Contoh Karya Tulis Ilmiah yang Baik dan Benar

Infokekinian.com – Kamu sedang bingung dengan tugas karya ilmiah? Yuk simak artikel ini untuk melihat contoh karya tulis ilmiah yang baik dan benar.

Menulis adalah salah satu metode penyampaian informasi secara efektif kepada satu orang atau sekelompok orang. Karena tidak perlu menyampaikan informasi berulang-ulang ketika ditulis, menjadi lebih efektif.

Jenis tulisan yang paling umum biasanya berupa tulisan. Karya tulis diklasifikasikan menjadi dua kategori: karya tulis ilmiah dan karya non-ilmiah.

Kumpulan Contoh Karya Tulis Ilmiah

Pada artikel ini, kita akan membahas penulisan ilmiah, yang ditulis sebagai hasil penelitian. Karya tulis ilmiah biasanya berbentuk temuan penelitian, gagasan, dan ulasan.

Untuk informasi lebih lanjut, bagian berikut akan membahas contoh karya ilmiah yang dapat kamu gunakan sebagai referensi saat menulisnya.

Kumpulan Contoh Karya Tulis Ilmiah

Berikut adalah kumpulan contoh dari karya tulisan ilmiah:

1. Contoh Karya Tulis Ilmiah Sederhana

Dampak Negatif Internet Bagi Anak

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Internet saat ini merupakan penemuan terbaik dalam sejarah perkembangan teknologi. Dengan adanya internet, orang-orang dari seluruh dunia dapat lebih mudah berinteraksi dan bertukar informasi.

Kecanggihan internet memungkinkan untuk digunakan oleh orang-orang dari segala usia. Meskipun anak-anak masih kecil, internet banyak digunakan saat ini.

Namun, internet memberikan dampak yang signifikan terhadap kondisi psikologis anak yang masih labil.

Rumusan Masalah

Bagaimanakah dampak negatif internet bagi anak-anak?

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menjelaskan dampak negatif penggunaan internet untuk anak-anak.

BAB II

PEMBAHASAN

Dampak Negatif Internet pada Anak

Internet kini telah menjadi kebutuhan primer bagi anak-anak. Anak-anak, di sisi lain, tidak dapat menggunakan internet dengan bijak di usia yang begitu muda.

Dengan demikian, ada beberapa akibat negatif anak menggunakan internet, antara lain:

  1. Menciptakan keinginan pada anak untuk melakukan tindakan kekerasan
  2. Membuat anak-anak sangat senang berselancar di internet sehingga mereka lupa waktu
  3. Terjadinya insiden bullying
  4. Membuat anak-anak bergantung pada internet.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Kehadiran internet memang sangat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan manusia, sehingga memudahkan untuk berkomunikasi dan mencari informasi penting.

Internet juga memudahkan anak untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti meneliti materi pelajaran tambahan.

Namun, ada beberapa konsekuensi negatif terhadap akses internet anak-anak yang tidak boleh diabaikan.

Dalam hal ini, orang tua harus turun tangan untuk mengawasi anaknya saat menggunakan internet.

Internet dapat sangat bermanfaat bagi anak-anak kamu bila digunakan di bawah pengawasan orang tua.

2. Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup

Pencemaran Dalam Lingkungan Hidup

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang

Lingkungan merupakan perpaduan antara unsur biotik dan abiotik. Abiotik mengacu pada benda mati, sedangkan biotik mengacu pada makhluk hidup. Air, udara, tanah, sinar matahari, suhu, dan komponen abiotik lainnya disertakan.

Sedangkan komponen biotik meliputi produsen, konsumen, dan pengurai. Hubungan antara komponen abiotik dan biotik sangat erat sehingga tidak dapat dipisahkan.

Sedangkan lingkungan memiliki banyak pengertian yang berbeda. Lingkungan disebut sebagai lingkungan oleh Kamus Ekologi.

Istilah lingkungan mengacu pada hubungan yang ada di Bumi antara makhluk hidup atau biotik dan makhluk tidak hidup atau abiotik.

Lingkungan hidup menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 memiliki arti kesatuan ruang bagi semua benda. Baik itu makhluk hidup, seperti manusia, atau keadaannya, yang mengarah pada perilaku manusia.

Menurut beberapa uraian di atas, lingkungan hidup merupakan gabungan dari semua makhluk hidup dan komponen-komponen yang mengelilinginya.

Salah satu faktor keberhasilan suatu lingkungan adalah keberadaan makhluk hidup di bumi. Karena manusia adalah makhluk sempurna yang diciptakan secara utuh oleh Sang Pencipta.

Akibatnya, berbagai kegagalan lingkungan sebenarnya merupakan akibat dari aktivitas manusia. Perilaku manusia kini telah melampaui apa yang wajar.

Salah satunya adalah perilaku manusia dalam membuang sampah sembarangan yang mencemari lingkungan dan menyebabkannya menjadi sampah. Area yang seharusnya teduh dan bersih menjadi panas dan gersang.

Rumusan Masalah

  1. Apa saja jenis pencemaran yang ada di lingkungan?
  2. Apa penjelasan dari pencemaran lingkungan?

BAB III

PEMBAHASAN

A. Jenis Pencemaran

1. Pencemaran Udara

Karena polusi udara tidak selalu disebabkan oleh aktivitas manusia. Bencana alam, seperti letusan gunung berapi, dapat berkontribusi terhadap polusi udara. Letusan gunung berapi melepaskan partikel logam berbahaya.

Namun, sumber utama pencemaran udara di Indonesia adalah pencemaran kendaraan bermotor, baik roda dua, roda tiga, maupun roda empat.

Beberapa faktor penyebab terjadinya pencemaran udara, antara lain sebagai berikut:

Asap Rokok

Seperti diketahui, mayoritas perusahaan rokok kaya di Indonesia sendiri. Dengan banyaknya pabrik rokok, rokok menjadi sumber utama polusi.

Banyaknya zat berbahaya yang ditemukan dalam rokok, seperti nikotin dan tar. Asap yang dihasilkan oleh rokok juga berbahaya karena adanya zat-zat berbahaya.

Ozon (03)

Banyak orang yang sadar bahwa lapisan ozon mulai menipis. Lapisan penghalang bumi terhadap efek berbahaya matahari sebenarnya adalah bumerang.

Polutan ozon adalah salah satu jenis polutan yang paling berbahaya. Hal ini dikarenakan ozon merupakan salah satu jenis polutan yang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru.

Karbon Monoksida (CO)

Karbon monoksida, atau gas CO, adalah polutan lain yang sangat berbahaya. Menghirup karbon monoksida dalam waktu lama akan mengakibatkan kematian.

Saat kita tidur di dalam mobil ber-AC, kita mengeluarkan polutan gas CO. Berbagai gas CO yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor akan masuk ke dalam kendaraan ber-AC sehingga menyebabkan kendaraan mati.

2. Pencemaran Air

Air bersih memiliki ciri-ciri tidak berbau dan tidak berwarna. Air yang berbau, berwarna, dan mengandung biota mati menunjukkan bahwa air tersebut telah tercemar. Faktor-faktor berikut dapat berkontribusi terhadap pencemaran air:

Limbah Pabrik, Nuklir, dan Industri

Limbah pabrik, nuklir, dan industri semuanya mengandung berbagai bahan kimia berbahaya. Bahan kimia radioaktif merupakan salah satu bahan kimia berbahaya yang harus diwaspadai.

Membuang limbah berbahaya ini ke sungai bisa sangat berbahaya. Hal ini karena akan membahayakan keberadaan biota sungai dan lingkungan sekitarnya.

Bahan Peledak untuk Menangkap Ikan

Sebenarnya, pemerintah telah melarang penggunaan bahan peledak dalam penangkapan ikan. Namun, orang-orang yang tidak bertanggung jawab terus menggunakan bahan peledak tersebut untuk menangkap ikan.

Hal ini dikarenakan penangkapan ikan dengan bahan peledak dinilai lebih efektif karena membutuhkan waktu yang lebih sedikit namun menghasilkan ikan yang lebih banyak.

Namun, salah satu penyebab pencemaran air yang berbahaya adalah penggunaan bahan peledak.

Pestisida

Limbah pertanian tidak berbahaya. Yang berbahaya adalah penggunaan pupuk dan pestisida kimia secara berlebihan, yang menyebabkan pencemaran air.

Limbah pertanian yang mengandung pestisida dan pupuk kimia berlebih akan mengikuti aliran air sehingga menimbulkan pencemaran air yang berbahaya bagi biota sungai.

Sampah

Banyaknya sampah yang berserakan dan menumpuk dimana-mana menjadi masalah tersendiri dan sulit dipecahkan.

Saat ini berbagai benda dan makanan selalu terbungkus plastik atau kertas, sehingga mengakibatkan pencemaran limbah di lingkungan semakin meningkat.

Banyak orang lingkungan tidak lagi peduli dengan kebersihan lingkungan mereka. Banyaknya sampah rumah tangga yang dibuang ke mana-mana menunjukkan hal tersebut.

3. Pencemaran Tanah

Tanah yang tercemar adalah tanah yang tidak lagi digunakan untuk kebutuhan manusia. Bertani merupakan salah satu kebutuhan manusia yang dimaksud. Tanah yang tercemar tidak dapat digunakan untuk pertanian.

Tanah yang tampak gersang juga merupakan indikasi kontaminasi tanah. Pencemaran tanah biasanya disebabkan oleh faktor-faktor berikut:

  1. Senyawa yang bersifat asam
  2. Pupuk dari bahan kimia
  3. Penggunaan pestisida yang berlebihan
  4. Limbah dari industri, pembangkit listrik tenaga nuklir, dan pabrik
  5. Limbah dari rumah, seperti deterjen.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Pencemaran dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis: pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah. Setiap jenis polusi memiliki karakteristiknya sendiri.

Setiap jenis polusi memiliki penyebab sendiri-sendiri. Namun, sumber polusi tidak terlalu berbeda. Penggunaan pestisida secara berlebihan adalah salah satu contohnya.

Akibatnya, manusia sebagai makhluk cerdas yang hidup di bumi wajib mulai mengurangi penggunaan berbagai jenis bahan yang dapat mencemari lingkungan, demi menjaga kondisi lingkungan tanpa batas waktu.

3. Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Kesehatan

Dampak Tidur Siang Terhadap Kesehatan Jasmani

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang

Karena kesehatan begitu berharga, setiap manusia harus berusaha untuk menjaganya. Jika tubuh seseorang tidak sehat, dia tidak bisa berbuat apa-apa.

Manusia dapat menjaga kesehatannya dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjaga asupan gizinya.

Selain menjaga asupan nutrisi, manusia bisa memetik manfaatnya dengan rutin berolahraga dan tidur di siang hari.

Rumusan Masalah

  1. Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh?
  2. Apa pengaruh tidur siang untuk menjaga kesehatan tubuh?

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh, serta memahami pengaruh tidur siang terhadap kesehatan tubuh.

BAB II

PEMBAHASAN

1. Cara Kerja Kesehatan

Setiap orang yang ingin tetap sehat harus melakukan pemeliharaan kesehatan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga tubuh kamu dalam kondisi yang baik:

  1. Memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin tubuh.
  2. Mengkonsumsi empat dari lima jenis makanan ideal
  3. Berolahraga secara teratur
  4. Tidur teratur dan cukup
  5. Minuman beralkohol harus dihindari.

2. Pengaruh Tidur Siang

Tidur siang adalah hal biasa pada anak usia dini. Aktivitas tidur siang ini juga bermanfaat bagi orang dewasa. Berikut ini adalah beberapa manfaat tidur siang untuk menjaga kesehatan tubuh:

  1. Untuk membantu dalam penurunan tekanan darah
  2. Untuk menghilangkan rasa lelah
  3. Untuk mengurangi kecemasan dan kesedihan.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Tidur siang adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.

Jika kamu terbiasa tidur siang secara teratur, kamu akan menuai banyak manfaat. Tidur siang, di sisi lain, harus dilakukan pada waktu yang tepat.

Tidur siang secara berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang diharapkan, seperti menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, kamu harus melakukan berbagai aktivitas sesuai porsinya masing-masing.

4. Contoh Tentang Pendidikan Karakter

Contoh Tentang Pendidikan Karakter

Permainan Tradisional dalam Pengembangan Karakter Anak

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang

Permainan yang disebut juga dengan “dolanan” tradisional memiliki karakteristik yang bermanfaat bagi perkembangan anak.

Mendengar kata “bermain” merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi anak karena melambangkan pembebasan jiwa dari keterikatan aturan orang tua.

Anak-anak akan berkomunikasi dengan teman sebayanya untuk mengekspresikan kegembiraan mereka saat bermain.

Di lingkungan bundaran, anak akan belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Latar Belakang

  1. Apa yang dimaksud dengan permainan tradisional?
  2. Apa peran permainan tradisional dalam membentuk kepribadian anak?

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna permainan tradisional dan pengaruhnya terhadap kepribadian anak.

BAB II

PEMBAHASAN

1. Permainan Tradisional

Ketika mendengar kata dolanan, pikiran kamu langsung tertuju pada salah satu kosakata bahasa Jawa yang berarti permainan atau mainan.

Sedangkan tradisional adalah cara berpikir dan bertindak yang sudah ada yang sesuai dengan kondisi zaman dahulu.

Permainan tradisional anak-anak dikenal sebagai simbol pengetahuan yang diturunkan dari generasi ke generasi dan melayani berbagai tujuan.

2. Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter, dalam bentuknya yang paling dasar, mengacu pada segala upaya yang dilakukan untuk mempengaruhi karakter yang ada pada diri siswa.

Upaya ini akan terus dilakukan agar seseorang memahami pentingnya memiliki karakter positif dalam dirinya.

Pendidikan karakter menurut Thomas Lickona adalah pendidikan tentang sikap yang mencakup pengetahuan tentang tindakan yang dilakukan. Tidak hanya itu, perasaan adalah komponen dari pengembangan karakter.

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Permainan tradisional, atau dolanan, lebih dari sekadar jenis permainan yang dapat membawa kegembiraan bagi anak-anak. Permainan tradisional, di sisi lain, memiliki sejumlah keunggulan yang bermanfaat bagi anak-anak.

Permainan tradisional bermanfaat bagi anak dengan melatih kecerdasan otak dan motoriknya. Permainan tradisional juga dapat membantu anak mengembangkan karakter.

Permainan tradisional akan membantu anak mengembangkan keterampilan sosialnya. Kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan teman sebaya juga akan meningkat.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi mengenai contoh karya tulis ilmiah yang baik dan benar, yang bisa kamu jadikan sebagai referensi saat hendak membuatnya.

Demikianlah artikel mengenai Contoh Karya Tulis Ilmiah yang Baik dan Benar dan jangan lupa untuk terus kunjungi website Infokekinian.

Karena kami juga memiliki banyak informasi dan rekomendasi lain yang tentunya akan bermanfaat dan membantu sobat kekinian.

/* */