Berbagai Macam Contoh Artikel, Ciri-ciri Dan Penjelasannya

Contoh artikel – Anda pasti sudah tidak asing dengan kata artikel bahkan saat ini Anda sedang membaca salah satunya. Tapi tahukah Anda apa itu definisi artikel dan apa yang membedakannya dari teks-teks bahasa Indonesia yang lain? Artikel merupakan sebuah karangan yang sifatnya faktual yang ditulis dengan maksud untuk dipublikasikan melalui berbagai macam media cetak, digital, maupun elektronik yang tujuannya adalah untuk menyampaikan sebuah gagasan dan fakta. Gagasan yang ingin disampaikan kepada pembaca sifatnya bisa mendidik, meyakinkan orang, atau bahkan bisa juga menghibur. Berbagai macam bentuk dan contoh- contoh artikel bisa Anda temukan di koran, portal berita online, majalah, dan sebagainya dengan ruang lingkup artikel yang berisi mengenai opini seseorang mengenai sebuah isu hingga artikel-artikel ringan seperti berita selebritis, tips membuat kue, dan sebagainya.

Ciri-ciri artikel yang unik

Ada karya tulis ilmiah makalah yang penyusunannya menggunakan aturan struktur tertentu, diawali dengan pendahuluan diakhiri dengan kesimpulan, kemudian ada juga jenis teks pidato yang dibuat untuk diorasikan dan meyakinkan orang lain mengenai hal yang disampaikan pada pidato tersebut, dan berbagai macam jenis teks lainnya yang membedakannya dari jenis-jenis teks lain.

Lalu apa yang ciri-ciri unik artikel yang menjadikannya unik?

  1. Isi artikel didasarkan pada sumber yang sesuai dengan fakta dan juga realitas yang ada
  2. Isi artikel bukan berdasarkan pada mitos yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya
  3. Artikel merupakan hasil tulisan yang original alias bukan mengopi hasil tulisan orang lain kemudian diklaim sebagai hasil tulisannya sendiri
  4. Selain fakta, isi artikel juga bisa dilengkapi dengan opini penulis, maupun pendapat orang lain mengenai topik yang sedang dibahas untuk memperkaya informasi
  5. Gagasan ide yang diangkat menjadi topik harus bisa berguna bagi masyarakat umum.

Macam-macam jenis artikel

Contoh artikel yang akan diberikan nantinya pada umumnya bisa diklasifikasikan ke dalam beberapa macam jenis artikel. Klasifikasi jenis artikel ini bisa dibagi menurut caranya dalam menyampaikan sebuah gagasan atau berdasarkan pada tujuan dari artikel tersebut. Beberapa jenis artikel yang contoh artikel singkatnya bisa Anda baca setelah ini adalah:

  1. Artikel prediktif

Jenis artikel ini merupakan bentuk teks yang membicarakan mengenai isu yang terjadi di era sekarang namun kemudian penulis mengeluarkan opininya mengenai apa yang terjadi di era sekarang akan menjadi penyebab sebuah isu lainnya di masa depan. Misalnya ketika topik artikel membicarakan mengenai angka kelahiran yang rendah di sebuah negara, prediksinya adalah negara tersebut bisa mengalami kekurangan SDM yang berkualitas sehingga perekonomiannya akan mengalami kemunduran. Inti topik dibahas berdasarkan dengan fakta kemudian dilanjutkan dengan prediksi yang masuk akal namun belum memiliki bukti ilmiah yang bisa mendukung prediksi tersebut.

  1. Artikel deskriptif

Jenis artikel ini memberikan penggambaran terhadap sebuah peristiwa, sebuah benda, maupun deskripsi objek lainnya yang tujuannya adalah untuk memberikan pembaca gambaran yang nyata seolah-olah pembaca sendiri yang mengalami hal yang dijabarkan di dalam teks. Contoh artikel deskripsi misalnya ketika membahas mengenai kejadian kebakaran maka tulisan harus bisa menggambarkan suasana dan rincian kejadian sehingga pembaca bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai peristiwa kebakaran tersebut.

  1. Artikel argumentatif

Sesuai dengan namanya, artikel jenis ini dibuat untuk membuktikan kebenaran dari sebuah isu atau masalah dengan didasari data dan fakta. Artikel argumentasi bisa menentang dari masalah yang diangkat maupun mendukungnya. Artikel argumentatif bisa bersifat subyektif tapi tetap harus didasarkan pada data dan fakta yang benar.

  1. Artikel persuasif

Jenis artikel ini memiliki contoh teks artikel yang sangat banyak terutama yang biasanya berhubungan dengan isu pendidikan, sosial, dan lingkungan. Tulisan persuasif dibuat untuk meyakinkan pembaca melakukan sesuatu yang didukung dengan fakta-fakta agar pembaca makin yakin dengan kebenaran yang diangkat oleh artikel tersebut.

Contoh artikel populer tentang penjelasan ilmiah

Berikut ini adalah contoh artikel yang menjelaskan mengenai penyakit diabetes melitus pada seseorang yang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Dari segi jenisnya, artikel ini masuk ke dalam jenis artikel deskripsi karena memberikan gambaran mengenai proses bagaimana seseorang bisa mengalami penyakit diabetes dan apa saja efek kesehatan yang akan dialami oleh penderita diabetes. Contoh artikel ilmiah singkat berikut juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kewaspadaan orang terhadap penyakit diabetes melitus yang bisa terjadi pada siapa saja baik anak kecil, pemuda, hingga orang tua.

Bagaimana Diabetes Bisa Merusak Kesehatan Anda?

Diabetes melitus adalah salah satu pembunuh terbesar di dunia. Data dari WHO tahun 2016 menyatakan bahwa 70% kematian di dunia disebabkan oleh penyakit tidak menular, salah satunya adalah diabetes melitus. Menurut data dari International Diabetes Federation, Indonesia menempati peringkat keenam dengan jumlah penyandang diabetes terbanyak di dunia, di mana jumlah penderita diabetes di usia produktif juga dilaporkan meningkat. Sedangkan ironisnya 90-95% kasus diabetes yang ada di dunia sebenarnya adalah diabetes melitus tipe 2 yang sebagian besar sebenarnya bisa dicegah karena penyakit tersebut disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat ditambah dengan berbagai macam faktor lainnya termasuk faktor keturunan.

Diabetes terjadi ketika tubuh seseorang tidak bisa mengontrol kadar gula yang masuk ke dalam tubuh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ketika seseorang mengonsumsi karbohidrat maka tubuh akan memecah nutrisi tersebut menjadi glukosa kemudian glukosa akan diangkut oleh darah menuju ke sel-sel tubuh yang membutuhkannya sebagai sumber energi. Proses pengangkutan sel darah ini dilakukan oleh hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas. Pada penderita diabetes hormon insulin tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya sehingga kadar gula yang masuk ke darah tidak bisa dikontrol sehingga glukosa menumpuk di dalam darah.

Ketika kadar gula pada darah seseorang berada di atas kadar normal maka akan terjadi berbagai macam komplikasi kesehatan yang bisa membahayakan tubuh. Glukosa memiliki fungsi sebagai sumber energi untuk sel-sel tubuh, jika glukosa  gagal untuk ditransportasikan ke sel, maka tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energinya. Padahal lemak memiliki perannya sendiri di dalam tubuh seperti misalnya untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Kehilangan lemak juga bisa membuat penderita diabetes kehilangan berat badan secara drastis. Dampak lainnya adalah tubuh yang terus memproduksi urin sebagai usahanya untuk mengurangi kadar gula di dalam darah. Terlalu sering buang air bisa menyebabkan dehidrasi pada tubuh.

Penderita diabetes juga bisa mengalami komplikasi kesehatan yang lain. Seperti misalnya penyakit jantung dan stroke karena aliran darah yang terhambat akibat tingginya gula darah. Penyakit diabetes melitus belum ada obatnya, yang bisa dilakukan penderita adalah menjaga pola makan dan gaya hidup agar gula darahnya tidak naik. Bagi yang saat ini masih sehat, mulai ubah cara hidup yang kurang menyehatkan agar resiko terkena diabetes melitus bisa lebih kecil.

Contoh artikel tentang pendidikan anak usia dini

Contoh artikel berikut ini mengangkat tema pendidikan anak usia dini yang menjadi sebuah artikel di portal jaringan JawaPos untuk regional Bali, diunggah pada hari Selasa tanggal 21 Mei 2018. Contoh artikel Indonesia di bawah ini menjelaskan mengenai sebuah peristiwa di mana di Kabupaten Badung, Bali diadakan acara kontes kreativitas untuk anak-anak yang mengenyam pendidikan di tingkat PAUD Badung. Artikel kemudian menjelaskan kehadiran Bunda Paud Kabupaten Badung  pada acara pembukaan yang memberikan sambutan dan juga harapannya untuk acara yang sedang berlangsung tersebut. Contoh artikel mengenai acara untuk pendidikan anak usia dini ini bisa jadi referensi yang bagus mengenai penjelasan sebuah peristiwa sehingga pembaca bisa mendapatkan gambaran yang nyata mengenai keberlangsungan acara.

Kabupaten Badung Menggelar Acara Kreativitas Anak-Anak Tingkat PAUD

Dengan mengenakan pakaian setelan warna biru toska, Bunda Paud Kabupaten Badung, Seniasih Giri Prasta membuka acara kreativitas anak-anak usia dini Kabupaten Badung 2019. Acara tersebut diselenggarakan di wantilan Jaba Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, pada hari Senin kemarin (20/05). Dalam membuka acara, Seniasi didampingi Ketut Widia Astika selalu Kadisdikpora Kabupaten Badung, Rasniati Adi Arnawa selaku Ketua IGTKI Kabupaten Badung, Ayu Suastini Parwata selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Badung, dan Isyudayani Widia Astika selaku Ketua WHDI Kabupaten Badung.

Memanfaatkan kesempatan yang baik tersebut, Bunda Paud Seniasih Giri Prasta memberikan sambutan dan kegembiraannya serta memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas terselenggaranya acara yang menurutnya sangat penting bagi kegiatan pendidikan usia dini di kawasan Badung. Menurut Seniasih, acara kreativitas PAUD ini bisa menjadi momentum yang bisa jadi sumber motivasi bagi semua penyelenggara program PAUD tidak hanya di Badung tapi juga secara umum untuk lebih meningkatkan kinerjanya sehingga kualitas pendidikan dini untuk anak-anak bisa jauh lebih baik lagi.

Seniasih juga menekankan pentingnya pendidikan PAUD untuk anak-anak karena bisa menjadi program pendidikan informal yang mendasar dan strategi untuk mempersiapkan anak masuk ke sistem pendidikan yang formal selanjutnya. Anak-anak yang masuk ke PAUD sedang memasuki usia emas dan pendidikan PAUD memiliki peran sebagai fondasi dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di masa depan.

Tujuan dari penyelenggaraan gelar kreativitas anak-anak usia dini di Badung ini adalah untuk memberikan motivasi kepada anak usia dini agar bisa berekspresi secara kreatif, berinovasi dengan mengikuti berbagai macam lomba yang diadakan. Kemudian acara ini juga dijadikan ajang untuk memberikan penghargaan bagi anak-anak usia dini dan menjadi sarana komunikasi bagi lembaga-lembaga penyelenggara PAUD di Badung. Usia peserta lomba adalah anak-anak 405 tahun yang tergabung di lembaga PAUD di Badung. Kegiatan diisi dengan berbagai macam lomba seperti misalnya lomba tari pendet, lomba tari gopala, lomba mewarnai, lomba melukis dengan jari, memasukkan bola dalam keranjang, dan juga lomba menyelesaikan puzzle.

Contoh artikel ilmiah kesehatan

Selanjutnya adalah contoh artikel yang membahas mengenai topik kesehatan, lebih khususnya artikel berikut membahas mengenai manfaat madu bagi kesehatan tubuh manusia. Artikel ini memiliki fakta-fakta kesehatan mengenai madu yang sudah teruji secara ilmiah memang bisa digunakan sebagai kebaikan kesehatan umat manusia. Untuk membuat fakta-fakta kesehatan mengenai madu jadi lebih menarik untuk dibaca maka artikel dikemas dengan cara penyampaian yang lebih enak dibaca, mudah dipahami bagi siapa saja yang membacanya, dan tidak mengandung terlalu banyak istilah sains yang  menyulitkan orang untuk mendapatkan intisari dari artikel berikut. Membuat contoh artikel kesehatan sebenarnya sangat mudah karena referensinya bisa Anda temukan banyak di internet, berikut adalah salah satunya.

Manfaat Madu Bagi Kesehatan Manusia

Madu merupakan cairan manis yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga yang dikumpulkan di sarangnya. Sarang lebah yang mengandung madu kemudian diekstraksi dan bisa disimpan di botol-botol dengan masa simpan yang cukup panjang sehingga madu yang sudah diekstrak tidak harus disimpan di tempat dengan lingkungan yang khusus. Selain memiliki rasa yang manis dan bisa menjadi pengganti gula tebu, madu sudah digunakan orang peradaban kuno sebagai bahan makanan dan juga sebagai bahan obat. Apa saja manfaat madu yang bisa berguna untuk tubuh manusia?

Bisa menggantikan manisnya gula tebu

Jumlah kalori dalam satu sendok makan madu atau setara dengan 21 gram adalah 64 kalori, yang di dalamnya juga sudah mengandung beberapa macam gula seperti fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa. Sedangkan setiap 1 gram gula pasir atau gula tebu mengandung 4 kalori, jika mengonsumsi gula sebanyak 21 gram maka Anda akan mengonsumsi 84 kalori. Dengan kata lain, makanan yang menggunakan jumlah madu dan gula yang sama, jumlah kalorinya akan lebih sedikit makanan atau minuman yang menggunakan madu sebagai pemanis. Dengan demikian madu bagus untuk dikonsumsi sebagai pemanis dengan jumlah kalori yang lebih terbatas.

Madu kaya akan antioksidan

Madu dengan kualitas yang tinggi mengandung flavonoid yang lebih tinggi pula. Dikatakan bahwa madu dengan warna yang lebih pekat memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Flavonoid adalah salah satu zat yang berfungsi sebagai antioksidan di mana antioksidan adalah zat yang bisa mengurangi resiko penyakit kanker, melawan radikal bebas, mengurangi resiko serangan jantung, dan juga bisa membuat mata jadi lebih sehat.

Kadar kolesterol di dalam tubuh bisa membaik dengan madu

Berbagai macam penelitian ilmiah menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi madu memiliki kadar kolesterol “jahat” yang lebih rendah, dan kadar kolesterol “baik” yang lebih tinggi. Kolesterol “jahat” atau LDL adalah kolesterol yang bisa membuat sirkulasi darah jadi terhambat dan meningkatkan resiko penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya.

Madu bisa digunakan sebagai obat luka

Salah satu manfaat madu yang sudah digunakan orang sejak jaman dulu adalah digunakan sebagai obat oles untuk merawat luka bakar maupun luka lainnya. Penelitian modern juga sudah membuktikkan bahwa madu cukup efektif untuk membantu menyembuhkan luka bakar maupun luka setelah melakukan operasi. Madu juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi luka akibat komplikasi diabetes yang apabila tidak diatasi dengan segera bisa beresiko dilakukannya amputasi.

Contoh artikel populer tentang isu lingkungan

Contoh artikel kali ini adalah contoh jenis artikel persuasif yang tujuannya adalah meyakinkan orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai dengan yang diminta di artikel. Dengan kata lain artikel di bawah ini memiliki CTA (call to action) yang secara lugas meminta pembaca untuk melakukan sesuatu. Contoh di bawah ini akan membahas mengenai kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia, apa penyebabnya dan apa saja dampak yang bisa diakibatkan akibat hutan yang kebakaran. Pada akhir artikel Anda akan menemukan CTA bahwa pembaca harus mulai memperhatikan isu lingkungan dan waspada ketika melakukan kegiatan di alam bebas. Contoh teks artikel persuasif dengan CTA yang jelas akan membuat pembaca lebih tergugah untuk mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis.

Penyebab Kebakaran Hutan Yang Terjadi Di Indonesia

Hutan adalah paru-paru dunia di mana pepohonan yang ada di permukaan bumi memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kadar oksigen yang sangat dibutuhkan makhluk hidup untuk bernafas tetap tinggi. Indonesia adalah salah satu negara dengan luas hutan yang paling luas di antara negara lainnya. Tapi di sisi lain, selain berhadapan dengan isu penebangan hutan untuk membuka ladang perkebunan hutan Indonesia juga terancam dengan adanya kebakaran yang mematikan vegetasi di dalam hutan.  Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengungkap bahwa dari tahun 2015-2016 lahan hutan seluas 261.060 ha terbakar, tahun 2016-2017 yang terbakar seluas 14.604, sedangkan tahun 2017-2018 yang terbakar lahan seluas 11.127 ha meski skalanya tidak besar.

Penyebab kebakaran hutan pada umumnya dibedakan menjadi dua hal, yaitu karena fenomena alam dan yang kedua adalah karena perbuatan tangan manusia. Kebakaran karena fenomena alam misalnya terjadi ketika ada gelombang udara panas yang lewat Indonesia menyebabkan sebagian lahan hutan mengalami kekeringan. Tanaman-tanaman yang kering akan dengan mudah menyebarkan api ketika ada percikan api misalnya ada sambaran petir, adanya aktivitas vulkanis, atau fenomena yang disebut dengan ground fire terutama di lahan gambut pada musim kemarau yang berkepanjangan.

Sedangkan penyebab kebakaran hutan karena ulah manusia misalnya disebabkan karena pembakaran hutan untuk membuka ladang perkebunan. Membuka lahan perkebunan dengan cara membakar hutan dianggap lebih menguntungkan karena prosesnya lebih cepat dan biaya pembukaan lahan lebih murah. Ada juga api yang disebabkan karena lalainya manusia ketika menggunakan api di lahan hutan apalagi ketika dedaunan sedang kering. Misalnya ketika menyalakan api unggun namun apinya tidak dipadamkan atau membuang puntung rokok sembarangan. Percikan api yang kecil akan membakar daun kering dengan mudah apalagi jika ditambah dengan adanya angin yang berhembus.

Kebakaran hutan karena fenomena alam memang berada di luar kendali manusia. Namun yang bisa kita lakukan adalah untuk tidak menjadi manusia yang menyebabkan kebakaran baik secara sengaja maupun karena lalai. Jagalah hutan Indonesia dengan cara yang benar, buka lahan perkebunan dengan cara yang legal dan beretika tanpa menyebabkan kerusakan lingkungan. Jika Anda suka kegiatan berkemah di alam bebas, pastikan tidak ada sumber api yang masih menyala sebelum meninggalkan area kemah.

Contoh artikel pendek dengan topik populer

Pada contoh artikel berikut ini topik yang dibahas adalah topik populer. Topik populer adalah topik yang memiliki gaya bahasa santai, bahasannya tidak terlalu serius, dan biasanya membahas mengenai gaya hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Berisi mengenai informasi yang bisa dengan cepat dibaca, santai, bukan informasi yang terlalu berat dan merangsang orang untuk berpikir melainkan hanya berguna sebagai bacaan singkat untuk menambah wawasan dan informasi mengenai tren gaya hidup yang sedang berkembang saat ini. Di contoh artikel bahasa Indonesia dengan topik populer ini dibahas mengenai bagaimana caranya merawat rambut yang sering diwarnai. Sebuah topik yang dekat dengan kehidupan modern, tidak menstimulasi pendapat pembaca, namun tetap berisi informasi yang berguna berdasarkan dengan fakta yang sebenarnya.

Proses pewarnaan rambut dilakukan dengan menggunakan bahan kimia yang diaplikasikan langsung ke rambut Anda. Maka dari itu rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan mereka yang tidak mewarnai rambutnya. Rambut berwarna yang dirawat tidak hanya bisa menjaga kesehatan rambut Anda tapi juga bisa membuat warna rambut jadi lebih awet dan tidak cepat luntur. Tentu Anda tidak ingin sudah membayar mahal mendapatkan warna rambut yang diinginkan tapi ternyata luntur hanya dalam waktu satu bulan, bukan? Ini dia tipsnya untuk mendapatkan rambut diwarnai yang lebih sehat dan awet.

Tunggu 3 hari sebelum keramas

Ketika rambut diwarnai, dalam prosesnya kutikula rambut Anda akan terbuka sehingga zat warna cat rambut bisa masuk meresap ke rambut dan membuat rambut Anda memiliki warna sesuai dengan yang diinginkan. Butuh waktu sekitar 3 hari atau 72 jam bagi kutikula untuk kembali menutup. Jika Anda keramas sebelum kutikula tertutup seperti semula maka zat warna yang masuk ke rambut bisa terbilas oleh sampo dan membuat warna rambut Anda jadi terlihat kusam.

Gunakan sampo bebas SLS

SLS atau sodium laureth sulfate adalah bahan detergen yang ada di hampir semua produk perawatan tubuh termasuk sampo dan kondisioner. Bahan ini memiliki fungsi untuk menciptakan busa sebanyaknya namun memiliki efek samping membuat kulit jadi kering dan kehilangan minyak alami yang berfungsi sebagai pelindung kulit. Rambut yang dicuci dengan sampo dengan kandungan SLS juga akan kehilangan minyak alaminya yang bisa berujung pada keringnya rambut dan lunturnya warna cat rambut.

Jangan terlalu sering keramas dengan air hangat

Jika rambut sedang diwarnai sebaiknya batasi mandi dengan menggunakan air hangat, atau setidaknya tutupi rambut menggunakan shower cap agar rambut yang berwarna tidak terkena air panas saat mandi. Hal ini karena air panas atau hangat bisa membuka kutikula rambut dan membuat warna cat rambut jadi mudah luntur. Keramas dengan menggunakan air biasa adalah cara yang terbaik untuk membersihkan rambut tanpa harus kehilangan warna rambut lebih cepat.

Gunakan produk pelindung rambut

Rambut yang diwarnai menggunakan bahan kimia membutuhkan hidrasi dan perlindungan lebih dari panasnya sinar matahari maupun alat-alat yang Anda gunakan untuk menata rambut. Menggunakan produk pelindung rambut sebelum menata rambut dengan menggunakan alat-alat yang dipanaskan akan menjaga rambut tetap lembut dan tidak jadi kering serta rusak. Untuk menjaga agar rambut tetap terlihat sehat tanpa harus terlalu sering keramas, Anda juga bisa menggunakan produk dry shampoo yang bisa membuat rambut menjadi lebih lembab, lebih halus, dan tidak bau sehingga rambut yang diwarnai tidak harus keramas terlalu sering.

Itulah beberapa contoh artikel dengan berbagai macam topik mulai dari yang bahasannya serius hingga yang lebih santai. Semua contoh di atas memenuhi ciri dari sebuah artikel yaitu mengandung informasi yang berdasarkan dengan fakta dan ditulis dengan narasi yang lebih nyaman untuk dibaca pembaca, tulisan juga merupakan karya yang original buatan penulis sendiri meski mengambil berbagai macam sumber sebagai referensi namun ditulis dengan gaya pribadi penulis, artikel di atas juga mengandung informasi yang bisa berguna bagi pembaca. Contoh artikel lengkap di atas hanya sebagian kecil dari artikel-artikel lainnya namun semoga bisa jadi contoh dan referensi yang berguna bagi Anda untuk memahami karakter dari teks berjenis artikel.

Tinggalkan komentar