10 Manfaat Dari Buah Nanas Untuk Kesehatan

Infokekinian.com – Selain buahnya yang bisa dikonsumsi karena rasanya yang lezat, ternyata terdapat 10 manfaat dari buah nanas untuk kesehatan yang bisa kamu coba di rumah.

Nanas merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Rasa buah yang dominan manis dan sedikit asam ini menyegarkan dan cocok untuk dijadikan camilan saat terik matahari.

Apa itu Nanas

Namun, beberapa orang memiliki efek gatal pada lidah dan bibir setelah mengonsumsinya. Rasa gatal tersebut terjadi karena getah yang menempel pada kulit membuatnya gatal, namun kamu bisa mengatasinya dengan mencucinya dengan air garam terlebih dahulu.

Apa itu Nanas?

Buah dengan nama latin Ananas Comocus ini dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, seperti Indonesia. Dan secara morfologi dan klasifikasi, sebenarnya nanas ini termasuk dalam kelompok perdu.

Selain bisa dimakan langsung, nanas juga bisa kamu olah menjadi berbagai kuliner yang nikmat seperti makanan dan minuman. Tak jarang, kini kamu bisa dengan cepat mendapatkan olahan berbahan dasar nanas.

Selain itu, nanas juga mengandung vitamin, enzim, mineral, dan antioksidan tingkat tinggi. Dan berkat kandungannya, nanas dapat membawa segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Pada Nanas

Menurut penelitian, dalam 165 gram nanas, terdapat nutrisi sebagai berikut:

  1. 142gr Air
  2. 13.12gr Karbohidrat
  3. 1.4gr Serat
  4. 13mg Kalsium
  5. 12mg Magnesium
  6. 8Mg Fosfor
  7. 109Mg Kalium
  8. 47.8mg Vitamin C
  9. 18 mcg Folat atau Vitamin B9
  10. 35mcg Beta Karoten.

Kemudian nanas mengandung protein, zat besi, seng, tembaga, selenium, vitamin B1, B2, B3. Dan antioksidan yang terkandung dalam nanas adalah flavonoid dan asam fenolik.

Selain itu, unsur antioksidan dalam nanas juga saling berkaitan. Hal ini memungkinkan antioksidan untuk bertahan hidup di lingkungan yang keras sambil memiliki efek yang lebih tahan lama pada tubuh.

kamu harus memahami bahwa ada perbedaan nutrisi antara nanas kemasan dan nanas segar. Data dari USDA menunjukkan bahwa nanas kemasan memiliki lebih banyak kalori dan gula ekstra.

Belum lagi kekurangan mineral dan vitamin. Jika harus membeli nanas kemasan, usahakan untuk mendapatkannya tanpa tambahan gula.

Nanas mengandung asam askorbat, atau vitamin C, penting untuk sistem kekebalan tubuh, proses perkembangan, dan penyerapan zat besi dari makanan.

Sedangkan nutrisi penting dalam nanas berfungsi sebagai antioksidan, mendukung metabolisme yang sehat, dan secara alami melindungi dari osteoporosis.

Enzim bromelain, yang telah ditunjukkan dalam penelitian untuk mengurangi edema dan peradangan, juga ada dalam nanas—misalnya, radang sendi, sakit tenggorokan, atau sinusitis.

Bromelain, senyawa yang ditemukan dalam nanas, dapat membantu pencernaan protein dan bahkan dapat mengurangi perut kembung jika dikonsumsi sebagai pelengkap atau makanan penutup untuk makanan lain.

Cara Menanam Nanas

Cara Menanam Nanas

Berikut beberapa syarat dan cara menanam nanas:

Syarat Tumbuh

Berikut beberapa kondisi yang bisa kamu perhatikan sebelum mulai menanam nanas:

  1. Iklim tropis
  2. Bisa tumbuh di dataran tinggi sampai dataran rendah
  3. Tanah gembur dan subur
  4. Memiliki tanah dengan unsur organik
  5. Dapat terkena sinar matahari selama 9 jam per hari
  6. Suhu sekitar 23-32 derajat
  7. Keasaman tanah sekitar 5,7-7 pH
  8. Memiliki drainase yang baik
  9. Curah hujan yang cukup.

