Kumpulan Contoh Essay Berbagai Topik (Pendidikan, Gaya hidup, Bahasa Inggris DLL)

Essay merupakan bentuk tulisan yang menggambarkan akan opini penulis akan suatu topik tertentu yang bisa dinilai. Essay bisa dalam bentuk narasi, argumentasi, deskripsi hingga persuasi. Nah, berikut ini beberapa contoh essay berbagai topik yang bisa menjadi rujukan Anda.

Contoh essay pendidikan

Contoh essay pendidikan

“Pentingnya pendidikan”

Pendidikan adalah perantara terpenting dalam kehidupan untuk memperoleh pengetahuan dan skill. Tetapi, pendidikan bukan hanya sekedar belajar dari bulu saja. Pendidikan merupakan pengalaman dan pengetahuan yang diberikan oleh generasi tua kepada generasi muda. Setiap harinya, dunia berubah dan berkembang, maka dari itu sangat penting untuk mengajarkan dan memberikan kesempatan generasi muda yang memang lebih mengerti akan permasalahan di dunia modern dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya. Banyak yang mengatakan pendidikan bukanlah bekal kehidupan, tetapi pendidikan adalah kehidupan itu sendiri. Lantas, mengapa mendapatkan pendidikan yang sangat baik itu penting?

Pendidikan memiliki peranan penting untuk membawa kesuksesan seseorang. Pendidikan memang memberikan kesempatan seseorang untuk bisa menjadi lebih produktif di masyarakat dengan berbagai skill yang sudah didapatkan. Kita belajar akan suatu permasalah dan cara mengatasi masalah. Kita belajar bagaimana menjadi diri kita dan mengaplikasikannya pada budaya kita. Pendidikan mengajari orang akan norma, aturan,  peraturan dan nilai – nilai dalam masyarakat. Selain itu, pendidikan yang berkualitas akan mengantarkan kita menuju kehidupan yang lebih sukses, meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, skill dan memberikan merubah kehidupan menjadi lebih positif.

Pendidikan adalah pondasi untuk masa depan kita. Seseorang yang tidak menempuh pendidikan akan mengalami berbagai masalah untuk mengatasi aspek kehidupan. Dengan adanya pendidikan, pandangan kita akan semakin luas. Pendidikan mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih disiplin. Selain itu, pendidikan memberikan kesempatan besar untuk kita mendapatkan sesuatu yang lebih positif. Lebih hebatnya lagi, dengan pendidikan kita akan mengetahui dunia lebih luas lagi. Lagipula, pendidikan merupakan syarat mutlak untuk bangsa yang lebih maju.

Saat ini pendidikan lebih terbuka dan liberal. Hal ini merupakan bukti akan perubahan masyarakat saat ini. Pendidikan adalah alasan dasar seseorang untuk mengajarkan sesuatu. Pasalnya, pendidikan berdasarkan kemanusian, kebebasan, hak asasi, kesetaraan dan demokrasi. Tetapi, pendidikan harus sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan menjadi cerminan akan masa depan. Masyarakat industri saat ini membuka banyak kesempatan kerja bagi yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang khusus. Jadi, pendidikan memang sangat penting untuk mengatasi masalah sosial. Dengan begitu, kemiskinan juga bisa berkurang. Tetapi kita harus ingat bahwa pendidikan keterampilan juga harus ditingkatkan sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan karir dan kesejahteraan hidup yang mereka inginkan.

Pendidikan memang sangat penting untuk kehidupan kita. Pengetahuan yang kita dapatkan dapat menuntun kita menuju impian dan mimpi kita. Pendidikan akan menunjukan jalan terbaik dan memberikan kita kesempatan mendapatkan hidup lebih baik. Dengan pendidikan, seseorang bisa melakukan sesuatu terbaru yang bisa meningkatkan standar kehidupan. Selama kita hidup merupakan waktu kita belajar dan mendapatkan pengetahuan baru. Perlu diingat juga bahwa mendapatkan pendidikan yang baik sangat penting karena merupakan pondasi kita mencapai kesuksesan. Investasi terbaik dalam hidup adalah mendapatkan pendidikan. Namun dengan kepercayaan dan kerja keras, segalanya akan bisa didapatkan dengan mudah.

Contoh teks essay tentang kehidupan

essay tentang kehidupan

“Kekayaan tidak membawa kebahagian”

Berbicara tentang kekayaan dan kebahagian memang tidak pernah ada habisnya. Beberapa orang percaya bahwa semakin banyak uang yang kau dapat, akan semakin bahagia dirimu. Nyatanya, seseorang menjadi lebih sibuk dibandingkan mencari kebahagian. Anda bisa membeli makanan, pakaian, rumah dan berbagai hal yang Anda butuhkan, tetapi hal tersebut hanyalah sesuatu di permukaan saja. Uang memang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan fisik, tetapi perlu diingat kebahagian tidak terlihat. Kebahagiaan adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap orang. Seseorang yang menggantungkan hidupnya pada uang, mereka tidak akan pernah puas dan selalu ingin mendapatkan lebih.

Memang dengan adanya uang, seseorang bisa mendapatkan apapun yang mereka mau sebagai bentuk kebahagiaan mereka. Namun, kebahagian dengan dasar tersebut tidak akan berlangsung lama. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk yang mudah bosan dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Tidak jarang, orang yang memiliki banyak uang melakukan berbagai cara yang tak masuk akal untuk mendapatkan kebahagian. Berbeda dengan kita, walaupun memiliki sedikit uang, tetapi kita tahu bagaimana cara mendapatkan kebahagian tersebut tanpa bergantung dengan uang.

Kebanyakan orang kaya akan lebih fokus pada apa yang mereka inginkan dibandingkan apa yang mereka butuhkan. Perlu diketahui bahwa materi adalah sesuatu yang bertambah tua dan orang – orang akan mencari yang terbaru dan lebih fresh. Jadi, semakin banyak kamu memiliki uang, maka akan semakin sering kamu membelanjakannya untuk sesuatu yang tidak penting.

Selalu ada kompetisi yang tidak penting hanya untuk merebutkan uang dibandingkan harus melihat sekitaran mereka. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan uang dan tidak memperhatikan akan sesuatu yang sebenarnya membuat mereka bahagia. Seseorang yang terlalu menggantungkan pada uang akan bekerja sepanjang waktu tanpa memperdulikan waktu luang untuk mendapatkan kebahagian. Kebahagian datang dari badan yang sehat. Walaupun, uang bisa membayar segala perawatan dan kesehatan, tetapi tidak menjamin membuat tubuhmu sehat. Padahal untuk menikmati hidup harus memiliki badan yang sehat.

Uang tidak akan bisa menyembuhkan penyakit kamu dan semua orang percaya itu. Mungkin kamu akan mendapatkan perawatan terbaik sebagai pencegahan, tetapi tidak bisa menghilangkannya. Uang tidak lebih penting dari kesehatan. Lebih baik memiliki badan yang sehat, walaupun memiliki sedikit uang daripada memiliki segalanya tetapi ada penyakit yang diderita. Kamu harus sadar akan hal ini bahwa kesehatan itu sangat penting.

Selain itu, uang tidak akan bisa merubah perasaan seseorang kepada dirimu. Kamu boleh dikatakan kaya raya, tetapi kalau kepribadian dirimu tidak baik, apa ada orang yang mau dengan dirimu. Sebaliknya, kepribadian yang baik dan ramah akan memudahkan kamu mendapatkan teman dan mereka tidak segan – segan menghabiskan waktunya bersama dirimu. Tetapi kepribadian yang buruk, tidak hanya membuat kamu tidak mendapatkan teman, orang – orang yang mendekati dirimu hanya menginginkan uang yang kamu miliki.

Hal ini juga berlaku untuk mencari pasangan hidup. Uang tidak akan bisa membeli rasa cinta seseorang. Tak jarang memang pernikahan yang tidak dilandasi rasa cinta. Namun pernikahan tersebut tidak akan bahagia karena bukan cinta landasannya melainkan uang. Dalam kehidupan waktu bersama keluarga, teman dan pasangan tidak pernah bisa tergantikan oleh uang. Uang menang bisa membuat kamu membelikan mereka hadiah, tetapi mereka akan lebih senang kalau kamu menghabiskan waktu bersama dan melakukan berbagai hal bersama. Hal ini tidak hanya menambah pengalaman saja, melainkan juga semakin mempererat tali persaudaraan.

Uang memang penting karena digunakan untuk memenuhi kebutuhan fisik setiap manusia. Namun, kita tidak seharusnya terlalu bergantung pada uang dan mencari kebahagian lainnya. Uang memang bisa memberikan kebahagian tetapi hanya sementara dan hal tersebut hanya di permukaan saja. Padahal, kebahagian juga harus berasal dari dalam. Mereka yang terlalu sibuk bekerja tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal lainnya yang membuatnya bahagia atau sekedar berkumpul bersama keluarga. Alhasil, stress, depresi dan tertekan sering sekali datang dan mempengaruhi kesehatan. Sangat penting untuk melakukan sesuatu yang mereka sukai dan menghabiskan waktu bersama – sama dengan orang yang kamu sayang. Hal ini akan menghilangkan rasa stress kamu dan membuatmu lebih tenang. Waktu bersantai akan sangat bermanfaat untuk tubuh, pikiran dan jiwa yang akhirnya membuat tubuh semakin sehat.

Mungkin uang memang penting tetapi bukan pengatur kebahagian kamu. Di dunia ini ada berbagai macam hal dan bukan hanya uang saja. Bahkan, ada sesuatu yang tidak akan bisa kamu beli dengan uang.

Contoh essay bahasa indonesia tentang gaya hidup

Operasi Plastik

“Operasi Plastik Sudah Seharusnya Dimaklumi”

Standar kecantikan setiap negara selalu berbeda. Bahkan, setiap harinya standard kecantikan selalu berubah. Standar kecantikan tidak bisa dikatakan sebagai trend karena perspektif kecantikan berbeda – beda dan selalu ada perubahan. Hal inilah yang menyebabkan semakin tingginya perempuan untuk selalu merubah bentuk dan kecantikan mereka. Dengan perkembangan teknologi, internet dan para selebritis. Kita mengenal berbagai cara untuk mendapatkan kecantikan, mulai dari penggunaan kosmetik, skin care, menjalani fitnes hingga melakukan prosedur operasi.

Dari semua itu, prosedur operasi atau yang dikenal sebagai operasi plastik masih menjadi hal tabu di masyarakat. Mereka mengatakan bahwa kecantikan natural akan hilang seiring menjalani operasi plastik. Namun saatnya pandangan seperti itu dihapuskan.

Salah satu alasan mengapa wanita menjalani operasi plastik adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Bahkan, keinginan untuk merubah diri atau memperbaiki sesuatu di area wajah bukanlah gejala dari dysmorphia. Dysmorphia sendiri merupakan gangguan, dimana seseorang merasa cemas akan penampilan fisik mereka. Keputusan mereka untuk menjalani operasi plastik mungkin cukup masuk akal, di mana mereka ingin merubah penampilan sekaligus juga merubah kepercayaan pada diri mereka sendiri. Salah contohnya, orang terlahir dengan suatu ciri fisik yang mungkin berdampak pada kehidupan mereka, seperti tanda lahir yang besar, warna kulit yang aneh, rahang tidak beraturan dan masih banyak lagi. Pasti pandangan orang kepada mereka juga akan berbeda dan aneh. Oleh karena itu, mereka menjalani operasi plastik untuk bisa mendapatkan kehidupan lebih baik dan bergabung bersama masyarakat tanpa adanya pandangan aneh dari masyarakat sekitar.

Selain memperbaiki sesuatu yang tidak normal dalam tubuh, operasi plastik juga bisa digunakan sebagai perawatan kesehatan, contoh migran. Selain itu juga untuk menghilangkan bekas karena kecelakaan, seperti terbakar, luka dalam dan berbagai jenis kecelakaan lainnya. Bisa dikatakan, operasi plastik dilakukan untuk mengembalikan penampilan sebelumnya yang rusak akibat suatu hal tidak terduga. Dengan begitu, mereka bisa kembali pada kehidupan dan menghilangkan trauma yang didapatkan.

Berbicara tentang pengaruh adanya operasi plastik, jangan lupa bahwa dengan operasi plastik seseorang bisa menjadi lebih sehat lagi. Contohnya, wanita dengan dada yang besar sering mengeluh akan berbagai hal, mulai dari sesak nafas hingga pinggang yang sakit. Prosedur operasi plastik yang mengurangi volume payudara akan membantu mengatasi masalah sesak nafas hingga pinggang yang sakit.

Tentu saja, selalu ada resiko yang bisa ditimbulkan dengan adanya operasi plastik. Di mana, operasi plastik membuat orang menjadi ketagihan. Selain itu, pandangan orang akan operasi plastik itu tidak sehat, tidak butuh dan hanya orang kaya saja yang bisa menjalani operasi plastik. Tetapi, mereka sebenarnya meremehkan akan pentingnya orang menjalani kehidupan masing – masing. Setiap manusia memiliki hak untuk menjadi lebih baik, memperbaiki penampilan dan membuat hidup lebih bahagia. Dan ini adalah keputusan diri sendiri. Dengan ini, kita bisa menghargai perbedaan, mungkin kita tidak menyukai prosedur operasi plastik dan tidak akan pernah melakukannya, namun kita harus menghargai keputusan orang lain yang akan melakukan operasi plastik.

Operasi plastik sudah lama berlalu lalang di kehidupan kita. Namun stigma orang lain tentang operasi plastik selalu saja buruk. Walaupun kita hidup di abad ke 21, masih ada aja orang yang tidak suka perubahan apapun alasannya. Seharusnya masyarakat juga berkembang seiring perkembangan standar kecantikan. Apabila ini bisa membawa kebahagian untuk orang lain, mengapa harus kita cegah?

Contoh teks essay tentang internet

internet untuk generasi muda

“Apa pengaruh internet untuk generasi muda?”

Kemajuan zaman saat ini membuat akses internet semakin mudah, baik melalui smartphone, laptop atau komputer sekalipun. Tak heran memang banyak anak muda yang lebih banyak menghabiskan waktu bermain internet. Sebenarnya apakah internet itu baik atau buruk untuk anak muda?

Salah satu kelebihan adanya internet adalah sekarang kita menjadi lebih mudah dan cepat mencari sumber untuk pekerjaan sekolah dan rumah. Hal ini juga yang membuat anak muda mendapatkan pengetahuan lebih yang tidak bisa didapatkan di sekolah. Manfaat lainnya adanya internet adalah bisa mempelajari bahasa asing lainnya dengan mudah. Pasalnya, kita bisa chatting dan mengobrol dengan berbagai orang di belahan dunia ini. Internet juga menjadi cara terbaik untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga atau teman yang jauh.

Sayangnya, internet juga memiliki dampak buruk. Salah satunya adalah anak muda sekarang menjadi lebih kecanduan bermain internet. Hal ini membuat mereka kehilangan banyak masa mudanya. Tentu saja, hal ini akan sangat berdampak pada pekerjaan sekolah hingga kehidupan sosial mereka. Bahkan kebanyakan anak muda yang kecanduan internet jarang sekali menghabiskan waktu bersama keluarga karena sibuk di depan komputer.

Bisa disimpulkan bahwa internet untuk generasi sekarang mungkin ada manfaatnya, tapi dilihat juga dampak negatif yang diberikannya. Secara pribadi, internet merupakan suatu ciptaan terbaik dan mengakses internet mampu menghindarkan dari bahaya. Namun, sebagai anak muda juga harus membatasi penggunaan internet agar tidak berlebihan.

Contoh essay untuk aplikasi beasiswa

essay untuk aplikasi beasiswa

Klise memang kalau saya selalu mengetahui apa yang saya inginkan, tapi kenyataannya memang begitu. Saat saya pertama kali pergi ke Sea World sewaktu kecil, saya langsung tertarik dengan kehidupan bawah laut. Lebih tepatnya, saya tertarik dengan dugong. Saya tertarik akan sifat mereka yang tenang dan ramah. Sejak saat itu, saya mengabdikan hidup saya untuk melindungi makhluk yang cantik ini.

Sejak saat itu, separuh waktu saya habiskan untuk mempelajari segala sesuatu tentang dugong. Di SMP hingga SMA sekalipun, saya selalu membaca semua artikel yang berhubungan dengan dugong. Bahkan tanpa sadar, saya menemukan berbagai keunikan, mulai dari bahwa dugong masih satu kerabat dengan gajah. Tidak hanya itu saja, saya juga menonton film dokumenter tentang dugong. Bahkan menggambarkan pola migrasi mereka pada map dinding pemberian kakak saya.

Akhirnya, dari ratusan pendaftar, saya terpilih untuk berkesempatan magang di Seaworld selama musim panas, dari situ saya semakin jatuh hati dengan makhluk besar nan ramah ini. Dari pengalaman magang ini, saya belajar berbagai hal yang bernilai. Dari situ, saya membayangkan untuk menjadi seorang ahli biologi dalam kehidupan laut. Di mana, saya bercengkrama langsung dengan hewan, baik dalam penangkaran hingga alam liar sekalipun.

Namun, selama magang, saya menyadari akan kelemahan saya. Pasalnya untuk bisa menjadi seorang ahli biologi di kemaritiman dibutuhkan lulusan di bidang science atau matematika. Walaupun hal ini membuat saya sedikit depresi, tetapi saya menyadari kelebihan lainnya dari diri saya yang mungkin bisa berguna untuk dugong dan mamalia lainnya, yakni keterampilan saya sebagai public speaking dan komunikator. Selama menjalani magang, saya membantu menuliskan pembelajaran terbaru dan menyampaikannya di depan anak – anak yang berkunjung ke Sea World. Selain itu, saya juga membantu menciptakan kegiatan yang menarik untuk anak – anak yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang dugong bersamaan juga pembelajaran kehidupan laut lainnya.

Saya juga memiliki pengalaman bekerja di penangkaran hewan dan sebagai ketua grup yang membantu mengembangkan program terbaru yang didesain untuk memperkenalkan pada masyarakat bagaimana menghindari agar dugong tidak terkena kapal mereka. Dari situ, atasan saya merekomendasikan untuk menjajal pengalaman di Save the Manatee Foundation. Dari situ, saya mendapatkan banyak pengalaman tentang penyelamatan dan konservasi dugong. Bahkan, saya bekerja langsung bersama ahli biologi kemaritiman dalam penggalangan dana dan peningkatan kesadaran masyarakat.

Ternyata, pemanfaatan social media mereka tidak terlalu maksimal, dari situ saya menggunakan keterampilan saya untuk membantu mereka. Alhasil, 70 juta terkumpul melalui beberapa link dan tautan yang terhubung langsung dengan World Wildlife Federation.

Saya tahu bahwa beasiswa yang ditawarkan hanya diperuntukan untuk siswa yang mengambil jurusan yang berhubungan dengan konservasi, seperti zoologi dan studi lingkungan. Namun, saya percaya bahwa public relations juga sama pentingnya dalam konservasi, baik dalam menyelamatkan dugong atau mengurangi dampak dari polusi manusia. Ke semua itu membutuhkan kerja keras dan perhatian masyarakat luas untuk keberhasilan tersebut. Nyatanya, tolak ukur keberhasilan tersebut berdasarkan penyampaian dan kampanye yang baik kepada masyarakat. Namun, keberhasilan tersebut tentu tidak bisa didapatkan dengan mudah. Terlebih lagi, dengan banyak orang yang tidak peduli akan lingkungan saat ini. Maka dari itu, para pecinta dan pemerhati lingkungan juga harus lebih kreatif.

Saya ingin menjadi bagian dari kerja baru ini dan menggunakan kemampuan saya sebagai pembicara untuk menyuarakan pendapat dan memberikan arahan pada masyarakat. Saya berharap Anda mempertimbangkan langkah tidak biasa ini. Sebenarnya, saya sudah diterima sebagai mahasiswa jurusan komunikasi di kota, tetapi saya lebih tertarik dalam mempelajari lingkungan. Selain itu, saya juga masih bisa bekerja sama dengan atasan saya di Sea World dan Save the Manatee, yang menjadi sumber pembelajaran paling penting hingga kelulusan nantinya. Terima kasih untuk para komite yang mungkin akan mempertimbangkan penawaran saya ini.

Essay bahasa Inggris

“Skill vs Knowledge”

Education systems all over the world are based on the idea that students get and remember information from teachers and books. These systems test this knowledge with standardized tests which compare students to each-other. They only test the kind of information which is possible to measure in tests. The goal is gaining information, not developing skills by which to use and make information. Unlike the old style of education where people remembered things in order to pass tests and get higher scores than other students, the modern world calls for a new kind of education in which the focus is deep understanding, creativity, and information management skills.

Most education systems in the world are designed to make students remember things. One Reason is that schools feel the need to compare students. They do this by giving tests. They want to be able to give grades and decide which students are smart and which are not. They function as a sorting mechanism for society. From the earliest grades, students are put on tracks that will decide their futures. Another reason schools like to make students remember things is that by doing so they will be able to test their knowledge and determine if they remember or not. They believe that if students remember things it is the same as understanding those things. Schools also like to impart knowledge because in this way, although students can have different individual skills, they can all have the same knowledge.

Einstein said “Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world” (Needle, 2007). All the knowledge in the world is useless unless you are able to use information in creative ways. Knowledge is what other people have created. Understanding is all about what you think about something. Everybody sees, hears, feels, and thinks differently. No two people in the world have the same understanding of the same thing. It is impossible to give tests on a point of view. Because of this, tests are illogical. The only reason tests exist is to label students as “smart” or “stupid.” There are many kinds of intelligence, however. One of the most famous researchers in the field of intelligence, Gardner, found at least seven different kinds of intelligence (Gardner, 1999). Intelligence and understanding are related. Unfortunately, tests only measure one type of intelligence.

In the modern world skills are more important than knowledge. If a person knows many facts, it is impressive, but not very useful. It is of much greater importance to be able to find information quickly, organize that information, analyze and understand the main ideas, put different pieces of information together (synthesize), and create new information. Together these skills make what we call information management and innovation, the skills which are most desired in the business world.

Most people in the world believe that education is about remembering things to take tests which measure one’s performance against other people who have studied the same information. However, this idea no longer matches the reality of the modern world in which knowledge is less important than creativity and deep understanding. To be successful in the age of technology, education must focus on helping students gain information management and innovation skills.

Tinggalkan komentar