Cara Mudah Membersihkan Udang Agar Tidak Amis

Cara Membersihkan Udang – Sobat suka makan udang atau sedang berencana untuk¬†memasak¬†sendiri udang dan menjadikannya¬†santapan yang lezat dan menyehatkan? Udang memang merupakan salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak protein, vitamin dan mineral, bahkan udang dikatakan mengandung “Complete Protein” dimana sebagian besar protein yang dibutuhkan tubuh ada pada udang.

Eits sebelum sobat mengolah udang, tentunya harus dibersihkan terlebih dahulu dong karena didalam perut udang juga terdapat kotoran sisa pencernaan dari si Udang itu. Sudah tahu belum cara membersihkan udang yang benar? Satu lagi problem yang biasa dihadapi saat memasak udang yaitu bau amis, nah kita akan bahas itu semua kali ini.

Cara Mudah Membersihkan Udang agar Tidak Amis

  1. Yang pertama harus sobat lakukan yaitu memastikan kalau Udangnya sudah ada, kalau ga ada apanya yang mau dibersihin :v
  2. Masukkan udang kedalam wadah, lalu cuci untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada udang.
  3. Setelah dirasa cukup bersih, rendam udangnya dalam air yang sudah ditambah perasaan jeruk nipis sekitar 1 sendok makan saja selama kurang lebih 5 menit. Kita semua tahu, jeruk nipis memang sering digunakan untuk menghilangkan bau amis baik itu di udang maupun ikan.

    Cara Membersihkan Udang
    Proses Membersihkan Udang ( www.heinzabc.co.id )
  4. Sobat bisa buang kepala dan kulit udang jika sobat tidak menyukainya, tapi sebenarnya dikepala dan kulit udang juga terdapat banyak manfaat untuk tubuh kita.
    Cara Membersihkan Udang 2
  5. Sayat bagian perut udang dari bagian kepala sampai bagian ekor sedalam 1/2 cm, nanti sobat akan melihat isi perut udang menyerupai benang berwarna hitam.
    Cara Membersihkan Udang 3
  6. Keluarkan isi perut udang tersebut, tarik perlahan-lahan agar tidak putus karena kalau putus jadi lebih susah membuang kotorannya.

    Cara Membersihkan Udang 4
    membuang isi perut udang ( waiem.blogspot.co.id )
  7. Lakukan hal yang sama ke-semua udang yang sobat miliki, jangan sampai ada yang dilewatin ya. Memang harus sedikit sabar dan telaten jika udang yang ingin sobat masak itu banyak.
  8. Jika sudah, bilas lagi dengan air bersih sebanyak 2x agar memastikan tidak ada lagi kotoran yang tersisa.

Oke proses pembersihan dan menghilangkan rasa amis pada udang sudah sobat lalui. Sekarang nasib udang tersebut ada ditangan sobat, entah dia mau jadi udang goreng tepung, udang goreng mentega, udang goreng madu atau udang sambalado. Semoga bermanfaat, salam sobat kekinian :v

Tinggalkan komentar