Proses Budidaya Nanas

Berikut adalah proses penanaman nanas yang baik dan benar:

  1. Buat lubang masuk melalui bedengan berukuran 30x30x30 cm dengan jarak antar tanaman 40×60 cm.
  2. Kemudian membuat drainase (pembuangan massa air) di sekitar bedengan (area tanam) agar air tidak menggenang (stagnasi) dan bedengan tidak menggenang saat musim hujan tiba.
  3. Kemudian tanam bibit nanas sedalam 3-5 cm
  4. Setiap lubang hanya ditanami satu bibir saja, agar setiap tanaman mendapat nutrisi dan ruang tumbuh yang cukup
  5. Kemudian padatkan kembali tanahnya, sampai tanaman bisa tumbuh dengan kuat
  6. Terakhir, siram biji nanas yang sudah ditanam tadi.

Perawatan dan Pemeliharaan

Perawatan adalah tahap penting berikut dalam mengembangkan tanaman nanas. Kamu harus berhati-hati selama proses ini untuk memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dan bebas dari hama dan penyakit.

Berikut kami paparkan beberapa pilihan cara merawat tanaman nanas:

Penyiraman

Secara umum nanas merupakan tanaman yang tahan terhadap cuaca panas atau lokasi dengan akses air yang sedikit.

Namun, kamu tetap harus menyirami nanas untuk penyerapan nutrisi yang optimal jika kamu menginginkan nanas dengan kualitas terbaik.

Siram nanas di pagi dan sore hari untuk mendorong produksi nanas menghasilkan lebih banyak buah, kamu perlu menyiramnya seminggu sekali.

Penyulaman

Langkah selanjutnya dalam proses perawatan adalah bordir, yang dilakukan untuk menggantikan tanaman nanas yang mati.

Namun, hanya bibit nanas yang berumur satu minggu atau lebih muda yang bisa disulam. Penanaman kembali bibit nanas yang berumur lebih dari seminggu berisiko menyebabkan perkembangan yang tidak merata.

Penyiangan

Karena tanaman nanas menerima banyak nutrisi, yang mendorong gulma untuk berkembang biak, gulma dan tanaman pengganggu lainnya dapat dengan cepat menyerang mereka.

Inilah sebabnya mengapa kamu harus secara teratur menghilangkan gulma seperti gulma untuk melindungi tanah dan tanaman nanas.

Penggemburan atau Pembumbunan

Memelihara tanaman nanas adalah proses yang sederhana. Untuk memperkuat tanaman nanas, kamu hanya perlu mengendurkan kotoran di sekitar ladang atau bedengan kemudian menumpuknya di sekitar tanaman.

Pemupukan

Agar proses pertumbuhan dan pembuahan berlangsung seefisien mungkin, maka tujuan dari proses pemupukan adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman nanas.

Pemupukan tanaman nanas dapat dilakukan dalam dua tahap: pertama, saat berumur 2 hingga 3 bulan setelah tanam, dan kedua, setelah 3 hingga 4 bulan, lanjutkan pemupukan hingga tanaman berbunga dan berbuah.

Pupuk dengan nitrogen, kalium, fosfor dan mikronutrien tersedia. Namun, dengan menggunakan metode pemupukan organik, kamu bisa menggunakan pupuk kering dari hewan peliharaan seperti sapi dan kambing jika kamu menanam nanas.

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Menurut beberapa sumber, cukup banyak khasiat yang dimiliki oleh nanas yang bisa kamu dapatkan saat memakannya. Berikut telah kami rangkum, manfaat dari buah nanas :

Mencegah Perut Kembung

Salah satu manfaat nanas untuk kesehatan adalah dapat membantu kamu menyingkirkan potensi kembung. Perut kembung biasanya menjadi masalah karena akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Saat perut kamu terasa kembung, konsumsilah nanas sebagai solusi pertama yang bisa kamu terapkan.

Karena buah ini mengandung bromelain yang dapat mencegah masalah, sehingga dapat mengatasi perut kembung dengan cepat.

Mencegah Kanker

Tidak dapat disangkal bahwa ancaman kanker bagi kesehatan tubuh cukup menakutkan. Ya, hal ini sangat wajar mengingat gangguan kesehatan ini juga bisa mengganggu proses metabolisme sehingga berpotensi menyebabkan kematian.

Dan itulah mengapa pencegahan kanker sejak dini diperlukan karena dampak kanker yang begitu parah.

Dalam situasi ini, memperbaiki pola makan kamu adalah hal yang benar untuk dilakukan, dan makan nanas adalah salah satu cara untuk melakukannya.

Ya, siapa sangka salah satu manfaat nanas adalah kemampuannya dalam mencegah kanker? Hal ini disebabkan sifat anti-karsinogenik nanas, yang telah ditemukan.

Di dalam tubuh, zat kimia tersebut akan berfungsi sebagai pencegah kanker. Sel-sel tubuh yang sehat akan terlindungi dari potensi bahaya oleh bahan kimia tersebut.

Manfaat tambahan dari nanas adalah benar-benar dapat mencegah kemungkinan kanker usus besar.

Hal ini karena buah ini memiliki konsentrasi antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi nanas menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang adalah ciri khas dari manfaat nanas berikut ini. Ingatlah bahwa menjaga kesehatan tulang sangat penting, terutama jika kamu masih dalam masa pertumbuhan.

Apa sebenarnya yang membuat nanas begitu bermanfaat untuk menjaga tulang yang kuat? Perlu diingat bahwa nanas memiliki banyak elemen berharga, termasuk kalsium dan mangan, yang berkontribusi pada manfaat kesehatannya.

Tulang akan menerima nutrisi dari mineral ini, yang akan membantu mereka tetap sehat.

Mencegah Pembekuan Darah

Nanas dapat dikonsumsi untuk membantu mencegah penggumpalan darah. Inilah manfaat penting nanas yang harus kamu perhatikan secara alami.

Nah, ada sejumlah komponen dalam nanas yang akan meningkatkan produksi hemoglobin. Kondisi tubuh seperti anemia, masalah tiroid, dan pembekuan darah dapat dihindari dengan produksi hemoglobin yang aman.

Melawan Radikal Bebas

Melawan Radikal Bebas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika kandungan vitamin C pada nanas tergolong tinggi. Antioksidan yang larut dalam air yang dikenal sebagai asam askorbat, kadang-kadang dikenal sebagai vitamin C, membantu melawan radikal bebas.

Molekul radikal bebas dapat berkembang sebagai akibat dari polusi udara di lingkungan terdekat kamu atau sebagai akibat dari proses metabolisme normal tubuh.

Radikal bebas dapat membahayakan dan bahkan menghancurkan sel-sel biologis yang sehat, dari mana pun asalnya.

Peradangan dan stres oksidatif, dua faktor yang berpotensi menyebabkan penyakit kronis, juga diduga dipicu oleh radikal bebas. Misalnya, obesitas, diabetes tipe 2, radang sendi, penyakit jantung, dan kanker.

Semua antioksidan dalam nanas bermanfaat untuk menghancurkan rantai radikal bebas tersebut dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

Secara tidak langsung, mengonsumsi nanas dapat menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis.

Menurunkan Risiko Penurunan Penglihatan

Dalam hal menjaga kesehatan mata, wortel mungkin paling dikenal karena kandungan vitamin A-nya yang tinggi. Padahal, banyak makanan lain yang bisa membantu orang menjaga kesehatannya, termasuk nanas.

Makan nanas dapat mengurangi risiko degenerasi makula, yaitu gangguan penglihatan yang terkait dengan usia. Kandungan vitamin C dan antioksidan nanas yang tinggi memberikan manfaat kesehatannya.

Melancarkan Pencernaan

Nanas mengandung serat, sama seperti buah dan sayuran lainnya. Sistem pencernaan kamu akan mendapat manfaat dari makan makanan berserat tinggi.

Plus, serat dicerna lebih lambat, membuat kamu kenyang lebih lama tanpa menambahkan banyak kalori.

Tidak seperti kebanyakan buah dan sayuran, nanas mengandung sejumlah besar enzim bromelain. Bromelain bertugas memecah protein yang dapat membantu pencernaan dan serat.

Bromelain, enzim yang ada dalam nanas, telah ditunjukkan dalam penelitian yang dipublikasikan di Biotechnology Research International efektif dalam mengobati tanda dan gejala diare.

Mengurangi Peradangan

Peradangan yang berlebihan dalam tubuh telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit, termasuk Alzheimer, diabetes, kanker, dan penyakit jantung koroner. Beberapa bahan kimia anti-inflamasi dapat ditemukan dalam nanas.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bromelain membantu mengurangi peradangan, terutama yang berhubungan dengan radang sendi.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Bromelain dan vitamin C dalam nanas dapat mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut sebuah studi Journal of Nutrition and Metabolism, anak-anak yang makan nanas lebih kecil kemungkinannya untuk sakit daripada anak-anak yang tidak.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa makan 140-280 gram nanas setiap hari dapat membantu menurunkan kemungkinan sakit atau mempercepat proses penyembuhan.

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Bromelain adalah enzim yang memiliki efek anti-inflamasi. Dengan kata lain, enzim tersebut dapat mengurangi edema atau peradangan.

Dipercaya bahwa peradangan menghambat penyembuhan luka. Nanas mempercepat proses penyembuhan luka kamu karena mengandung bromelain.

Efek Samping Konsumsi Nanas Secara Berlebih

Terlepas dari fakta bahwa nanas memberikan banyak manfaat kesehatan, nanas juga memiliki beberapa bahaya.

Terlalu banyak konsumsi nanas dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu. Beberapa gejalanya antara lain:

  1. Gatal gatal
  2. Sakit tenggorokan
  3. Sakit di daerah mulut
  4. Ruam pada kulit tubuh
  5. Mengalami kesulitan bernafas
  6. Diare
  7. Sakit perut
  8. Bersin
  9. Terkejut
  10. Muntah
  11. Pendarahan menstruasi yang berlebihan.

Selain itu, beberapa obat, termasuk antibiotik, pengencer darah, antikoagulan, dan antidepresan, dapat berinteraksi negatif dengan bromelain. Padahal makan nanas mentah bisa membuat kamu benar-benar sakit diare dan muntah-muntah.

Efek Samping Konsumsi Nanas Secara Berlebih

Karena itu, makanlah nanas secukupnya. Meski nanas memiliki sejumlah manfaat, sebaiknya tidak digunakan sebagai pengganti obat.

Coba masukkan buah yang satu ini dalam menu harian kamu mengingat banyaknya manfaat nanas.

Jika kamu ingin makan nanas untuk menyembuhkan masalah kesehatan tertentu, selalu bicarakan dengan dokter kamu terlebih dahulu.

FAQ

Berikut kami rangkum beberapa pertanyaan umum tentang manfaat dari buah nanas:

Apa Manfaat Buah Nanas Bagi Wanita?

Nanas bermanfaat untuk kesehatan wanita, hal ini dikarenakan nanas mengandung banyak mineral seperti seng, tembaga, beta karoten dan folat.

Dimana zat tersebut dapat membantu kita untuk memiliki sistem reproduksi yang sehat.

Kenapa Tidak Boleh Makan Nanas Untuk Perempuan?

Jika kamu sedang hamil dan tidak tahan dengan rasa asam, jika dikonsumsi dapat menyebabkan masalah pencernaan dan mual.

Hal ini dikarenakan kandungan asam pada nanas dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai khasiat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh dari buah nanas yang kita konsumsi.

Dan seperti yang telah dikatakan di atas, meskipun nanas memiliki banyak manfaat, kamu tetap harus meminumnya dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan.

Karena dapat menimbulkan efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan.

Demikianlah artikel mengenai manfaat dari buah nanas untuk kesehatan dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */