Manfaat Minyak Zaitun Untuk Tubuh, Ragam Efek Fisiologis

Infokekininan.com – Sudah bukan hal rahasia lagi bahwa manfaat minyak zaitun untuk tubuh memiliki ragam efek fisiologis, karena minyak yang dihasilkan dari penggilingan buah zaitun ini memiliki efek ataupun manfaat diberbagai kalangan usia.

Padahal, minyak zaitun bermanfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Bisa juga digunakan oleh bayi, anak-anak, dan orang dewasa.

Apa yang memberi minyak zaitun begitu banyak manfaat? Hal ini disebabkan adanya senyawa bermanfaat seperti lemak, antara lain omega 3, omega 6, omega 9, dan lemak jenuh.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Orang Dewasa

Zat besi, asam phoenolic, dan vitamin E dan K juga ada. Untuk memperjelas, mari kita lihat manfaatnya secara lebih mendalam pada ulasan berikut ini. Silakan lanjutkan menggulir!

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Orang Dewasa

Khasiat minyak zaitun untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari pencegahan kanker, pengendalian kolesterol dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi. Informasi lebih lanjut tersedia di bawah ini:

1. Mengontrol Tekanan Darah

Penderita hipertensi tentunya berusaha untuk menjaga agar tekanan darahnya tetap terkendali. Oleh karena itu, sangat disarankan agar minyak zaitun dikonsumsi secara teratur.

Ini karena adanya lemak tak jenuh dalam minyak zaitun, yang telah terbukti menurunkan tekanan darah. Namun, pastikan untuk mengkonsumsi buah zaitun extra virgin untuk mencapai hasil terbaik.

2. Mengurangi Serta Mencegah Penyakit Jantung

Minyak zaitun juga telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini masih terkait dengan perannya sebagai pengatur kolesterol.

Jika sirkulasi darah lancar, kolesterol dalam darah tidak teroksidasi. Penyakit jantung juga bisa dihindari di usia muda.

3. Pengobatan Alternatif Alzheimer

Minyak zaitun tidak hanya dapat mencegah dan mengobati penyakit dalam tubuh. Menurut peneliti University of Florence, itu juga dapat mengobati penyakit Alzheimer.

Polifenol dalam minyak ini adalah pelakunya. Polifenol (terutama yang ditemukan dalam minyak zaitun murni) ditemukan bermanfaat bagi tikus dengan penyakit Alzheimer dalam penelitian ini.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal PLOS One (jurnal akses terbuka). Selama 8 minggu, tikus diberi oleuropein aglikon, senyawa polifenol utama dalam minyak zaitun extra virgin.

Menurut penelitian, suplementasi makanan dengan oleuropein aglikon meningkatkan kemampuan kognitif tikus secara signifikan lebih dari kelompok kontrol tikus yang tidak menerima polifenol minyak zaitun.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Tulang

Tidak hanya menyangkut kesehatan organ dalam. Manfaat minyak zaitun untuk tubuh meluas ke tulang manusia juga.

Salah satu manfaatnya adalah dapat menebalkan tulang dan mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Penelitian ini menggunakan tikus dalam kondisi menopause, dengan satu kelompok menerima minyak zaitun secara teratur dan yang lainnya tidak menerima minyak zaitun.

Menurut temuan penelitian ini, tikus yang tidak diberi minyak zaitun memiliki kadar kalsium yang lebih rendah dan kadar Nitrat, MDA, dan ALP yang lebih tinggi.

5. Dapat Meredakan Peradangan Kulit

Dapat Meredakan Peradangan Kulit

Keuntungan lain dari minyak zaitun adalah dapat mengurangi peradangan kulit. Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengobati kulit gatal, terbakar sinar matahari, dan jenis kulit sensitif. Hal ini karena minyak ini mengandung zat anti inflamasi.

6. Mengatasi Depresi

Bukan hanya penyakit fisik. Minyak zaitun juga dapat membantu mengatasi penyakit mental. Makanan yang mengandung minyak zaitun telah terbukti dalam penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Navvara dan Las Palmas de Gran Canaria untuk membantu orang mengatasi penyakit mental.

Menurut netdoctor.co.uk, kombinasi pilihan diet mediterania yang sehat seperti ikan berminyak, sereal gandum utuh, toma toe kering, dan minyak zaitun dapat mengurangi depresi pada seseorang.

7. Pengurangan dan Pencegahan Risiko Kanker

Manfaat kesehatan pertama dari minyak zaitun adalah pencegahan kanker dan pengurangan risiko. Khusus untuk kanker kulit dan kanker payudara.

Ini karena efektivitas vitamin E dan senyawa fomol. Kedua zat ini bersifat anti inflamasi dan antioksidan. Untuk mengobati kanker kulit, oleskan minyak zaitun pada kulit sebagai sunblock atau tabir surya.

Seperti yang mungkin kamu ketahui, tabir surya dapat melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UVA dan UVB yang dipancarkan matahari.

Minyak zaitun dapat melindungi dari melanoma dan kanker ganas, jenis kanker yang paling berbahaya.

Kasus kanker payudara lainnya. Jenis kanker ini disebabkan oleh konsumsi lemak jahat dalam jumlah berlebihan.

Kandungan lemak minyak zaitun ternyata bisa melawan tumor yang berkembang di dalam tubuh dan berpotensi menyebabkan kanker payudara.

Kandungan asam oleat, senyawa bioaktif, lemak tak jenuh, dan zat lainnya berperan dalam mencegah penyakit tersebut.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan

Kecantikan itu penting bagi wanita. Selain berbagai produk perawatan kulit komersial, kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun.

Karena kandungannya yang bermanfaat, minyak zaitun memiliki berbagai macam manfaat kecantikan. Silakan lihat ulasan berikut untuk informasi lebih lanjut:

1. Mengatasi dan Memerahkan Masalah Bibir Hitam

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan K, yang dapat membantu menghilangkan warna bibir yang gelap.

Ketika warna bibir kamu memudar menjadi hitam, menggunakan minyak zaitun secara teratur dapat membuatnya lebih merah. Caranya sederhana: oleskan minyak zaitun ke bibir kamu setiap hari.

2. Meningkatkan Ketebalan Alis

Meningkatkan Ketebalan Alis

Tentu saja, memiliki alis yang terlalu tipis dapat membuat kamu terlihat lebih tua. Silakan gunakan minyak zaitun untuk memperbaikinya.

Minyak zaitun dapat menebalkan alis, yang merupakan salah satu manfaat kecantikannya. Ini karena kandungan nutrisinya. Vitamin E salah satunya.

Informasi ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Gunakan hanya minyak zaitun alami (ekstra virgin) yang tidak tercemar bahan kimia.

Penerapannya sederhana; cukup oleskan ke alis sebelum tidur. kamu kemudian meninggalkannya semalaman. Saat mencuci muka keesokan harinya, mohon bilas dengan air.

3. Perawatan Rambut Agar Terlihat Lebih Tebal dan Berkilau

Sulit untuk menghindari mengubah gaya rambut atau warna seseorang di masyarakat saat ini. Jadi jangan heran jika touch-up melibatkan pengeritingan, pelurusan, dan penggunaan bahan kimia yang tak terhindarkan.

Jika dilakukan berulang kali, hal ini dapat menyebabkan kerusakan rambut. Rambut rontok, patah, rambut kering, dan masalah lainnya juga dapat muncul.

Namun, masalah ini dapat diatasi dengan mengoleskan minyak zaitun ke rambut. Ini karena adanya vitamin E dalam minyak zaitun, yang membantu menjaga kesehatan rambut.

Hasilnya, rambut kamu kembali tebal dan berkilau. Padahal, minyak zaitun bisa digunakan untuk membantu penderita kebotakan. Karena dapat merangsang pertumbuhan rambut.

4. Membuat Bulu Mata Menjadi Panjang dan Tebal

Minyak zaitun, seperti halnya untuk alis dan rambut, dapat menebalkan, memanjangkan, dan mengeritingkan bulu mata.

Kamu tidak perlu lagi memakai maskara atau ekstensi bulu mata. Karena pengaplikasian minyak zaitun secara teratur dapat menjaga bulu mata kamu tetap lentik.

5. Mengecilkan Pori-pori Wajah dan Kulit Lebih Kencang

Zat linoleat adalah pemain utama dalam manfaat minyak zaitun untuk tubuh yang satu ini. Zat ini akan mengecilkan pori-pori di wajah, meningkatkan performa.

Selanjutnya, zat tersebut akan membantu dalam pelestarian kadar air pada kulit wajah. Keriput dan penuaan dini juga bisa dihindari.

Kandungan antioksidannya juga akan membantu sel-sel kulit wajah dalam melindungi diri dari berbagai jenis kerusakan.

Untuk membuatnya, campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok teh madu. Gunakan sebagai masker wajah secara rutin.

6. Wajah Menjadi Lebih Halus

Minyak zaitun memang memiliki manfaat yang bermanfaat bagi kulit. Keuntungan lain dari minyak zaitun adalah dapat melembutkan kulit di wajah kamu.

Kamu bisa mengombinasikannya dengan buah pepaya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Oleskan sebagai masker setelah itu.

Karena enzim papain, pepaya memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit. Sementara itu, minyak zaitun mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E.

Fungsinya untuk melembabkan kulit dan menghaluskan wajah. Misalnya, pepaya dapat digunakan sebagai tabir surya alami. Perpaduan keduanya akan mempercepat menghaluskan kulit wajah.

Untuk menyiapkannya, tumbuk pepaya dan campurkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Jika sudah, cukup bilas dengan air hangat.

7. Berfungsi Sebagai MakeUp Remover

Berfungsi Sebagai MakeUp Remover

Jika kamu kehabisan makeup remover suatu hari, minyak zaitun bisa menjadi penggantinya. Alhasil, tak heran jika banyak sekali produk pembersih berbahan dasar minyak zaitun. Gunakan minyak zaitun untuk menghapus riasan, terutama riasan tahan air.

8. Minyak Zaitun Dapat Memutihkan Wajah

Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai pemutih wajah alami. Ini karena mengandung polifenol.

Zat ini memiliki kemampuan untuk melindungi sel dari kerusakan. kamu tidak lagi harus menggunakan produk pemutih wajah kimia yang berisiko tinggi.

Selanjutnya, tidak perlu membuang rupiah untuk produk yang merusak kulit. Cukup gunakan minyak zaitun setiap hari. Meski butuh waktu untuk mencapai kulit putih, hasilnya pasti akan lebih aman.

9. Mengatasi Jerawat di Kulit

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum menyerang remaja dan orang dewasa. kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak zaitun.

Beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit berjerawat adalah sebagai berikut:

  1. Polifenol dalam produk ini dapat membantu tubuh mengeluarkan racun. Infeksi dapat dihindari
  2. Karena adanya vitamin, minyak zaitun menjadi obat herbal yang dapat mengobati jerawat, Inilah yang menyebabkan minyak zaitun mempercepat penyembuhan luka jerawat
  3. Memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan jerawat dan bekas luka
  4. Ini non-comedogenic dan tidak akan menyumbat pori-pori kamu.

Agar paling efektif dalam mengobati jerawat, minyak zaitun harus diolah sebagai masker. Cukup siapkan 1 sendok makan minyak zaitun dan oleskan pada area wajah yang rawan jerawat.

Kemudian, selama 5 menit, pijat perlahan dan lembut. Biarkan selama 15 menit. Kemudian, bersihkan dengan kain hangat. Ulangi beberapa kali, dan lakukan setiap kali kamu pergi tidur.

10. Selamat Tinggal, Kulit Kering!

Manfaat minyak zaitun juga bisa digunakan untuk merawat kulit kering. Baik pada wajah maupun pada kulit tubuh secara keseluruhan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa minyak zaitun dapat berfungsi sebagai pengganti body lotion dalam hal melembabkan kulit.

Selanjutnya, minyak zaitun akan melindungi kamu dari radikal bebas. Peradangan kulit juga dapat dikurangi secara signifikan.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil

Wanita hamil juga bisa mendapatkan manfaat dari minyak zaitun. Dapat dikonsumsi langsung, digunakan sebagai bahan makanan, atau dioleskan ke tubuh. Untuk wanita hamil, minyak zaitun memainkan peran berikut:

1. Melancarkan Persalinan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Tubuh Melancarkan Persalinan

Mengkonsumsi minyak zaitun selama kehamilan sebenarnya dapat membantu proses persalinan dan melahirkan!

Ini karena adanya vitamin K yang melimpah. Proses pembekuan darah didukung dengan baik. Alhasil, kamu akan bisa bekerja lebih mudah nantinya.

Ini juga mengandung vitamin C, yang membantu menjaga aliran darah. Otak dan organ lainnya dapat disuplai dengan oksigen yang sempurna, dan kelahiran bisa lebih sehat.

2. Meningkatkan Perkembangan Organ Janin

Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat bagi ibu, tetapi juga dapat bermanfaat bagi janin dalam kandungan.

Salah satu fungsinya adalah untuk membantu perkembangan berbagai organ dalam tubuh bayi, antara lain pankreas, ginjal, dan otak.

Kandungan vitamin E yang tinggi dapat melindungi tubuh dari proses oksidasi. Bayi dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang kaya oksigen, untuk informasi kamu.

Mengkonsumsi minyak zaitun selama kehamilan dengan demikian sangat disarankan, terutama bagi ibu dengan riwayat kelahiran prematur. Selanjutnya, minyak zaitun dapat membantu otak janin berkembang lebih optimal.

Seperti yang mungkin kamu ketahui, kandungan minyak zaitun dapat membantu meningkatkan fungsi dan perkembangan otak. Efeknya setelah bayi lahir dan tumbuh, ia akan mudah belajar dari lingkungannya.

3. Mengatasi Stretchmark dan Puting Pecah-Pecah

Selulit dan stretch mark adalah momok yang menakutkan bagi wanita, terutama dalam hal penampilan.

Tentu saja, setelah hamil dan melahirkan, ini menjadi hal yang biasa. Tapi kamu tidak menginginkan itu, bukan?

Oleskan minyak zaitun ke pinggul, perut, dan payudara sebanyak mungkin selama kehamilan. Kandungan polifenol akan efektif mengurangi stretch mark setelah melahirkan di kemudian hari.

Selanjutnya, minyak zaitun dapat meredakan puting pecah-pecah sebelum persalinan dan selama menyusui. Efek lain, seperti menyengat, dengan demikian dapat dikurangi.

4. Meningkatkan Kesehatan Janin dan Perkembangan Saraf

Meningkatkan Kesehatan Janin dan Perkembangan Saraf

Konsumsi minyak zaitun selama kehamilan bermanfaat bagi kesehatan janin kamu. Kandungan omega-3 sangat penting untuk perkembangan saraf janin.

Hal ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan janin. Minyak zaitun sebaiknya dikonsumsi selama trimester terakhir kehamilan.

Karena sistem saraf janin akan terbentuk pada saat itu. Lemak juga bermanfaat bagi perkembangan intelektual dan kardiovaskular bayi kamu.

5. Mencegah Infeksi pada Ibu Hamil

Ibu hamil tentunya membutuhkan pengamanan ekstra agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk infeksi.

Jika kamu mengonsumsi minyak zaitun secara teratur selama kehamilan, kemungkinan kamu terkena infeksi akan lebih kecil.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat minyak zaitun untuk tubuh memiliki ragam efek fisiologis yang bisa kamu gunakan secara rutin, karena minya zaitun juga dapat membantu kamu dalam menjaga pola hidup yang sehat.

Lalu kamu bisa menambah olahraga dengan teratur untuk membantu menunjang efek atau manfaatnya.

Tapi, walaupun minyak zaitun memiliki efek yang baik untuk tubu, kamu juga perlu ketelatenan untuk menggunakannya.

Demikianlah artikel mengenai manfaat minyak zaitun untuk tubuh memiliki ragam efek fisiologis dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */