Cara Menggunakan Aplikasi Lightroom Untuk Edit

InfoKekininian.com – Sudah banyak orang mungkin menggunakan aplikasi lightroom, tapi siapa sangkah asa juga beberapa orang yang belom mengtahui cara menggunakan aplikasi lighroom? Yuk simak penjelasannya ya!

Adobe juga menawarkan Lightroom, aplikasi pengeditan foto yang dirancang terutama untuk mengubah pencahayaan dalam foto, selain aplikasi Photoshop seluler. Mengejutkan betapa banyak orang yang dibuat bingung oleh aplikasi Lightroom untuk Android, meskipun faktanya terlihat begitu mendasar.

Lightroom berbeda dari perangkat lunak lain, karena kamu harus mendaftarkan akun sebelum dapat menggunakannya. Kabar baiknya adalah tidak ada biaya apa pun di Adobe, jadi kamu dapat menggunakannya secara gratis.

Namun, jika kamu tertarik untuk mencoba fitur tambahan, kamu dapat membayar biaya bulanan untuk meningkatkan ke versi premium.

cara menggunakan lighroom untuk edit

Cara Menggunakan Tool di Adobe Lightroom

Sebelum beralih ke instruksi tentang cara menggunakan aplikasi Lightroom, kamu harus terlebih dahulu memahami alat apa yang dapat diakses.

Ini penting, karena memungkinkan kamu mengedit lebih cepat, karena kamu sudah terbiasa dengan cara kerja setiap alat.

1. Selective, Healing, dan Crop

Alat Selektif dapat digunakan untuk memilih area tertentu dari foto untuk diedit. Ada juga Healing yang membantu membasmi jerawat hingga flek hitam. Untuk memangkas dan memindahkan foto, kamu harus menggunakan Pangkas.

2. Profiles, Auto, dan Light

Alat Profil dan Otomatis di Lightroom memungkinkan kamu untuk secara otomatis mengedit foto langsung dari Lightroom dengan memilih preset yang ada.

Sedangkan Light tool untuk mengatur pencahayaan dengan menambahkan Contrast dan Exposure.

Optik dan Warna: Ilmu Penglihatan

Selanjutnya ada Color yang bisa digunakan untuk mengatur warna foto. Kemudian alat Effects yang membantu untuk memberikan efek pada gambar, seperti Grain, Vignette, dan Clarity.

Selain itu, ada Optik, yang dapat digunakan untuk mengoreksi lensa foto yang buram.

3. Color, Effects, dan Optics

Geometri adalah fitur Lightroom yang berfungsi untuk mengatur perspektif menjadi bentuk vertikal dan horizontal.

Preset, memberikan sentuhan filter yang dapat diakses dalam aplikasi. Dan terakhir, Reset, untuk mengembalikan foto ke tampilan semula.

Dengan banyaknya tools tentunya akan mempengaruhi cara kamu memanfaatkan Lightroom yang lebih sederhana. Jadi, proses pengeditan dapat berjalan dengan mudah tanpa perlu mengunduh perangkat lunak yang berbeda hanya untuk mengedit bagian tertentu dari foto.

Cara Menggunakan Aplikasi Lightroom

Secara keseluruhan, Lightroom tidak menawarkan alat selengkap perangkat lunak pengedit foto lainnya untuk Android, seperti Photoshop Express, karena aplikasi ini khusus mengubah pencahayaan dalam foto. Meskipun aplikasi Lightroom secara signifikan lebih sederhana untuk digunakan

Nah, bagi kamu yang baru ingin belajar Lightroom, mungkin kumpulan tutorial berikut bisa membantu.

  1. Ya, kamu harus mengunduh dan mendaftarkan akun Adobe terlebih dahulu.
  2. Jika kamu sudah masuk, tekan Item Baru, lalu pilih Album
  3. Kemudian kamu dapat memanggil album apa pun yang kamu suka.
  4. Setelah itu, pilih tkamu plus (+) untuk mengunggah foto untuk diedit.
  5. Foto dapat diambil langsung dari kamera atau dari galeri.
  6. Di halaman editor, temukan alat dan filter yang ingin kamu terapkan pada foto
  7. Profil Lightroom dapat ditemukan dengan memilih opsi menu Profil dan kemudian Preset.
  8. Putuskan pengaturan apa pun yang tampaknya cocok untuk kamu selanjutnya.
  9. Langkah terakhir adalah menyimpan foto dan kemudian mencari tahu ukurannya.

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa aplikasi yang kamu bisa gunakan untuk mengedit foto menggunakan aplikasi lightroom. Semoga bermanfaat!

/* */