Cara Untuk Mengecilkan Ukuran Foto di Hp

Infokekinian.com – Dengan majunya teknologi saat ini membuat sesuatu menjadi lebih mudah, salah satunya adalah cara untuk mengecilkan ukuran foto di HP yang bisa kamu praktekan dengan mudah.

Banyak orang menggunakan media sosial sebagai galeri pribadi mereka di era yang semakin canggih ini.

Hal ini sangat mungkin terjadi karena kebanyakan orang terus-menerus mengunggah foto dan video ke media sosial.

Apalagi banyak orang yang kerap membagikan cerita kesehariannya di akun media sosial.Mengunggah foto ke Facebook, Instagram, Twitter, dan situs lainnya, misalnya.

Daftar Cara mengecilkan Ukuran Foto

Namun, tidak semua foto bisa diunggah ke media sosial. Ukuran foto harus memenuhi syarat agar dapat diunggah, sehingga tidak boleh terlalu kecil atau terlalu besar.

Kini ada cara mudah mengecilkan ukuran foto agar bisa diunggah. Ya, kamu dapat menggunakan beberapa aplikasi yang memungkinkan kamu mengecilkan foto. Meski ukuran fotonya mengecil, kualitas fotonya tidak.

kamu dapat memperoleh gambar dengan kualitas tertinggi, bahkan lebih baik dari aslinya. Bukankah itu canggih?

Tentu saja, semua orang menghargai ini. Jadi, bagi kamu yang sering mengunggah foto ke media sosial, tidak perlu lagi khawatir dengan ukurannya yang terlalu besar.

Gunakan beberapa aplikasi reduksi foto untuk memastikan bahwa gambar diunggah dengan lancar.

Daftar Cara mengecilkan Ukuran Foto

Jadi, untuk informasi lebih lanjut tentang beberapa aplikasi ini. Simak ulasannya di bawah ini:

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Paint

Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang tidak suka repot mengecilkan ukuran sebuah foto. Ini karena aplikasi ini dapat mengurangi ukuran berdasarkan preferensi kamu.

Prosedurnya sederhana dan mudah. Berikut adalah beberapa metode untuk mengurangi ukuran foto:

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka cat. Kemudian, pilih foto yang akan diubah ukurannya dan pilih Resize dari menu toolbar.
  2. Setelah itu, kamu dapat mengubah ukuran foto sesuai keinginan kamu. Baik dari segi lebar, piksel, maupun tinggi.
  3. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengubah ukuran setiap saat. Gambar masih dapat diubah ukurannya jika kotak centang Pertahankan rasio aspek tidak dicentang.
  4. Langkah terakhir dalam memperkecil ukuran foto dengan cat adalah dengan mencentang kolom Pertahankan rasio aspek dan klik OK.
  5. Jika kamu telah mencentang kolom Pertahankan rasio aspek, kamu tidak akan dapat mengubah foto. Ini karena fakta bahwa cat akan secara otomatis menyesuaikan ukuran foto agar pas secara kasar.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Photoshop CS.6

Aplikasi ini dapat membantu kamu yang suka mengupload foto ke media sosial namun ukurannya terlalu besar.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Photoshop CS.6

Selain dapat memperkecil ukuran, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengedit. Ini sangat canggih dan, tentu saja, sangat berguna, bukan?

Nah, bagi kamu yang ingin mengecilkan ukuran, simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah meluncurkan aplikasi Photoshop. Kemudian, pilih gambar yang perlu diubah ukurannya. Kemudian, pilih menu gambar.
  2. Saat kamu tiba di menu gambar, pilih ukuran gambar dari daftar.
  3. Jika demikian, kamu dapat mengubah ukuran foto sesuai keinginan. Biasanya, aplikasi ini akan mengurangi panjang kali lebar foto kamu secara otomatis. Hal ini dilakukan agar gambar tampak proporsional.
  4. Menghapus centang pada menu Constain Proportions akan memungkinkan kamu untuk mengubah ukuran panjang kali lebar. Akibatnya, Photoshop tidak dapat menyesuaikan secara otomatis, dan kamu dapat mengubah ukuran sesuai kebutuhan.
  5. Setelah memperkecil ukuran, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan ukuran atau ukuran yang kamu inginkan. Selain itu, kamu dapat mengubah kualitas foto dan ukuran file.
  6. Langkah terakhir adalah menyimpan atau mencadangkan pekerjaan kamu di laptop atau komputer.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Ponsel Android

Selain PC, kamu bisa memperkecil ukuran foto dengan ponsel Android. Banyak orang merasa kesulitan untuk mengecilkan ukuran ponsel Android mereka.

Namun, kamu dapat melakukannya dengan sangat mudah kali ini. Ya, aplikasi Photo Compress 2.0 adalah caranya.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Sebab, selain memperkecil ukuran, aplikasi ini tidak mengurangi kualitas foto kamu.

Akibatnya, menggunakan aplikasi ini memastikan kualitas tinggi. Nah, berikut ini petunjuk penggunaannya:

  1. Langkah pertama adalah mendapatkan aplikasi ini dari Google PlayStore.
  2. Kemudian, luncurkan aplikasi yang diunduh. Kemudian tap galeri dan pilih gambar mana yang akan dikecilkan, lalu tekan Ok pada kolom yang sudah tersedia.
  3. Pada halaman berikut, kamu akan menemukan informasi tentang ukuran foto saat ini dan aslinya. Untuk memulai tahap pengurangan ukuran tanpa menurunkan resolusi, ketuk tombol kompres yang sudah ada.
  4. Yang harus kamu lakukan di halaman ini adalah memilih kualitas kompresi dari menu tarik-turun. Ada juga menu slider yang menampilkan persentase pengurangan ukuran gambar. Untuk hasil terbaik, ukuran persentase harus lebih besar dari 60%.
  5. Aplikasi ini akan memproses gambar yang kamu edit dalam hitungan detik. Gambar tersebut 80 persen lebih kecil dari sebelumnya, seperti yang terlihat pada kolom informasi. Langkah terakhir adalah tap exit, dan foto-foto akan disimpan secara otomatis di memori internal.

Cara Kompres Foto di Ponsel Android Menggunakan Lit Photo

Ada beberapa cara untuk mengecilkan ukuran foto di Android. Salah satu metodenya adalah dengan menggunakan aplikasi kompres dan ubah ukuran yang dikembangkan oleh foto menyala.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dan sudah banyak yang menggunakannya. Banyak orang senang dengan pengeditan yang dimungkinkan oleh aplikasi ini.

Cara Kompres Foto di Ponsel Android Menggunakan Lit Photo

Jadi kamu tidak perlu khawatir menggunakan aplikasi yang satu ini. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi dari Google PlayStore.

Kemudian, setelah unduhan dan instalasi selesai, luncurkan aplikasi. Pilih menu kompres foto dari halaman depan.

Kemudian, pilih gambar yang diinginkan. kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk memperkecil ukuran 100 foto sekaligus.

Setelah kamu selesai memilih gambar, klik tanda centang di sudut kanan atas aplikasi. Kemudian kamu akan diberikan dua opsi: memperkecil ukuran foto atau mengurangi kualitasnya.

Jika kamu ingin memperkecil ukuran gambar berdasarkan kualitasnya, gunakan penggeser yang disediakan.

Sesuaikan dengan persentase kualitas yang diinginkan. Semakin tinggi persentasenya, semakin besar dan semakin baik ukuran dan kualitasnya.

Semakin kecil presentasi, semakin rendah kualitas dan ukurannya. Jika kamu memilih opsi ukuran, gambar dapat diubah ukurannya ke ukuran tertentu. Kurangi ukuran gambar menjadi 200 KB, misalnya.

Untuk mengecilkannya, geser slider dengan menu nomor 200 KB. Jika kualitas foto memenuhi persyaratan kamu, klik tombol mulai mengompresi aplikasi.

Tunggu hingga proses selesai. Foto kamu secara otomatis disimpan dalam folder Foto Lit, yang dapat diakses melalui galeri atau pengelola file.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop Tanpa Aplikasi

Jadi, jika kamu tidak memiliki aplikasi dan tidak ingin repot mengunduhnya, kamu tidak perlu khawatir lagi.

Karena ada terobosan baru yang bisa memperkecil ukuran sebuah gambar tanpa menggunakan aplikasi.

Ya, triknya adalah dengan menggunakan situs online yang mengkhususkan diri dalam kompresi foto.

Compressor.io adalah salah satu situs web kompresi foto terbaik dan paling direkomendasikan. Tentu saja, kamu bebas menggunakannya.

Namun, ukuran file yang bisa diperkecil dibatasi hingga 10 MB. Akibatnya, ukuran file yang lebih besar dari 10 MB tidak dapat dikurangi menggunakan situs ini.

Nah, dengan menggunakan situs ini, ukuran gambar yang akan dikompresi dapat diperkecil masing-masing sebesar 20%, 50%, dan 90%.

Situs web ini benar-benar menakjubkan. Berikut adalah beberapa metode untuk mengecilkan ukuran gambar:

  1. Langkah pertama yaitu kunjungi situs IMGOnline.com.ua kemudian klik try it
  2. Setelah itu, pilih dan upload foto yang akan dikecilkan ukurannya
  3. Kemudian, pilih dan unggah foto yang ingin kamu perkecil ukurannya.
  4. Buat penyesuaian yang diperlukan untuk ukuran gambar. kamu dapat memilih ukuran gambar yang sesuai serta berapa banyak file yang akan dikompres.
  5. Metode kompresi lossless ini dapat mengurangi ukuran file sekaligus menjaga data asli tetap utuh. Jika kamu tidak peduli dengan data ekstra, gunakan kompresi lossy.
  6. Setelah menyelesaikan semua tahapan, kamu akan dapat melihat ukuran asli serta ukuran setelah kompresi sebelum mengunduh gambar. Unduh file jika ukurannya memenuhi kebutuhan kamu. kamu juga dapat menyimpannya ke layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive.

Cara Mengompres Foto di PC Windows

Cara ini sangat cocok bagi kamu yang bekerja dengan komputer tetapi tidak memiliki akses internet.

Cara Mengompres Foto di PC Windows

Selanjutnya tidak perlu mendownload software apapun karena aplikasi Windows Photos akan digunakan untuk memperkecil foto.

Metodenya sangat sederhana; yang harus kamu lakukan adalah memilih foto yang akan diperkecil ukurannya.

Kemudian, klik kanan dan pilih opsi buka dengan, diikuti oleh opsi foto. Klik tiga titik di kanan atas layar setelah gambar dibuka di Foto. Setelah itu, menu tarik-turun akan muncul, dari mana kamu dapat memilih Ubah ukuran.

Langkah selanjutnya adalah memilih ukuran yang sesuai. Ada tiga opsi lebih sedikit di aplikasi foto ini, yaitu Kecil, Sedang, dan Besar.

Setelah pemilihan ukuran, jendela Save as akan muncul untuk menyimpan ukuran foto yang diperkecil. Kemudian pilih lokasi di mana kamu ingin menyimpannya.

Setelah itu, beri nama folder dan simpan. Bukankah sederhana untuk mengurangi ukuran gambar? Jadi, jika kamu ingin mengunggah gambar terbaik di media sosial, cepat dan gunakan aplikasi ini untuk mengeditnya. Alhasil, saat diunggah ke media sosial, gambarnya tidak akan terlalu besar.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai cara untuk mengecilkan ukuran foto di Hp yang bisa kamu praktekan dan di unggah di media sosial seperti Instagram, facebool.

Demikianlah artikel mengenai Cara Untuk Mengecilkan Ukuran Foto di Hp dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */