Contoh Iklan Layanan Masyarakat dan Tips Membuatnya

Contoh iklan layanan masyarakat adalah iklan yang memiliki pesan sosial. Pesan dalam iklan bertujuan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu tertentu.

Isu yang diangkat umumnya masih bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari. Artinya, masalah dalam iklan berpotensi merusak kelangsungan hidup masyarakat.

Meski begitu, isu yang diangkat haruslah memiliki kepentingan tinggi dan berdampak pada kehidupan.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Berikut ini iklan layanan masyarakat yang mengandung kepentingan banyak orang.

  • Iklan bahaya narkoba

Sekarang ini penggunaan narkoba semakin marak di kalangan masyarakat. Bahkan, narkoba telah dijadikan bisnis oleh berbagai oknum. Nah, melalui iklan layanan masyarakat dengan tema ini, masyarakat diharapkan lebih waspada.

  • Ajakan untuk hemat energi

Salah satu upaya mencegah global warming adalah dengan menghemat energi. Tindakan menghemat energi juga berguna untuk menjaga kebutuhan energi di masa mendatang.

Sayangnya, belum banyak masyarakat yang menyadari akan hal ini. Untuk meningkatkan kesadaran tersebut, dibuatlah iklan layanan masyarakat yang berisi ajakan untuk menghemat energi.

Salah satu bentuk penghematan energi adalah dengan mematikan lampu dan peralatan yang tidak digunakan.

  • Iklan layanan masyarakat dengan tema kesehatan

Kesehatan adalah hal penting dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat juga berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga masyarakat tidak mudah terserang penyakit. Lebih jauh, risiko penularan penyakit pun bisa ditekan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Contoh iklan layanan masyarakat dengan tema kesehatan adalah ajakan untuk mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna, rajin mencuci tangan, hingga melakukan pemeriksaan secara rutin di pusat kesehatan.

  • Edukasi tentang bahaya suatu virus

Edukasi tentang bahaya virus adalah iklan layanan masyarakat yang tidak kalah pentingnya. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai.

Melalui iklan layanan masyarakat ini, masyarakat di edukasi terkait bahayanya virus tersebut. Selain itu, iklan juga menyertakan beberapa langkah pencegahan yang bisa masyarakat lakukan. Salah satunya adalah himbauan untuk menggunakan masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan.

  • Iklan tentang global warming

Global warming menjadi masalah serius yang dihadapi oleh penduduk bumi saat ini. Beberapa negara bahkan berkomitmen untuk menekan emisi gas pabrik yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global.

Salah satu tindakan kecil yang bisa masyarakat lakukan adalah dengan menghemat energi. Nah, melalui iklan inilah, masyarakat diajak untuk lebih peduli lagi.

  • Iklan tertib lalu lintas

Salah satu penyebab tingginya angka kematian akibat kecelakaan adalah sikap tidak tertib berlalu lintas. Melalui iklan layanan masyarakat ini, masyarakat diajak untuk selalu tertib.

Bentuk tertib berlalu lintas pun beragam. Mulai dari penggunaan helm, tidak melanggar marka jalan, menaati rambu lalu lintas, dan lain sebagainya.

Tips Membuat Iklan Layanan Masyarakat

Sama halnya dengan iklan komersial, iklan layanan masyarakat pun harus dibuat semenarik mungkin. Selain itu, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan saat membuat iklan layanan masyarakat. Diantaranya adalah

  • Pemilihan tema dan konsep

Seperti yang sudah disinggung di atas, iklan layanan masyarakat haruslah memuat kepentingan bagi banyak orang. Karena itulah, tema iklan harus dipilih secara benar.

Setelah memilih tema, konsep iklan layanan masyarakat pun harus disusun semenarik mungkin. Pemilihan konsep iklan bisa disesuaikan dengan usia target iklan.

  • Jenis iklan

Setelah tema dan konsep, sangat penting untuk memilih jenis iklan. Apakah akan menggunakan video sebagai media penyampai pesan, atau menggunakan poster.

Jika iklan dalam bentuk video, maka pertimbangan utamanya adalah durasi iklan. Iklan yang baik memiliki durasi yang tidak terlalu panjang, agar audience tidak bosan.

  • Pesan 

Pesan iklan layanan masyarakat haruslah singkat, padat, dan jelas. Terlebih lagi jika konsep iklan menggunakan poster.

Selain itu, penggunaan slogan bisa ditambahkan agar iklan lebih mudah diingat. Iklan yang membekas di benak audience memiliki peluang lebih besar untuk mempengaruhi masyarakat.

Demikian contoh iklan layanan masyarakat dan tips dalam membuatnya. Selain contoh diatas, masih ada banyak tema yang dapat digunakan. Seperti himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya, gerakan mencuci tangan, dan sebagainya.

Tinggalkan komentar