7 Manfaat Kunyit Asam Sirih Untuk Kesehatan

Infokekinian.com – Sebagian besar wanita di Indonesia pasti mengenal herbal kunyit, dan asam sirih, karena memiliki 7 manfaat kunyit asam sirih untuk kesehatan tubuh juga dapat meredakan nyeri saat haid dan bau badan.

Dan para wanita Indonesia ini juga sudah membuktikan sendiri dari khasiat jamu ini yang manjur tanpa efek samping.

Padahal, jamu kunyit asam kini sudah tersedia di minimarket dengan kemasan yang menarik dan rasanya yang enak dan tidak pahit.

Mengenal Kunyit Asam 

Tentunya dengan alasan inilah meminum kunyit asam ini akan sangat worth it atau patut untuk dicoba. Karena selain terbukti ampuh dan sehat, kamu juga bisa dengan cepat mendapatkannya.

Selain itu, harga jamu khas Indonesia ini relatif murah. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Mengenal Kunyit Asam 

Asam kunyit merupakan minuman tradisional yang cukup banyak dikonsumsi oleh sebagian masyarakat Indonesia. Minuman ini terbuat dari bumbu khas Indonesia, kunyit, dan asam jawa.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kedua bumbu ini memiliki khasiat dan kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh lho.

Fakta Tentang Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan dalam makanan Asia dan memiliki rasa hangat dan pahit.

Selain itu, akar kunyit juga dapat dimanfaatkan secara luas untuk membuat obat, hal ini dikarenakan biji kunyit mengandung zat kimia berwarna kuning atau bisa disebut kurkumin.

Aturan Dosis Kunyit

Studi biasanya menggunakan sekitar 500-2.000 mg kunyit setiap hari. Ini karena bentuk ekstraknya memiliki konsentrasi kurkumin yang jauh lebih tinggi daripada jumlah alami dalam makanan.

Misalnya, India menyediakan rata-rata 2,00-2500mg kunyit dalam makanan. Dengan kata lain, kunyit mungkin masih bisa dan memiliki manfaat jika digunakan sebagai bumbu.

Menurut sebuah studi observasional terhadap orang dewasa, konsumsi kari yang lebih tua berhubungan positif dengan kesehatan kognitif.

Meskipun tidak ada kesepakatan resmi tentang dosis kurkumin atau kunyit yang tepat, ini telah digunakan dalam penelitian dengan hasil yang menjanjikan.

Jadi, dosis harian 500-2.000 mg kunyit cukup efektif. Dan tetap tidak dianjurkan untuk penggunaan jangka panjang pada dosis tinggi.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Jika kamu sedang hamil atau menyusui, sebaiknya tidak mengonsumsinya dalam bentuk minuman atau obat-obatan. Adalah mungkin untuk menjadi tidak aman.

Karena dapat merangsang kontraksi pada rahim, maka dapat menimbulkan risiko pada kehamilan.

Jadi jangan mengkonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen obat saat sedang hamil.

Sekilas Fakta Asam

Sekilas Fakta Asam

Salah satu jenis buah tropis yang banyak dimanfaatkan di Indonesia adalah asam jawa. Dilansir dari Healthline, Asam Jawa merupakan pohon kayu keras yang secara ilmiah dikenal dengan nama Tamarindus Indica.

Asam jawa memiliki peran penting dalam pengobatan tradisional, yang dapat digunakan untuk mengobati diare, sembelit, demam dan sakit maag.

Selain itu, kulit dan daunnya juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan Gizi Buah Asam

Asam jawa memiliki banyak kandungan gizi, seperti satu cangkir daging buah asam jawa beratnya sekitar 120gr. Dan isi yang terkandung berupa :

  1. 28% Magnesium
  2. 22% Kalium
  3. 19% Besi
  4. 9% Kalsium
  5. 14% Fosfor
  6. 34% Vitamin B1 (Thiamin)
  7. 11% Vitamin B2 (Riboflavin)
  8. 12% Vitamin B3 (Niasin)
  9. Serta 6 gram serat, 3 gram protein, dan 1 gram lemak.

Mengenal Daun Sirih

Daun serih merupakan salah satu tanaman yang paling banyak ditanam di Indonesia. Selain itu, tanaman kesehatan jenis ini dapat mengatasi berbagai macam penyakit dan mengandung sekitar 85-90% air.

Dan itulah mengapa daun sirih rendah lemak dan kalori, yaitu hanya memiliki sekitar 0,4-1% per 100gr lemak, dan 44 per 100gr kalori.

Manfaat Kunyit Asam Sirih

Berikut adalah manfaat kunyit asam sirih yang bisa kamu coba di rumah:

Menghilangkan Bau Badan

Menghilangkan Bau Badan

Salah satu manfaat jamu ini adalah sebagai penghilang bau badan, hal ini terjadi karena mengandung eugenol dan capitol yang membantu menghilangkan penyebab bau mulut.

Serta kandungan estradiol dan klavikula yang dapat mengatasi bau badan karena bermanfaat untuk mengatur produksi hormon kelenjar keringat dalam tubuh.

Mengatasi Keputihan

Hal ini dikarenakan senyawa carvakrol pada daun sirih memiliki sifat desinfektan dan antijamur sehingga dapat digunakan sebagai obat antiseptik untuk keputihan.

Selain membilas air rebusan daun sirih ke dalam organ kewanitaan, kamu juga bisa mencampurkannya dalam jamu.

Manfaat Kunyit Asam

Berikut manfaat kunyit asam yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsinya:

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan adalah membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Selain itu, kandungan kurkumin dalam kunyit dapat melindungi tubuh dari kanker paru-paru

Selain itu, kandungan kurkumin dalam kunyit dapat melindungi tubuh dari kanker pankreas pada sistem pencernaan. Dan anti inflamasi yang berguna untuk menyehatkan pencernaan.

Tingkatkan Kekebalan

Kurkumin berperan sebagai imunomodulator yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat bekerja secara aktif untuk melawan bakteri dan virus berbahaya.

Selain itu, asam jawa memiliki efek antimikroba yang dapat membantu melawan serangan bakteri, virus dan jamur.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Selain mencegah penyakit jantung, kunyit juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah atau mencegah diabetes.

Hal ini karena kunyit dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Mengatasi Masalah Jerawat

Jika kamu memiliki masalah dengan jerawat di wajah kamu, maka kamu bisa menggunakan pasta kunyit asam.

Bahan ini akan menghasilkan pasta homogen yang dapat berguna dalam membantu mengatasi masalah pada bagian depan.

Cara membuatnya juga relatif mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan asam jawa, 1 sendok makan yogurt, dan 1/2 sendok teh bubuk kunyit murni.

Kemudian setelah tercampur rata, kamu bisa mengoleskannya secara merata pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Gunakan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang baik.

Membantu Mencegah Kanker

Salah satu sifat terapeutik kurkumin yang paling sebanding secara klinis adalah tindakan anti-kankernya.

Hal ini karena antioksidan dan anti inflamasi dianggap dapat mengurangi risiko kerusakan sel dalam tubuh dan mengurangi risiko mutasi sel dan kanker.

Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa kurkumin memiliki sifat anti-tumor dan membatasi pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker.

Cara Membuat Kunyit Asam

Cara Membuat Kunyit Asam

Berikut bahan dan cara membuat minuman herbal kunyit asam :

  1. 400gr kunyit, pilih yang lama
  2. 250 gr gula aren
  3. 100ml air hangat untuk merendam asam
  4. Air 2lt

Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat jamu kunyit hitam berkhasiat:

  1. Rendam dan peras asam jawa dengan air hangat, lalu sisihkan
  2. Bakar kunyit hingga agak kecoklatan, lalu kupas kunyit dan cuci bersih. Setelah itu potong kecil-kecil
  3. Kemudian blender kunyit dengan 500ml air
  4. Kemudian siapkan panci, lalu campurkan air asam jawa dan kunyit yang sudah dihaluskan dan sisa air 1,5 liter. Lalu masak hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan jamu dingin. Kemudian saring dan sajikan.

Efek Samping Minum Kunyit Terlalu Banyak

Kunyit mengandung senyawa oksalat sebanyak 2%, senyawa ini dapat menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dan batu ginjal juga bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Jadi meskipun kunyit asam memiliki banyak manfaat, sebaiknya kamu tetap mengonsumsinya dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan.

FAQ

Di sini kami telah mengumpulkan beberapa pertanyaan umum seputar khasiat jamu kunyit asam:

Bolehkah Minum Kunyit Asam Sirih Setiap Hari?

Kamu tidak boleh minum lebih dari 500 mg kunyit per hari. Hal ini dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tersumbatnya saluran empedu dan hati.

Apakah Benar Kunyit Membuat Rahim Kering?

Menurut dr. Zaidul Akbar, pakar kesehatan dan pendakwah, kunyit tidak bisa membuat peranakan atau rahim kering.

Apakah Kunyit Menghambat Kehamilan?

Jawabannya benar. Hal ini karena kunyit dapat menghambat pematangan sel telur dan ovulasi pada wanita menjadi sulit. Hal ini sama dengan dampaknya terhadap sperma pria.

Sehingga obat pelurus haid ini dianggap mampu mencegah atau menghambat kehamilan karena mempengaruhi ovulasi pada wanita.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat asam jawa untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui lengkap dengan efek sampingnya jika kamu meminumnya secara berlebihan.

Jadi untuk mendapatkan khasiat yang baik, kamu perlu meminumnya dalam dosis yang wajar atau dianjurkan. Jangan berlebihan, karena bisa menimbulkan efek samping yang sangat parah.

Demikianlah artikel mengenai manfaat kunyit asam sirih untuk kesehatan dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */