Contoh Kata Pengantar Yang Benar Untuk Laporan, Makalah, Tugas Akhir, Dan Lainnya

Contoh kata pengantar – Dalam membuat sebuah karya tulis baik terutama yang dipublikasikan secara umum sehingga akan dibaca oleh banyak orang, ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan dalam hal penyusunannya. Bagian awal sebuah karya tulis harus bisa menarik minat orang untuk membaca keseluruhan isi karya tulis dan memberikan gambaran umum mengenai isi maupun fungsi dari karya tulis tersebut dibuat.

Salah satu bagian awal yang penting ada di dalam sebuah karya tulis adalah kata pengantar. Anda pastinya sudah familiar dengan kata pengantar yang biasanya ada di bagian awal sebuah buku baik fiksi maupun non fiksi, maupun sebuah karya tulis ilmiah apapun jenisnya.

Apa itu kata pengantar?

Kata pengantar adalah paragraf-paragraf yang dimaksudkan sebagai sambutan dari penulis kepada para pembaca sebelum masuk ke bagian inti tulisan. Di dalam kata pengantar biasanya terdapat ucapan terima kasih kepada berbagai macam pihak yang telah memungkinkan terselesaikannya karya tulis yang dibuat, berterima kasih karena tulisan bisa diterbitkan, dan sebagainya.

Kata pengantar juga bisa berguna untuk menginformasikan kepada pembaca mengenai inti dan tujuan dari karya tulis tersebut dibuat, dilanjutkan dengan harapan-harapan.

Dalam contoh kata pengantar singkat yang akan dibahas pada artikel kali ini akan diberikan berbagai macam contoh rangkaian kata pengantar yang digunakan untuk karya tulis ilmiah atau tulisan formal. Seperti misalnya untuk makalah, laporan penelitian maupun laporan kegiatan, skripsi, jurnal ilmiah, dan sebagainya.

Contoh kata pengantar dalam karya tulis ilmiah dan formal biasanya lebih kaku dan terstruktur jika dibandingkan pada karya tulis bebas seperti dalam novel maupun buku cerita non fiksi. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dalam karya tulis ilmiah, berikut adalah contoh-contohnya.

Contoh kata pengantar tugas akhir perguruan tinggi

Menjadi seorang mahasiswa di perguruan tinggi maka harus siap dengan berbagai macam tugas mandiri di mana mahasiswa diharuskan memiliki kemampuan untuk membuat tulisan ilmiah yang baik dan bisa dipertanggung jawabkan.

Makalah tugas akhir merupakan tugas tulisan ilmiah terakhir sebagai syarat kelulusan seorang mahasiswa pada suatu mata kuliah tertentu di mana ia harus memilih satu topik tertentu kemudian melakukan penelitian berdasarkan dengan topik tersebut.

Penulisan kata pengantar yang benar pada tugas akhir kuliah adalah menggunakan bahasa yang baku, perhatikan ejaan dan juga EYD-nya jangan sampai ada yang salah, yang paling aman adalah mengambil contoh format dari kata pengantar tulisah tugas akhir mahasiswa lain yang sudah disetujui dan lulus. Berikut adalah contoh kata pengantar untuk tugas akhir yang benar.

Kata Pengantar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji dan puja saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan saya kemudahan dan kelancaran sehingga makalah ini bisa diselesaikan dengan tepat waktu dan dengan baik. Tanpa rahmat dan pertolongan-Nya saya tidak akan bisa untuk menyelesaikan makalah ini dengan sebaik ini. Shalawat serta salam saya limpahkan kepada baginda nabi kita Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafa’atnya di akhirat nanti. penulis juga mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan nikmatnya sehingga saya bisa mengerjakan makalah dalam keadaan yang sehat baik sehat fisik maupun akal pikiran.

Makalah berjudul “Hak Anak Kedua Dalam Hukum Warisan” ini dibuat untuk memenuhi tugas akhir dari mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama yang diampu oleh Dra. Sumiyati, M.Si. Di dalam makalah ini terdapat penjelasan mengenai hak-hak yang wajib untuk didapatkan oleh anak dengan urutan nomor dua dalam hukum warisan. Dengan demikian makalah ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi syarat kelulusan mata kuliah namun juga sebagai tambahan pengetahuan bagi masyarakat umum mengenai hukum waris di dalam agama Islam dan juga di Indonesia.

Saya menyadari bahwa tulisan makalah ini masih jadi dari kesempurnaan dan meyakini masih ada kesalahan maupun kekurangan yang ada di dalamnya. Maka dari itu saya mengharapkan pembaca makalah ini untuk bisa memberikan kritik serta saran agar nantinya pemahaman saya mengenai topik ini bisa lebih baik lagi dan karya tulis saya selanjutnya bisa menjadi referensi yang lebih berkualitas bagus lagi.

Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada dosen pengampu mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama, Ibu Dra. Sumiyati, M.Si yang telah memberikan bimbingan untuk penulisan makalah ini. Demikian kata pengantar ini saya buat, apabila terdapat kesalahan maka saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Bandung, 13 Maret 2016

Hormat saya,

Hafiz Setiyabudi

Contoh kata pengantar buat makalah anak sekolah

Di jaman sekarang tidak hanya mahasiswa dan kalangan akademis saja yang harus bisa membuat sebuah laporan makalah, anak-anak di tingkat sekolah pun sudah mulai dikenalkan dengan berbagai macam jenis karya tulis termasuk yang menggunakan struktur tertentu seperti makalah.

Contoh kata pengantar pada makalah buatan anak sekolah berikut adalah contoh sederhana sebagai kalimat pembuka di bagian awal makalah yang simpel. Meski simpel namun kata pengantar harus tetap menggunakan bahasa yang baik, penulisan yang bagus, dan tidak perlu terlalu panjang sampai mengisi satu halaman penuh. Jika makalah dibuat secara kelompok maka biasanya yang tanda tangan di kata pengantar pada makalah adalah ketuanya.

Kata Pengantar

Dengan mengucapkan “Alhamdulillah” segala puji syukur kami haturkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta anugerah-Nya kepada kami sehingga kami mampu  untuk menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Adab Kepada Guru Dan Ustadz”.  Shalawat serta salam tidak lupa sekali kami haturkan untuk junjungan nabi agung kita yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjuk dari Allah SWT untuk kita semua.

Makalah ini kami buat sebagai laporan untuk tugas mata pelajaran Pendidikan Agama yang diampu oleh Bapak Drs. Subiyadi yang membahas mengenai tata cara berperilaku terhadap guru dan juga pembimbing agama yang ada di sekitar kita. Makalah ini dikerjakan oleh Kelompok 4 dari kelas 6B SDN 4 Sukawati yang penyusunnya terdiri dari Ahmad Alwi, Candra Kirana, Yuanita Ratna, dan Dafa Negoro.

Selanjutnya dengan rendah hati kami meminta kriti serta saran dari pembaca sekalian supaya makalah ini bisa mendapatkan perbaikan agar menjadi tulisan yang lebih bagus lagi. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian makalah.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah yang kami buat ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca maupun masyarakat pada umumnya.  Terima kasih.

Sukoharjo, 12 Mei 2019

Ketua Kelompok 4,

Ahmad Alwi

Contoh pengantar untuk tugas pendidikan kewarganegaraan

Berikut ini adalah contoh kata pengantar yang sifatnya lebih umum terutama untuk bagian pembuka di mana biasanya dipanjatkan rasa puji syukur kepada sosok agung dalam agama yang dianut oleh penulis. Tentu tidak semua pembuat makalah adalah orang yang beragama Islam bukan? Oleh karena itu contoh kata-kata pengantar berikut ini menggunakan bahasa yang lebih luas dan lebih umum dan bisa dipahami dengan baik oleh semua kalangan tidak terbatas dengan agamanya. Syarat untuk menulis kata pengantar yang baik sudah dipenuhi oleh contoh kata pengantar berikut ini, yaitu:

  1. Menggunakan bahasa yang baik dan ejaan yang benar
  2. Judul makalah disebutkan kembali di dalam kata pengantar untuk memberikan gambaran umum kepada pembaca mengenai isi makalah
  3. Memiliki tiga struktur yaitu pembuka, isi, dan penutup
  4. Pada bagian akhir diberi tanggal penyelesaian makalah kemudian ditandatangani oleh penulisnya.

Kata Pengantar

Puji dan puja saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan nikmat dan berkahnya kepada kita semua sehingga makalah dengan judul “Hak Dan Kewajiban Siswa Indonesia Menurut UUD 1945” ini bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Tanpa energi yang diberikan oleh Tuhan makalah ini tidak mungkin bisa selesai dengan baik karena tentunya untuk menulis dengan baik saya memerlukan kesehatan tubuh dan juga kesehatan mental yang optimal. Karena nikmat Tuhan pulalah saya bisa bisa memiliki kesempatan untuk menambah ilmu pengetahuan khususnya mengenai topik hak dan kewajiban dari siswa yang didasari oleh UUD 45 di Indonesia kemudian menulis laporannya yang bisa dibaca lebih banyak orang.

Penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan tugas untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Pada makalah ini dibahas mengenai pengertian dari hak, kewajiban, pengertian warga negara, asas kewarganegaraan, kemudian secara khusus makalah ini membahas mengenai hak dan kewajiban siswa Indonesia menurut UUD 1945. Tujuan dari dibuatnya makalah ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat umum yang membaca makalah ini agar lebih paham mengenai apa saja yang menjadi hak dan juga kewajiban bagi siswa Indonesia sehingga praktek pendidikan di Indonesia bisa lebih baik lagi dijalankan.

Saya ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu selama proses penulisan makalah hingga selesai. Saya sebagai penulis  juga berharap semoga makalah bisa memberikan manfaat bagi setiap pembaca. Tak lupa dengan segala kerendahan hati saya meminta kesediaan pembaca untuk memberikan kritik dan sarannya agar di kemudian hari saya bisa membuat karya tulis dengan kualitas yang lebih baik lagi.

Depok, 10 Oktober 2009

Julian Farid Ratulangi

Contoh pembukaan makalah yang salah

Contoh kata pengantar di bawah ini adalah contoh pembuatan kata pengantar yang kurang benar. Kesalahan yang dibuat adalah pada bagian penutup di mana penulis menyampaikan rasa terima kasihnya kepada berbagai macam pihak yang dianggap telah membantunya dalam menyelesaikan makalah.

Bukan berarti orang-orang yang disebutkan tidak memiliki peran dalam membantu penulis dalam membuat makalah namun tidak perlu disebutkan satu per satu di dalam kata pengantar  karena nanti isinya bisa terlalu panjang dan mengalihkan perhatian orang mengenai isi inti dari makalah yang Anda buat.

Untuk penulisan kata pengantar dalam makalah, biasanya yang disebut dalam ucapan terima kasih cukup orang yang paling penting dalam proses pembuatan makalah, misalnya dosen pembimbing atau guru pengajar yang berhubungan dengan topik makalah.

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan berkahnya kepada kita semua sehingga kita bisa selalu dalam keadaan yang sehat dan dalam kondisi yang penuh dengan nikmat. Shalawat serta salam pun selalu kita panjatkan kepada nabi junjungan kita bersama, Nabi Muhammad SAW yang telah menjadi pembimbing bagi umat Islam di seluruh dunia. Makalah dengan judul “Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Produk Ekonomi” ini pun bisa terwujudkan dengan baik karena berkah serta nikmat yang diberikan kepada penulis selama proses pembuatannya.

Makalah “Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Produk Ekonomi” merupakan makalah yang dibuat sebagai karya tulis untuk mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah SMA N 2 Ngaglik tingkat antar sekolah sebagai bagian dari Lustrum ke-6 SMA N 2 Ngaglik. Makalah dibuat atas bimbingan dari Bapak Hamish Ghani, Spd. selaku guru Ekonomi di SMA N 2 Ngaglik. Intisari dari makalah ini adalah memberikan alternatif pengolahan sampah plastik yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia menjadi sebuah produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum.

Melalui kata pengantar laporan ini kami selaku penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai macam pihak yang sudah membantu dalam proses pembuatan makalah. Kepada Bapak Tri pemilik toko fotokopi seberang SMA N 2 Ngaglik, kepada Bapak Badi penjaga sekolah SMA N 2 Ngaglik, kepada Ibu Priyanti pemilik toko pernak-pernik plastik “Ibadah”, dan tak lupa kepada Bapak Hamish sebagai guru pembimbing yang telah membantu kami dalam menyusun laporan makalah serta memberikan arahan agar pembuatan makalah ini bisa lebih bagus.

Demikian kata pengantar ini dibuat, bagi pembaca yang berkenan untuk memberikan saran serta masukannya kami akan terima dengan senang hati. Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan semoga bisa jadi tulisan ilmiah yang bagus untuk menjadi bagian dari lomba Karya Tulis Ilmiah SMA N 2 Ngaglik.

Ngaglik, 23 April 2018

Ketua Kelompok 3

Shahnaz Anita Bahri

Contoh kata pengantar karya ilmiah untuk tujuan edukasi

Ada banyak alasan mengapa sebuah karya ilmiah dibuat. Ada yang memang membuatnya untuk kebutuhan studi terutama di tingkat perguruan tinggi di mana mahasiswa harus bisa berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan dengan menulis karya tulis ilmiah yang bermutu pada topik tertentu. Ada yang membuat karya tulis ilmiah untuk ikut menjadi peserta lomba dan berharap dapat hadiah. Ada juga yang membuat karya tulis ilmiah untuk dipublikasikan sehingga orang umum bisa mengakses dan membacanya sehingga setiap pembaca bisa mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan tambahan mengenai berbagai macam topik. Apapun tujuannya,  biasanya disebutkan dalam contoh kata pengantar pada setiap makalah.

Pada contoh prakata makalah kali ini disebutkan bahwa tujuan dibuatnya makalah adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai isu sosial yang terjadi di tengah masyarakat dan masih menjadi polemik. Makalah ditujukan untuk mengedukasi pembaca mengenai konsekuensi hukum apabila melakukan tindakan yang bisa menyakiti orang lain bahkan jika tindakan tersebut dilakukan di lingkungan keluarga sendiri. Dengan mengangkat isu sosial dalam bentuk makalah maka harapannya masyarakat yang membacanya bisa menganggap isu tersebut sebagai sesuatu yang lebih serius dan tidak hanya sekedar informasi numpang lewat saja. Berikut adalah contoh kata pengantar untuk tujuan edukasi.

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya makalah mengenai “Penerapan Hukum Terhadap Tindak Pidana Perkosaan Terhadap Anak” ini bisa diselesaikan tepat pada waktunya. Saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Khairul Anwar, SH yang telah membantu serta membimbing saya dalam mengerjakan tugas mata kuliah Hukum Pidana II ini sebagai nilai untuk Ujian Akhir Semester Ganjil tahun 2017.

Saya sebagai penulis memilih topik ini untuk dijadikan makalah UAS adalah karena rasa prihatin terhadap penerapan hukum pidana kekerasan terhadap anak-anak di Indonesia yang masih kendor karena terbukti masih banyak tindakan kekerasan terhadap anak yang terjadi apalagi yang terjadi di lingkungan keluarga. Saya berharap dengan adanya makalah ini bisa memberikan manfaat dan juga edukasi kepada masyarakat secara umum mengenai tindak pidana perkosaan yang bisa menimbulkan kerugian bagi berbagai pihak.

Makalah ini dibuat juga dengan harapan bisa memberikan edukasi bahkan kalau perlu ancaman mengenai hukuman bagi pelaku yang nekat untuk melakukan perkosaan terhadap anak-anak, khususnya anak yang masih berada di bawah umur. Meski begitu tidak bisa dipungkiri bahwa makalah ini pastinya masih memiliki kesalahan maupun kekurangan. Maka dari itu saya mengharapkan adanya kritik serta saran yang membangun mengenai isi maupun struktur dari makalah ini agar ke depannya saya bisa membuat makalah dengan kualitas yang lebih bagus lagi.

Demikian yang bisa saya sampaikan di kata pengantar dalam makalah ini, semoga bisa memberikan manfaat kepada semuanya. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi yang berguna bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Solo, 17 April 2016

Asmuni Ariyanto

Contoh kata pengantar laporan magang

Contoh kata pengantar di bawah ini adalah pembuka untuk laporan setelah melaksanakan kegiatan magang di sebuah instansi tertentu. Magang biasanya dilakukan oleh siswa sekolah kejuruan dan juga di kalangan pelajar perguruan tinggi untuk mendapatkan pengalaman kerja di lingkungan yang nyata dan bisa memiliki pengalaman berada di situasi profesional yang sebenarnya. Di tempat magang, siswa bisa mempraktekkan teori yang dipelajari di bangku sekolah sembari mendapatkan ilmu baru mengenai hal-hal yang penting untuk dikuasai ketika berada di lingkungan kerja yang profesional.

Laporan magang dibuat sebagai tanda bahwa peserta magang melaksanakan tugasnya di tempat magang dengan baik, melaporkan apa saja yang menjadi bidang kerjanya, apa saja kegiatannya, dan sebagainya. Maka dari itu penulisan kata pengantar laporan magang pun harus bagus dan sopan untuk dibaca orang lain terutama oleh orang yang akan mengevaluasi kegiatan magang sebagai syarat untuk kelulusan sekolah.

Kata Pengantar

Ucapan puji-puji dan syukur semata-mata hanyalah milik Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kita memuji dan hanya kepada-Nya lah kita bersyukur. Penulis meminta ampunan dan meminta pertolongan hanya kepada-Nya sehingga laporan magang yang berjudul “Program Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah” ini bisa selesai dalam waktu yang ditentukan. Laporan magang dibuat setelah penulis menyelesaikan masa magang selama 10 bulan di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah seksi Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, bagian Pembinaan dan Pengendalian Pelayanan Kesehatan Jawa Tengah.

Isi dari laporan magang ini antara lain adalah program-program yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan Jawa Tengah untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi di kalangan masyarakat, serta kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan untuk menindaklanjuti program tersebut. Disertai dengan dokumentasi, laporan kegiatan, serta keterlibatan penulis dalam kegiatan program tersebut. Laporan disusun sebagai syarat untuk menyelesaikan program magang yang merupakan bagian dari kurikulum Universitas Brawijaya untuk mahasiswa tingkat akhir.

Penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah memberikan dukungan serta bantuan kepada penulis selama proses penyelesaian laporan magang. Penulis sadar bahwa pada laporan magang ini masih terdapat kesalahan maupun kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu saya menanti dan siap menerima dengan lapang dada jika ada kritikan atau masukan yang membangun agar penulis bisa membuat laporan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Akhirnya semoga laporan magang ini bisa memberikan manfaat dan berguna bagi setiap pihak yang membaca laporan ini. Terima kasih.

Malang, 24 September 2017

Anindita Amanah

Contoh kata pengantar laporan praktikum

Bagi yang mengambil jurusan ilmu pengetahuan alam baik di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi pasti sudah tidak asing dengan membuat laporan praktikum. Laporan praktikum adalah laporan yang ditulis setelah melakukan kegiatan praktikum baik di laboratorium maupun laporan penelitian di lapangan. Laporan praktikum merupakan salah satu bentuk jenis tulisan karya tulis ilmiah oleh karena itu struktur dan formatnya pun ada standar dan ketentuannya. Meski tidak semua, tapi seringkali laporan praktikum juga disertai dengan adanya kata pengantar karya ilmiah untuk membuat laporan tersebut jadi lebih lengkap dan lebih formal. Berikut adalah contoh kata pengantar untuk laporan praktikum yang baik dan benar.

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kita nikmat, iman, dan juga kesehatan sehingga saya masih diberi kesempatan yang luar  biasa untuk menyelesaikan laporan percobaan dengan judul “Pemanfaatan Hukum Fluida Pada Sistem Irigasi Pertanian” ini dengan tepat waktu dan sebaik-baiknya. Karena tanpa nikmat dan juga berkah kesehatan yang diberikan, mustahil bagi saya untuk bisa menyelesaikan laporan praktikum ini  karena manusia hanya bisa berusaha namun Allah yang menentukan segalanya.

Adapun penyusunan laporan praktikum ini bertujuan untuk bisa menemukan rumus yang tepat yang nantinya bisa digunakan untuk membangun sistem perairan modern untuk kegiatan pertanian saat ini, serta untuk menemukan faktor apa saja yang bisa memengaruhi sistem irigasi modern agar sistem yang dibuat bisa memberikan hasil yang maksimal. Praktikum dilakukan bekerja sama dengan petani di kawasan Sawangan, Jawa Tengah dan berada di bawah bimbingan Bapak Abdul Jatmiko M.Si selaku dosen Teknik Pertanian di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam melakukan percobaan dan penyusunan laporan, banyak sekali hambatan yang menghadang. Maka dari itu saya berterima kasih kepada banyak pihak terutama kepada para petani di Sawangan, Jawa Tengah dan juga kepada Bapak Abdul Jatmiko sebagai pembimbing yang memberikan bantuannya sehingga proses pembuatan laporan bisa berjalan dengan lebih lancar.

Saya juga sadar bahwa pada laporan ini masih banyak memiliki kekurangan serta jauh dari kata sempurna. Bagi pembaca yang bersedia saya terbuka dengan kritik dan juga saran yang bisa menjadikan laporan ini lebih baik lagi agar hasil dari tujuannya bisa lebih maksimal lagi. Demikian kata pengantar tugas ini saya buat, semoga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan umum.

Sleman, 28 November 2017

Johannes Mafri Situmorang

Itulah dia beberapa contoh kata pengantar untuk berbagai macam tulisan ilmiah baik makalah, laporan, maupun tulisan lainnya yang bisa jadi referensi Anda untuk menulis kata pengantar yang baik, menggunakan bahasa yang benar, dan bisa menjadi kata-kata pembuka yang nyaman untuk dibaca orang.

Tinggalkan komentar