulit kamu. Area T jenis kulit ini berminyak, sedangkan bagian wajah lainnya sering memiliki kulit normal atau kering.

2. Merawat Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Merawat wajah sesuai jenis kulit adalah langkah awal untuk menciptakan penampilan yang flawless bebas dari jerawat dan komedo. Kulit wajah memiliki beberapa jenis: berminyak, kering, atau campuran.

Gunakan berbagai perawatan kulit wajah, seperti pembersih, pencuci muka, toner, dan pelembab yang tepat untuk jenis kulit kamu, untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus.

Jika kulit kamu kering, gunakan pelembab, dan jika kulit kamu berminyak dan berjerawat, pilih produk yang tidak akan menyumbat pori-pori dan memperburuk jerawat.

Gunakan pelembab wajah untuk kulit berminyak setelah menggunakan salah satu dari sekian banyak pilihan sabun wajah untuk kulit berjerawat dan berminyak.

3. Selalu Gunakan Sunblock Saat Keluar Rumah

Kulit terlindungi dari risiko sinar matahari halus dan sehat. Gunakan tabir surya atau sunblock setiap keluar rumah agar jika ingin wajah mulus bebas jerawat dan komedo.

Penggunaan tabir surya akan mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB. Selain menggelapkan kulit, radiasi ultraviolet merusak kulit dan meningkatkan perkembangan komedo dan jerawat.

4. Gunakan Scrub Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Ada jenis sabun wajah lain selain sabun wajah biasa yang mengangkat sel kulit mati hingga ke akarnya. Untuk peremajaan kulit, lakukan eksfoliasi seminggu sekali.

Scrub memiliki butiran yang lebih kasar dibandingkan sabun wajah yang teksturnya lembut dan halus. Butiran ini akan mengangkat sel kulit mati.

Menggunakan scrub setiap hari akan menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan mengikis kelembapan.

Untuk mencegah iritasi akibat menggosok terlalu keras pada wajah, pijat lembut scrub ke wajah.

5. Segera Bersihkan Make Up Setelah Beraktivitas

Segera Bersihkan Make Up Setelah Beraktivitas

Wajah yang telah dipoles dengan riasan bukanlah wajah yang sehat dan cantik. tapi bersih, terlihat bermanfaat bebas dari jerawat.

Wajah mulus bebas komedo dan flek bisa didapatkan dengan menghindari penggunaan riasan yang terlalu tebal.

Jangan menggunakan make up yang terlalu tebal, kamu juga bisa menggunakan alas bedak yang tipis.

Gunakan alas bedak untuk kulit berjerawat jika kamu memiliki kulit berminyak. Setelah selesai dengan aktivitas kamu, hapus semua riasan dari wajah kamu.

Setelah dibersihkan dengan makeup remover atau pembersih, cuci muka dengan sabun wajah dan air hingga benar-benar bersih.

Pastikan kamu tidak tidur dengan make-up untuk memastikan proses regenerasi kulit berjalan lancar.

6. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Pola makan yang sehat akan menyehatkan kulit dengan lebih baik. Makan makanan yang kaya serat dan seimbang.

Kamu tidak boleh berhenti makan sayuran dan buah-buahan, yang merupakan dua jenis makanan penting.

Hindari makan makanan manis, berlemak atau berminyak karena zat ini harus dihindari saat jerawat pertama kali muncul.

Jerawat kamu akan bertambah parah jika kamu makan makanan berminyak. Makanlah makanan yang lebih sehat sebagai gantinya, yang dapat membantu mengurangi jerawat dan komedo.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh bisa mendapatkan banyak manfaat dari minum air putih. Selain itu, air memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan kulit, sebagai berikut:

  1. menjaga kelembapan kulit
  2. membuat kulit lebih elastis
  3. mencegah tanda-tanda penuaan dini
  4. Melembutkan dan mencerahkan kulit secara alami
  5. Untuk wajah mulus bebas komedo dan jerawat, minumlah air putih minimal 2 liter setiap hari.

8. Rajin Berolahraga

Kesehatan fisik sangat dipengaruhi oleh olahraga. Metabolisme tubuh dapat dipercepat dengan aktivitas, yang juga meningkatkan keindahan alami kulit.

Berlari, berolahraga di gym, atau berlatih yoga akan membuat kulit kamu lebih kencang dan membantu kamu menghindari penyakit yang berhubungan dengan stres.

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap munculnya jerawat dan kulit halus yang dihasilkan adalah stres.

9. Istirahat Yang Cukup

Mengapa cukup tidur adalah rahasia kulit mulus bebas jerawat dan komedo? Karena kulit beregenerasi saat kamu tidur, yang berarti sel kulit tua yang tidak sehat diganti dengan yang baru dan lebih sehat.

Kulit tampak gelap dan suram akibat sel kulit mati. Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah penumpukan sel kulit mati di wajah.

10. Gunakan Minyak Zaitun

Gunakan Minyak Zaitun

Kulit dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari minyak zaitun. Kulit kamu akan terasa kenyal, elastis, dan awet muda setelah menggunakan minyak zaitun.

Kamu mungkin memiliki kulit halus dan sehat bebas dari komedo dan jerawat dengan memijat minyak zaitun secara teratur ke wajah kamu di malam hari.

FAQ

Berikut kami rangkum beberapa pertanyaan umum tentang tips mendapatkan wajah mulus dari jerawat dan komedo:

Kenapa Kulit Wajah Tidak Mulus?

Ada berbagai penyebab kulit wajah kasar, seperti sering terpapar polusi dan debu, yang menyebabkan kulit kering terkelupas dan menjadi liar.

Selain itu, memiliki bekas jerawat, bopeng bekas cacar, atau bekas luka sehingga tampilan kulit wajah tidak mulus.

Seperti Apa Kulit Kusam Itu?

Ciri-ciri kulit kusam adalah terlihat kering, tidak rata, pucat, atau tidak cerah. Selain itu, kulit yang lembut seringkali disertai dengan tekstur kulit yang kasar karena kulit yang bertekstur kurang mampu memantulkan cahaya secara merata.

Apa Manfaat Es Batu di Wajah?

Selain menyegarkan, manfaat es batu juga bisa dirasakan untuk wajah, yaitu membantu menghilangkan jerawat, tanda-tanda penuaan, hingga membantu membersihkan pori-pori.

Meski begitu, perlu diingat efek samping yang mungkin terjadi saat menggunakan es batu untuk wajah.

Kenapa Saya Tidak Glowing?

Kulit akan tertantang untuk terlihat glowing dan berseri jika sel-sel kulit mati di wajah kita tidak dihilangkan.

Untuk mengatasi masalah ini, kuncinya adalah kita harus rajin melakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu. Ingat, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi karena ini akan mengiritasi kulit kamu.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi tentang cara mendapatkan kulit wajah mulus dari jerawat dan komedo serta cara mencegah jerawat yang bisa kamu terapkan di rumah.

Dan yang terpenting adalah tetap menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga dan memberikan nutrisi alami untuk kulit.

Demikianlah artikel mengenai cara membuat wajah mulus dari jerawat dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */