Contoh Alat Musik Harmonis Modern dan juga Tradisional yang Sering Digunakan

Alat musik adalah salah satu benda yang sudah banyak dikenal masyarakat salah satunya alat musik harmonis. Masih banyak yang belum tahu jenis alat musik. Padahal di sekitar kita banyak contoh alat musik harmonis.

Alat musik harmonis sendiri adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan berbagai jenis lagi yang menghasilkan harmoni. Alat musik yang satu ini biasanya terdiri dari nada-nada yang berbeda-beda.

Namun ketika dioperasikan bersama membuat suatu nada yang harmoni dan menjadi lebih enak didengar oleh para penikmat musik. Ada banyak sekali alat musik harmoni di sekitar kita, Yaitu sebagai berikut:

Contoh Alat Musik Harmonis Modern

Alat musik harmoni modern ada banyak sekali, namun sebagai contoh akan kita bahas secara lengkap beberapa saja yang sering dilihat dan juga dimainkan oleh masyarakat yang akan dijelaskan lebih rinci di bawah ini:

Gitar

Anda pasti tidak asing lagi dengan alat musik yang satu ini. Gitar sering kali digunakan oleh para musisi untuk mengiringi lagu yang mereka nyanyikan. Untuk memainkannya menggunakan kunci.

Piano

Piano ini memiliki nada-nada do, re, mi, fa, sol, la , si, yang mana memiliki tangga nada dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi. Jika dimainkan bersama akan menimbulkan suara yang harmonis.

Piano biasanya digunakan pada acar musik klasik atau jaz yang akan mempermanis irama lagu. Piano sering kali digunakan untuk mengiringi lagi atau hanya cukup dengan instrumental saja.

Saxophone

Saxophone merupakan alat musik yang mirip dengan trompet akan tetapi juga memiliki nada-nada yang sesuai dengan keinginan Anda. Saxophone dibuat dengan menggunakan bahan logam.

Biasanya Saxophone juga dapat digunakan untuk bermain solo atau bisa juga digabungkan dengan alat musik lain dan menghasilkan suara yang sangat indah dan dingin. Jaz sering menggunakannya.

Biola

Alat musik gesek yang satu ini memiliki model seperti gitar akan tetapi penggunaannya bukan lagi dipetik melainkan digesekkan menggunakan alat tertentu. Ada beberapa kunci dalam menggunakannya.

Biola sering digunakan untuk orkestra. Biola sering mengiringi lagu-lagu klasik namun dengan perkembangan zaman ini biola juga sering digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pop modern.

Harmonika

Harmonika merupakan salah satu alat musik jenis harmonis yang dalam penggunaannya ditiup. Peniupannya juga cukup unik karena di mana posisi peniup maka nada yang dihasilkan akan berbeda.

Berbeda dengan alat musik tiup seperti saxophone, trompet, dan lainnya yang satu lubang tiupan, Harmonika haris ditiup pada sisi-sisinya yang memiliki suara yang berbeda. Tangan hanya untuk mengarahkan.

Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional

Alat musik harmonis tradisional merupakan alat musik yang biasanya menggunakan bahan-bahan alam. Dibuat oleh masyarakat sekitar dan menjadi alat musik daerah yang khas, Berikut beberapa contohnya:

Gambus

Gambus adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari daerah Timur Tengah. Alat musik ini memiliki kemiripan dengan gitar akan tetapi senarnya bisa 3 sampai 12 buah. Biasanya diiringi gendang.

Bonang

Bonang merupakan salah satu alat musik dari Jawa yang menjadi satu kesatuan dengan berbagai jenis alat musik gamelan. Cara membunyikan bonang sendiri bisa dengan cara dipukul.

Bonang menghasilkan bunyi ideofon. Sering kali digunakan untuk pentas seni tradisional Jawa dan Bali. Bonang sendiri memiliki bentuk seperti gong kecil dan terbuat dari bahan logam seperti perunggu.

Siter

Selanjutnya adalah siter. Siter merupakan salah satu alat musik yang mirip dengan kecapi yang berasal dari Jawa Tengah. Siter dimainkan dengan posisi  horizontal dan memiliki suara yang khas dan memikat hai.

Sampek

Alat musik sampek juga merupakan alat musik petik yang cukup populer. Alat musik ini berasal dari suku Dayak, Kalimantan Timur. Alat musik ini sering dilengkapi dengan ukiran yang cantik dan beragam warna.

Itulah contoh alam musik harmonis yang bisa diketahui bersama. Kini Anda sudah bisa mengetahui alat musik apa saja yang masuk dalam jenis alat musik harmoni. Semoga informasi di atas dapat  bermanfaat!

Tinggalkan komentar